Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 3                        :    Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Sub Tema 2                 :    Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku

Pembelajaran               :    3

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah mengamati, siswa mampu mengidentifikasi bagian-bagian hewan dan fungsinya dengan benar.

2.    Setelah mengamati, siswa mampu membuat laporan tentang bagian-bagian hewan dalam bentuk diagram venn.

3.    Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara dengan tepat.

4.    Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat pertanyaan tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif untuk persiapan wawancara dengan benar.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeduli Terhadap Makhluk Hidup”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

 

10 menit

Inti

§  Siswa diingatkan kembali pada pentingnya peran hewan sebagai sumber daya alam hayati. Nasionalis

§  Guru membuka kegiatan dengan memperlihatkan seekor burung Guru mengajukan pertanyaan:

-       Apa yang kamu ketahui tentang fungsi dari setiap bagian tubuh burung?

§  Siswa membaca senyap teks singkat tentang seorang anak yang menolong seekor burung yang terluka. (Mengamati) Literasi

§  Siswa kemudian mengidentifikasi setiap bagian dari tubuh burung, kemudian menuliskannya bagian-bagian tersebut beserta fungsinya di tabel yang tersedia . (Mengumpulkan informasi)

§  Siswa kemudian mengerjakan satu soal pemecahan masalah, jika dihadapkan pada situasi yang sama dengan tokoh yang ada dalam buku, yaitu melihat burung yang terluka. Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa mengamati bagian tubuh laba-laba dan kumbang.

§  Siswa kemudian mengidentifikasi perbedaan dari laba-laba dan kumbang beserta fungsinya dalam pelestarian lingkungan. Creativity and Innovation

§  Siswa kembali diminta membuat pertanyaan tentang fungsi bagian hewan. (Menanya)

§  Siswa menuliskan pertanyan tambahan tersebut pada daftar pertanyaan mereka diawal kegiatan.

 

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

 

15 menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

 

1. IPA

Laporan hasil pengamatan:

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Identifikasi

Mengidentifikasi

semua bagian

tubuh hewan

Mengidentifikasi

sebagian besar

bagian tubuh

hewan

Mengidentifikasi

sebagian

bagian tubuh

hewan

Mengidentifikasi

sebagian kecil

bagian tubuh

hewan

Laporan

Menuliskan hasil

pengamatannya

dalam bentuk

diagram venn

dengan detail,

runtut dan

sistematis

Memenuhi 2 dari

3

Criteria

Memenuhi 1 dari

3 kriteria

Belum memenuhi

Criteria

Kepedulian

terhadap

kelestarian

lingkungan.

Menunjukkan

semangat yang

tinggi selama

kegiatan belajar

dengan ikut

aktif dalam

kegiatan yang

berhubungan

dengan

kelestarian

lingkungan.

Cukup

bersemangat

selama kegiatan

belajar dan cukup

aktif dalam

kegiatan yang

berhubungan

dengan

kelestarian

lingkungan.

Kurang

bersemangat

selama

kegiatan belajar

dan kurang

aktif dalam

kegaiatan yang

berhubungan

dengan

kelestarian

lingkungan.

Tidak

bersemangat

selama kegiatan

belajar dan tidak

aktif dalam

kegiatan yang

berhubungan

dengan

kelestarian

lingkungan.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

2. Bahasa Indonesia

Daftar pertanyaan siswa dinilai menggunakan rubric

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Daftar

Pertanyaan

Semua

pertanyaan

tepat.

Sebagian besar

pertanyaan

tepat.

Hanya sebagian

kecil

pertanyaan

tepat.

Belum mampu

membuat

pertanyaan dengan

tepat.

Kosa Kata

Baku

Menggunakan

kosa kata baku

dalam semua

pertanyaan.

Menggunakan

kosa kata

baku dalam

sebagian besar

pertanyaan.

Menggunakan

kosa kata

baku dalam

sebagian kecil

pertanyaan.

Belum mampu

menggunakan kosa

kata baku dalam

pertanyaan.

Kalimat

Efektif

Menggunakan

kalimat efektif

dalam semua

pertanyaan.

Menggunakan

kalimat

efektif dalam

sebagian besar

pertanyaan.

Menggunakan

kalimat

efektif dalam

sebagian kecil

pertanyaan.

Belum mampu

menggunakan

kalimat efektif

dalam semua

pertanyaan.

Sikap:

Mandiri

Tugas

diselesaikan

dengan mandiri .

Sebagian besar

tugas

diselesaikan

dengan

mandiri.

Tugas

diselesaikan

dengan

motivasi dan

bimbingan

guru.

Belum dapat

menyelesaikan

tugas meski telah

diberikan motivasi

dan bimbingan.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

PENGAYAAN

• Apabila memiliki waktu, siswa dapat melakukan observasi tentang fungsi bagian tubuh pada jenis-jenis hewan lainnya.

 

REMEDIAL

• Siswa yang belum memahami fungsi bagian tubuh hewan, dapat diberikan sumber bacaan yang dilengkapi gambar. Siswa dimotivasi untuk membaca dengan teliti. Siswa dapat mengerjakan latihan tertulis (kuis, pertanyaan essay) terkait materi yang belum dipahami.

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3:

https://drive.google.com/file/d/1aJXSnExrZW71hvyfzVC2tzQ3gTjcEo06/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...