RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI .... 
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019) 
Satuan
Pendidikan     :   SD/MI  .....................
Kelas /
Semester          :    IV
(Empat) / 1
Tema 2                        :    Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 3                 :    Energi
Alternatif
Pembelajaran               : 
  2
Alokasi Waktu              : 
  1 Hari
A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   
Setelah membaca teks cerita, siswa
mampu menganalisis pelaksanaan hak dan kewajiban dengan benar. 
2.   
Setelah mengamati lingkungannnya,
siswa mampu mempresentasikan pelaksanaan hak dan kewajiban dari masyarakat di
lingkungannya dengan benar. 
3.   
Setelah berlatih, siswa mampu
menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi
ketukan dan tinggi rendah nada dengan benar. 
B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
| Kegiatan | Deskripsi
   Kegiatan | Alokasi Waktu | 
| Pendahuluan | ¡  
  Guru memberikan salam dan mengajak
  semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡   Guru
  mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
  kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
  Berhemat Energi”. ¡  
  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
  mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit | 
| Inti | § 
  Siswa mambaca teks tentang Ayo,
  Hemat Energi. (Mengamati) § 
  Siswa membaca teks dengan membaca
  dalam hati. Literasi § 
  Setiap kelompok mendiskusikan hasil pekerjaan.
  Kelompok menyepakati jawaban yang paling tepat. (Mengkomunikasikan) § 
  Diskusi klasikal, guru meminta satu
  kelompok maju ke depan dan mempresentasikan jawabnya. Kelompok yang lain
  memberikan masukan dan pendapat tentang hasil yang diberikan. (Mempresentasikan) § 
  Masih dalam kelompok, siswa
  menuliskan hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghemat energi. Siswa
  menulisnya pada grafik yang ada di buku siswa. Collaboration § 
  Guru memberikan tugas untuk
  mengamati warga di lingkungannnya, menganalisis
  apakah sudah hemat energi atau belum dan menuliskan kesimpulan. Critical
  Thinking and Problem Solving § 
  Untuk mencari informasi siswa bisa
  wawancara kepada ketua RT atau warga
  di lingkunganmu. Siswa juga bisa melakukan pengamatan. § 
  Guru menjelaskan dengan detail tabel
  isian yang ada di buku siswa. Communication § 
  Tugas ini akan dipresentasikan pada
  pertemuan selanjutnya.  § 
  Setelah bereksplorasi siswa
  menuliskan kesimpulannya. Collaboration  § 
  Siswa menyanyikan syair lagu Aku
  Anak Indonesia dengan tinggi rendah nada yang sesuai. Integritas § 
  Guru memberikan aba-aba dengan
  ketukan.  § 
  Guru mencontohkan dahulu menyanyikan
  lagu “Aku Anak Indonesia”.  § 
  Awalnya guru
  memberikan aba-aba secara klasikal dan semua siswa bernyanyi. § 
  Siswa bernyanyi secara berkelompok 5 orang. Dalam kelompok
  siswa bisa bernyanyi satu-persatu dan siswa lain memberikan penilaian. Gotong Royong | 35 Menit X  30 JP | 
| Penutup | ¡  
  Bersama-sama siswa membuat
  kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡  
  Bertanya jawab tentang materi yang
  telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡  
  Guru memberi kesempatan kepada siswa
  untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. ¡  
  Melakukan penilaian hasil belajar ¡  
  Mengajak semua siswa berdo’a menurut
  agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius | 15 menit | 
C.   PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan 
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek
dengan rubric penilaian. 
| Mengetahui Kepala Sekolah, 
 
 
 .................. NIP. .................... | ........., Juli
  .... Guru Kelas 4   
 
 
 ................. NIP. .................... | 
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan 
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap 
| No | Nama | Perubanan tingkah laku | |||||||||||
| Santun | Peduli | Tanggung Jawab | |||||||||||
| K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
| 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
| 1 | ................... | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 2 | ................... | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 3 | …………….. | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 4 | …………….. | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 5 | …………….. | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| Dst | …………….. | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
Keterangan: 
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1.    PPKn: Analisis pelaksanaan hak
dan kewajiban warga sekitar. 
| Kriteria  | Sangat Baik  | Baik  | Cukup  | Perlu  Pendampingan  | 
| 4  | 3  | 2  | 1  | |
| Fakta  | Menuliskan 10 fakta tentang  kesadaran masyarakat hemat
  energi dengan benar.  | Menuliskan minimal 8 fakta  tentang kesadaran masyarakat
  hemat energi dengan benar.  | Menuliskan minimal 6 fakta  tentang kesadaran masyarakat
  hemat energi dengan benar.  | Yang lainnya  | 
| Pengelompokkan  | Dari fakta yang  ditemukan, siswa mampu
  mengelompokkan semua tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan
  benar.  | Dari fakta yang  ditemukan, siswa mampu
  mengelompokkan sebagian besar tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan
  benar.  | Dari fakta yang  ditemukan, siswa mampu
  mengelompokkan sebagian tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan
  benar.  | Dari fakta yang  ditemukan, siswa mampu
  mengelompokkan sebagian kecil tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik
  dengan benar.  | 
| Kesimpulan  | Siswa mampu  menuliskan kesimpulan dari
  data yang ditemukan dengan tepat.  | Siswa mampu  menuliskan kesimpulan dari
  data yang ditemukan namun kurang tepat.  | Menuliskan  kesimpulan dengan kurang
  tepat dan kurang berdasarkan  data.  | Masih belum mampu  menuliskan kesimpulan.  | 
| Dampak  | Menuliskan 3 dampak dari  kesimpulan yang dihasilkan
  dengan benar.  | Menuliskan 2 dampak dari  kesimpulan yang dihasilkan
  dengan benar.  | Menuliskan 1 dampak dari  kesimpulan yang dihasilkan
  dengan benar.  | Belum mampu menuliskan
  dampak  dari kesimpulan yang
  dihasilkan dengan benar.  | 
| Saran  | Menuliskan 3 saran dengan
  sesuai.  | Menuliskan 2 saran dengan
  sesuai.  | Menuliskan 1 saran dengan
  sesuai.  | Belum mampu menuliskan saran
  dengan sesuai.  | 
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di
Pembelajaran 1. 
2.      SBdP: Menyanyikan lagu 
| Kriteria  | Sangat Baik  | Baik  | Cukup  | Perlu  Pendampingan  | 
| 4  | 3  | 2  | 1  | |
| Sikap badan  | Saat bernyanyi memperlihat  kan sikap badan berikut:
  bahu tegak namun rileks, kaki tidak  ditekuk dan wajah tegak.
  Percaya diri sudah terlihat.  | Saat bernyanyi memperlihat  kan sikap badan berikut:
  bahu tegak namun rileks, kaki tidak ditekuk dan wajah tegak.  | Satu sikap badan saat
  bernyanyi tidak diperlihatkan.  | Dua sikap badan saat
  bernyanyi belum diperlihatkan.  | 
| Pernafasan  | Saat mengambil nafas tidak
  berbunyi, posisi dada tetap terjaga saat mengeluarkan udara, saat  mengambil nafas, tulang
  rusuk bagian bawah  mengembang.  | Menunjukkan  3 kegiatan dari keseluruhan  kegiatan.  | Menunjukkan 2 kegiatan dari
  keseluruhan kegiatan.  | Menunjukkan  1 kegiatan dari keseluruhan  kegiatan.  | 
| Atikulasi  | Pengucapan jelas, tidak  ada kerancuan dari kata yang
  diucapkan.  | Pengucapan jelas namun  ada sedikit kata yang
  diucapkan tidak jelas.  | Pengucapan jelas namun
  banyak kata yang diucapkan salah.  | Pengucapan tidak jelas,
  banyak kata yang diucapkan salah.  | 
| Nada  | Satu lagu utuh dinyanyikan
  dengan tinggi rendah nada dan tempo yang sesuai.  | Sebagian besar lagu  dinyanyikan  dengan tinggi rendah nada  dan tempo yang sesuai.  | Sebagian lagu dinyanyikan
  dengan tinggi  rendah nada dan tempo yang
  sesuai.  | Sebagian kecil lagu
  dinyanyikan sesuai dengan tinggi rendah nada dan tempo.  | 
| Penjiwaan  | Ekspresi sesuai dengan makna
  lagu.  | Sebagian besar ekspresi
  sesuai dengan makna lagu.  | Sebagian kecil ekspresi
  sesuai dengan makna lagu.  | Ekspresi tidak sesuai dengan
  makna lagu.  | 
Catatan: Penilaian (spenskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran
1.
3.      Diskusi 
Diskusi
saat membahas hak dan kewajiban. 
| Kriteria  | Sangat Baik  | Baik  | Cukup  | Perlu  Pendampingan  | 
| 4  | 3  | 2  | 1  | |
| Mendengarkan  | Selalu mendengarkan teman
  yang sedang berbicara.  | Mendengarkan teman yang
  berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.  | Masih perlu diingatkan untuk
  mendengarkan teman yang sedang berbicara.  | Sering diingatkan untuk
  mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan.  | 
| Komunikasi non verbal
  (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)  | Merespon dan menerapkan
  komunikasi non verbal dengan tepat.  | Merespon dengan tepat
  terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.  | Sering merespon kurang tepat
  terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.  | Membutuhkan bantuan dalam
  memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.  | 
| Partisipasi (menyampaikan
  ide, perasaan, pikiran)  | Isi pembicaraan
  menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.  | Berbicara dan menerangkan
  secara rinci, merespon sesuai dengan topik.  | Berbicara dan menerangkan
  secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.  | Jarang berbicara selama
  proses diksusi berlangsung.  | 
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di
Pembelajaran 1.
4. Penilaian
sikap (rasa ingin tahu, kerjasama, tekun, teliti)
Penilaian Sikap
| Sikap | Belum Terlihat | Mulai Terlihat | Mulai Berkembang | Membudaya | Ket. | 
| Teliti | 
 | 
 | √ | 
 | 
 | 
| Bertanggung Jawab | 
 | √ | 
 | 
 | 
 | 
| Disiplin | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2:
https://drive.google.com/file/d/1016XzF5OVRpR-cDHvszYOdRLvoNmUqsH/view?usp=sharing
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar