RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN ………………….
Kelas / Semester : 4
/2
Tema : Cita-citaku
(Tema 6)
Sub Tema : Kegiatan Pembiasaan Literasi (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
TUJUAN
·
Siswa terbiasa membaca, menulis dan berbicara
·
Pengetahuan siswa meningkat.
·
Siswa mudah dalam memahami teks lisan, tulisan, maupun
gambar/visual
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Ø
Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan
kehadiran siswa
Ø
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
(religius).
Ø
Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.
Ø
Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20
menit (literasi)
Kegiatan Inti
a. Kegiatan
Berbahasa Lisan (15 menit)
- Guru
meminta seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari
rumah dan mendeskripsikannya di depan teman- temannya.
- Siswa lain diminta untuk menyimak serta diberi
kesempatan untuk bertanya.
- Kegiatan seorang siswa untuk berbicara dan menjawab
pertanyaan hanya 3 menit saja
- Guru kemudian meminta siswa lain untuk maju ke depan
dan melakukan hal yang sama. Guru melakukan hal yang sama untuk siswa
ketiga.
- Guru menjelaskan kepada seluruh siswa bahwa setiap
hari mereka akan melakukan hal yang sama. Setiap hari akan ada tiga orang
yang maju ke depan kelas untuk mendeskripsikan benda.
b. Kegiatan
Membaca Pemahaman (30 menit)
- Ambil satu teks dari Aku Cinta Membaca
- Mintalah siswa untuk membaca senyap (membaca
dalam hati) selama 5 menit.
- Pada kesempatan ini guru juga membaca teks yang
sama. Partisipasi guru dalam membaca sangat bermanfaat bagi siswa karena
guru bisa dijadikan contoh.
- Mintalah siswa menyampaikan apa yang dibacanya
kepada teman disebelahnya. Guru berkeliling untuk memastikan semua
berpartisipasi aktif.
- Guru meminta siswa untuk menuliskan satu kata
sulit di potongan kertas kecil dan menempelkannya di papan tulis (bisa
juga guru meminta siswa menyampaikan kata sulit kemudian guru
menuliskannya di papan tulis).
- Guru membahas satu kata sulit dengan siswa. Guru
bertanya kepada siswa, siapa yang bisa menemukan arti salah satu kata
sulit tersebut.
- Siswa harus menjelaskan arti kata tersebut. Siswa
lain menanggapi.
- Selanjutnya guru membahas kata sulit yang lain.
Begitu seterusnya.
- Siswa mencatat kata-kata sulit yang telah
didiskusikan. Menulis Kegiatan (30 menit)
- Kegiatan menulis bisa dilakukan di kertas HVS yang
dibagikan oleh guru.
- Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan
dihari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin,
maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
- Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya
tersebut (berolahraga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dsb). Guru mengingatkan siswa untuk menulis
dengan mencantumkan apa yang dilakukan; siapa yang terlibat, kapan dilakukan,
bagaimana kegiatan dilakukan, bagaimana perasaan mereka saat berkegiatan,
dimana mereka melakukan kegiatan.
- Setelah kegiatan menulis selesai, guru bisa meminta
setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman kelompoknya.
c. Kegiatan Menulis (30 menit)
- Kegiatan menulis dapat dilakukan di kertas HVS yang
dibagikan oleh guru.
- Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan
di hari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin,
maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
- Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya
tersebut (berolah raga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dan
sebagainya). Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa
yang dilakukan, dimana mereka melakukan kegiatan, siapa yang terlibat,
kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, serta bagaimana perasaan
mereka saat berkegiatan.
- Setelah kegiatan menulis selesai, guru dapat meminta
setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman di kelompoknya.
d. Bentuk Kegiatan Kelas
- Guru meminta siswa untuk mencermati bacaan yang
disajikan di Buku Siswa, siswa diperbolehkan untuk menggaris bawahi
informasi-informasi penting yang mereka temukan dalam bacaan
- Siswa menunjukkan pemahamannya tentang isi bacaan
dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dan disajikan di Buku
Siswa
- Siswa diminta untuk menceritakan kembali isi dari
cerita yang dibaca dan membuat ulasan singkat tentang cerita tersebut.
- Kegiatan Gallery Walk
Kegiatan Gallery Walk adalah kegiatan pameran hasil
belajar yang diselenggarakan dalam ruangan. Guru meminta siswa untuk
menempelkan hasil ulasan cerita di dinding kelas. Siswa saling
mengunjungi hasil ulasan temannya dan memberikan komentar yang positif atau
saran untuk perbaikan.
Kegiatan Penutup
Ø
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø
Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø
Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Ø Penilaian Sikap : Observasi
selama kegiatan berlangsung
Ø Penilaian Pengetahuan
Ø Penilaian Keterampilan
Mengetahui Kepala
SDN .......................... .......................... |
|
.............................................. Guru
Kelas .......................... |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN ………………….
Kelas / Semester : 4
/2
Tema : Cita-citaku
(Tema 6)
Sub Tema : Kegiatan Pembiasaan Literasi (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
TUJUAN
·
Siswa terbiasa membaca, menulis dan berbicara
·
Pengetahuan siswa meningkat.
·
Siswa mudah dalam memahami teks lisan, tulisan, maupun
gambar/visual
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Ø
Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan
kehadiran siswa
Ø
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
(religius).
Ø
Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat
Nasionalisme.
Ø
Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20
menit (literasi)
Kegiatan Inti
a. Kegiatan
Berbahasa Lisan (15 menit)
- Guru
meminta seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari
rumah dan mendeskripsikannya di depan teman- temannya.
- Siswa
lain diminta untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
- Kegiatan seorang siswa untuk berbicara dan menjawab
pertanyaan hanya 3 menit saja
- Guru kemudian meminta siswa lain untuk maju ke depan
dan melakukan hal yang sama. Guru melakukan hal yang sama untuk siswa ketiga.
- Guru menjelaskan kepada seluruh siswa bahwa setiap
hari mereka akan melakukan hal yang sama. Setiap hari akan ada tiga orang
yang maju ke depan kelas untuk mendeskripsikan benda.
b. Kegiatan
Membaca Pemahaman (30 menit)
- Ambil satu teks dari Aku Cinta Membaca
- Mintalah siswa untuk membaca senyap (membaca
dalam hati) selama 5 menit.
- Pada kesempatan ini guru juga membaca teks yang
sama. Partisipasi guru dalam membaca sangat bermanfaat bagi siswa karena
guru bisa dijadikan contoh.
- Mintalah siswa menyampaikan apa yang dibacanya
kepada teman disebelahnya. Guru berkeliling untuk memastikan semua
berpartisipasi aktif.
- Guru meminta siswa untuk menuliskan satu kata
sulit di potongan kertas kecil dan menempelkannya di papan tulis (bisa
juga guru meminta siswa menyampaikan kata sulit kemudian guru
menuliskannya di papan tulis).
- Guru membahas satu kata sulit dengan siswa. Guru
bertanya kepada siswa, siapa yang bisa menemukan arti salah satu kata
sulit tersebut.
- Siswa harus menjelaskan arti kata tersebut. Siswa
lain menanggapi.
- Selanjutnya guru membahas kata sulit yang lain. Begitu
seterusnya.
- Siswa mencatat kata-kata sulit yang telah
didiskusikan. Menulis Kegiatan (30 menit)
- Kegiatan menulis bisa dilakukan di kertas HVS yang
dibagikan oleh guru.
- Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan
dihari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin,
maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
- Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya
tersebut (berolahraga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dsb). Guru mengingatkan siswa untuk menulis
dengan mencantumkan apa yang dilakukan; siapa yang terlibat, kapan
dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, bagaimana perasaan mereka saat
berkegiatan, dimana mereka melakukan kegiatan.
- Setelah kegiatan menulis selesai, guru bisa meminta
setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman kelompoknya.
c. Kegiatan Menulis (30 menit)
- Kegiatan menulis dapat dilakukan di kertas HVS yang
dibagikan oleh guru.
- Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan
di hari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin,
maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
- Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya
tersebut (berolah raga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dan
sebagainya). Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa
yang dilakukan, dimana mereka melakukan kegiatan, siapa yang terlibat,
kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, serta bagaimana perasaan mereka
saat berkegiatan.
- Setelah kegiatan menulis selesai, guru dapat meminta
setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman di kelompoknya.
d. Bentuk Kegiatan Kelas
- Siswa membaca dan mencermati bacaan yang berjudul
“Kebaikan Hati Pohon Jati”
- Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan berdasarkan
cerita yang ia baca.
- Guru mengaitkan bacaan dengan topic pelestarian alam
dengan membahas pertanyaan no 3 sampai 5, dan mengingatkan kembali kepada
siswa tentang cara-cara melestarikan lingkungan.
- Siswa diminta untuk menggunakan imajinasi dan
kreativitasnya dengan menggambar tokoh cerita yaitu pohon jati
- Disekeliling gambar tersebut, siswa menuliskan
karakter-karakter yang dimiliki oleh pohon jati
- Siswa menjelaskan mengapa mereka memilih karakter-
karakter tersebut.
- Guru meminta siswa untuk menuliskan apa yang akan
siswa lakukan apabila siswa menjadi tokoh pohon jati dalam cerita tersebut
, siswa mengunakan format gambar daun untuk menuliskan apa yang akan ia
lakukan.
- Guru meminta siswa untuk menyusun dan menempelkan
daun-daun tersebut di dinding kelas dan menyusunnya menjadi pohon
kehidupan di kelas.
Kegiatan Penutup
Ø
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø
Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø
Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Ø Penilaian Sikap : Observasi
selama kegiatan berlangsung
Ø Penilaian Pengetahuan
Ø Penilaian Keterampilan
Mengetahui Kepala
SDN .......................... .......................... |
|
.............................................. Guru
Kelas .......................... |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN ………………….
Kelas / Semester : 4
/2
Tema : Cita-citaku
(Tema 6)
Sub Tema : Kegiatan Pembiasaan Literasi (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
TUJUAN
·
Siswa terbiasa membaca, menulis dan berbicara
·
Pengetahuan siswa meningkat.
·
Siswa mudah dalam memahami teks lisan, tulisan, maupun
gambar/visual
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Ø
Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan
kehadiran siswa
Ø
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
(religius).
Ø
Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat
Nasionalisme.
Ø
Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20
menit (literasi)
Kegiatan Inti
a. \
Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)
- Guru
meminta seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari
rumah dan mendeskripsikannya di depan teman- temannya.
- Siswa
lain diminta untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
- Kegiatan seorang siswa untuk berbicara dan menjawab
pertanyaan hanya 3 menit saja
- Guru kemudian meminta siswa lain untuk maju ke depan
dan melakukan hal yang sama. Guru melakukan hal yang sama untuk siswa ketiga.
- Guru menjelaskan kepada seluruh siswa bahwa setiap
hari mereka akan melakukan hal yang sama. Setiap hari akan ada tiga orang
yang maju ke depan kelas untuk mendeskripsikan benda.
b. Kegiatan
Membaca Pemahaman (30 menit)
- Ambil satu teks dari Aku Cinta Membaca
- Mintalah siswa untuk membaca senyap (membaca
dalam hati) selama 5 menit.
- Pada kesempatan ini guru juga membaca teks yang
sama. Partisipasi guru dalam membaca sangat bermanfaat bagi siswa karena
guru bisa dijadikan contoh.
- Mintalah siswa menyampaikan apa yang dibacanya
kepada teman disebelahnya. Guru berkeliling untuk memastikan semua
berpartisipasi aktif.
- Guru meminta siswa untuk menuliskan satu kata
sulit di potongan kertas kecil dan menempelkannya di papan tulis (bisa
juga guru meminta siswa menyampaikan kata sulit kemudian guru
menuliskannya di papan tulis).
- Guru membahas satu kata sulit dengan siswa. Guru
bertanya kepada siswa, siapa yang bisa menemukan arti salah satu kata
sulit tersebut.
- Siswa harus menjelaskan arti kata tersebut. Siswa
lain menanggapi.
- Selanjutnya guru membahas kata sulit yang lain. Begitu
seterusnya.
- Siswa mencatat kata-kata sulit yang telah
didiskusikan. Menulis Kegiatan (30 menit)
- Kegiatan menulis bisa dilakukan di kertas HVS yang
dibagikan oleh guru.
- Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan
dihari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin,
maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
- Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya
tersebut (berolahraga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dsb). Guru mengingatkan siswa untuk menulis
dengan mencantumkan apa yang dilakukan; siapa yang terlibat, kapan
dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, bagaimana perasaan mereka saat
berkegiatan, dimana mereka melakukan kegiatan.
- Setelah kegiatan menulis selesai, guru bisa meminta
setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman kelompoknya.
c. Kegiatan Menulis (30 menit)
- Kegiatan menulis dapat dilakukan di kertas HVS yang
dibagikan oleh guru.
- Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan
di hari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin,
maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
- Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya
tersebut (berolah raga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dan
sebagainya). Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa
yang dilakukan, dimana mereka melakukan kegiatan, siapa yang terlibat,
kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, serta bagaimana perasaan
mereka saat berkegiatan.
- Setelah kegiatan menulis selesai, guru dapat meminta
setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman di kelompoknya.
d. Bentuk Kegiatan Kelas
- Siswa membaca teks literasi yang disajikan di Buku
Siswa.
- Siswa menjawab pertanyaan yang disajikan untuk
memastikan bahwa ia memahami isi dari bacaan tersebut.
- Guru meminta siswa untuk bekerja bersama dengan
temannya dan membuat peta pikiran tentang bacaan tersebut.
Siswa mengikuti langkah-langkah penugasan:
- Tentukan beberapa gagasan utama dalam bacaan
tersebut
- Tentukan gagasan pendamping pada tiap gagasan utama
yang sudah kamu temukan
- Sajikan gagasan-gagasan tersebut dalam bentuk peta
pikiran
Presentasikan peta pikiranmu di depan kelas dan mintalah
pendapat temanmu tentang peta pikiran tersebut.
Kegiatan Penutup
Ø
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø
Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø
Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Ø Penilaian Sikap : Observasi
selama kegiatan berlangsung
Ø Penilaian Pengetahuan
Ø Penilaian Keterampilan
Mengetahui Kepala
SDN .......................... .......................... |
|
.............................................. Guru
Kelas .......................... |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN ………………….
Kelas / Semester : 4
/2
Tema : Cita-citaku
(Tema 6)
Sub Tema : Kegiatan Pembiasaan Literasi (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 Hari
TUJUAN
·
Siswa terbiasa membaca, menulis dan berbicara
·
Pengetahuan siswa meningkat.
·
Siswa mudah dalam memahami teks lisan, tulisan, maupun
gambar/visual
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Ø
Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan
kehadiran siswa
Ø
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
(religius).
Ø
Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat
Nasionalisme.
Ø
Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20
menit (literasi)
Kegiatan Inti
a. Kegiatan
Berbahasa Lisan (15 menit)
- Guru
meminta seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari
rumah dan mendeskripsikannya di depan teman- temannya.
- Siswa
lain diminta untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
- Kegiatan seorang siswa untuk berbicara dan menjawab
pertanyaan hanya 3 menit saja
- Guru kemudian meminta siswa lain untuk maju ke depan
dan melakukan hal yang sama. Guru melakukan hal yang sama untuk siswa ketiga.
- Guru menjelaskan kepada seluruh siswa bahwa setiap
hari mereka akan melakukan hal yang sama. Setiap hari akan ada tiga orang
yang maju ke depan kelas untuk mendeskripsikan benda.
b. Kegiatan
Membaca Pemahaman (30 menit)
- Ambil satu teks dari Aku Cinta Membaca
- Mintalah siswa untuk membaca senyap (membaca
dalam hati) selama 5 menit.
- Pada kesempatan ini guru juga membaca teks yang
sama. Partisipasi guru dalam membaca sangat bermanfaat bagi siswa karena
guru bisa dijadikan contoh.
- Mintalah siswa menyampaikan apa yang dibacanya
kepada teman disebelahnya. Guru berkeliling untuk memastikan semua
berpartisipasi aktif.
- Guru meminta siswa untuk menuliskan satu kata
sulit di potongan kertas kecil dan menempelkannya di papan tulis (bisa
juga guru meminta siswa menyampaikan kata sulit kemudian guru
menuliskannya di papan tulis).
- Guru membahas satu kata sulit dengan siswa. Guru
bertanya kepada siswa, siapa yang bisa menemukan arti salah satu kata
sulit tersebut.
- Siswa harus menjelaskan arti kata tersebut. Siswa
lain menanggapi.
- Selanjutnya guru membahas kata sulit yang lain. Begitu
seterusnya.
- Siswa mencatat kata-kata sulit yang telah
didiskusikan. Menulis Kegiatan (30 menit)
- Kegiatan menulis bisa dilakukan di kertas HVS yang
dibagikan oleh guru.
- Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan
dihari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin,
maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
- Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya
tersebut (berolahraga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dsb). Guru mengingatkan siswa untuk menulis
dengan mencantumkan apa yang dilakukan; siapa yang terlibat, kapan
dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, bagaimana perasaan mereka saat
berkegiatan, dimana mereka melakukan kegiatan.
- Setelah kegiatan menulis selesai, guru bisa meminta
setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman kelompoknya.
c. Kegiatan Menulis (30 menit)
- Kegiatan menulis dapat dilakukan di kertas HVS yang
dibagikan oleh guru.
- Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan
di hari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka
siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
- Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya
tersebut (berolah raga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dan
sebagainya). Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa
yang dilakukan, dimana mereka melakukan kegiatan, siapa yang terlibat,
kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, serta bagaimana perasaan
mereka saat berkegiatan.
- Setelah kegiatan menulis selesai, guru dapat meminta
setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman di kelompoknya.
d. Bentuk Kegiatan Kelas
- Siswa mencermati teks literasi 4
- Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang menyangkut
bacaan
- Siswa bersama dengan temannya membuat kliping
tentang pelestarian hewan khususnyaBurung Elang
Hal-hal yang harus ada dalam kliping :
- Jenis-jenis burung yang ada di Indonesia.
- Cara pelestariannya.
Tempat-tempat yang dikunjungi untuk melihat
penangkaran burung elang.
Kegiatan Penutup
Ø
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø
Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø
Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Ø Penilaian Sikap : Observasi
selama kegiatan berlangsung
Ø Penilaian Pengetahuan
Ø Penilaian Keterampilan
Mengetahui Kepala
SDN .......................... .......................... |
|
.............................................. Guru
Kelas .......................... |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN ………………….
Kelas / Semester : 4
/2
Tema : Cita-citaku
(Tema 6)
Sub Tema : Kegiatan Pembiasaan Literasi (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 Hari
TUJUAN
·
Siswa terbiasa membaca, menulis dan berbicara
·
Pengetahuan siswa meningkat.
·
Siswa mudah dalam memahami teks lisan, tulisan, maupun
gambar/visual
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Ø
Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran
siswa
Ø
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
(religius).
Ø
Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat
Nasionalisme.
Ø
Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20
menit (literasi)
Kegiatan Inti
a. Kegiatan
Berbahasa Lisan (15 menit)
- Guru
meminta seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari
rumah dan mendeskripsikannya di depan teman- temannya.
- Siswa
lain diminta untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
- Kegiatan seorang siswa untuk berbicara dan menjawab
pertanyaan hanya 3 menit saja
- Guru kemudian meminta siswa lain untuk maju ke depan
dan melakukan hal yang sama. Guru melakukan hal yang sama untuk siswa ketiga.
- Guru menjelaskan kepada seluruh siswa bahwa setiap
hari mereka akan melakukan hal yang sama. Setiap hari akan ada tiga orang
yang maju ke depan kelas untuk mendeskripsikan benda.
b. Kegiatan
Membaca Pemahaman (30 menit)
- Ambil satu teks dari Aku Cinta Membaca
- Mintalah siswa untuk membaca senyap (membaca
dalam hati) selama 5 menit.
- Pada kesempatan ini guru juga membaca teks yang
sama. Partisipasi guru dalam membaca sangat bermanfaat bagi siswa karena
guru bisa dijadikan contoh.
- Mintalah siswa menyampaikan apa yang dibacanya
kepada teman disebelahnya. Guru berkeliling untuk memastikan semua
berpartisipasi aktif.
- Guru meminta siswa untuk menuliskan satu kata
sulit di potongan kertas kecil dan menempelkannya di papan tulis (bisa
juga guru meminta siswa menyampaikan kata sulit kemudian guru
menuliskannya di papan tulis).
- Guru membahas satu kata sulit dengan siswa. Guru
bertanya kepada siswa, siapa yang bisa menemukan arti salah satu kata
sulit tersebut.
- Siswa harus menjelaskan arti kata tersebut. Siswa
lain menanggapi.
- Selanjutnya guru membahas kata sulit yang lain. Begitu
seterusnya.
- Siswa mencatat kata-kata sulit yang telah
didiskusikan. Menulis Kegiatan (30 menit)
- Kegiatan menulis bisa dilakukan di kertas HVS yang
dibagikan oleh guru.
- Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan
dihari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin,
maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
- Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya
tersebut (berolahraga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dsb). Guru mengingatkan siswa untuk menulis
dengan mencantumkan apa yang dilakukan; siapa yang terlibat, kapan
dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, bagaimana perasaan mereka saat
berkegiatan, dimana mereka melakukan kegiatan.
- Setelah kegiatan menulis selesai, guru bisa meminta
setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman kelompoknya.
c. Kegiatan Menulis (30 menit)
- Kegiatan menulis dapat dilakukan di kertas HVS yang
dibagikan oleh guru.
- Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan
di hari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin,
maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
- Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya
tersebut (berolah raga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dan
sebagainya). Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa
yang dilakukan, dimana mereka melakukan kegiatan, siapa yang terlibat,
kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, serta bagaimana perasaan
mereka saat berkegiatan.
- Setelah kegiatan menulis selesai, guru dapat meminta
setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman di kelompoknya.
d. Bentuk Kegiatan Kelas
- Siswa mencermati bacaan dan gambar yang disajikan
pada kegiatan literasi 5.
- Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang terkait
dengan bacaan.
- Guru meminta siswa untuk mencermai gambar yang
disajikan pada Buku Siswa .
- Siswa diminta untuk menuliskan hal-hal yang terkait
dengan gambar tersebut, siswa bisa menuliskan apa saja yang mereka ketahui
tentang gambar tersebut.
Kegiatan Penutup
Ø
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø
Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø
Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Ø Penilaian Sikap : Observasi
selama kegiatan berlangsung
Ø Penilaian Pengetahuan
Ø Penilaian Keterampilan
Mengetahui Kepala
SDN .......................... .......................... |
|
.............................................. Guru
Kelas .......................... |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN ………………….
Kelas / Semester : 4
/2
Tema : Cita-citaku
(Tema 6)
Sub Tema : Kegiatan Pembiasaan Literasi (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 Hari
TUJUAN
·
Siswa terbiasa membaca, menulis dan berbicara
·
Pengetahuan siswa meningkat.
·
Siswa mudah dalam memahami teks lisan, tulisan, maupun
gambar/visual
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Ø
Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan
kehadiran siswa
Ø
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
(religius).
Ø
Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat
Nasionalisme.
Ø
Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20
menit (literasi)
Kegiatan Inti
Kegiatan
- Kegiatan pameran dilaksanakan sejak pagi hari.
- Waktu dapat disesuaikan dengan kondisi. Adik kelas
yang akan berkunjung dapat menyesuaikan waktu dengan jam istirahat mereka.
Apabila memungkinkan, guru juga dapat mengundang kepala sekolah, guru
lain, serta orang tua atau komite sekolah.
Refleksi
Refleksi dilakukan bersama untuk membicarakan kegiatan
literasi yang manakah yang paling menarik, hal-hal apa saja yang harus
ditingkatkan, kegiatan saat pameran: hal-hal yang harus diperhatikan agar
kegiatan dapat lebih baik lagi
Kegiatan Penutup
Ø
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø
Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø
Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Ø Penilaian Sikap : Observasi
selama kegiatan berlangsung
Ø Penilaian Pengetahuan
Ø Penilaian Keterampilan
Mengetahui Kepala
SDN .......................... .......................... |
|
.............................................. Guru
Kelas .......................... |