RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran
Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 3 : Peduli
Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Hewan
dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan mengamati gambar, siswa mampu
membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara dengan tepat.
2.
Dengan mengamati gambar, siswa mampu
membuat pertanyaan tertulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
untuk persiapan wawancara dengan benar.
3.
Dengan diskusi pemecahan masalah,
siswa mampu mengidentifikasi masalah-masalah keseimbangan lingkungan dengan
tepat.
4.
Dengan diskusi pemecahan maslah, siswa
mampu melakukan identifikasi masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat.
5.
Dengan mengamati gambar, siswa mampu
mengidentifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta
pemanfatan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat.
6.
Dengan mengamati gambar, siswa mampu
menyajikan informasi hasil identifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran
rendah, dan pantai serta pemanfataan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan
masyarakat dengan sistematis.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan
salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡
Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli Terhadap
Makhluk Hidup”. ¡
Guru menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§ Sebagai kegiatan pembuka, guru
memperlihatkan serumpun padi kepada siswa. (Mengamati) o Guru mengajukan pertanyaan: -
Apa yang kalian ketahui tentang tanaman ini? o Siswa kemudian saling mencocokan
jawaban kepada satu/beberapa teman lain. Siswa berdiskusi untuk menemukan
perbedaan jawaban mereka. (Mengkomunikasikan) § Siswa diminta untuk memilih satu
jenis tanaman yang sering mereka konsumsi dalam keseharian. Communication o Siswa diminta untuk membuat
pertanyaan sebanyak mungkin tentang tumbuhan pilihan mereka. Mandiri § Siswa diingatkan kembali tentang
teks yang telah mereka baca di awal kegiatan pembelajaran. § Siswa diminta untuk menuliskan tiga
tahap pertumbuhan padi, pada diagram yang tersedia. (Mengeksplorasi) o Menggunakan diagram tersebut, siswa
kemudian mendiskusikan bersama teman tentang satu tahapan dari padi yang
paling penting untuk dijaga keberadaannya. Collaboration o Siswa kemudian membaca informasi
tentang jawaban dari permasalahan yang telah mereka diskusikan, yaitu solusi
untuk menjaga keberadaan tanaman padi. (Menginformasikan) o Siswa kembali diminta untuk membuat
banyak pertanyaan tentang tumbuhan pilihan mereka. Pertanyaan yang dibuat
adalah tentang bagaimana melestarikan tanaman yang dipilih dan mengenai
cara-cara menjaga keseimbangan agar tanaman tersebut tidak habis.
(Mengeksplorasi) o Siswa mengamati gambar tiga kondisi
geografis yang ada di buku, yaitu: dataran tinggi, dataran rendah, dan
pantai. (Mengamati) § Siswa kembali diminta membuat
pertanyaan tentang beragam hal yang ingin mereka ketahui tentang ketiga
bentang alam tersebut. Mandiri § Siswa menuliskan pertanyaan pada
kolom yang tersedia. § Siswa mendiskusikan pertanyaan dan
hasil pengamatan bersama satu/beberapa orang teman. Gotong Royong o Siswa menuliskan perbedaan-perbedaan
yang mereka temukan dari ketiga bentang alam tersebut. (Mengumpulkan data) § Siswa membaca informasi tentang karakteristik
tiga bentang alam Indonesia, yaitu: pantai, dataran rendah, dan dataran
tinggi. Literasi §
Siswa
mengisi tabel tentang karakteristik bentang alam tersebut berdasarkan
informasi yang ada dalam bacaan. Critical
Thinking and Problem Solving §
Siswa kembali
diminta membuat pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang karakteristik alam tempat
tumbuhan pilihan mereka hidup. Creativity and Innovation §
Siswa
menuliskan pertanyan tersebut pada daftar pertanyaan mereka di awal kegiatan. |
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. ¡
Melakukan penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli .... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian
Sikap
No |
Nama |
Perubanan
tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung
Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
Pertanyaan
siswa tentang identifikasi masalah keseimbangan lingkungan
untuk
menjaga keberadaan tanaman diperiksa menggunakan rubrik.
Beri
tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Masalah Keseimbangan Lingkungan |
Mengidentifikasi semua
masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat. |
Mengidentifikasi sebagian besar masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat. |
Mengidentifikasi hanya
sebagian kecil
masalah keseimbangan lingkungan dengan
tepat. ü |
Belum mampu mengidentifik asi
masalah keseimbangan lingkungan dengan
tepat. |
Identifikasi Masalah Keseimbangan Lingkungan |
Melakukan Identifikasi Dengan mandiri
dan tepat. |
Melakukan Identifikasi dengan
cukup mandiri
dan cukup
tepat. ü |
Melakukan Identifikasi dengan kurang mandiri namun cukup
tepat. |
Belum mampu melakukan Identifikasi dengan mandiri
dan tepat. |
Sikap
Rasa Ingin
Tahu |
Tampak antusias
dan mengajukan banyak
ide dan pertanyaan selama
kegiatan. |
Tampak
cukup antusias
dan terkadang mengajukan
ide dan
pertanyaan selama
kegiatan. |
Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan
ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tidak
tampak antusias dan
perlu dimotivasi untuk mengajukan ide
dan pertanyaan. ü |
Penilaian (Skoring):
Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai
Maksimal
Contoh: 6 x 10 = 5
12
2. IPS
a.
Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang karakteristik
bentang
alam: pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi, dinilai
menggunakan
rubrik.
Beri
tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kreiteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Karakteristik dataran tinggi, dataran rendah,
dan pantai
serta sumber
daya alam
dan pemanfaatan nya
|
Mengidentifikasi semua karakteristik dataran
tinggi, dataran
rendah, dan
pantai serta
sumber daya
alam dan pemanfaatannya dengan
tepat. |
Mengidentifikasi sebagian besar karakteristik dataran
tinggi, dataran
rendah, dan
pantai serta
sumber daya
alam dan pemanfaatan nya
dengan tepat. ü |
Mengidentifikasi sebagian
kecil karakteristik dataran
tinggi, dataran
rendah, dan
pantai serta
sumber daya
alam dan pemanfaatan nya
dengan tepat. |
Belum
mampu mengidentifika si karakteristik dataran
tinggi, dataran rendah,
dan pantai
serta sumber
daya alam
dan pemanfaatannya dengan
tepat. |
Peyajian informasi tentang karakteristik dataran tinggi, dataran rendah,
dan pantai
serta sumber
daya alam
dan pemanfaatan nya |
Peyajian informasi
tentang karakteristik dataran
tinggi, dataran
rendah, dan
pantai serta
sumber daya
alam dan pemanfaatannya a
dengan sistematis. |
Peyajian informasi
tentang karakteristik dataran
tinggi, dataran
rendah, dan
pantai serta
sumber daya
alam dan pemanfaatannya cukup
sistematis. |
Peyajian informasi tentang karakteristik dataran
tinggi, dataran
rendah, dan
pantai serta
sumber daya
alam dan pemanfaatannya kurang sistematis. ü |
Belum
mampu meyajikan informasi tentang karakteristik dataran
tinggi, dataran
rendah, dan
pantai serta
sumber daya
alam dan pemanfaatannya dengan sistematis. |
Sikap Peduli |
Peduli
terhadap keberadaan sumber
daya alam
Indonesia secara konsisten |
Cukup
peduli terhadap keberadaan sumber
daya alam
Indonesia. ü |
Kurang
peduli terhadap keberadaan sumber
daya alam
Indonesia. |
Belum menunjukkan kepedulian terhadap keberadaan sumber
daya alam. |
Sikap Tanggung Jawab |
Bertanggung jawab
terhadap tugas-tugas secara
konsisten. |
Cukup
bertanggung jawab terhadap
tugastugas secara konsisten. |
Kurang
bertanggung jawab terhadap
tugastugas secara konsisten. |
Belum bertanggung jawab
terhadap tugas-tugas secara
konsisten. ü |
Penilaian
(Skoring): Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai
Maksimal
Contoh: 9 x 10 = 5,6
16
b.
Sikap siswa saat melakukan diskusi pemecahan masalah dinilai
menggunakan
rubrik
Beri
tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kreiteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman
yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman
yang berbicara namun sesekali
masih perlu diingatkan. |
Masih
perlu diingatkan untuk
mendengarkan teman yang
sedang berbicara. ü |
Sering diingatkan
untuk mendengarkan teman
yang sedang berbicara
namun tidak
mengindahkan
|
Komunikasi non
verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Merespon
dan menerapkan komunikasi
non verbal
dengan tepat. ü |
Merespon dengan
tepat terhadap
komunikasi non verbal
yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang
tepat terhadap
komunikasi non
verbal yang
ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan
dalam memahami
bentuk komunikasi non
verbal yang ditunjukkan
teman. |
Partisipasi (menyampai kan
ide, perasaan, pikiran) |
Isi
pembicaraan menginspirasi teman.
Selalu mendukung
dan memimpin
lainnya saat
diskusi. |
Berbicara
dan menerangkan secara
rinci, merespon sesuai
dengan topik. ü |
Berbicara
dan menerangkan secara rinci,
namun terkadang merespon kurang
sesuai dengan
topik. |
Jarang
berbicara selama
proses diskusi
berlangsung. |
Penilaian (Skoring):
Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai
Maksimal
Contoh: 9 x 10 = 7,5
12
3.
Bahasa Indonesia
Daftar
pertanyaan siswa dinilai menggunakan rubrik
Beri
tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kreiteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Daftar Pertanyaan |
Semua pertanyaan tepat. |
Sebagian
besar pertanyaan tepat. |
Hanya sebagian
kecil pertanyaan tepat. ü |
Belum
mampu membuat pertanyaan dengan
tepat. |
Kosa
Kata Baku |
Menggunakan kosa
kata baku dalam
semua pertanyaan. ü |
Menggunakan kosa
kata baku dalam sebagian
besar pertanyaan. |
Menggunakan kosa
kata baku dalam sebagian
kecil pertanyaan. |
Belum
mampu menggunakan kosa
kata baku
dalam pertanyaan. |
Kalimat Efektif |
Menggunakan kalimat
efektif dalam
semua pertanyaan. |
Menggunakan kalimat
efektif dalam sebagian
besar pertanyaan. ü |
Menggunakan kalimat efektif
dalam sebagian
kecil pertanyaan. |
Belum
mampu menggunakan kalimat
efektif dalam
semua pertanyaan. |
Sikap: Mandiri |
Tugas diselesaikan dengan mandiri. |
Sebagian besar
tugas diselesaikan dengan
mandiri. |
Tugas diselesaikan dengan motivasi
dan bimbingan guru. |
Belum
dapat menyeselesaikan tugas
meski telah diberikan motivasi
dan bimbingan. ü |
Penilaian (Skoring):
Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai
Maksimal
Contoh: 10 x10= 6,2
16
4. Penilaian sikap teliti,
kreatif, rasa ingin tahu.
No |
Sikap |
Belum
Terlihat |
Mulai
Terlihat |
Mulai Ber-kembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Teliti |
|
|
P |
|
|
2 |
Bertanggung Jawab |
|
P |
|
|
|
3 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
Kerjasama
dengan Orang Tua :
Siswa mengobservasi hewan yang ada di sekitar lingkungan rumah
dengan pendampingan orang tua dan mengisi tabel yang terdapat pada buku siswa. Hasilnya dilaporkan kepada guru dan didiskusikan dengan teman satu
kelompok.
PENGAYAAN
• Apabila memiliki waktu, siswa dapat
diberikan materi tentang kalimat efektif dan kosa kata baku.
REMEDIAL
• Siswa yang belum mampu membuat pertanyaan,
akan mendapat pendampingan guru. Siswa diberikan beberapa gambar lain untuk
menumbuhkan rasa ingin tahu yang kemudian akan dituangkan dalam bentuk
pertanyaan.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1:
https://drive.google.com/file/d/1xenJjrLug_ZXlynV3wuj3l3OzxVN4FVw/view?usp=sharing
Rpp sangat memnatu ,,, tp RPP tema 9 tidak ad???
BalasHapus