|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEMESTER 1 |
Satuan
Pendidikan : SDN ...............................
Mata Pelajaran : Matematika
Bab6 : Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan
Terkecil (KPK)
Kelas / Semester : IV
(Empat) / 1
Alokasi Waktu : 6 x 3 Jam (1 Pertemuan 3 JP)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
3.6
Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar
(FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua
bilangan berkaitan dengan kehiduoan sehari-hari. .
4.6
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor
persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan
terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehiduoan sehari-hari.
PERTEMUAN
1 dan 2
C. INDIKATOR:
3.6.1
Menjelaskan faktor persekutuan dua bilangan.
4.6.1
Menyebutkan faktor persekutuan dua bilangan.
3.6.2
Menentukan faktor persekutuan terbesar dari dua bilangan atau lebih.
4.6.2 Menggunakan
faktorisasi prima untuk menentukan FPB dari beberapa bilangan.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menjelaskan faktor persekutuan dua bilangan.
2.
Siswa dapat menyebutkan faktor
persekutuan dua bilangan.
3. Siswa
dapat menentukan faktor persekutuan terbesar dari dua bilangan atau lebih.
4.
Siswa dapat menggunakan faktorisasi
prima untuk menentukan FPB dari beberapa bilangan..
v
Karakter siswa
yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
DeskripsiKegiatan |
AlokasiWaktu |
Pendahuluan |
¡ Guru mengajak peserta didik untuk
berdoa sebelum dan setelah pelajaran.Religius ¡ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
kepada peserta didik tentang Faktor
Persekutuan Dua Bilangan.Communication ¡ Guru membantu peserta didik dalam
merencanakan dan menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Faktor Persekutuan Dua Bilangan. ¡ Guru membimbing peserta didik untuk
mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk melakukan Kegiatan 6.1 |
....menit |
Inti |
Mengamati §
Guru membimbing peserta didik untuk membentuk kelompok yang
masing-masing kelompok terdiri atas 3-4 orang.Collaboration §
Guru mengarahkan peserta didik untuk menuliskan faktor dari
masing-masing bilangan yang diberikan.Mandiri §
Guru mengarahkan peserta didik untuk mengamati bilangan dan
faktor-faktornya tersebut. Mencoba §
Guru membimbing peserta didik dalam menemukan faktor
bilangan yang sama dari setiap pasangan bilangan yang diberikan.Mandiri Menalar §
Guru mendampingi peserta didik dalam membuat kesimpulan
mengenai faktor persekutuan dua bilangan.Critical Thinking and
Problem Solving Mengkomunikasikan §
Guru mengarahkan peserta didik untuk membacakan kesimpulan
kelompoknya di depan kelompok lain. Literasi Mengamati §
Guru mengarahkan peserta didik untuk memperhatikan pohon
faktor dan faktorisasi prima dari beberapa bilangan yang diberikan pada
langkah kegiatan 1.Communication §
Guru membimbing peserta didik untuk menuliskan faktorisasi
prima dari masing-masing bilangan tersebut. Mencoba §
Guru membimbing peserta didik untuk menentukan FPB dari
pasangan bilangan yang diberikan.Critical Thinking and
Problem Solving Menalar §
Guru membimbing peserta didik dalam membuat kesimpulan
mengenai FPB.Creativity and Innovation Mengkomunikasikan §
Guru mengarahkan peserta didik untuk menyampaikan hasil
kegiatannya di depan teman-temannyaCommunication |
....menit |
Penutup |
§
Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Faktor Persekutuan Dua Bilangan.Integritas §
Guru melakukan evaluasi tentang Faktor Persekutuan Dua Bilangan, serta menugaskan peserta didik
untuk mempelajari materi selanjuutnya.Mandiri §
Guru menginformasikan materi selanjutnya, yaitu Faktor Persekutuan Terbesar (FPB).Communication |
15 menit |
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas IV tahun 2016
¡ Succed in GSCE Maths yang relevan
¡ Pengajaran Matematika yang relevan.
¡ Langkah Awal Menuju ke Olimpiade Matematika yang relevan.
¡ Permasalahan-permasalahan membagi
beberapa jenis barang secara adil seperti membagi 12 mangga dan 18 jambu secara
adil dapat dilakukan jika penerima buah tersebut berjumlah 1 orang, 3 orang,
atau 6 orang.
¡ Permasalahan-permasalahan membagi
beberapa jenis barang secara adil untuk sebanyak-banyaknya penerima seperti
membagi 12 mangga dan 18 jambu secara adil dapat dilakukan maksimal untuk 6
orang.
G. MATERI PEMBELAJARAN
§ Faktor Persekutuan Dua Bilangan
§ Faktor Persekutuan Terbesar
H. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Penilaian
1) Penilaian
Kegiatan 6.1
Untuk
menilai kompetensi yang dicapai dalam proses pembelajaran tentang Faktor Persekutuan Dua Bilangan, guru
dapat menilai berdasarkan aspek sebagai berikut.
Instrumen
Penilaian Kegiatan 6.1
No |
Nama Peserta Didik |
Aspek yang Dinilai |
Keterangan |
||||||
Aspek Sikap Sosial |
Aspek Pengetahuan |
Aspek Keterampilan |
|||||||
Disiplin dalam Berkegiatan |
Ketetapan dalam Menjelaskan Pengertian Faktor Persekutuan Dua Bilangan |
Keterampilan Menyebutkan Faktor Persekutuan Dua Bilangan |
|||||||
Ya |
Tidak |
Tepat |
Tidak Tepat |
3 |
2 |
1 |
|||
1. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
2. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan
Diisi
dengan tanda cek (ü)
Kategori
penilaian aspek sikap sosial
“Ya”
diberi skor = 1,
“Tidak”
diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek pengetahuan
“Tepat”
diberi skor = 1,
“Tidak
Tepat” diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek keterampilan
3 =
faktor persekutuan yang ditunjukkan tepat dan dilakukan dengan cepat,
2 =
faktor persekutuan yang ditunjukkan tepat tetapi dilakukan dengan lambat,
1 =
faktor persekutuan yang ditunjukkan tidak tepat.
Skor
maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 5.
Nilai = Total skor x 100
Skor maksimal
Penilaian
1) Penilaian
Kegiatan 6.2
Untuk
menilai kompetensi yang dicapai dalam proses pembelajaran tentang Faktor Persekutuan Terbesar, guru
dapat menilai berdasarkan aspek sebagai berikut.
Instrumen
Penilaian Kegiatan 6.2
No |
Nama Peserta Didik |
Aspek yang Dinilai |
Keterangan |
|||||
Aspek Sikap Sosial |
Aspek Pengetahuan |
Aspek Keterampilan |
||||||
Bertanggung jawab dalam Melakukan Kegiatan |
Ketetapan dalam Menentukan FPB dari Dua Bilangan atau Lebih |
Keterampilan Menggunakan Faktorisasi Prima untuk mencari FPB darei
beberapa Bilangan |
||||||
Ya |
Tidak |
Tepat |
Tidak Tepat |
Terampil |
Tidak Terampil |
|||
1. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
2. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan
Diisi
dengan tanda cek (ü)
Kategori
penilaian aspek sikap sosial
“Ya”
diberi skor = 1,
“Tidak”
diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek pengetahuan
“Tepat”
diberi skor = 1,
“Tidak
Tepat” diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek keterampilan
“Terampil”
diberi skor = 1,
“Tidak
Terampil” diberi skor = 0
Skor
maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 3.
Nilai = Total skor x 100
Skor maksimal
PERTEMUAN
3 dan 4
C. INDIKATOR:
3.6.3 Menjelaskan
kelipatan persekutuan dua bilangan
4.6.3
Menyebutkan kelipatan persekutuan dua bilangan.
3.6.4 Menentukan kelipatan prsekutuan terkecil dari dua bilangan atau lebih.
4.6.4
Menggunakan faktorisasi prima untuk menentukan KPK dari beberapa bilangan.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menjelaskan kelipatan persekutuan dua bilangan
2. Siswa
dapat menyebutkan kelipatan persekutuan dua bilangan.
