Minggu, 07 Februari 2021

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DARING MATEMATIKA KELAS 4 SD

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

(RPP) DARING


Sekolah               : SD ………………………

KD                      :  3.8 dan 4.8

Mata pelajaran  : Matematika

Alokasi Waktu  :   Pertemuan ke-11 (@ 2 x 35 menit)

Kelas/Semester  : IV / Genap

Materi Pokok    :   Bangun Datar

Sub Materi : Segibanyak


A.   Tujuan Pembelajaran : 

Setelah menyimak penjelasan materi dalam video youtube yang dikirim guru Melalui Grup Telegram/Whatsapp, peserta didik dapat :

  • Menganalisis sifat-sifat segibanyak beraturan dan tidak beraturan 

  • Membedakan sifat-sifat segibanyak beraturan dan tidak beraturan;

  • Mengidentifikasi segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan;


B. Alat dan Bahan

  • Alat               :  Laptop., Zoom , PPT .Google Earth,Hp Android WhatsApp .Jaringan Internet

  • Bahan         : Buku teks pelajaran Matematika untuk SD/MI Kelas IV penerbit Puskurbuk Kemendikbud Revisi Tahun 2018, Buku referensi yang relevan, Sumber lain dari Internet.


C. Langkah-Langkah Pembelajaran 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan Pendahuluan

  • Melalui WA grup, guru menyapa dan menanyakan kabar peserta didik

  • Melalui WA grup, guru mengabsensi peserta didik

  • Melalui WA grup, guru mengingatkan peserta didik untuk selalu menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)

  • Melaui WA grup, guru mengajak peserta didik untuk berdoa sebelum belajar dan memberi semangat kepada peserta didik.

10 menit

Kegiatan Inti

Mengamati

  • Melalui WA grup, peserta didik dapat mengamati materi yang dikirimkan oleh guru tentang Bilangan Bangun Datar

  • Melalui WA grup, guru mengirimkan penjelasan tentang Bilangan Bangun Datar

Menanya

  • Melalui WA grup, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang di kirimkan

Menalar

  • Melalui WA grup, guru mempersilakan kepada siswa untuk mengirimkan tanggapannya tentang Bilangan Bangun Datar, dan guru mengirimkan respon tentang apa yang mereka sampaikan

Mencoba

  • Melalui WA grup, guru mengirimkan soal latihan kepada siswa tentang Bilangan Bangun Datar

Mengkomunikasikan

  • Melalui WA grup, siswa dapat mengirimkan tanggapannya tentang Bilangan Bangun Datar

50 menit

Kegiatan Penutup

  • Melalui WA grup, guru memberikan penguatan materi tentang Bilangan Bangun Datar.

  • Melalui WA grup, guru memberikan penghargaan kepada semua peserta didik yang telah mengerjakan tugas dengan baik

  • Melalui WA grup, guru mengakhiri pembelajaran dengan berdo’a.

10 menit


D. Penilaian Hasil Pembelajaran 

  • Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap (disiplin dan semangat mengerjakan tugas di rumah), penilaian pengetahuan (jawaban soal yang telah di kirim oleh siswa) melalui WA grup. 


Mengetahui Jakarta, …...,  ……………… 20…

Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,




………………………………. ……………………………….

NIP. NIP. 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

(RPP) DARING


Sekolah               : SD ………………………

KD                      :  3.9 dan 4.9

Mata pelajaran  : Matematika

Alokasi Waktu  :   Pertemuan ke-12, ke-13, dan ke-14 (@ 2 x 35 menit)

Kelas/Semester  : IV / Genap

Materi Pokok    :   Bangun Datar

Sub Materi : Keliling Bangun Datar


A.   Tujuan Pembelajaran : 

Setelah menyimak penjelasan materi dalam video youtube yang dikirim guru Melalui Grup Telegram/Whatsapp, peserta didik dapat :

  • Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua

  • Menentukan keliling persegi, persegi panjang, dan segitiga.

  • Menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga termasuk melibatkan pangkat dua dengan akar pangkat dua

  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling persegi, persegi panjang, dan segitiga.


B. Alat dan Bahan

  • Alat               :  Laptop., Zoom , PPT .Google Earth,Hp Android WhatsApp .Jaringan Internet

  • Bahan         : Buku teks pelajaran Matematika untuk SD/MI Kelas IV penerbit Puskurbuk Kemendikbud Revisi Tahun 2018, Buku referensi yang relevan, Sumber lain dari Internet.


C. Langkah-Langkah Pembelajaran 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan Pendahuluan

  • Melalui WA grup, guru menyapa dan menanyakan kabar peserta didik

  • Melalui WA grup, guru mengabsensi peserta didik

  • Melalui WA grup, guru mengingatkan peserta didik untuk selalu menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)

  • Melaui WA grup, guru mengajak peserta didik untuk berdoa sebelum belajar dan memberi semangat kepada peserta didik.

10 menit

Kegiatan Inti

Mengamati

  • Melalui WA grup, peserta didik dapat mengamati materi yang dikirimkan oleh guru tentang Keliling Bangun Datar

  • Melalui WA grup, guru mengirimkan penjelasan tentang Keliling Bangun Datar

Menanya

  • Melalui WA grup, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang di kirimkan

Menalar

  • Melalui WA grup, guru mempersilakan kepada siswa untuk mengirimkan tanggapannya tentang Keliling Bangun Datar, dan guru mengirimkan respon tentang apa yang mereka sampaikan

Mencoba

  • Melalui WA grup, guru mengirimkan soal latihan kepada siswa tentang Keliling Bangun Datar

Mengkomunikasikan

  • Melalui WA grup, siswa dapat mengirimkan tanggapannya tentang Keliling Bangun Datar

50 menit

Kegiatan Penutup

  • Melalui WA grup, guru memberikan penguatan materi tentang Keliling Bangun Datar .

  • Melalui WA grup, guru memberikan penghargaan kepada semua peserta didik yang telah mengerjakan tugas dengan baik

  • Melalui WA grup, guru mengakhiri pembelajaran dengan berdo’a.

10 menit


D. Penilaian Hasil Pembelajaran 

  • Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap (disiplin dan semangat mengerjakan tugas di rumah), penilaian pengetahuan (jawaban soal yang telah di kirim oleh siswa) melalui WA grup. 


Mengetahui Jakarta, …...,  ……………… 20…

Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,




………………………………. ……………………………….

NIP. NIP. 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

(RPP) DARING


Sekolah               : SD ………………………

KD                      :  3.9 dan 4.9

Mata pelajaran  : Matematika

Alokasi Waktu  :   Pertemuan ke-15, ke-16, dan ke-17 (@ 2 x 35 menit)

Kelas/Semester  : IV / Genap

Materi Pokok    :   Bangun Datar

Sub Materi : Luas Bangun Datar


A.   Tujuan Pembelajaran : 

Setelah menyimak penjelasan materi dalam video youtube yang dikirim guru Melalui Grup Telegram/Whatsapp, peserta didik dapat :

  • Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua

  • Menentukan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga

  • Menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga termasuk melibatkan pangkat dua dengan akar pangkat dua

  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga termasuk melibatkan pangkat dua dengan akar pangkat dua


B. Alat dan Bahan

  • Alat               :  Laptop., Zoom , PPT .Google Earth,Hp Android WhatsApp .Jaringan Internet

  • Bahan         : Buku teks pelajaran Matematika untuk SD/MI Kelas IV penerbit Puskurbuk Kemendikbud Revisi Tahun 2018, Buku referensi yang relevan, Sumber lain dari Internet.


C. Langkah-Langkah Pembelajaran 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan Pendahuluan

  • Melalui WA grup, guru menyapa dan menanyakan kabar peserta didik

  • Melalui WA grup, guru mengabsensi peserta didik

  • Melalui WA grup, guru mengingatkan peserta didik untuk selalu menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)

  • Melaui WA grup, guru mengajak peserta didik untuk berdoa sebelum belajar dan memberi semangat kepada peserta didik.

10 menit

Kegiatan Inti

Mengamati

  • Melalui WA grup, peserta didik dapat mengamati materi yang dikirimkan oleh guru tentang Luas Bangun Datar

  • Melalui WA grup, guru mengirimkan penjelasan tentang Luas Bangun Datar

Menanya

  • Melalui WA grup, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang di kirimkan

Menalar

  • Melalui WA grup, guru mempersilakan kepada siswa untuk mengirimkan tanggapannya tentang Luas Bangun Datar, dan guru mengirimkan respon tentang apa yang mereka sampaikan

Mencoba

  • Melalui WA grup, guru mengirimkan soal latihan kepada siswa tentang Luas Bangun Datar

Mengkomunikasikan

  • Melalui WA grup, siswa dapat mengirimkan tanggapannya tentang Luas Bangun Datar

50 menit

Kegiatan Penutup

  • Melalui WA grup, guru memberikan penguatan materi tentang Luas Bangun Datar. 

  • Melalui WA grup, guru memberikan penghargaan kepada semua peserta didik yang telah mengerjakan tugas dengan baik

  • Melalui WA grup, guru mengakhiri pembelajaran dengan berdo’a.

10 menit


D. Penilaian Hasil Pembelajaran 

  • Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap (disiplin dan semangat mengerjakan tugas di rumah), penilaian pengetahuan (jawaban soal yang telah di kirim oleh siswa) melalui WA grup. 


Mengetahui Jakarta, …...,  ……………… 20…

Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,




………………………………. ……………………………….

NIP. NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

(RPP) DARING


Sekolah               : SD ………………………

KD                      :  3.10 dan 4.10

Mata pelajaran  : Matematika

Alokasi Waktu  :   Pertemuan ke-18 (@ 2 x 35 menit)

Kelas/Semester  : IV / Genap

Materi Pokok    :   Bangun Datar

Sub Materi : Hubungan Antargaris


A.   Tujuan Pembelajaran : 

Setelah menyimak penjelasan materi dalam video youtube yang dikirim guru Melalui Grup Telegram/Whatsapp, peserta didik dapat :

  • Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berimpit) menggunakan model konkret 

  • Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berimpit) menggunakan model konkret

  • Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berimpit) menggunakan model konkret

  • Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berimpit) menggunakan model konkret.


B. Alat dan Bahan

  • Alat               :  Laptop., Zoom , PPT .Google Earth,Hp Android WhatsApp .Jaringan Internet

  • Bahan         : Buku teks pelajaran Matematika untuk SD/MI Kelas IV penerbit Puskurbuk Kemendikbud Revisi Tahun 2018, Buku referensi yang relevan, Sumber lain dari Internet.


C. Langkah-Langkah Pembelajaran 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan Pendahuluan

  • Melalui WA grup, guru menyapa dan menanyakan kabar peserta didik

  • Melalui WA grup, guru mengabsensi peserta didik

  • Melalui WA grup, guru mengingatkan peserta didik untuk selalu menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)

  • Melaui WA grup, guru mengajak peserta didik untuk berdoa sebelum belajar dan memberi semangat kepada peserta didik.

10 menit

Kegiatan Inti

Mengamati

  • Melalui WA grup, peserta didik dapat mengamati materi yang dikirimkan oleh guru tentang Hubungan Antargaris

  • Melalui WA grup, guru mengirimkan penjelasan tentang Hubungan Antargaris

Menanya

  • Melalui WA grup, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang di kirimkan

Menalar

  • Melalui WA grup, guru mempersilakan kepada siswa untuk mengirimkan tanggapannya tentang Hubungan Antargaris, dan guru mengirimkan respon tentang apa yang mereka sampaikan

Mencoba

  • Melalui WA grup, guru mengirimkan soal latihan kepada siswa tentang Hubungan Antargaris

Mengkomunikasikan

  • Melalui WA grup, siswa dapat mengirimkan tanggapannya tentang Hubungan Antargaris

50 menit

Kegiatan Penutup

  • Melalui WA grup, guru memberikan penguatan materi tentang Hubungan Antargaris.

  • Melalui WA grup, guru memberikan penghargaan kepada semua peserta didik yang telah mengerjakan tugas dengan baik

  • Melalui WA grup, guru mengakhiri pembelajaran dengan berdo’a.

10 menit


D. Penilaian Hasil Pembelajaran 

  • Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap (disiplin dan semangat mengerjakan tugas di rumah), penilaian pengetahuan (jawaban soal yang telah di kirim oleh siswa) melalui WA grup. 


Mengetahui Jakarta, …...,  ……………… 20…

Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,




………………………………. ……………………………….

NIP. NIP.


LINK DOWNLOAD :



Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...