Jumat, 26 Februari 2021

RPP 1 lembar Kelas 4 SD Tema : 6 Cita – citaku Sub Tema 4: Kegiatan Berbasis Proyek Semester 2

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan : SDN ………………….

Kelas / Semester      :  4 /2

Tema                        :  Cita-citaku (Tema 6)

Sub Tema                 :  Kegiatan Pembiasaan Literasi (Sub Tema 4)

Pembelajaran ke     :  1

Alokasi waktu         :  1 Hari

 

 

TUJUAN

·       Siswa terbiasa membaca, menulis dan berbicara

·       Pengetahuan siswa meningkat.

·       Siswa mudah dalam memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual

 

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

a.     Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)

  1. Guru meminta seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari rumah dan mendeskripsikannya di depan teman- temannya.
  2. Siswa lain diminta untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
  3. Kegiatan seorang siswa untuk berbicara dan menjawab pertanyaan hanya 3 menit saja
  4. Guru kemudian meminta siswa lain untuk maju ke depan dan melakukan hal yang sama. Guru melakukan hal yang sama untuk siswa ketiga.
  5. Guru menjelaskan kepada seluruh siswa bahwa setiap hari mereka akan melakukan hal yang sama. Setiap hari akan ada tiga orang yang maju ke depan kelas untuk mendeskripsikan benda.

 

b.     Kegiatan Membaca Pemahaman (30 menit)

  1. Ambil satu teks dari Aku Cinta Membaca
  2. Mintalah siswa untuk membaca senyap (membaca dalam hati) selama 5 menit.
  3. Pada kesempatan ini guru juga membaca teks yang sama. Partisipasi guru dalam membaca sangat bermanfaat bagi siswa karena guru bisa dijadikan contoh.
  4. Mintalah siswa menyampaikan apa yang dibacanya kepada teman disebelahnya. Guru berkeliling untuk memastikan semua berpartisipasi aktif.
  5. Guru meminta siswa untuk menuliskan satu kata sulit di potongan kertas kecil dan menempelkannya di papan tulis (bisa juga guru meminta siswa menyampaikan kata sulit kemudian guru menuliskannya di papan tulis).
  6. Guru membahas satu kata sulit dengan siswa. Guru bertanya kepada siswa, siapa yang bisa menemukan arti salah satu kata sulit tersebut.
  7. Siswa harus menjelaskan arti kata tersebut. Siswa lain menanggapi.
  8. Selanjutnya guru membahas kata sulit yang lain. Begitu seterusnya.
  9. Siswa mencatat kata-kata sulit yang telah didiskusikan. Menulis Kegiatan (30 menit)
  10. Kegiatan menulis bisa dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
  11. Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan dihari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
  12. Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolahraga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dsb).  Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan; siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, bagaimana perasaan mereka saat berkegiatan, dimana mereka melakukan kegiatan.
  13. Setelah kegiatan menulis selesai, guru bisa meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman kelompoknya.

 

c.      Kegiatan Menulis (30 menit)

  1. Kegiatan menulis dapat dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
  2. Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
  3. Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolah raga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dan sebagainya). Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan, dimana mereka melakukan kegiatan, siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, serta bagaimana perasaan mereka saat berkegiatan.
  4. Setelah kegiatan menulis selesai, guru dapat meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman di kelompoknya.

 

d.     Bentuk Kegiatan Kelas

  1. Guru meminta siswa untuk mencermati bacaan yang disajikan di Buku Siswa, siswa diperbolehkan untuk menggaris bawahi informasi-informasi penting yang mereka temukan dalam bacaan
  2. Siswa menunjukkan pemahamannya tentang isi bacaan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dan disajikan di Buku Siswa
  3. Siswa diminta untuk menceritakan kembali isi dari cerita yang dibaca dan membuat ulasan singkat tentang cerita tersebut.
  4. Kegiatan Gallery Walk

Kegiatan Gallery Walk adalah kegiatan pameran hasil belajar yang diselenggarakan dalam ruangan. Guru meminta siswa untuk menempelkan hasil ulasan cerita di dinding kelas. Siswa saling mengunjungi hasil ulasan temannya dan memberikan komentar yang positif atau saran untuk perbaikan.

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Ø  Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Ø  Penilaian Pengetahuan

Ø  Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan : SDN ………………….

Kelas / Semester      :  4 /2

Tema                        :  Cita-citaku (Tema 6)

Sub Tema                 :  Kegiatan Pembiasaan Literasi (Sub Tema 4)

Pembelajaran ke     :  2

Alokasi waktu         :  1 Hari

 

TUJUAN

·       Siswa terbiasa membaca, menulis dan berbicara

·       Pengetahuan siswa meningkat.

·       Siswa mudah dalam memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual

 

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

a.     Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)

  1. Guru meminta seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari rumah dan mendeskripsikannya di depan teman- temannya.
  2. Siswa lain diminta untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
  3. Kegiatan seorang siswa untuk berbicara dan menjawab pertanyaan hanya 3 menit saja
  4. Guru kemudian meminta siswa lain untuk maju ke depan dan melakukan hal yang sama. Guru melakukan hal yang sama untuk siswa ketiga.
  5. Guru menjelaskan kepada seluruh siswa bahwa setiap hari mereka akan melakukan hal yang sama. Setiap hari akan ada tiga orang yang maju ke depan kelas untuk mendeskripsikan benda.

 

b.     Kegiatan Membaca Pemahaman (30 menit)

  1. Ambil satu teks dari Aku Cinta Membaca
  2. Mintalah siswa untuk membaca senyap (membaca dalam hati) selama 5 menit.
  3. Pada kesempatan ini guru juga membaca teks yang sama. Partisipasi guru dalam membaca sangat bermanfaat bagi siswa karena guru bisa dijadikan contoh.
  4. Mintalah siswa menyampaikan apa yang dibacanya kepada teman disebelahnya. Guru berkeliling untuk memastikan semua berpartisipasi aktif.
  5. Guru meminta siswa untuk menuliskan satu kata sulit di potongan kertas kecil dan menempelkannya di papan tulis (bisa juga guru meminta siswa menyampaikan kata sulit kemudian guru menuliskannya di papan tulis).
  6. Guru membahas satu kata sulit dengan siswa. Guru bertanya kepada siswa, siapa yang bisa menemukan arti salah satu kata sulit tersebut.
  7. Siswa harus menjelaskan arti kata tersebut. Siswa lain menanggapi.
  8. Selanjutnya guru membahas kata sulit yang lain. Begitu seterusnya.
  9. Siswa mencatat kata-kata sulit yang telah didiskusikan. Menulis Kegiatan (30 menit)
  10. Kegiatan menulis bisa dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
  11. Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan dihari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
  12. Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolahraga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dsb).  Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan; siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, bagaimana perasaan mereka saat berkegiatan, dimana mereka melakukan kegiatan.
  13. Setelah kegiatan menulis selesai, guru bisa meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman kelompoknya.

 

c.      Kegiatan Menulis (30 menit)

  1. Kegiatan menulis dapat dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
  2. Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
  3. Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolah raga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dan sebagainya). Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan, dimana mereka melakukan kegiatan, siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, serta bagaimana perasaan mereka saat berkegiatan.
  4. Setelah kegiatan menulis selesai, guru dapat meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman di kelompoknya.

 

d.     Bentuk Kegiatan Kelas

  1. Siswa membaca dan mencermati bacaan yang berjudul “Kebaikan Hati Pohon Jati”
  2. Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan berdasarkan cerita yang ia baca.
  3. Guru mengaitkan bacaan dengan topic pelestarian alam dengan membahas pertanyaan no 3 sampai 5, dan mengingatkan kembali kepada siswa tentang cara-cara melestarikan lingkungan.
  4. Siswa diminta untuk menggunakan imajinasi dan kreativitasnya dengan menggambar tokoh cerita yaitu pohon jati
  5. Disekeliling gambar tersebut, siswa menuliskan karakter-karakter yang dimiliki oleh pohon jati
  6. Siswa menjelaskan mengapa mereka memilih karakter- karakter tersebut.
  7. Guru meminta siswa untuk menuliskan apa yang akan siswa lakukan apabila siswa menjadi tokoh pohon jati dalam cerita tersebut , siswa mengunakan format gambar daun untuk menuliskan apa yang akan ia lakukan.
  8. Guru meminta siswa untuk menyusun dan menempelkan daun-daun tersebut di dinding kelas dan menyusunnya menjadi pohon kehidupan di kelas.

 

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Ø  Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Ø  Penilaian Pengetahuan

Ø  Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan : SDN ………………….

Kelas / Semester      :  4 /2

Tema                        :  Cita-citaku (Tema 6)

Sub Tema                 :  Kegiatan Pembiasaan Literasi (Sub Tema 4)

Pembelajaran ke     :  3

Alokasi waktu         :  1 Hari

 

 

TUJUAN

·       Siswa terbiasa membaca, menulis dan berbicara

·       Pengetahuan siswa meningkat.

·       Siswa mudah dalam memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual

 

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

a.     \ Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)

  1. Guru meminta seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari rumah dan mendeskripsikannya di depan teman- temannya.
  2. Siswa lain diminta untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
  3. Kegiatan seorang siswa untuk berbicara dan menjawab pertanyaan hanya 3 menit saja
  4. Guru kemudian meminta siswa lain untuk maju ke depan dan melakukan hal yang sama. Guru melakukan hal yang sama untuk siswa ketiga.
  5. Guru menjelaskan kepada seluruh siswa bahwa setiap hari mereka akan melakukan hal yang sama. Setiap hari akan ada tiga orang yang maju ke depan kelas untuk mendeskripsikan benda.

b.     Kegiatan Membaca Pemahaman (30 menit)

  1. Ambil satu teks dari Aku Cinta Membaca
  2. Mintalah siswa untuk membaca senyap (membaca dalam hati) selama 5 menit.
  3. Pada kesempatan ini guru juga membaca teks yang sama. Partisipasi guru dalam membaca sangat bermanfaat bagi siswa karena guru bisa dijadikan contoh.
  4. Mintalah siswa menyampaikan apa yang dibacanya kepada teman disebelahnya. Guru berkeliling untuk memastikan semua berpartisipasi aktif.
  5. Guru meminta siswa untuk menuliskan satu kata sulit di potongan kertas kecil dan menempelkannya di papan tulis (bisa juga guru meminta siswa menyampaikan kata sulit kemudian guru menuliskannya di papan tulis).
  6. Guru membahas satu kata sulit dengan siswa. Guru bertanya kepada siswa, siapa yang bisa menemukan arti salah satu kata sulit tersebut.
  7. Siswa harus menjelaskan arti kata tersebut. Siswa lain menanggapi.
  8. Selanjutnya guru membahas kata sulit yang lain. Begitu seterusnya.
  9. Siswa mencatat kata-kata sulit yang telah didiskusikan. Menulis Kegiatan (30 menit)
  10. Kegiatan menulis bisa dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
  11. Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan dihari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
  12. Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolahraga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dsb).  Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan; siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, bagaimana perasaan mereka saat berkegiatan, dimana mereka melakukan kegiatan.
  13. Setelah kegiatan menulis selesai, guru bisa meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman kelompoknya.

 

c.      Kegiatan Menulis (30 menit)

  1. Kegiatan menulis dapat dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
  2. Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
  3. Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolah raga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dan sebagainya). Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan, dimana mereka melakukan kegiatan, siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, serta bagaimana perasaan mereka saat berkegiatan.
  4. Setelah kegiatan menulis selesai, guru dapat meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman di kelompoknya.

 

d.     Bentuk Kegiatan Kelas

  1. Siswa membaca teks literasi yang disajikan di Buku Siswa.
  2. Siswa menjawab pertanyaan yang disajikan untuk memastikan bahwa ia memahami isi dari bacaan tersebut.
  3. Guru meminta siswa untuk bekerja bersama dengan temannya dan membuat peta pikiran tentang bacaan tersebut.

Siswa mengikuti langkah-langkah penugasan:

  • Tentukan beberapa gagasan utama dalam bacaan tersebut
  • Tentukan gagasan pendamping pada tiap gagasan utama yang sudah kamu temukan
  • Sajikan gagasan-gagasan tersebut dalam bentuk peta pikiran

Presentasikan peta pikiranmu di depan kelas dan mintalah pendapat temanmu tentang peta pikiran tersebut.

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Ø  Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Ø  Penilaian Pengetahuan

Ø  Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan : SDN ………………….

Kelas / Semester      :  4 /2

Tema                        :  Cita-citaku (Tema 6)

Sub Tema                 :  Kegiatan Pembiasaan Literasi (Sub Tema 4)

Pembelajaran ke     :  4

Alokasi waktu         :  1 Hari

 

 

TUJUAN

·       Siswa terbiasa membaca, menulis dan berbicara

·       Pengetahuan siswa meningkat.

·       Siswa mudah dalam memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual

 

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

a.     Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)

  1. Guru meminta seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari rumah dan mendeskripsikannya di depan teman- temannya.
  2. Siswa lain diminta untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
  3. Kegiatan seorang siswa untuk berbicara dan menjawab pertanyaan hanya 3 menit saja
  4. Guru kemudian meminta siswa lain untuk maju ke depan dan melakukan hal yang sama. Guru melakukan hal yang sama untuk siswa ketiga.
  5. Guru menjelaskan kepada seluruh siswa bahwa setiap hari mereka akan melakukan hal yang sama. Setiap hari akan ada tiga orang yang maju ke depan kelas untuk mendeskripsikan benda.

 

b.     Kegiatan Membaca Pemahaman (30 menit)

  1. Ambil satu teks dari Aku Cinta Membaca
  2. Mintalah siswa untuk membaca senyap (membaca dalam hati) selama 5 menit.
  3. Pada kesempatan ini guru juga membaca teks yang sama. Partisipasi guru dalam membaca sangat bermanfaat bagi siswa karena guru bisa dijadikan contoh.
  4. Mintalah siswa menyampaikan apa yang dibacanya kepada teman disebelahnya. Guru berkeliling untuk memastikan semua berpartisipasi aktif.
  5. Guru meminta siswa untuk menuliskan satu kata sulit di potongan kertas kecil dan menempelkannya di papan tulis (bisa juga guru meminta siswa menyampaikan kata sulit kemudian guru menuliskannya di papan tulis).
  6. Guru membahas satu kata sulit dengan siswa. Guru bertanya kepada siswa, siapa yang bisa menemukan arti salah satu kata sulit tersebut.
  7. Siswa harus menjelaskan arti kata tersebut. Siswa lain menanggapi.
  8. Selanjutnya guru membahas kata sulit yang lain. Begitu seterusnya.
  9. Siswa mencatat kata-kata sulit yang telah didiskusikan. Menulis Kegiatan (30 menit)
  10. Kegiatan menulis bisa dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
  11. Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan dihari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
  12. Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolahraga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dsb).  Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan; siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, bagaimana perasaan mereka saat berkegiatan, dimana mereka melakukan kegiatan.
  13. Setelah kegiatan menulis selesai, guru bisa meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman kelompoknya.

 

c.      Kegiatan Menulis (30 menit)

  1. Kegiatan menulis dapat dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
  2. Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
  3. Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolah raga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dan sebagainya). Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan, dimana mereka melakukan kegiatan, siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, serta bagaimana perasaan mereka saat berkegiatan.
  4. Setelah kegiatan menulis selesai, guru dapat meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman di kelompoknya.

 

d.     Bentuk Kegiatan Kelas

  1. Siswa mencermati teks literasi 4
  2. Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang menyangkut bacaan
  3. Siswa bersama dengan temannya membuat kliping tentang pelestarian hewan khususnyaBurung Elang

Hal-hal yang harus ada dalam kliping :

  • Jenis-jenis burung yang ada di Indonesia.
  • Cara pelestariannya.

Tempat-tempat yang dikunjungi untuk melihat penangkaran burung elang.

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Ø  Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Ø  Penilaian Pengetahuan

Ø  Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan : SDN ………………….

Kelas / Semester      :  4 /2

Tema                        :  Cita-citaku (Tema 6)

Sub Tema                 :  Kegiatan Pembiasaan Literasi (Sub Tema 4)

Pembelajaran ke     :  5

Alokasi waktu         :  1 Hari

 

 

TUJUAN

·       Siswa terbiasa membaca, menulis dan berbicara

·       Pengetahuan siswa meningkat.

·       Siswa mudah dalam memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual

 

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

a.     Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)

  1. Guru meminta seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari rumah dan mendeskripsikannya di depan teman- temannya.
  2. Siswa lain diminta untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
  3. Kegiatan seorang siswa untuk berbicara dan menjawab pertanyaan hanya 3 menit saja
  4. Guru kemudian meminta siswa lain untuk maju ke depan dan melakukan hal yang sama. Guru melakukan hal yang sama untuk siswa ketiga.
  5. Guru menjelaskan kepada seluruh siswa bahwa setiap hari mereka akan melakukan hal yang sama. Setiap hari akan ada tiga orang yang maju ke depan kelas untuk mendeskripsikan benda.

b.     Kegiatan Membaca Pemahaman (30 menit)

  1. Ambil satu teks dari Aku Cinta Membaca
  2. Mintalah siswa untuk membaca senyap (membaca dalam hati) selama 5 menit.
  3. Pada kesempatan ini guru juga membaca teks yang sama. Partisipasi guru dalam membaca sangat bermanfaat bagi siswa karena guru bisa dijadikan contoh.
  4. Mintalah siswa menyampaikan apa yang dibacanya kepada teman disebelahnya. Guru berkeliling untuk memastikan semua berpartisipasi aktif.
  5. Guru meminta siswa untuk menuliskan satu kata sulit di potongan kertas kecil dan menempelkannya di papan tulis (bisa juga guru meminta siswa menyampaikan kata sulit kemudian guru menuliskannya di papan tulis).
  6. Guru membahas satu kata sulit dengan siswa. Guru bertanya kepada siswa, siapa yang bisa menemukan arti salah satu kata sulit tersebut.
  7. Siswa harus menjelaskan arti kata tersebut. Siswa lain menanggapi.
  8. Selanjutnya guru membahas kata sulit yang lain. Begitu seterusnya.
  9. Siswa mencatat kata-kata sulit yang telah didiskusikan. Menulis Kegiatan (30 menit)
  10. Kegiatan menulis bisa dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
  11. Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan dihari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
  12. Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolahraga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dsb).  Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan; siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, bagaimana perasaan mereka saat berkegiatan, dimana mereka melakukan kegiatan.
  13. Setelah kegiatan menulis selesai, guru bisa meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman kelompoknya.

c.      Kegiatan Menulis (30 menit)

  1. Kegiatan menulis dapat dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
  2. Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
  3. Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolah raga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dan sebagainya). Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan, dimana mereka melakukan kegiatan, siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, serta bagaimana perasaan mereka saat berkegiatan.
  4. Setelah kegiatan menulis selesai, guru dapat meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman di kelompoknya.

d.     Bentuk Kegiatan Kelas

  1. Siswa mencermati bacaan dan gambar yang disajikan pada kegiatan literasi 5.
  2. Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang terkait dengan bacaan.
  3. Guru meminta siswa untuk mencermai gambar yang disajikan pada Buku Siswa .
  4. Siswa diminta untuk menuliskan hal-hal yang terkait dengan gambar tersebut, siswa bisa menuliskan apa saja yang mereka ketahui tentang gambar tersebut.

 

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Ø  Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Ø  Penilaian Pengetahuan

Ø  Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan : SDN ………………….

Kelas / Semester      :  4 /2

Tema                        :  Cita-citaku (Tema 6)

Sub Tema                 :  Kegiatan Pembiasaan Literasi (Sub Tema 4)

Pembelajaran ke     :  6

Alokasi waktu         :  1 Hari

 

 

TUJUAN

·       Siswa terbiasa membaca, menulis dan berbicara

·       Pengetahuan siswa meningkat.

·       Siswa mudah dalam memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual

 

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

Kegiatan

  1. Kegiatan pameran dilaksanakan sejak pagi hari.
  2. Waktu dapat disesuaikan dengan kondisi. Adik kelas yang akan berkunjung dapat menyesuaikan waktu dengan jam istirahat mereka. Apabila memungkinkan, guru juga dapat mengundang kepala sekolah, guru lain, serta orang tua atau komite sekolah.

 

Refleksi

Refleksi dilakukan bersama untuk membicarakan kegiatan literasi yang manakah yang paling menarik, hal-hal apa saja yang harus ditingkatkan, kegiatan saat pameran: hal-hal yang harus diperhatikan agar kegiatan dapat lebih baik lagi

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Ø  Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Ø  Penilaian Pengetahuan

Ø  Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

 

 

 

 

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...