RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah
percobaan, siswa mampu menjelaskan sifat-sifat bunyi merambat dengan lengkap.
2. Setelah
percobaan, siswa mampu menyajikan laporan tentang sifat-sifat bunyi merambat
dengan sistematis.
3. Setelah
membaca teks tentang “Membantu Sesama”, siswa mampu mengidentifikasi gagasan
pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.
4. Setelah
membaca teks tentang “Membantu Sesama”, siswa mampu menyajikan gagasan utama
dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran
dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius ¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”. ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Integritas |
10 menit |
Inti |
§
Siswa diingatkan kembali tentang Keragaman Budaya
Indonesia, salah satunya adalah keragaman permainan tradisional. Communication §
Siswa secara berpasangan diminta untuk saling
menginformasikan tentang jenis permainan tradisional yang mereka ketahui
kepada teman disebelahnya. (Mengekplorasi)
Gotong
Royong §
Hasil diskusi siswa dibahas secara klasikal dan
disimpulkan bersama. Collaboration §
Siswa diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya
tentang keragaman alat musik tradisional Indonesia. §
Guru mengajukan pertanyaan sebagi kegiatan pembuka. (Menanya) - Bagaimana bunyi dapat sampai
ke telinga kita? §
Siswa dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan 3 jenis
alat musik tradisional daerah yang mereka sukai. Setiap kelompok akan
melakukan 3 jenispercobaan yang berbeda tentang sifatbunyi merambat. Collaboration §
Siswa dalam kelompok diminta berdiskusi membuat
pertanyaan tentang sifat bunyi merambat. (Mengkomunikasikan)
Critical
Thinking and Problem Solving §
Setiap kelompok menyampaikan pertanyaan hasil diskusi di
depan kelas. §
Siswa dalam kelompok kemudian melakukan tiga jenis
percobaan secara bergantian tentang sifat bunyi merambat berdasarkan
instruksi yang ada di buku. Creativity and Innovation §
Siswa mengisi tabel yang tersedia berdasarkan hasil
percobaan. §
Siswa masih dalam kelompok yang sama berdiskusi menjawab
pertanyaan yang ada di buku berdasarkan hasil percobaan. §
Guru memberikan penguatan tentang sifat bunyi merambat. §
Siswa diingatkan kembali tentang gagasan pokok dan
gagasan pendukung yang telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya. §
Siswa membaca kembali teks berjudul “Sigap Membantu
Sesama” yang terdapat pada pembelajaran sebelumnya. (Mengamati) §
Siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada
teks tersebut dan menuliskannya dalam peta pikiran yang tersedia. §
Siswa mendiskusikan peta pikiran bersama teman dan guru. |
150 menit |
Penutup |
1.
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 2.
Guru memberikan
penguatan dan kesimpulan 3.
Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi. 5.
Salam dan do’a penutup
di pimpin oleh salah satu siswa. |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli .... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. IPA
a. Laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi merambat
dinilai
menggunakan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Sifat-sifat bunyi Merambat |
Menjelaskan semua sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan dengan benar. |
Menjelaskan sebagian besar sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan dengan benar. |
Menjelaskan sebagian kecil sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan dengan benar.
|
Belum dapat menjelaskan sifat-sifat bunyi merambat. |
Laporan pengamatan tentang sifat bunyi merambat |
Menyajikan laporan pengamatan tentang sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan dengan sistematis. |
Menyajikan laporan pengamatan tentang sebagian besar sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan cukup sistematis.
|
Menyajikan laporan pengamatan tentang sebagian kecil sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan kurang sistematis. |
Belum dapat menyajikan laporan pengamatan tentang sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan. |
Sikap Rasa Ingin Tahu dan Berfikir Kritis |
Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan. |
Catatan:
Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1.
b. Percobaan IPA dinilai
menggunakan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Penerapan Konsep |
Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung dan menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar. |
Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung namun perlu bantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang yang sedang dipelajari |
Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tidak jelas. |
Perlu bimbingan saat menyampaikan bukti dan pemahaman inti dari konsep yang dipelajari. |
Komunikasi |
Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, obyektif dengan didukung data penunjang. |
Hasil percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang. |
Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, namun hanya didukung sebagian kecil data penunjang. |
Hasil percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang. |
Prosedur dan Strategi |
Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis dan strategi yang digunakan membuat percobaan berhasil. |
Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis, namun masih membutuhkan bimbingan dalam menemukan strategi agar percobaan berhasi. |
Sebagian besar data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara sistematis setelah mendapat bantuan guru. |
Sebagian kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan strategi yang dipilih tidak tepat. |
Catatan:
Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1.
3. Bahasa Indonesia
Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari
setiap
paragraf dinilai menggunakan
rubrik
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Gagasan pokok |
Menemukan gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. |
Menemukan sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. |
Menemukan sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. |
Belum dapat menemukan gagsan pokok. |
Gagasan Pendukung |
Menemukan gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. |
Menemukan sebagian besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. |
Menemukan sebagian kecil gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. |
Belum dapat menemukan gagsan pendukung. |
Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukukung dalam peta pikiran. |
Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat. |
Menyajikan sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat. |
Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat. |
Belum dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran. |
Sikap: Mandiri |
Tugas diselesaikan dengan mandiri . |
Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri. |
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. |
Belum dapat menyelesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
Catatan:
Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1.
Pengayaan
• Apabila memiliki waktu, siswa dapat memainkan ansambel bunyi
yang telah
mereka kreasikan pada pembelajaran sebelumnya, kepada kelas
lain.
Remedial
• Siswa yang belum memahami sifat bunyi merambat akan
mengulang percobaan dengan pendampingan. Siswa dapat dibantu oleh siswa lain
yang telah menguasai konsep tersebut.
Download RPP Tematik kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 :
https://drive.google.com/file/d/1y_nQaRW8e9sg25-9LqGAG4UFyyeuhdRg/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar