|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEMESTER 1 |
Satuan
Pendidikan : SDN ........................
Mata Pelajaran : Matematika
Bab4 : Kelipatan dan Faktor Bilangan Cacah
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Alokasi Waktu : 4 x 3 Jam (1 Pertemuan 3 JP)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
3.4
Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan.
4.4
Mengidentifikasi faktor dan keliptan suatu bilangan.
PERTEMUAN
1 dan 2
C. INDIKATOR:
3.4.1
Menjelasakan pengertian kelipatan bilangan.
4.4.1
Menunjukkan kelipatan bilangan dengan garis bilangan.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menjelasakan pengertian kelipatan bilangan.
2.
Siswa dapat menunjukkan kelipatan
bilangan dengan garis bilangan
v
Karakter siswa
yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
DeskripsiKegiatan |
AlokasiWaktu |
Pendahuluan |
¡ Guru mengajak peserta didik untuk
berdoa sebelum dan setelah pelajaran.Religius ¡ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
kepada peserta didik tentang Kelipatan
Bilangan Cacah.Communication ¡ Guru membantu peserta didik dalam
merencanakan dan menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Kelipatan Bilangan Cacah. ¡ Guru membimbing peserta didik untuk
mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk melakukan Kegiatan 4.1 |
.....menit |
Inti |
Mengamati §
Guru membimbing peserta didik untuk membuat kelompok yang
terdiri atas 3-4 anggota.Collaboration §
Guru mengarahkan peserta didik untuk menunjukkan bilangan
loncat pada beberapa garis bilangan yang ada di langkah kegiatan 2.Mandiri Menalar §
Guru membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan
mengenai bilangan-bilangan loncat tersebut berkaitan dengan kelipatan
bilangan.Critical Thinking and Problem Solving Mengkomunikasikan §
Guru membimbing peserta didik untuk menceritakan hasil kerja
kelompoknya di depan kelas.Literasi |
.....menit |
Penutup |
§
Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Kelipatan Bilangan Cacah. Integritas §
Guru melakukan evaluasi tentang Kelipatan Bilangan Cacah, serta menugaskan peserta didik untuk
mempelajari materi selanjutnya.Mandiri §
Guru menginformasikan materi selanjutnya, yaitu Faktor Bilangan.Communication |
.....menit |
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas IV tahun 2016
¡ Ensiklopedia Matematika yang relevan.
¡ Ensiklopedia Anak
Nasional yang
relevan.
¡ Langkah Awal Menuju ke Olimpiade Matematika yang relevan.
¡ Benda-benda yang menggunakan
kelipatan bilangan seperti kalender.
G. MATERI PEMBELAJARAN
§ Kelipatan
Bilangan Cacah
H. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Penilaian
1)
Penilaian Kegiatan 4.1
Untuk
menilai kompetensi yang dicapai dalam proses pembelajaran tentang Kelipatan Bilangan Cacah, guru
dapat menilai berdasarkan aspek sebagai berikut.
Instrumen
Penilaian Kegiatan 4.1
No |
Nama Peserta Didik |
Aspek yang Dinilai |
Keterangan |
||||||
Aspek Sikap Sosial |
Aspek Pengetahuan |
Aspek Keterampilan |
|||||||
Sopan dalam Mencertitakan Hasil Kerja Kelompoknya |
Ketetapan dalam Menjelaskan Pengertian Bilangan |
Keterampilan Menunjukkan Keliptan Bilangan dengan Garis Bilangan |
|||||||
Ya |
Tidak |
Tepat |
Tidak Tepat |
3 |
2 |
1 |
|||
1. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
2. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan
Diisi
dengan tanda cek (ü)
Kategori
penilaian aspek sikap sosial
“Ya”
diberi skor = 1,
“Tidak”
diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek pengetahuan
“Tepat”
diberi skor = 1,
“Tidak
Tepat” diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek keterampilan
3 =
cepat dan kelipatan yang ditunjukkan tepat,
2 =
kurang cepat atau kelipatan yang ditunjukkan kurang tepat,
1 =
kurang cepat atau kelipatan yang ditunjukkan tidak tepat.
Skor
maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 5.
Nilai = Total skor x 100
Skor maksimal
PERTEMUAN
3 dan 4
C. INDIKATOR :
3.4.2
Menjelasakan pengertian faktor bilangan.
4.4.2
Menuliskan faktor bilangan dari suatu bilangan asli.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menjelasakan pengertian faktor bilangan.
2.
Siswa dapat menuliskan faktor bilangan
dari suatu bilangan asli
v
Karakter siswa
yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
DeskripsiKegiatan |
AlokasiWaktu |
Pendahuluan |
¡ Guru memberi salam dan menyapa
peserta didik.Religius ¡ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
kepada peserta didik tentang Faktor
Bilangan.Communication ¡ Guru membantu peserta didik dalam
merencanakan dan menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Faktor Bilangan. ¡ Guru membimbing peserta didik untuk
mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk melakukan Kegiatan 4.2 |
.....menit |
Inti |
Mengamati §
Guru mengarahkan peserta didik untuk mengamati tabel
perkalian 1 sampai 10 pada tabel 4.1.Communication Menanya §
Guru mendampingi peserta didik dalam melengkapi Tabel 4.1
dan menfasilitasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan jika mengalami
kesulitan.Mandiri Mencoba §
Guru membimbing peserta didik untuk menyatakan bilangan
8,9,10 dan 12 dalam suatu perkalian dua atau lebih bilangan berdasarkan Tabel
4.1Mandiri Menalar §
Guru mendampingi peserta didik dalam membuat kesimpulan
mengenai faktor bilanganCritical Thinking and
Problem Solving Mengkomunikasikan §
Guru mengarahkan peserta didik untuk menuliskan dan
membacakan kesimpulannya mengenai faktor bilangan di depan kelas.Creativity
and Innovation |
.....menit |
Penutup |
§
Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Faktor Bilangan. Mandiri §
Guru melakukan evaluasi tentang Faktor Bilangan. |
.....menit |
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas IV tahun 2016
¡ Ensiklopedia Matematika yang relevan.
¡ Ensiklopedia Anak
Nasional yang
relevan.
¡ Langkah Awal Menuju ke Olimpiade Matematika yang relevan.
¡ Kumpulan benda-benda kecil seperti
kumpulan kelereng, kumpulan lidi, kumpulan uang koin dan sebagainya yang dapat
digunakan untuk mengenalkan konsep faktor bilangan.
G. MATERI PEMBELAJARAN
§ Faktor
Bilangan
H. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Penilaian
1)
Penilaian Kegiatan 4.2
Untuk
menilai kompetensi yang dicapai dalam proses pembelajaran tentang Faktor Bilangan, guru dapat menilai berdasarkan aspek
sebagai berikut.
Instrumen
Penilaian Kegiatan 4.2
No |
Nama Peserta Didik |
Aspek yang Dinilai |
Keterangan |
||||||
Aspek Sikap Spriritual |
Aspek Pengetahuan |
Aspek Keterampilan |
|||||||
Menjawab Salam dari Guru |
Ketetapan dalam Menjelaskan Faktor Bilangan |
Keterampilan Menuliskan Faktor Bilangan dari Suatu Bilangan Asli |
|||||||
Ya |
Tidak |
Tepat |
Tidak Tepat |
3 |
2 |
1 |
|||
1. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
2. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan
Diisi
dengan tanda cek (ü)
Kategori
penilaian aspek sikap sosial
“Ya”
diberi skor = 1,
“Tidak”
diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek pengetahuan
“Tepat”
diberi skor = 1,
“Tidak
Tepat” diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek keterampilan
3 =
benar dan runtut,
2 =
benar tetapi tidak runtut,
1 =
faktornya salah.
Skor
maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 5.
Nilai = Total skor x 100
Skor maksimal
2)
Penilaian Tugas Rumah
Untuk menilai pemahaman dan
penguasaan peserta didik terhadap materi Kelipatan
dan Faktor Bilangan, guru dapat menggunakan instrumen penilaian tugas rumah
berikut.
Instrumen Penilaian Tugas
Rumah
No |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
1.a |
Ketepatan dalam menentukan bilangan loncat pada garis bilangan |
.... |
B |
.... |
|
2.a |
Ketepatan dalam menentukan bilangan untuk melengkapi urutan bilangan
menggunakan konsep kelipatan bilangan |
.... |
b |
.... |
|
3.a |
Ketepatan dalam menentukan bilangan untuk melengkapi petak perkalian
menggunakan konsep faktor bilangan |
.... |
b |
.... |
|
4.a |
Ketepatan dalam menentukan bilangan kelipatan |
.... |
b |
.... |
|
c |
.... |
|
d |
.... |
|
e |
.... |
|
f |
.... |
|
5.a |
Ketepatan
dalam menentukan faktor bilangan |
.... |
b |
.... |
|
c |
.... |
|
d |
.... |
|
e |
.... |
|
f |
.... |
|
Total Skor |
.... |
Mengetahui Kepala Sekolah .......................................... NIP : |
............................, … Juli … Guru Kelas IV .......................................... NIP : |
Catatan Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
RPP MATEMATIKA KELAS 4 BAB 4 KELIPATAN DAN FAKTOR BILANGAN CACAH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar