RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 2 : Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 3 : Energi
Alternatif
Pembelajaran :
2
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah membaca teks cerita, siswa
mampu menganalisis pelaksanaan hak dan kewajiban dengan benar.
2.
Setelah mengamati lingkungannnya,
siswa mampu mempresentasikan pelaksanaan hak dan kewajiban dari masyarakat di
lingkungannya dengan benar.
3.
Setelah berlatih, siswa mampu
menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi
ketukan dan tinggi rendah nada dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡ Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”. ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§
Siswa mambaca teks tentang Ayo,
Hemat Energi. (Mengamati) §
Siswa membaca teks dengan membaca
dalam hati. Literasi §
Setiap kelompok mendiskusikan hasil pekerjaan.
Kelompok menyepakati jawaban yang paling tepat. (Mengkomunikasikan) §
Diskusi klasikal, guru meminta satu
kelompok maju ke depan dan mempresentasikan jawabnya. Kelompok yang lain
memberikan masukan dan pendapat tentang hasil yang diberikan. (Mempresentasikan) §
Masih dalam kelompok, siswa
menuliskan hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghemat energi. Siswa
menulisnya pada grafik yang ada di buku siswa. Collaboration §
Guru memberikan tugas untuk
mengamati warga di lingkungannnya, menganalisis
apakah sudah hemat energi atau belum dan menuliskan kesimpulan. Critical
Thinking and Problem Solving §
Untuk mencari informasi siswa bisa
wawancara kepada ketua RT atau warga
di lingkunganmu. Siswa juga bisa melakukan pengamatan. §
Guru menjelaskan dengan detail tabel
isian yang ada di buku siswa. Communication §
Tugas ini akan dipresentasikan pada
pertemuan selanjutnya. §
Setelah bereksplorasi siswa
menuliskan kesimpulannya. Collaboration §
Siswa menyanyikan syair lagu Aku
Anak Indonesia dengan tinggi rendah nada yang sesuai. Integritas §
Guru memberikan aba-aba dengan
ketukan. §
Guru mencontohkan dahulu menyanyikan
lagu “Aku Anak Indonesia”. §
Awalnya guru
memberikan aba-aba secara klasikal dan semua siswa bernyanyi. §
Siswa bernyanyi secara berkelompok 5 orang. Dalam kelompok
siswa bisa bernyanyi satu-persatu dan siswa lain memberikan penilaian. Gotong Royong |
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. ¡
Melakukan penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek
dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1. PPKn: Analisis pelaksanaan hak
dan kewajiban warga sekitar.
Kriteria |
Sangat Baik |
Baik |
Cukup |
Perlu Pendampingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Fakta |
Menuliskan 10 fakta tentang kesadaran masyarakat hemat
energi dengan benar. |
Menuliskan minimal 8 fakta tentang kesadaran masyarakat
hemat energi dengan benar. |
Menuliskan minimal 6 fakta tentang kesadaran masyarakat
hemat energi dengan benar. |
Yang lainnya |
Pengelompokkan |
Dari fakta yang ditemukan, siswa mampu
mengelompokkan semua tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan
benar. |
Dari fakta yang ditemukan, siswa mampu
mengelompokkan sebagian besar tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan
benar. |
Dari fakta yang ditemukan, siswa mampu
mengelompokkan sebagian tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan
benar. |
Dari fakta yang ditemukan, siswa mampu
mengelompokkan sebagian kecil tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik
dengan benar. |
Kesimpulan |
Siswa mampu menuliskan kesimpulan dari
data yang ditemukan dengan tepat. |
Siswa mampu menuliskan kesimpulan dari
data yang ditemukan namun kurang tepat. |
Menuliskan kesimpulan dengan kurang
tepat dan kurang berdasarkan data. |
Masih belum mampu menuliskan kesimpulan. |
Dampak |
Menuliskan 3 dampak dari kesimpulan yang dihasilkan
dengan benar. |
Menuliskan 2 dampak dari kesimpulan yang dihasilkan
dengan benar. |
Menuliskan 1 dampak dari kesimpulan yang dihasilkan
dengan benar. |
Belum mampu menuliskan
dampak dari kesimpulan yang
dihasilkan dengan benar. |
Saran |
Menuliskan 3 saran dengan
sesuai. |
Menuliskan 2 saran dengan
sesuai. |
Menuliskan 1 saran dengan
sesuai. |
Belum mampu menuliskan saran
dengan sesuai. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di
Pembelajaran 1.
2. SBdP: Menyanyikan lagu
Kriteria |
Sangat Baik |
Baik |
Cukup |
Perlu Pendampingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Sikap badan |
Saat bernyanyi memperlihat kan sikap badan berikut:
bahu tegak namun rileks, kaki tidak ditekuk dan wajah tegak.
Percaya diri sudah terlihat. |
Saat bernyanyi memperlihat kan sikap badan berikut:
bahu tegak namun rileks, kaki tidak ditekuk dan wajah tegak. |
Satu sikap badan saat
bernyanyi tidak diperlihatkan. |
Dua sikap badan saat
bernyanyi belum diperlihatkan. |
Pernafasan |
Saat mengambil nafas tidak
berbunyi, posisi dada tetap terjaga saat mengeluarkan udara, saat mengambil nafas, tulang
rusuk bagian bawah mengembang. |
Menunjukkan 3 kegiatan dari keseluruhan kegiatan. |
Menunjukkan 2 kegiatan dari
keseluruhan kegiatan. |
Menunjukkan 1 kegiatan dari keseluruhan kegiatan. |
Atikulasi |
Pengucapan jelas, tidak ada kerancuan dari kata yang
diucapkan. |
Pengucapan jelas namun ada sedikit kata yang
diucapkan tidak jelas. |
Pengucapan jelas namun
banyak kata yang diucapkan salah. |
Pengucapan tidak jelas,
banyak kata yang diucapkan salah. |
Nada |
Satu lagu utuh dinyanyikan
dengan tinggi rendah nada dan tempo yang sesuai. |
Sebagian besar lagu dinyanyikan dengan tinggi rendah nada dan tempo yang sesuai. |
Sebagian lagu dinyanyikan
dengan tinggi rendah nada dan tempo yang
sesuai. |
Sebagian kecil lagu
dinyanyikan sesuai dengan tinggi rendah nada dan tempo. |
Penjiwaan |
Ekspresi sesuai dengan makna
lagu. |
Sebagian besar ekspresi
sesuai dengan makna lagu. |
Sebagian kecil ekspresi
sesuai dengan makna lagu. |
Ekspresi tidak sesuai dengan
makna lagu. |
Catatan: Penilaian (spenskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran
1.
3. Diskusi
Diskusi
saat membahas hak dan kewajiban.
Kriteria |
Sangat Baik |
Baik |
Cukup |
Perlu Pendampingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman
yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang
berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk
mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk
mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal
(kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Merespon dan menerapkan
komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat
terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat
terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam
memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan
ide, perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan
menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan
secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan
secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama
proses diksusi berlangsung. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di
Pembelajaran 1.
4. Penilaian
sikap (rasa ingin tahu, kerjasama, tekun, teliti)
Penilaian Sikap
Sikap |
Belum Terlihat |
Mulai Terlihat |
Mulai Berkembang |
Membudaya |
Ket. |
Teliti |
|
|
√ |
|
|
Bertanggung Jawab |
|
√ |
|
|
|
Disiplin |
|
|
|
|
|
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2:
https://drive.google.com/file/d/1016XzF5OVRpR-cDHvszYOdRLvoNmUqsH/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar