RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEMESTER 1 |
Satuan
Pendidikan : SDN ..................................
Mata Pelajaran : Matematika
Bab5 : Bilangan Prima
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Alokasi Waktu : 4 x 3 Jam (1 Pertemuan 3 JP)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
3.5
Menjelaskan bilangan prima.
4.5
Mengindetifikasi bilangan prima.
PERTEMUAN
1 dan 2
C. INDIKATOR :
3.5.1
Menjelaskan sifat bilangan prima.
4.5.1
Memberikan contoh bilangan prima.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menjelaskan sifat bilangan prima.
2.
Siswa dapat memberikan contoh bilangan
prima.
v
Karakter siswa
yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
¡ Guru mengajak peserta didik untuk
berdoa sebelum dan setelah pelajaran.Religius ¡ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
kepada peserta didik tentang Pengertian
Bilangan Prima.Communication ¡ Guru memberi peserta didik contoh
dalam kehidupan yang berkaitan dengan bilangan prima. ¡ Guru membantu peserta didik dalam
merencanakan dan menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Pengertian Bilangan Prima. ¡ Guru membimbing peserta didik untuk
mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk melakukan Kegiatan 5.1 |
.... menit |
Inti |
Mengamati §
Guru membimbing peserta didik untuk membuat kelompok yang terdiri
atas 3-4 orang.Collaboration §
Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat tabel seperti
Tabel 5.1 dan mengarahkan peserta didik untuk melengkapi dengan bilangan 1
sampai dengan 100. Mandiri Menanya §
Guru menfasilitasi peserta didik untuk saling bertanya jawab
dengan anggota kelompoknya tentang kelipatan berkaitan dengan langkah
kegiatan 3 di Kegiatan 5.1Communication Mencoba §
Guru mendampingi peserta didik dalam melakukan beberapa hal
yang diperhatikan dalam langkah kegiatan 3 di Kegiatan 5.1.Mandiri §
Guru membimbing peserta didik dalam menentukan bilangan
bilangan yang tersisa (yang tidak dicoret). §
Guru mendampingi peserta didik untuk menyebutkan
keistimewaan dari bilangan bilangan tersebut Menalar §
Guru mengarahkan peserta didik untuk menyebutkan
keistimewaan dari bilangan-bilangan tersebut.Mandiri Mengkomunikasikan §
Guru mengarahkan peserta didik untuk menceritakan hasil
kerja kelompoknya di depan kelompok lain. Literasi |
.... menit |
Penutup |
§
Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Pengertian Bilangan Prima. §
Guru melakukan evaluasi tentang Pengertian Bilangan Prima, serta menugaskan peserta didik untuk
mempelajari materi selanjuutnya. §
Guru menginformasikan materi selanjutnya, yaitu Faktor Prima. |
15 menit |
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas IV tahun 2016
¡ Ensiklopedia Matematika yang relevan
¡ New Secondary One Mathematics Tutor yang relevan.
¡ Langkah Awal Menuju ke Olimpiade Matematika yang relevan.
¡ Kumpulan benda-benda kecil yang ada
di lingkungan sekolah, seperti lidi, potongan kertas, kelereng dan sebagainya
yang berjumlah bilangan prima untuk mengenalkan konsep bilangan prima.
G. MATERI PEMBELAJARAN
§ Pengertian Bilangan Prima
H. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Penilaian
1) Penilaian
Kegiatan 5.1
Untuk
menilai kompetensi yang dicapai dalam proses pembelajaran tentang Pengertian Bilangan Prima, guru
dapat menilai berdasarkan aspek sebagai berikut.
Instrumen
Penilaian Kegiatan 5.1
No |
Nama Peserta Didik |
Aspek yang Dinilai |
Keterangan |
||||||
Aspek Sikap Spriritual |
Aspek Pengetahuan |
Aspek Keterampilan |
|||||||
Berdoa Sebelum dan setelah Pelajaran |
Ketetapan dalam Menjelaskan Sifat Khusus Bilangan Prima |
Keterampilan Memberikan Contoh Bilangan Prima |
|||||||
Ya |
Tidak |
Tepat |
Tidak Tepat |
3 |
2 |
1 |
|||
1. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
2. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan
Diisi
dengan tanda cek (ΓΌ)
Kategori
penilaian aspek sikap sosial
“Ya”
diberi skor = 1,
“Tidak”
diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek pengetahuan
“Tepat”
diberi skor = 1,
“Tidak
Tepat” diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek keterampilan
3 =
contoh yang diberikan tepat,
2 =
contoh yang diberikan kurang tepat,
1 =
contoh yang diberikan tidak tepat.
Skor
maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 5.
Nilai = Total skor x 100
Skor maksimal
2)
Penilaian Tugas Rumah
Untuk menilai pemahaman dan
penguasaan peserta didik terhadap materi Pengertian
Bilangan Prima dapat menggunakan instrumen penilaian tugas rumah berikut.
Instrumen Penilaian Tugas
Rumah
No |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
1. |
Ketepatan
dalam menentukan bilangan prima |
.... |
2. |
Ketepatan
dalam menentukan bilangan prima antar bilangan 150 dan 300 |
.... |
3. |
Ketepatan
dalam menjelaskan pengertian bilangan prima |
.... |
|
Total Skor |
.... |
Keterangan
3 = jawaban tepat
2 = jawaban kurang tepat
1 = jawaban tidak tepat
0 = tidak menjawab
Skor maksimal yang dapat diperoleh
peserta didik adalah 9.
Nilai = Total skor x 100
Skor maksimal
PERTEMUAN
3 dan 4
C. INDIKATOR :
3.5.2
Menjelaskan Faktor Prima.
4.5.2
Menunjukkan faktor prima suatu bilangan.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menjelaskan Faktor Prima.
2.
Siswa dapat menunjukkan faktor prima
suatu bilangan.
v
Karakter siswa
yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
¡ Guru memberi salam dan menyapa
peserta didik.Religius ¡ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
kepada peserta didik tentang Faktor
Prima.Communication ¡ Guru membantu peserta didik dalam
merencanakan dan menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Faktor Prima. ¡ Guru membimbing peserta didik untuk
mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk melakukan Kegiatan 5.2 |
.... menit |
Inti |
Mengamati §
Guru mengarahkan peserta didik untuk mengamati Tabel 5.3.Mandiri §
Guru membimbing peserta didik dalam melengkapi Tabel 5.3. Menanya §
Guru menfasilitasi peserta didik untuk saling bertanya jawab
dengan anggota kelompoknya dalam menemukan bilangan prima dari masing-masing
faktor bilangan pada Tabel 5.3Collaboration Mencoba §
Guru mendampingi peserta didik dalam menemukan bilangan
prima daeri masing-masing faktor bilangan pada Tabel 5.3Mandiri Menalar §
Guru membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan
mengenai pengertian faktor prima. Critical Thinking and
Problem Solving Mengkomunikasikan §
Guru mengarahkan peserta didik untuk membacakan
kesimpulannya di depan teman sekelasnyaLiterasi |
.... menit |
Penutup |
§
Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Faktor Prima.Integritas §
Guru melakukan evaluasi tentang Faktor Prima,Mandiri |
15 menit |
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas IV tahun 2016
¡ Ensiklopedia Matematika yang relevan
¡ New Secondary One Mathematics Tutor yang relevan.
¡ Langkah Awal Menuju ke Olimpiade Matematika yang relevan.
¡ Kumpulan benda-benda kecil yang ada
di lingkungan sekolah, seperti kumpulan kelereng, kumpulan lidi, kumpulan uang
koin dan sebagainya yang dapat digunakan
untuk mengenalkan konsep faktor prima.
G. MATERI PEMBELAJARAN
§ Faktor
Prima
H. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Penilaian
1) Penilaian
Kegiatan 5.1
Untuk
menilai kompetensi yang dicapai dalam proses pembelajaran tentang Faktor Prima, guru
dapat menilai berdasarkan aspek sebagai berikut.
Instrumen
Penilaian Kegiatan 5.2
No |
Nama Peserta Didik |
Aspek yang Dinilai |
Keterangan |
||||||
Aspek Sikap Sosial |
Aspek Pengetahuan |
Aspek Keterampilan |
|||||||
Percaya Diri dalam Membacakan Kesimpulan |
Ketetapan dalam Menjelaskan Pengertian Faktor Prima |
Keterampilan Menunjukkan Faktor Prima dari Suatu Bilangan |
|||||||
Ya |
Tidak |
Tepat |
Tidak Tepat |
3 |
2 |
1 |
|||
1. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
2. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan
Diisi
dengan tanda cek (ΓΌ)
Kategori
penilaian aspek sikap sosial
“Ya”
diberi skor = 1,
“Tidak”
diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek pengetahuan
“Tepat”
diberi skor = 1,
“Tidak
Tepat” diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek keterampilan
3 =
faktor prima yang ditunjukkan tepat dan dilakukan dengan cepat,
2 =
faktor prima yang ditunjukkan tepat tetapi dilakukan dengan lambat,
1 =
faktor prima yang ditunjukkan tidak tepat.
Skor
maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 5.
Nilai = Total skor x 100
Skor maksimal
2)
Penilaian Tugas Portofolio
Pada tugas portofolio mengenai
bilangan materi Bilangan Prima, guru dapat menggunakan instrumen penilaian
berikut.
Instrumen Penilaian Tugas
Portofolio
No |
Nama Perserta Didik |
Aspek Keterampilan yang Dinilai |
Keterangan |
|||
Keterampilan Menyusun Tugas
Portofolio |
||||||
4 |
3 |
2 |
1 |
|||
1. |
.... |
.... |
.... |
.... |
.... |
.... |
2. |
.... |
.... |
.... |
.... |
.... |
.... |
.... |
.... |
.... |
.... |
.... |
.... |
.... |
Keterangan
Diisi dengan tanda cek (ΓΌ)
Kategori penilaian aspek
keterampilan
4 = runtut dan rapi
3 = runtut tapi tidak rapi
2 = tidak runtut tapi rapi
1 = tidak runtut dan tidak rapi
Skor maksimal yang dapat diperoleh
peserta didik adalah 4.
Nilai = Total skor x 100
Skor maksimal
Mengetahui Kepala Sekolah .......................................... NIP : |
............................, … Juli … Guru Kelas IV .......................................... NIP : |
Catatan Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
RPP MATEMATIKA KELAS 4 BAB 5 BILANGAN PRIMA