|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEMESTER 1 |
Satuan Pendidikan : SDN .............................
Mata Pelajaran : Matematika
Bab3 : Penaksiran Hasil Operasi Hitung
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Alokasi Waktu : 6 x 3 Jam( 1 Pertemuan 3 JP)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
3.3
Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan
hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal.
4.3
Menyelesaikan masalah penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil
bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal.
PERTEMUAN
1 dan 2
C. INDIKATOR:
3.3.1
Menentukan hasil operasi hitung.
4.3.1
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menentukan hasil operasi hitung.
2. Siswa
dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung
v
Karakter siswa
yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
DeskripsiKegiatan |
AlokasiWaktu |
Pendahuluan |
¡ Guru mengajak peserta didik untuk
berdoa sebelum dan setelah pelajaran.Religius ¡ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
kepada peserta didik tentang Penjumlahan
dan Pengurangan Pecahan.Communication ¡ Guru memberi peserta didik contoh
dalam kehidupan yang berkaitan dengan Penjumlahan
dan Pengurangan Pecahan. ¡ Guru membantu peserta didik dalam
merencanakan dan menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan. ¡ Guru membimbing peserta didik untuk
mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk melakukan Kegiatan 3.1 |
.....menit |
Inti |
Mengamati §
Guru membimbing peserta didik untuk membentuk kelompok yang
terdiri atas 3 atau 4 anggota.Collaboration §
Guru mengarahkan peserta didik untuk mengamati ilustrasi
permasalahan yang diberikan. Mandiri Menanya §
Guru menfasilitasi peserta didik untuk saling menanyakan
pendapat anggota kelompoknya mengenai ilustrasi permasalahan tentang operasi
hitung pada pecahan. Gotong Royong Mencoba §
Guru membimbing peserta didik untuk bekerja sama dengan
anggota kelompoknya dalam mendiskusikan pendapat anggota kelompoknya tentang
operasi hitung pada pecahan.Gotong Royong Menalar §
Guru mendampingi peserta didik dalam menyimpulkan hasil
diskusinya.Collaboration §
Guru mendampingi peserta didik dalam menyusun
langkah-langkah penyelesaian permasalahan dengan rapi.Critical
Thinking and Problem Solving Mengkomunikasikan §
Guru mengarahkan peserta didik untuk menyampaikan hasil
kerja kelompoknya di hadapan guru dan teman-temannya.Communication |
.....menit |
Penutup |
§
Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan. Gotong
Royong §
Guru melakukan evaluasi tentang Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan.Mandiri §
Guru menginformasikan materi selanjutnya, yaitu Perkalian dan Pembagian Pecahan serta
Membulatkan Bilangan.Communication |
.....menit |
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas IV tahun 2016
¡ Dasar-Dasar Matematika Modern yang relevan.
¡ Pengajaran Matematika yang relevan.
¡ Ensiklopedia Matematikadan Peradaban Manusia
yang relevan.
§
G. MATERI PEMBELAJARAN
§ Penjumlahan
dan Pengurangan Pecahan
H. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Penilaian
1) Penilaian
Kegiatan 3.1
Untuk
menilai kompetensi yang dicapai dalam proses pembelajaran tentang Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan, guru
dapat menilai berdasarkan aspek sebagai berikut.
Instrumen
Penilaian Kegiatan 3.1
No |
Nama Peserta Didik |
Aspek yang Dinilai |
Keterangan |
||||||
Aspek Sikap Spiritual |
Aspek Pengetahuan |
Aspek Keterampilan |
|||||||
Bersyukur Setelah Selesai Melakukan Kegiatan |
Ketetapan dalam Menentukan Hasil Operasi Hitung |
Keterampilan Menuliskan Langkah-langkah dalam Menyelesaikan Permasalahan |
|||||||
Ya |
Tidak |
Ya |
Tidak |
1 |
2 |
3 |
|||
1. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
2. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan
Diisi
dengan tanda cek (ü)
Kategori
penilaian aspek sikap spriritual
“Ya”
diberi skor = 1,
“Tidak”
diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek pengetahuan
“Ya”
diberi skor = 1,
“Tidak”
diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek keterampilan
3 =
runtut dan mulai dipahami,
2 =
mudah dipahami tapi tidak runtut,
1 =
tidak runtut dan suli dipahami.
Skor
maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 5.
Skor maksimal
PERTEMUAN
3 dan 4
C. INDIKATOR :
3.3.2
Menjelaskan aturan perkalian antara dua buah pecahan.
4.3.2
Menerapkan aturan perkalian antara dua buah pecahan
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menjelaskan aturan perkalian antara dua buah pecahan.
2. Siswa dapat
menerapkan aturan perkalian antara dua buah pecahan.