3. Siswa
dapat menentukan kelipatan prsekutuan terkecil dari dua bilangan atau lebih.
4. Siswa
dapat menggunakan faktorisasi prima untuk menentukan KPK dari beberapa
bilangan.
v
Karakter siswa
yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
DeskripsiKegiatan |
AlokasiWaktu |
Pendahuluan |
¡ Guru mengajak peserta didik untuk
berdoa sebelum dan setelah pelajaran.Religius ¡ Guru mengabsen kehadiran peserta
didik. ¡ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
kepada peserta didik tentang Kelipatan
Persekutuan Dua Bilangan.Communication ¡ Guru membantu peserta didik dalam
merencanakan dan menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Kelipatan Persekutuan Dua Bilangan. ¡ Guru membimbing peserta didik untuk
mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk melakukan Kegiatan 6.3 |
....menit |
Inti |
Mengamati §
Guru membimbing peserta didik untuk menuliskan kelipatan
bilangan-bilangan yang diberikan, kemudian mengamatinya. Mandiri Mencoba §
Guru mengarahkan peserta didik untuk menentukan kelipatan
yang sama dari bilangan 4 dan 6, serta dari bilangan 4,5, dan 6.Mandiri Menalar §
Guru mendampingi peserta didik dalam mengamati bilangan
tersebut beserta kelipatan-kelipatannya.Communication §
Guru membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan
mengani kelipatan persekutuan dua bilangan berdasarkan pengamatannya
tersebut.Critical Thinking and Problem Solving Mengkomunikasikan §
Guru mengarahkan peserta didik untuk menceritakan hasil
pengamatannya di depan kelas.Literasi Mengamati §
Guru membimbing peserta didik untuk menuliskan kelipatan
dari bilangan 12,15, dan 21. Mandiri §
Guru mengarahkan peserta didik untuk menentukan kelipatan
persekutuan dari pasangan bilangan yang diberikan dengan mengamati kelipatan
dari bilangan 12,15 dan 21 Mencoba §
Guru mendampingi peserta didik dalam menuliskan faktorisasi
dari bilangan 12,15 dan 21.Mandiri §
Guru membimbing peserta didik untuk menentukan KPK dari
pasangan bilangan pada langkah kegiatan 1 dengan menuliskan seluruh faktor
prima pasangan bilangan tersebut. Critical Thinking and
Problem Solving Menalar §
Guru membimbing peserta didik untuk membandingkan KPK yang
didapatkan dari kedua cara yang telah dilakukan. Creativity and
Innovation §
Guru membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan
mengani cara menentukan KPK berdasarkan hasil yang didapatkan dari kedua cara
tersebut. Mengkomunikasikan Guru mengarahkan
peserta didik untuk menceritakan hasil kerja kelompoknya di hadapan kelompok
yang lain.Communication |
....menit |
Penutup |
§
Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Kelipatan Persekutuan Dua Bilangan.
Integritas §
Guru melakukan evaluasi tentang Faktor Kelipatan Persekutuan Dua Bilangan dan menugaskan peserta
didik untuk mempelajari materi selanjutnya.Mandiri §
Guru menginformasikan materi selanjutnya, yaitu Kelipatan Persekutuan Terkecil.Critical
Thinking and Problem Solving |
15 menit |
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas IV tahun 2016
¡ Succed in GSCE Maths yang relevan
¡ Pengajaran Matematika yang relevan.
¡ Langkah Awal Menuju ke Olimpiade Matematika yang relevan.
¡ Kumpulan benda-benda kecil yang ada
di lingkungan sekolah seperti kumpulan kelereng, kumpulan lidi, kumpulan pensil
dan sebaginya yang dapat digunakan untuk mengenalkan konsep kelipatan
persekutuan dua bilangan.
¡ Permasalahan-permasalahan menentukan
waktu kunjungan bersama saat dua orang atau lebih memiliki periode kunjungan
yang berbeda-beda.
G. MATERI PEMBELAJARAN
§ Kelipatan Persekutuan Dua Bilangan
§ Kelipatan Persekutuan Terkecil
H. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Penilaian
1) Penilaian
Kegiatan 6.3
Untuk
menilai kompetensi yang dicapai dalam proses pembelajaran tentang Kelipatan Persekutuan Dua Bilangan, guru
dapat menilai berdasarkan aspek sebagai berikut.
Instrumen
Penilaian Kegiatan 6.3
No |
Nama Peserta Didik |
Aspek Pengetahuan yang Dinilai |
Keterangan |
|||||
Aspek Sikap Sosial |
Aspek Pengetahuan |
Aspek Keterampilan |
||||||
Santun dalam Menceritakan Hasil
Pengamatannya |
Ketetapan dalam Menjelaskan
Kelipatan Persekutuan Dua Bilangan |
Keterampilan Menyebutkan Kelipatan
Persekutuan Dua Bilangan |
||||||
Ya |
Tidak |
Tepat |
Tidak Tepat |
Terampil |
Tidak Terampil |
|||
1. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
2. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan
Diisi dengan
tanda cek (ü)
Kategori
penilaian aspek sikap sosial
“Ya”
diberi skor = 1,
“Tidak”
diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek pengetahuan
“Tepat”
diberi skor = 1,
“Tidak
Tepat” diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek keterampilan
“Terampil”
diberi skor = 1,
“Tidak
Terampil” diberi skor = 0
Skor
maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 3.
Nilai = Total skor x 100
Skor maksimal
Penilaian
1) Penilaian
Kegiatan 6.4
Untuk
menilai kompetensi yang dicapai dalam proses pembelajaran tentang Kelipatan Persekutuan Terkecil, guru
dapat menilai berdasarkan aspek sebagai berikut.
Instrumen
Penilaian Kegiatan 6.4
No |
Nama Peserta Didik |
Aspek Pengetahuan yang Dinilai |
Keterangan |
|||||
Aspek Sikap Sosial |
Aspek Pengetahuan |
Aspek Keterampilan |
||||||
Toleransi terhadap Pendapat Teman |
Ketetapan dalam Menentukan KPK dari Dua Bilangan atau Lebih |
Keterampilan Menggunakan Faktorisasi Prima untuk Mencari Mencari KPK dari
Beberapa Bilangan |
||||||
Ya |
Tidak |
Tepat |
Tidak Tepat |
Terampil |
Tidak Terampil |
|||
1. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
2. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan
Diisi
dengan tanda cek (ü)
Kategori
penilaian aspek sikap sosial
“Ya”
diberi skor = 1,
“Tidak”
diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek pengetahuan
“Tepat”
diberi skor = 1,
“Tidak
Tepat” diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek keterampilan
“Terampil”
diberi skor = 1,
“Tidak
Terampil” diberi skor = 0
Skor
maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 3.
Nilai = Total skor x 100
Skor maksimal
PERTEMUAN
5 dan 6
C. INDIKATOR:
3.6.5 Menentukan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan FPB dan KPK.
4.6.5
Menggunakan FPB dan KPK dalam menyelesaikan suatu masalah nyata.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan FPB dan KPK.
2. Siswa dapat
menggunakan FPB dan KPK dalam menyelesaikan suatu masalah nyata.
v
Karakter siswa
yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
DeskripsiKegiatan |
AlokasiWaktu |
Pendahuluan |
¡ Guru mengajak peserta didik untuk
berdoa sebelum dan setelah pelajaran.Religius ¡ Guru mengabsen kehadiran peserta
didik. ¡ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
kepada peserta didik tentang Hal yang
Berkaitan dengan FPB dan KPK.Communication ¡ Guru membantu peserta didik dalam
merencanakan dan menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Hal yang Berkaitan dengan FPB dan KPK.
¡ Guru membimbing peserta didik untuk
mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk melakukan Kegiatan 6.5 |
....menit |
Inti |
Mengamati §
Guru mengarahkan peserta didik untuk membaca ilustrasi yang
diberikan.Literasi Mencoba §
Guru mendampingi peserta didik dalam menyelesaikan
permasalahan yang diberikanCommunication Mengkomunikasikan §
Guru mengarahkan peserta didik untuk menceritakan hasil
kerja kelompoknya di hadapan kelompok yang lain.Collaboration |
....menit |
Penutup |
§
Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Hal yang Berkaitan dengan FPB dan KPK.Integritas §
Guru melakukan evaluasi tentang Hal yang Berkaitan dengan FPB dan KPK.Mandiri |
....menit |
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas IV tahun 2016
¡ Succed in GSCE Maths yang relevan
¡ Pengajaran Matematika yang relevan.
¡ Langkah Awal Menuju ke Olimpiade Matematika yang relevan.
¡ Peristiwa atau permasalahan yang
berkaitan dengan FPB dan KPK..
G. MATERI PEMBELAJARAN
§ Hal yang Berkaitan dengan FPB dan KPK
H. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Penilaian
1) Penilaian
Kegiatan 6.5
Untuk
menilai kompetensi yang dicapai dalam proses pembelajaran tentang Hal yang Berkaitan dengan FPB dan KPK, guru
dapat menilai berdasarkan aspek sebagai berikut.
Instrumen
Penilaian Kegiatan 6.5
No |
Nama Peserta Didik |
Aspek Pengetahuan yang Dinilai |
Keterangan |
|||||
Aspek Sikap Spiritual |
Aspek Pengetahuan |
Aspek Keterampilan |
||||||
Bersyukur Setelah Menyelesaikan Kegiatan |
Ketetapan dalam Menentukan Penyelesaian Masalah yang Berkaitan dengan FPB
dan KPK |
Keterampilan Menggunakan FPB dan KPK dalam Menyelesaikan suatu Masalah
Nyata |
||||||
Ya |
Tidak |
Tepat |
Tidak Tepat |
Terampil |
Tidak Terampil |
|||
1. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
2. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan
Diisi
dengan tanda cek (ü)
Kategori
penilaian aspek sikap sosial
“Ya”
diberi skor = 1,
“Tidak”
diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek pengetahuan
“Tepat”
diberi skor = 1,
“Tidak
Tepat” diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek keterampilan
“Terampil”
diberi skor = 1,
“Tidak
Terampil” diberi skor = 0
Skor
maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 2.
Nilai = Total skor x 100
Skor maksimal
2)
Penilaian Tugas Rumah
Untuk menilai pemahaman dan
penguasaan peserta didik terhadap materi FPB dan KPK, guru dapat menggunakan
instrumen penilaian tugas rumah berikut.
Instrumen Penilaian Tugas
Rumah
No |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
1.a |
Ketepatan
dalam menentukan faktor persekutuan |
.... |
b |
.... |
|
2.a |
Ketepatan
dalam menentukan kelipatan persekutuan |
.... |
B |
.... |
|
3.a |
Ketepatan
dalam menentukan FPB dan KPK |
.... |
b |
.... |
|
c |
.... |
|
d |
.... |
|
4 |
Ketepatan
dalam menyelesaikan permaslahan menggunakan konsep KPK |
.... |
5.a |
Ketepatan
dalam menyelesaikan permasalahan menggunakan konsep FPB |
.... |
b |
.... |
|
c |
.... |
|
Total Skor |
.... |
Keterangan
3 = jawaban akhir dan alasan/langkah
penyelesaian tepat,
2 = jawaban akhir tetap tetapi
alasan/langkah penyelesaian kurang tepat,
1 = jawaban akhir dan alasan/langkah
penyelesaian tidak tepat,
0 = tidak menjawab,
Skor
maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 36.
Nilai = Total skor x 100
Skor maksimal
Mengetahui Kepala Sekolah .......................................... NIP : |
............................, … Juli … Guru Kelas IV .......................................... NIP : |
Catatan Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar