Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3

 RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 1                        :    Indahnya Kebersamaan

Sub Tema 1                 :    Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaran               :    3

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah percobaan, siswa mampu menjelaskan sifat-sifat bunyi merambat dengan lengkap.

2.    Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan tentang sifat-sifat bunyi merambat dengan sistematis.

3.    Setelah membaca teks tentang “Membantu Sesama”, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.

4.    Setelah membaca teks tentang “Membantu Sesama”, siswa mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Integritas

10 menit

Inti

§  Siswa diingatkan kembali tentang Keragaman Budaya Indonesia, salah satunya adalah keragaman permainan tradisional. Communication

§  Siswa secara berpasangan diminta untuk saling menginformasikan tentang jenis permainan tradisional yang mereka ketahui kepada teman disebelahnya. (Mengekplorasi) Gotong Royong

§  Hasil diskusi siswa dibahas secara klasikal dan disimpulkan bersama. Collaboration

§  Siswa diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya tentang keragaman alat musik tradisional Indonesia.

§  Guru mengajukan pertanyaan sebagi kegiatan pembuka. (Menanya)

-       Bagaimana bunyi dapat sampai ke telinga kita?

§  Siswa dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan 3 jenis alat musik tradisional daerah yang mereka sukai. Setiap kelompok akan melakukan 3 jenispercobaan yang berbeda tentang sifatbunyi merambat. Collaboration

§  Siswa dalam kelompok diminta berdiskusi membuat pertanyaan tentang sifat bunyi merambat. (Mengkomunikasikan) Critical Thinking and Problem Solving

§  Setiap kelompok menyampaikan pertanyaan hasil diskusi di depan kelas.

§  Siswa dalam kelompok kemudian melakukan tiga jenis percobaan secara bergantian tentang sifat bunyi merambat berdasarkan instruksi yang ada di buku. Creativity and Innovation

§  Siswa mengisi tabel yang tersedia berdasarkan hasil percobaan.

§  Siswa masih dalam kelompok yang sama berdiskusi menjawab pertanyaan yang ada di buku berdasarkan hasil percobaan.

§  Guru memberikan penguatan tentang sifat bunyi merambat.

§  Siswa diingatkan kembali tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung yang telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya.

§  Siswa membaca kembali teks berjudul “Sigap Membantu Sesama” yang terdapat pada pembelajaran sebelumnya. (Mengamati)

§  Siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada teks tersebut dan menuliskannya dalam peta pikiran yang tersedia.

§  Siswa mendiskusikan peta pikiran bersama teman dan guru.

150 menit

Penutup

1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.

4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. IPA

a. Laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi merambat dinilai

menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Sifat-sifat bunyi

Merambat

Menjelaskan

semua sifat

bunyi merambat

berdasarkan

hasil percobaan

dengan benar.

Menjelaskan

sebagian besar

sifat bunyi

merambat

berdasarkan

hasil percobaan

dengan benar.

Menjelaskan

sebagian kecil

sifat bunyi

merambat

berdasarkan

hasil percobaan

dengan benar.

 

Belum dapat

menjelaskan

sifat-sifat bunyi

merambat.

Laporan

pengamatan

tentang sifat

bunyi merambat

Menyajikan

laporan

pengamatan

tentang sifat

bunyi merambat

berdasarkan

hasil percobaan

dengan

sistematis.

Menyajikan

laporan

pengamatan

tentang sebagian

besar sifat

bunyi merambat

berdasarkan hasil

percobaan cukup

sistematis.

 

Menyajikan

laporan

pengamatan

tentang sebagian

kecil sifat bunyi

merambat

berdasarkan hasil

percobaan kurang

sistematis.

Belum dapat

menyajikan

laporan

pengamatan

tentang sifat

bunyi merambat

berdasarkan hasil

percobaan.

Sikap Rasa Ingin

Tahu dan Berfikir

Kritis

Tampak antusias

dan mengajukan

banyak ide dan

pertanyaan

selama kegiatan.

Tampak cukup

antusias dan

terkadang

mengajukan ide

dan pertanyaan

selama kegiatan.

Tampak kurang

antusias

dan tidak

mengajukan ide

dan pertanyaan

selama kegiatan.

Tidak tampak

antusias

dan perlu

dimotivasi untuk

mengajukan ide

dan pertanyaan.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1.

 

b. Percobaan IPA dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Penerapan

Konsep

Memperlihatkan

pemahaman

konsep dengan

menunjukkan

bukti

pendukung dan

menyampaikan

pemahaman inti

dari konsep yang

sedang dipelajari

dengan benar.

Memperlihatkan

pemahaman

konsep dengan

menunjukkan

bukti pendukung

namun perlu

bantuan saat

menyampaikan

pemahaman inti

dari konsep yang

yang sedang

dipelajari

Memperlihatkan

pemahaman

konsep dengan

menunjukkan

bukti yang

terbatas dan

penyampaian

pemahaman inti

dari konsep tidak

jelas.

Perlu

bimbingan saat

menyampaikan

bukti dan

pemahaman inti

dari konsep yang

dipelajari.

Komunikasi

Hasil percobaan

disampaikan

dengan jelas,

obyektif dengan

didukung data

penunjang.

Hasil percobaan

disampaikan

dengan jelas

dan didukung

sebagian data

penunjang.

Hasil percobaan

disampaikan

dengan jelas,

namun hanya

didukung

sebagian kecil

data penunjang.

Hasil percobaan

disampaikan

dengan kurang

jelas dan tanpa

data penunjang.

Prosedur dan

Strategi

Seluruh data

dicatat, langkah

kegiatan

dilakukan secara

sistematis dan

strategi yang

digunakan

membuat

percobaan

berhasil.

Seluruh data

dicatat, langkah

kegiatan

dilakukan secara

sistematis,

namun masih

membutuhkan

bimbingan dalam

menemukan

strategi agar

percobaan

berhasi.

Sebagian besar

data dicatat,

langkah kegiatan

dan strategi

dilakukan secara

sistematis

setelah

mendapat

bantuan guru.

Sebagian kecil

data dicatat,

langkah kegiatan

tidak sistematis

dan strategi

yang dipilih tidak

tepat.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1.

3. Bahasa Indonesia

Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap

paragraf dinilai menggunakan rubrik

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Gagasan pokok

Menemukan

gagasan pokok

pada semua

paragraf dengan

benar.

Menemukan

sebagian besar

gagasan pokok

pada semua

paragraf dengan

benar.

Menemukan

sebagian kecil

gagasan pokok

pada semua

paragraf dengan

benar.

Belum dapat

menemukan

gagsan pokok.

Gagasan

Pendukung

Menemukan

gagasan

pendukung pada

semua paragraf

dengan benar.

Menemukan

sebagian

besar gagasan

pendukung pada

semua paragraf

dengan benar.

Menemukan

sebagian

kecil gagasan

pendukung pada

semua paragraf

dengan benar.

Belum dapat

menemukan

gagsan

pendukung.

Penyajian

gagasan pokok

dan gagasan

pendukukung

dalam peta

pikiran.

Menyajikan

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

dalam peta

pikiran dengan

tepat.

Menyajikan

sebagian besar

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

dalam peta

pikiran dengan

tepat.

Menyajikan

sebagian kecil

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

dalam peta

pikiran dengan

tepat.

Belum dapat

menyajikan

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

dalam peta

pikiran.

Sikap: Mandiri

Tugas

diselesaikan

dengan mandiri .

Sebagian

besar tugas

diselesaikan

dengan mandiri.

Tugas

diselesaikan

dengan motivasi

dan bimbingan

guru.

Belum dapat

menyelesaikan

tugas meski

telah diberikan

motivasi dan

bimbingan.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1.

 

Pengayaan

• Apabila memiliki waktu, siswa dapat memainkan ansambel bunyi yang telah

mereka kreasikan pada pembelajaran sebelumnya, kepada kelas lain.

Remedial

• Siswa yang belum memahami sifat bunyi merambat akan mengulang percobaan dengan pendampingan. Siswa dapat dibantu oleh siswa lain yang telah menguasai konsep tersebut.

 



Download RPP Tematik kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 :

https://drive.google.com/file/d/1y_nQaRW8e9sg25-9LqGAG4UFyyeuhdRg/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...