Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 2                        :    Selalu Berhemat Energi

Sub Tema 3                 :   Energi Alternatif

Pembelajaran               :    2

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah membaca teks cerita, siswa mampu menganalisis pelaksanaan hak dan kewajiban dengan benar.

2.    Setelah mengamati lingkungannnya, siswa mampu mempresentasikan pelaksanaan hak dan kewajiban dari masyarakat di lingkungannya dengan benar.

3.    Setelah berlatih, siswa mampu menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan tinggi rendah nada dengan benar.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelalu Berhemat Energi”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Siswa mambaca teks tentang Ayo, Hemat Energi. (Mengamati)

§  Siswa membaca teks dengan membaca dalam hati. Literasi

§  Setiap kelompok mendiskusikan hasil pekerjaan. Kelompok menyepakati jawaban yang paling tepat. (Mengkomunikasikan)

§  Diskusi klasikal, guru meminta satu kelompok maju ke depan dan mempresentasikan jawabnya. Kelompok yang lain memberikan masukan dan pendapat tentang hasil yang diberikan. (Mempresentasikan)

§  Masih dalam kelompok, siswa menuliskan hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghemat energi. Siswa menulisnya pada grafik yang ada di buku siswa. Collaboration

§  Guru memberikan tugas untuk mengamati warga di lingkungannnya, menganalisis apakah sudah hemat energi atau belum dan menuliskan kesimpulan. Critical Thinking and Problem Solving

§  Untuk mencari informasi siswa bisa wawancara kepada ketua RT atau warga di lingkunganmu. Siswa juga bisa melakukan pengamatan.

§  Guru menjelaskan dengan detail tabel isian yang ada di buku siswa. Communication

§  Tugas ini akan dipresentasikan pada pertemuan selanjutnya.

§  Setelah bereksplorasi siswa menuliskan kesimpulannya. Collaboration

§  Siswa menyanyikan syair lagu Aku Anak Indonesia dengan tinggi rendah nada yang sesuai. Integritas

§  Guru memberikan aba-aba dengan ketukan.

§  Guru mencontohkan dahulu menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia”.

§  Awalnya guru memberikan aba-aba secara klasikal dan semua siswa bernyanyi.

§  Siswa bernyanyi secara berkelompok 5 orang. Dalam kelompok siswa bisa bernyanyi satu-persatu dan siswa lain memberikan penilaian. Gotong Royong

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

1.    PPKn: Analisis pelaksanaan hak dan kewajiban warga sekitar.

 

Kriteria

Sangat Baik

Baik

Cukup

Perlu

Pendampingan

4

3

2

1

Fakta

Menuliskan 10 fakta tentang

kesadaran masyarakat hemat energi dengan benar.

Menuliskan minimal 8 fakta

tentang kesadaran masyarakat hemat energi dengan benar.

Menuliskan minimal 6 fakta

tentang kesadaran masyarakat hemat energi dengan benar.

Yang lainnya

Pengelompokkan

Dari fakta yang

ditemukan, siswa mampu mengelompokkan semua tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan benar.

Dari fakta yang

ditemukan, siswa mampu mengelompokkan sebagian besar tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan benar.

Dari fakta yang

ditemukan, siswa mampu mengelompokkan sebagian tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan benar.

Dari fakta yang

ditemukan, siswa mampu mengelompokkan sebagian kecil tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan benar.

Kesimpulan

Siswa mampu

menuliskan kesimpulan dari data yang ditemukan dengan tepat.

Siswa mampu

menuliskan kesimpulan dari data yang ditemukan namun kurang tepat.

Menuliskan

kesimpulan dengan kurang tepat dan kurang berdasarkan

data.

Masih belum mampu

menuliskan kesimpulan.

Dampak

Menuliskan 3 dampak dari

kesimpulan yang dihasilkan dengan benar.

Menuliskan 2 dampak dari

kesimpulan yang dihasilkan dengan benar.

Menuliskan 1 dampak dari

kesimpulan yang dihasilkan dengan benar.

Belum mampu menuliskan dampak

dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar.

Saran

Menuliskan 3 saran dengan sesuai.

Menuliskan 2 saran dengan sesuai.

Menuliskan 1 saran dengan sesuai.

Belum mampu menuliskan saran dengan sesuai.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

 

2.      SBdP: Menyanyikan lagu

Kriteria

Sangat Baik

Baik

Cukup

Perlu

Pendampingan

4

3

2

1

Sikap badan

Saat bernyanyi memperlihat

kan sikap badan berikut: bahu tegak namun rileks, kaki tidak

ditekuk dan wajah tegak. Percaya diri sudah terlihat.

Saat bernyanyi memperlihat

kan sikap badan berikut: bahu tegak namun rileks, kaki tidak ditekuk dan wajah tegak.

Satu sikap badan saat bernyanyi tidak diperlihatkan.

Dua sikap badan saat bernyanyi belum diperlihatkan.

Pernafasan

Saat mengambil nafas tidak berbunyi, posisi dada tetap terjaga saat mengeluarkan udara, saat

mengambil nafas, tulang rusuk bagian bawah

mengembang.

Menunjukkan

3 kegiatan dari keseluruhan

kegiatan.

Menunjukkan 2 kegiatan dari keseluruhan kegiatan.

Menunjukkan

1 kegiatan dari keseluruhan

kegiatan.

Atikulasi

Pengucapan jelas, tidak

ada kerancuan dari kata yang diucapkan.

Pengucapan jelas namun

ada sedikit kata yang diucapkan tidak jelas.

Pengucapan jelas namun banyak kata yang diucapkan salah.

Pengucapan tidak jelas, banyak kata yang diucapkan salah.

Nada

Satu lagu utuh dinyanyikan dengan tinggi rendah nada dan tempo yang sesuai.

Sebagian besar lagu

dinyanyikan

dengan tinggi rendah nada

dan tempo yang sesuai.

Sebagian lagu dinyanyikan dengan tinggi

rendah nada dan tempo yang sesuai.

Sebagian kecil lagu dinyanyikan sesuai dengan tinggi rendah nada dan tempo.

Penjiwaan

Ekspresi sesuai dengan makna lagu.

Sebagian besar ekspresi sesuai dengan makna lagu.

Sebagian kecil ekspresi sesuai dengan makna lagu.

Ekspresi tidak sesuai dengan makna lagu.

Catatan: Penilaian (spenskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

 

3.      Diskusi

Diskusi saat membahas hak dan kewajiban.

Kriteria

Sangat Baik

Baik

Cukup

Perlu

Pendampingan

4

3

2

1

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan.

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Penilaian sikap (rasa ingin tahu, kerjasama, tekun, teliti)

Penilaian Sikap

Sikap

Belum Terlihat

Mulai Terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

Ket.

Teliti

 

 

 

 

Bertanggung Jawab

 

 

 

 

Disiplin

 

 

 

 

 

  

 

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2:

https://drive.google.com/file/d/1016XzF5OVRpR-cDHvszYOdRLvoNmUqsH/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...