RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 3 : Peduli
Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 2 : Keberagaman
Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran :
3
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati, siswa mampu
mengidentifikasi bagian-bagian hewan dan fungsinya dengan benar.
2. Setelah mengamati, siswa mampu
membuat laporan tentang bagian-bagian hewan dalam bentuk diagram venn.
3. Dengan mengamati gambar, siswa
mampu membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara dengan tepat.
4. Dengan mengamati gambar, siswa
mampu membuat pertanyaan tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
untuk persiapan wawancara dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan
salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡
Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli Terhadap
Makhluk Hidup”. ¡
Guru menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit |
Inti |
§
Siswa diingatkan kembali pada pentingnya peran hewan
sebagai sumber daya alam hayati. Nasionalis §
Guru membuka kegiatan dengan memperlihatkan seekor
burung Guru mengajukan pertanyaan: -
Apa yang kamu ketahui tentang fungsi dari setiap
bagian tubuh burung? §
Siswa membaca senyap teks singkat tentang seorang anak
yang menolong seekor burung yang terluka. (Mengamati) Literasi §
Siswa kemudian mengidentifikasi setiap bagian dari
tubuh burung, kemudian menuliskannya bagian-bagian tersebut beserta fungsinya
di tabel yang tersedia . (Mengumpulkan informasi) §
Siswa kemudian mengerjakan satu soal pemecahan
masalah, jika dihadapkan pada situasi yang sama dengan tokoh yang ada dalam
buku, yaitu melihat burung yang terluka. Critical Thinking and Problem Solving §
Siswa mengamati bagian tubuh laba-laba dan kumbang. §
Siswa kemudian mengidentifikasi perbedaan dari
laba-laba dan kumbang beserta fungsinya dalam pelestarian lingkungan. Creativity and Innovation §
Siswa kembali diminta membuat pertanyaan tentang
fungsi bagian hewan.
(Menanya) §
Siswa menuliskan pertanyan tambahan tersebut pada
daftar pertanyaan mereka diawal kegiatan.
|
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. ¡
Melakukan penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. IPA
Laporan hasil pengamatan:
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Identifikasi |
Mengidentifikasi semua bagian tubuh hewan |
Mengidentifikasi sebagian besar bagian tubuh hewan |
Mengidentifikasi sebagian bagian tubuh hewan |
Mengidentifikasi sebagian kecil bagian tubuh hewan |
Laporan |
Menuliskan hasil pengamatannya dalam bentuk diagram venn dengan detail, runtut dan sistematis |
Memenuhi 2 dari 3 Criteria |
Memenuhi 1 dari 3 kriteria |
Belum memenuhi Criteria |
Kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. |
Menunjukkan semangat yang tinggi selama kegiatan belajar dengan ikut aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan. |
Cukup bersemangat selama kegiatan belajar dan cukup aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan. |
Kurang bersemangat selama kegiatan belajar dan kurang aktif dalam kegaiatan yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan. |
Tidak bersemangat selama kegiatan belajar dan tidak aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan. |
Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada
pembelajaran 1
2. Bahasa Indonesia
Daftar pertanyaan siswa
dinilai menggunakan rubric
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Daftar Pertanyaan |
Semua pertanyaan tepat. |
Sebagian besar pertanyaan tepat. |
Hanya sebagian kecil pertanyaan tepat. |
Belum mampu membuat pertanyaan dengan tepat. |
Kosa Kata Baku |
Menggunakan kosa kata baku dalam semua pertanyaan. |
Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian besar pertanyaan. |
Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian kecil pertanyaan. |
Belum mampu menggunakan kosa kata baku dalam pertanyaan. |
Kalimat Efektif |
Menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan. |
Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian besar pertanyaan. |
Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian kecil pertanyaan. |
Belum mampu menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan. |
Sikap: Mandiri |
Tugas diselesaikan dengan mandiri . |
Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri. |
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. |
Belum dapat menyelesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
Catatan: penilaian (penskoran)
dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1
PENGAYAAN
• Apabila memiliki waktu, siswa dapat melakukan observasi
tentang fungsi bagian tubuh pada jenis-jenis hewan lainnya.
REMEDIAL
• Siswa yang belum memahami fungsi bagian tubuh hewan,
dapat diberikan sumber bacaan yang dilengkapi gambar. Siswa dimotivasi untuk
membaca dengan teliti. Siswa dapat mengerjakan latihan tertulis (kuis,
pertanyaan essay) terkait materi yang belum dipahami.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3:
https://drive.google.com/file/d/1aJXSnExrZW71hvyfzVC2tzQ3gTjcEo06/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar