Senin, 08 Maret 2021

RPP 1 LEMBAR KELAS 4 SD SEMESTER 2 TEMA 8 SUBTEMA 1

 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                   : SDN …………………..

Kelas/Semester                      :  IV/2

Tema 8                       :   Daerah Tempat Tinggalku

Subtema                      :  Lingkungan Tempat Tinggalku

Pembelajaran ke-                    :  1

Fokus Pembelajaran                :  Bahasa Indonesia, dan IPA

Alokasi Waktu                        :  6 x 35 menit (6 JP)

 

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Dengan kegiatan membaca cerita fiksi, siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh pada cerita fiksi dengan tepat.

2.       Dengan kegiatan berlatih menceritakan kembali cerita fiksi, siswa dapat bercerita dengan artikulasi jelas, ekspresif, intonasi tepat, dan penuh percaya diri.

3.       Dengan kegiatan mencari tahu pengertian dan ciri-ciri cerita fiksi,siswa dapat menjelaskan secara lisan pengertian dan ciri-ciri cerita fiksi.

4.       Dengan kegiatan mengamati gambar anak menarik dan mendorong ayunan, siswa dapat mengetahui pengertian gaya dan gerak dengan benar.

5.       Dengan berdiskusi tentang perbedaan gaya dan gerak, siswa dapat menjelaskan perbedaan gaya dan gerak.

6.       Dengan mendorong dan menarik meja, siswa dapat mempraktikkan gaya dorongan dan tarikan.

7.       Dengan kegiatan menulis hasil percobaan mendorong dan menarik meja,siswa dapat menyajikan hasil percobaan tentang gaya dan gerak secara tertulis.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

AYO MEMBACA

1.      Secara mandiri siswa diminta untuk membaca cerita Asal Mula Telaga Warna di dalam hati.

2.      Guru memberi batasan waktu 5-10 menit kepada siswa untuk membaca dan memahami isi cerita.

3.      Selanjutnya, secara mandiri siswa diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada buku siswa

4.      Guru mengajak siswa membahas jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa.

5.      Guru meminta siswa menyampaikan jawabannya.

6.      Guru memberi kesempatan kepada siswa lain jika ada jawaban berbeda.

7.      Guru mengonfirmasi dan mengapresiasi jawaban siswa.

AYO BERLATIH

1.     Setelah siswa membaca, memahami, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan cerita, siswa diminta menceritakan kembali cerita Asal Mula Telaga Warna  dengan bahasanya sendiri.

2.     Siswa diminta bercerita di depan teman-temannya dengan suara nyaring, artikulasi jelas, ekspresif, intonasi tepat, dan percaya diri.

AYO BERDISKUSI

1.     Guru menjelaskan bahwa cerita Asal Mula Telaga Warna merupakan salah satu contoh teks fiksi berupa cerita. Teks cerita fiksi adalah teks berupa cerita yang sengaja dikarang oleh pengarang. Cerita tersebut dapat merupakan hasil imajinasi pengarang ataupun yang pernah terjadi di dunia nyata lalu diolah oleh pengarang sehingga menghasilkan cerita rekaan

2.     Selanjutnya, siswa diminta untuk mencari informasi tentang cerita fiksi dan ciri-cirinya.

3.     Kegiatan ini dapat dilakukan, baik secara individu, berpasangan, maupun kelompok.

4.     Guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk mencari informasi dari berbagai sumber, misalnya bertanya kepada orang yang dianggap tahu, membaca dari buku-buku di perpustakaan sekolah, atau mengakses informasi dari internet

5.     Selanjutnya, siswa diminta untuk mempresentasikan hasil pencariannya di depan teman atau kelompok lain.

6.     Guru memberikan kesempatan kepada teman atau kelompok lain untuk bertanya.

7.     Siswa menjawab pertanyaan teman atau kelompok lain sesuai pengetahuan dan pemahamannya.

AYO MENGAMATI

1.     Siswa membaca narasi pada buku siswa. Kemudian, Guru menjelaskan bahwa banyak sarana umum di lingkungan tempat tinggal, misalnya taman bermain untuk anak-anak.

2.     Siswa diminta mengamati gambar.

3.     Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa, ”Apa yang dilakukan Udin pada gambar di sebelah kiri?” dan ”Apa yang dilakukan Udin pada gambar di sebelah kanan?”

4.     Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Guru sesuai hasil pengamatannya.

5.     Guru mengonfirmasi dan mengapresiasi jawaban siswa, meskipun jika terdapat jawaban nyeleneh.

6.     Guru menjelaskan kepada siswa bahwa Udin melakukan tarikan dan dorongan terhadap ayunan. Tarikan dan dorongan yang diberikan Udin disebut gaya. Karena ayunan diberi gaya oleh Udin, ayunan itupun bergerak.

7.     Siswa diminta membaca pengertian gaya dan gerak pada buku siswa.

8.     Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan tanya jawab tentang pengertian gaya dan gerak jika belum paham.

AYO MENCOBA

1.      Siswa telah memahami pengertian gaya dan gerak. Kemudian, siswa diminta untuk melakukan percobaan untuk mengetahui pengaruh gaya tarikan dan dorongan terhadap arah gerak benda.

2.     Percobaan ini dilakukan secara berkelompok. Setiap kelompok terdiri atas tiga anak..

3.     Siswa melakukan percobaan menggunakan alat berupa meja.

4.     Siswa mengikuti langkah kegiatan pada buku siswa saat melakukan percobaan.

AYO MENULIS

1.     Siswa telah melakukan percobaan tentang gaya dan gerak.

2.     Selanjutnya, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada buku siswa berdasarkan hasil percobaan yang telah dilakukan.

3.     Kegiatan ini dilakukan bersama anggota kelompoknya.

AYO BERDISKUSI

1.     Setelah siswa melakukan percobaan tentang gaya dan gerak, siswa berdiskusi bersama anggota kelompoknya tentang perbedaan gaya dan gerak.

2.     Siswa menuliskan hasil diskusinya.

3.     Selanjutnya, siswa diminta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelompok lain.

4.     Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk bertanya kepada kelompok yang tampil.

5.     Guru mengonfirmasi dan mengapresiasi jawaban semua kelompok

AYO MERENUNGKAN

1.     Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Apa yang kamu pahami tentang cerita fiksi? Apa ciri-ciri cerita fiksi? Apa yang dimaksud dengan gaya? Apa yang dimaksud dengan gerak? Apa yang membedakan gaya dan gerak?

2.     Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

3.     Guru mengidentifikasi dan menganalisisjawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai cerita fiksi, gaya, dan gerak.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui wag

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                   : SDN …………………..

Kelas/Semester                       :  IV/2

Tema 8                       :   Daerah Tempat Tinggalku

Subtema                      :  Lingkungan Tempat Tinggalku

Pembelajaran ke-                    :  2

Fokus Pembelajaran                :  Bahasa Indonesia, dan IPA, SBdP

Alokasi Waktu                        :  6 x 35 menit (6 JP)

 

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan kegiatan menyanyikan lagu daerah, siswa dapat menyanyikan lagu dengan tempo dan tinggi rendah nada yang tepat.

2.     Dengan kegiatan mengidentifikasi tinggi rendah nada pada teks lagu daerah, siswa dapat mengetahui tinggi rendah nada pada lagu.

3.     Dengan kegiatan membaca cerita fiksi, siswa dapat mencermati tokoh-tokoh cerita.

4.     Dengan kegiatan menceritakan kembali cerita fiksi, siswa dapat menceritakan tokoh-tokoh pada cerita fiksi dan bercerita dengan benar.

5.     Dengan kegiatan mencari tahu jenis-jenis cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan pengertian jenis-jenis cerita fiksi dan menyebutkan contoh-contoh cerita fiksi.

6.     Dengan kegiatan mengidentifikasi jenis cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan jenis cerita fiksi yang dibaca.

7.     Dengan mendorong meja, siswa dapat mengetahui perubahan gerak akibat gaya.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

AYO BERNYANYI

1.     Guru meminta siswa mengamati teks lagu berjudul ”Yamko Rambe Yamko”. Kemudian, guru menjelaskan bahwa lagu tersebut dinyanyikan dengan nada dasar C=do. Birama lagu adalah 4/4. Artinya, dalam satu birama terdapat empat ketukan. Lagu dinyanyikan dengan bersemangat.

2.      Siswa diminta bersama-sama menyanyikan lagu ”Yamko Rambe Yamko” dengan penuh semangat.

AYO BERLATIH

1.     Guru menjelaskan bahwa saat menyanyikan sebuah lagu harus memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada. Guru mengajak siswa mengingat kembali tentang pengertian tempo dan tinggi rendah nada. Tempo adalah cepat dan lambat ketukan dalam lagu. Sementara yang dimaksud tinggi rendah nada yaitu tinggi rendah nada yang berurutan dalam lagu yang disebut melodi.

2.   Siswa diminta membaca penjelasan tentang tempo dan tinggi rendah nada pada buku siswa.

3.   Siswa diminta mengidentifikasi tinggi rendah nada teks lagu ”Yamko Rambe Yamko”.

4.   Kegiatan ini dapat dilakukan, baik individu, berpasangan, maupun kelompok.

5.   Siswa diminta menuliskan hasil identifikasinya.

6.   Selanjutnya, siswa diminta menyanyikan lagu ”Yamko Rambe Yamko” bersama guru sesuai dengan tempo dan tinggi rendah nada. Guru memberikan aba-aba dengan ketukan.

7.   Siswa dapat diberikan kesempatan mengetok tempo musik yang diinginkan. Kecepatan dapat diubah-ubah sehingga siswa dapat merasakan mana yang tempo yang sesuai dengan teks serta sesuai suasana dengan lagu.

8.   Lagu bisa dinyanyikan dengan agak cepat atau cepat bersemangat.

9.   Agar nada tetap, saat vokalisasi (do-re...) naik turun tanpa dengan ngotot. Usahakan menggunakan otot leher.

10.  Untuk dapat mendengar nada yang dinyayikan, usahakan tidak bernyanyi dengan kuat atau berteriak.

11.  Setelah bernyanyi, siswa diminta menjelaskan tinggi rendah nada pada lagu

12.  Siswa juga diminta untuk menuliskan makna lagu ”Yamko Rambe Yamko”.

13.  Selanjutnya, siswa diminta menyampaikan hasil identifikasinya di depan guru dan teman atau kelompok lain.

14.  Guru dapat mengarakan identifikasi jarak nada dalam melodi. Contoh identifikasi melodi : tidak melopat terlalu jauh, bahkan jarak nada banyak yang pendek. (Solke la, do,re,mi)

15.  Guru memberi kesempatan siswa atau kelompok lain jika ada jawaban berbeda.

AYO MEMBACA

  1. Siswa diminta membaca narasi pada buku siswa.

2.     Kemudian, guru menjelaskan bahwa selain lagu daerah, hampir setiap daerah di Indonesia terdapat cerita rakyat yang terkenal dan menjadi ciri khas daerah tersebut.

3.     Siswa diminta membaca cerita berjudul Kasuari dan Dara Makota. Siswa dapat membaca cerita dengan senyap ataupun secara nyaring.

 

 

AYO BERLATIH

9.     Siswa telah membaca dan memahami isi cerita ”Kasuari dan Dara Makota”.

10.  Siswa diminta menyebutkan tokoh-tokoh pada cerita tersebut, lalu menceritakan kembali sifat tokoh pada cerita dengan bahasanya sendiri.

 AYO BERDISKUSI

1.     Siswa telah membaca dan memahami isi cerita Kasuari dan Dara Makota. Kemudian, guru mengajak siswa untuk mengingat kembali cerita pada pembelajaran 1, yaitu cerita Asal Mula Telaga Warna. Guru menjelaskan bahwa kedua cerita tersebut merupakan cerita fiksi. Ada berbagai jenis cerita fiksi, di antaranya cerita rakyat, cerpen, dan novel. Cerita rakyat sendiri beragam antara lain cerita jenaka, mite, fabel, legenda, dan sage.

2.  Selanjutnya, siswa diminta diminta untuk mencari tahu jenis-jenis cerita fiksi tersebut dan contohnya.

3.  Kegiatan ini dapat dilakukan secara individu, berpasangan, ataupun kelompok.

4.  Guru memberi kebebasan kepada siswa untuk mencari informasi dari berbagai sumber, misalnya bertanya kepada orang yang dianggap tahu, membaca buku-buku di perpustakaan, atau mengakses informasi dari internet.

5.  Siswa diminta menuliskan informasi yang diperoleh.

6.  Kemudian, siswa diminta membacakan informasi yang diperoleh di depan teman-temannya.

7.  Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menambahkan jawaban jika ada informasi tambahan.

8.  Guru mengonfirmasi dan mengapresiasi jawaban semua siswa.

AYO BERLATIH

  1. Siswa telah mengetahui dan memahami jenis-jenis cerita fiksi dan contohnya. Kemudian, siswa diminta untuk mengidentifikasi jenis cerita fiksi berjudul Asal Mula Telaga Warna dan Kasuari dan Dara Makota.

2.     Kegiatan ini lebih cocok dilakukan secara mandiri.

3.     Siswa menuliskan hasil identifikasi jenis cerita fiksi dan penjelasannya.

4.     Siswa diminta untuk menyampaikan hasil identifikasi di depan teman-temannya.

5.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menyampaikan pendapatnya jika ada jawaban berbeda.

6.     Guru mengonfirmasi dan mengapresiasi jawaban siswa.

AYO MENCOBA

6.     Siswa diminta membaca narasi pada buku siswa. Guru mengajak siswa mengingat kembali materi tentang gaya dan gerak.  Gaya adalah suatu kekuatan yang mengakibatkan benda yang dikenainya dapat mengalami gerak, perubahan kedudukan, atau perubahan bentuk. Gaya juga dapat diartikan sebagai tarikan atau dorongan yang dapat memengaruhi keadaan suatu benda. Sementara itu, gerak adalah perpindahan kedudukan suatu benda terhadap benda lainnya, baik perpindahan kedudukan yang mendekati maupun menjauhi suatu benda atau tempat asal akibat benda itu dikenai gaya. Jadi, gaya memengaruhi gerak suatu benda.

7.     Selanjutnya, siswa diminta untuk mencoba melakukan kegiatan untuk mengetahui pengaruh gaya terhadap gerak benda, yaitu perubahan gerak akibat gaya.

8.     Kegiatan ini dilakukan oleh siswa secara berpasangan.

9.     Siswa melakukan percobaan menggunakan alat berupa meja.

10.  Siswa mengikuti langkah kegiatan pada buku siswa saat melakukan percobaan.

AYO MERENUNGKAN

  1. Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Apa yang kamu pelajari hari ini? Apa yang harus kamu perhatikan saat menyanyi? Apakah pengaruh gaya terhadap gerak benda?
  2. Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
  3. Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai tempo, tinggi rendah nada, jenis-jenis cerita fiksi, dan pengaruh gaya terhadap gerak benda.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui wag

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                   : SDN …………………..

Kelas/Semester                       :  IV/2

Tema 8                       :   Daerah Tempat Tinggalku

Subtema                      :  Lingkungan Tempat Tinggalku

Pembelajaran ke-                    :  3

Fokus Pembelajaran                :  Bahasa Indonesia, dan PPKn, IPS

Alokasi Waktu                        :  6 x 35 menit (6 JP)

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan kegiatan membaca teks tentang pengaruh lingkungan terhadap mata pencaharian penduduk, siswa mengetahui jenis pekerjaan penduduk berdasarkan tempat tinggal.

2.     Dengan kegiatan berdiskusi tentang pengaruh lingkungan terhadap mata pencaharian, siswa dapat menjelaskan pengaruh lingkungan terhadap jenis pekerjaan dan perbedaan jenis pekerjaan di setiap daerah.

3.     Dengan kegiatan mengamati keadaan alam lingkungan tempat tinggalnya, siswa dapat menjelaskan hubungan keadaan alam dengan mata pencaharian penduduk di lingkungan tempat tinggalnya.

4.     Dengan kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan pengertian dan peranan tokoh dengan jelas.

5.     Dengan kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan nilai pesan moral dalam cerita fiksi.

6.     Dengan kegiatan mengamati gambar anggota keluarga, siswa dapat menjelaskan karakteristik individu dalam keluarga sesuai gambar.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

AYO MEMBACA

3.     Siswa membaca dalam hati teks tentang jenis mata pencaharian penduduk berdasarkan tempat hidupnya.

4.     Selama proses kegiatan berlangsung, guru berkeliling memandu siswa-siswa yang mengalami kesulitan.

5.     Setelah selesai membaca, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya teks yang telah ia baca sebelumya.

AYO BERDISKUSI

16.  Siswa berdiskusi bersama teman sebangkunya. Siswa diminta mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan di buku siswa.

17.  Setelah mendapatkan hasil diskusi, siswa diminta menuliskan hasilnya pada kolom yang telah disediakan.

18.  Guru membacakan narasi dan memintasiswa mengamati gambar pada buku siswa.

 

AYO MEMBACA

  1. Siswa membaca ceri ta berjudul Asal Mula Bukit Catu. Alternatif kegiatan membaca:

2.     Setelah siswa selesai membaca, Guru menjelaskan tentang tokoh dan peranan tokoh dalam sebuah cerita.

3.     Kemudian, siswa di minta mencermati cerita yang telah dibaca sebelumnya. Setelah itu, siswa di minta menjawab pertanyaan-pertanyaan di buku siswa dan menuliskan jawabannya pada kolom yang telah disediakan.

4.     Selanjutnya, siswa diajak melakukan diskusi klasikal untuk membahas jawaban pertanyaan tersebut.

5.     Guru memberi kesempatan siswa untuk menyampaikan jawabannya

6.     Guru membacakan narasi dan meminta siswa mengamati gambar pada buku siswa.

 

AYO BERLATIH

1.     Siswa diminta mengamati gambar lalu mengidentifikasi karakterinstik individu yang nampak pada gambar. 

2.  Siswa menuliskan hasilnya pada kolom yang disediakan.

3.  Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan jawabannya.

4.  Guru memberikan penjelasan singkat mengenai keberagaman karakteristik individu.

5.  Siswa dapat mengajukan pertanyaan apabila belum jelas dengan penjelasan guru.

 

AYO MENGAMATI

  1. Siswa diminta mengamati karakteristik individu berdasarkan ciri fisik anggota keluarganya. Siswa diminta mengisi tabel yang disediakan sesuai dengan hasil pengamatannya.

2.     Siswa juga menuliskan kesimpulan hasil pengamatannya   pada kolom yang tersedia.

 

 

AYO RENUNGKAN

  1. Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa:

2.     Apa yang telah kamu pelajari hari ini? Dalam keluargamu, pasti terdapat keberagaman. Bagaimana keluargamu menyikapi keberagaman yang ada? Jelaskan alasannya.

3.     Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

4.     Guru mengidentifikasi dan menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai tanggung jawab sebagai warga masyarakat.

KERJA SAMA DENGAN ORANG TUA

  1. Siswa melakukan wawancara kepada orang tuanya. Siswa diminta menanyakan tentang cerita rakyat yang ada di daerahnya.

2.     Selesai melakukan wawancara, siswa menuliskan ceritanya di buku tugas.

3.     Saat di sekolah, siswa diminta membacakan ceritanya di depan teman sekelas.

Ø  Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagai peran dan tugas dengan orang tuanya.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui wag

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

 




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 

Satuan Pendidikan                   : SDN …………………..

Kelas/Semester                       :  IV/2

Tema 8                       :   Daerah Tempat Tinggalku

Subtema                      :  Lingkungan Tempat Tinggalku

Pembelajaran ke-                    :  4

Fokus Pembelajaran                :  Bahasa Indonesia, dan PPKn, IPS

Alokasi Waktu                        :  6 x 35 menit (6 JP)

 

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan kegiatan mencari tahu kegemaran anggota keluarga, siswa dapat menjelaskan karakteristik individu anggota keluarganya.

2.     Dengan kegiatan membaca teks bacaan, siswa dapat menjelaskan jenis pekerjaan dan kegiatan masyarakat terkait dengan kegiatan ekonomi.

3.     Dengan kegiatan mengamati kegiatan penduduk di lingkungan tempat tinggal, siswa mampu mengidentifikasi jenis pekerjaan terkait dengan kegiatan ekonomi di lingkungan tempat tinggalnya.

4.     Dengan kegiatan mengidentifikasi tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan tokoh utama dan tokoh tambahan dalam cerita fiksi secara benar.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

AYO MENULIS

 

1.     Siswa ditugasi melakukan wawancara dengan anggota keluarganya. Siswa diminta menanyakan kegemaran setiap anggota keluarganya.

2.     Setelah selesai, siswa diminta melengkapi kolom yang tersedia berdasarkan hasil wawancara.

3.     Selanjutnya, siswa diminta menuliskan manfaat keberagaman kegemaran dalam keluarganya. Siswa juga diminta menuliskan kesimpulan hasil wawancara yang telah ia lakukan sebelumnya pada kolom yang disediakan.

4.     Siswa mengamati gambar lalu membaca narasi pada buku siswa.

5.     Guru mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan ekonomi. Dalam kegiatan ini, guru dapat menggunakan gambar berbagai jenis kegiatan ekonomi sebagai media pembelajaran.

 

AYO MEMBACA

1.     Siswa membaca teks berjudul Kabupaten Tabanan.

2.  Selesai membaca, siswa diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan di buku siswa terkait bacaan yag dibaca sebelumnya.

3.  Setelah mendapatkan hasil diskusi, siswa diminta menuliskan hasilnya pada kolom yang telah disediakan.

AYO MENGAMATI

1.     Siswa diminta mengamati kegiatan ekonomi dan  jenis pekerjaan yang terkait dengan kegiatan ekonomi tersebut di lingkungan tempat tinggalnya.

2.  Setelah melakukan pengamatan, siswa diminta mengisi kolom yang tersedia sesuai hasil pengamatan.

3.  Guru mengajak siswa mengingat kembalimengenai pengertian tokoh.

4.  Selanjutnya, guru memberikan penjelasan singkat mengenai tokoh utama dan tokoh tambahan dalam sebuah cerita fiksi.

AYO BERLATIH

1.     Siswa diminta membaca kembali cerita berjudul Asal Mula Bukit Catu.

2.  Kemudian, siswa diminta untuk mengidentifikasi tokoh utama dan tokoh tambahan dalam cerita tersebut. setelah itu, siswa menuliskan jawabannya pada kolom yang telah disediakan.

AYO RENUNGKAN

  1. Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa:
  1. Apa yang dimaksud dengan tokoh utama?
  2.  Bagaimana seorang tokoh cerita dapat disebut tokoh utama?
  3. Apa yang dimaksud dengan tokoh tambahan?
  4. Bagaimana seorang tokoh cerita dapat disebut tokoh tambahan?

 

2.     Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

3.     Guru mengidentifikasi dan menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai tanggung jawab sebagai warga masyarakat.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui wag

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

            

 

.  

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                   : SDN …………………..

Kelas/Semester                       :  IV/2

Tema 8                       :   Daerah Tempat Tinggalku

Subtema                      :  Lingkungan Tempat Tinggalku

Pembelajaran ke-                    :  5

Fokus Pembelajaran                :  Bahasa Indonesia, dan PPKn, SBdP

Alokasi Waktu                        :  6 x 35 menit (6 JP)

 

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan kegiatan mengamati peta Indonesia, siswa mengetahui letak daerah tempat tinggalnya.

2.     Dengan kegiatan mengidentifikasi gambar anggota keluarga, siswa mengetahui keberagaman karakteristik individu berdasarkan gambar.

3.     Dengan kegiatan mengamati gambar kegiatan anggota keluarga, siswa dapat menjelaskan karakteristik individu di dalam keluarga.

4.     Dengan kegiatan membaca cerita fiksi, siswa dapat mengetahui cerita rakyat pada suatu daerah dan mencermati tokoh-tokohnya.

5.     Dengan kegiatan mengidentifikasi tokoh-tokoh pada cerita fiksi,siswa dapat menjelaskan tokoh protagonis dan antagonis dalam cerita fiksi.

6.     Dengan kegiatan menyanyikan lagu daerah, siswa dapat menyanyikan lagu daerah dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.

7.     Dengan kegiatan mengidentifikasi lagu daerah, siswa dapat mengetahui tempo dan tinggi rendah nada dari notasi angka lagu daerah.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

1.     Siswa membaca narasi lalu mengamati gambar pada buku siswa.

 

AYO BERLATIH

1.     Setelah mengamati gambar, siswa diminta mengidentifikasi keragaman karakteristik individu pada gambar berdasarkan ciri fisiknya.

2.    Siswa menuliskan hasil identifikasinya pada kolom yang disediakan.

3.     Selama proses kegiatan berlangsung, guru berkeliling memandu siswa-siswa yang mengalami kesulitan.

4.    Guru memberikan penegasan tentang materi keberagaman karakteristik individu pada gambar, yakni keberagaman ciri fisik.

5.  Guru mengulang kembali materi tentang keragaman karakteristik individu.

 

AYO MENGAMATI

5.  Siswa mengamati gambar pada buku siswa. Kemudian, siswa diminta menuliskan sifat orang sesuai gambar.

6.  Guru memberikan penegasan dengan menjelaskan tentang keragaman karakteristik individu yang berupa sifat.

7.  Siswa mengamati gambar lalu membaca narasi pada buku siswa.

AYO MEMBACA

1.     Siswa membaca cerita rakyat berjudul Kisah Putri Tangguk.

2.    Guru mengajak siswa mengulang kembali materi tentang jenis-jenis teks fiksi, tokoh utama, dan tokoh tambahan dalam cerita.

3.    Guru juga menjelaskan mengenai tokoh protagonis dan tokoh antagonis.

AYO BERLATIH

  1. Siswa mengidentifikasi cerita berjudul Kisah Putri Tangguk berdasarkan pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa.

2.     Siswa menuliskan jawabannya pada kolom yang tersedia pada buku siswa.

3.     Guru mengajak siswa melakukan diskusi klasikal untuk membahas hasil jawaban siswa.

4.     Siswa menyampaikan jawabannya dengan santun dan percaya diri.

5.     Siswa membaca narasi pada buku siswa.

6.     Guru mengajak siswa bertanya jawab tentang lagu daerah di Indonesia.

7.     Siswa mengamati teks lagu daerah berjudul ”Injit-Injit Semut” sambil mendengarkan penjelasan guru.

 

 

 

AYO MENYANYI

1.     Siswa memperhatikan cara guru menyanyikan lagu daerah berjudul ”Injit-Injit Semut” dengan benar.

2.     Siswa menyanyikan lagu “Injit-Injit Semut” bersama teman satu kelas.

3.     Guru mengajak siswa mengulang kembali materi tentang tempo dan tinggi rendah nada dengan membaca materi pada buku siswa.

AYO BERLATIH

1.     Siswa diminta mengidentifikasi lagu berjudul ”Injit-Injit Semut” dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa.

2.     Siswa menuliskan hasilnya pada kolom yang tersedia.

3.     Siswa diminta menyampaikan hasil identifikasinya.

4.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain jika terdapat jawaban berbeda.

5.     Guru mengonfirmasi dan mengapresiasi semua jawaban siswa.

AYO RENUNGKAN

1.     Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa:

1)      Apa saja yang telah kamu pelajari hari ini?

2)      Apa saja keragaman sifat yang ada dalam keluargamu?

3)      Apa manfaat keragaman sifat dalam keluargamu?

Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

2.     Guru mengidentifikasi dan menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai tanggung jawab sebagai warga masyarakat.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui wag

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                   : SDN …………………..

Kelas/Semester                       :  IV/2

Tema 8                       :   Daerah Tempat Tinggalku

Subtema                      :  Lingkungan Tempat Tinggalku

Pembelajaran ke-                    :  6

Fokus Pembelajaran                :  Bahasa Indonesia, dan SBdP

Alokasi Waktu                                    :  6 x 35 menit (6 JP)

 

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan kegiatan mengamati peta Indonesia, siswa mengetahui letak daerah tempat tinggalnya.

2.     Dengan kegiatan mengidentifikasi gambar anggota keluarga, siswa mengetahui keberagaman karakteristik individu berdasarkan gambar.

3.     Dengan kegiatan mengamati gambar kegiatan anggota keluarga, siswa dapat menjelaskan karakteristik individu di dalam keluarga.

4.     Dengan kegiatan membaca cerita fiksi, siswa dapat mengetahui cerita rakyat pada suatu daerah dan mencermati tokoh-tokohnya.

5.     Dengan kegiatan mengidentifikasi tokoh-tokoh pada cerita fiksi,siswa dapat menjelaskan tokoh protagonis dan antagonis dalam cerita fiksi.

6.     Dengan kegiatan menyanyikan lagu daerah, siswa dapat menyanyikan lagu daerah dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.

7.     Dengan kegiatan mengidentifikasi lagu daerah, siswa dapat mengetahui tempo dan tinggi rendah nada dari notasi angka lagu daerah.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

AYO MENULIS

1.     Siswa telah mengetahui kedaan lingkungan tempat tinggal Lani di Jakarta melalui cerita pada buku siswa.

2.     Selanjutnya, secara mandiri siswa diminta menceritakan keadaan lingkungan tempat tinggalnya atau daerah asalnya dalam bentuk tulisan. Siswa dapat menceritakan kondisi geografis, kondisi sosial, atau apapun yang berkaitan dengan tempat tinggalnya.

3.     Setelah selesai, siswa diminta membacakan ceritanya di depan guru dan teman-teman dengan suara nyaring.

4.     Guru mengapresiasi jawaban siswa

 

AYO MEMBACA

1.     Guru membacakan narasi pada buku siswa. Kemudian, siswa diminta membaca cerita berjudul Si Pitung.

2.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa yang mau membacakan cerita tersebut dengan suara nyaring.

3.    Guru juga dapat meminta beberapa siswa untuk memerankan tokoh-tokoh cerita tersebut saat membacakan cerita, misalnya sebagai narator, sebagai Si Pitung, sebagai anak buah Babah Liem, sebagai Haji Naipin, dan sebagai Schout Heyne.

AYO BERLATIH

1.     Siswa telah membaca cerita berjudul Si Pitung pada buku siswa.

2.     Kemudian, siswa diminta mengidentifikasi cerita berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada buku siswa.

3.     Siswa diminta menuliskan hasil identifikasinya pada kertas.

4.     Kegiatan ini dilakukan siswa secara mandiri.

5.     Setelah selesai, siswa diminta menyampaikan hasil identifikasinya di depan guru dan teman-teman.

6.     Beri juga kesempatan kepada siswa lain untuk menyampaikan jawabannya jika adajawaban berbeda.

7.     Guru mengonfirmasi dan mengapresiasi jawaban siswa.

8.      Kegiatan ini dapat dijadikan penilaian oleh guru dalam RUBRIK Ayo Berlatih.


AYO MENYANYI

1.     Siswa diminta membaca narasi pada buku siswa. Kemudian, guru mengajak siswa mengingat kembali cara menyanyi dengan baik, yaitu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.

2.    Selanjutnya, guru mengajak siswa membaca keterangan pada teks lagu ”Kicir-kicir”. Lagu tersebut dinyanyikan dengan nada dasar C=do.  Birama lagu adalah 4/4. Artinya, dalam satu birama terdapat empat ketukan. Lagu dinyanyikan dengan tempo sedang.

3.  Guru mengajak siswa menyanyikan lagu tersebut secara bersama-sama dengan tempo dan tinggi rendah nada yang tepat.

4.  Selanjutnya, siswa diminta menyanyikan lagu secara bergantian.

5.  Siswa diminta menyanyikan lagu dengan tempo dan tinggi rendah nada yang tepat.

6.  Guru mengapresiasi siswa yang telah tampil bernyanyi.

AYO BERLATIH

1.     Siswa telah menyanyikan lagu ”Kicir-kicir” dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.

2.    Selanjutnya, siswa diminta mengidentifikasi tempo dan tinggi rendah nada teks lagu ”Kicir-kicir”.

3.    Kegiatan ini dapat dilakukan, baik individu, berpasangan, maupun kelompok.

4.    Siswa diminta menuliskan hasil identifikasinya.

5.    Selanjutnya, siswa diminta menyampaikan hasil identifikasinya di depan guru dan teman atau kelompok lain.

6.    Guru memberi kesempatan siswa atau kelompok lain jika ada jawaban berbeda.

AYO RENUNGKAN

1.     Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Apa kamu telah memahami materi yang dipelajari hari ini? Bagaimana caramu untuk melestarikan cerita rakyat dan lagu daerah di lingkungan tempat tinggalmu?

2.    Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

3.     Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai tokoh-tokoh pada cerita fiksi, tempo, dan tinggi rendah nada.

 

KERJA SAMA DENGAN ORANG TUA

1.     Siswa mencari beberapa lagu daerah.

2.    Siswa diminta menuliskan tempo dan asal lagu daerah tersebut.

Ø  Selanjutnya, siswa dan orang tua bekerja sama mengidentifikasi tinggi rendah nada lagu daerah tersebut.

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mampu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...