v
Karakter siswa
yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
DeskripsiKegiatan |
AlokasiWaktu |
Pendahuluan |
¡ Guru memberikan salam dan menyapa
peserta didik.Religius ¡ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
kepada peserta didik tentang Perkalian
Pecahan, Pembagian, dan Membulatkan Bilangan.Communication ¡ Guru membantu peserta didik dalam
merencanakan dan menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Perkalian Pecahan, Pembagian, dan
Membulatkan Bilangan. ¡ Guru membimbing peserta didik untuk
mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk melakukan Kegiatan 3.2 |
.....menit |
Inti |
Mengamati §
Guru membimbing peserta didik untuk membuat kelompok yang
terdiri atas 3-4 anggota.Collaboration §
Guru mengarahkan peserta didik untuk memperhatikan Gambar
3.2 dengan saksamaMandiri Menanya §
Guru menfasilitasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan
kepada guru tentang cara menyajikan bentuk pecahan dari suatu gambar.Communication Mencoba §
Guru mendampingi peserta didik dalam mengikuti langkah
kegiatan yang diberikan. Menalar §
Guru membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan dari
kegiatannya. Critical Thinking and
Problem Solving Mengkomunikasikan §
Guru mengarahkan peserta didik untuk menuliskan hasil
kerjanya pada selembar kertas kemudian mengumpulkannya kepada guru untuk
diberi nilai.Mandiri §
Guru membimbing peserta didik untuk mempelajari pembagian
pecahan sesuai kreativitas guru.Critical Thinking and
Problem Solving §
Guru membimbing peserta didik untuk mempelajari pembulatan
bilangan sesuai kreativitas guru.Creativity and Innovation |
.....menit |
Penutup |
§
Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Perkalian Pecahan, Pembagian, dan
Membulatkan Bilangan. Integritas §
Guru melakukan evaluasi tentang Perkalian Pecahan, Pembagian, dan Membulatkan Bilangan.Mandiri §
Guru menginformasikan materi selanjutnya, yaitu Menaksir Hasil Operasi Hitung.Communication |
.....menit |
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas IV tahun 2016
¡ Dasar-Dasar Matematika Modern yang relevan.
¡ Pengajaran Matematika yang relevan.
¡ Ensiklopedia Matematikadan Peradaban Manusia
yang relevan.
¡ Kegiatan jual beli, produksi, dan
sebagainya.
G. MATERI PEMBELAJARAN
§ Perkalian
Pecahan, Pembagian, dan Membulatkan Bilangan
H. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Penilaian
1) Penilaian
Kegiatan 3.2
Untuk
menilai kompetensi yang dicapai dalam proses pembelajaran tentang Perkalian Pecahan, guru dapat menilai
berdasarkan aspek sebagai berikut.
Instrumen
Penilaian Kegiatan 3.2
No |
Nama Peserta Didik |
Aspek yang Dinilai |
Keterangan |
||||||
Aspek Sikap Sosial |
Aspek Pengetahuan |
Aspek Keterampilan |
|||||||
Jujur dalam Melakukan Kegiatan |
Ketetapan dalam Menyimpulkan Aturan Perkalian Dua Pecahan |
Keterampilan Menerapkan Aturan Perkalian Dua Pecahan |
|||||||
Ya |
Tidak |
Ya |
Tidak |
Terampil |
Kurang Terampil |
Tidak Terampil |
|||
1. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
|
... |
2. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
|
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
|
... |
Keterangan
Diisi
dengan tanda cek (ü)
Kategori
penilaian aspek sikap sosial
“Ya”
diberi skor = 1,
“Tidak”
diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek pengetahuan
“Tepat”
diberi skor = 1,
“Tidak
Tepat” diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek keterampilan
“Terampil”
diberi skor = 2,
“Kurang
Trampil” diberi skor = 1
“Tidak
Terampil” diberi skor = 0.
Skor
maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 4.
Skor maksimal
PERTEMUAN 5 dan 6
C. INDIKATOR :
3.3.3
Menentukan hasil taksiran dari suatu operasi hitung.
4.3.3
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan penaksiran hasil operasi
hitung.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menentukan hasil taksiran dari suatu operasi hitung.
2.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan
yang berkaitan dengan penaksiran hasil operasi hitung
v
Karakter siswa
yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
DeskripsiKegiatan |
AlokasiWaktu |
Pendahuluan |
¡ Guru mengajak peserta didik untuk
berdoa sebelum dan setelah pelajaran.Religius ¡ Guru mengabsen kehadiran peserta
didik. ¡ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
kepada peserta didik tentang Menaksir
Hasil Operasi Hilang.Communication ¡ Guru membantu peserta didik dalam
merencanakan dan menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Menaksir Hasil Operasi Hilang. ¡ Guru membimbing peserta didik untuk
mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk melakukan Kegiatan 3.3 |
.....menit |
Inti |
Mengamati §
Guru membimbing peserta didik untuk membuat kelompok yang
terdiri atas 3-4 anggota.Collaboration §
Guru mengarahkan peserta didik untuk membaca masalah yang
diberikan serta mengingat kembali materi tentang pembulatan bilangan cacah.Literasi Menanya §
Guru menfasilitasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan
tentang pembulatan bilangan cacah yang belum dipahami.Communication Mencoba §
Guru mendampingi peserta didik dalam mendiskusikan hasil
penaksiran biaya pembuatan taman dari masing-masing versi yang diberikan .Collaboration Menalar §
Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan jenis
penaksiran yang paling mendekati biaya sesungguhnya. Critical
Thinking and Problem Solving Mengkomunikasikan §
Guru mengarahkan peserta didik untuk menuliskan hasil
diskusinya pada selembar kertas kemudian membacakannya di depan kelas.Creativity
and Innovation |
.....menit |
Penutup |
§
Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Menaksir Hasil Operasi Hilang. Integritas §
Guru melakukan evaluasi tentang Menaksir Hasil Operasi Hilang.Communication |
.....menit |
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas IV tahun 2016
¡ Dasar-Dasar Matematika Modern yang relevan.
¡ Pengajaran Matematika yang relevan.
¡ Ensiklopedia Matematikadan Peradaban Manusia
yang relevan.
¡ Kegiatan-kegiatan yang dapat
diperkirakan seperti biaya perayaan ulang tahun dan sebagainya.
G. MATERI PEMBELAJARAN
§ Menaksir
Hasil Operasi Hilang
H. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Penilaian
1)
Penilaian Kegiatan 3.3
Untuk
menilai kompetensi yang dicapai dalam proses pembelajaran tentang Menaksir Hasil Operasi Hilang, guru
dapat menilai berdasarkan aspek sebagai berikut.
Instrumen
Penilaian Kegiatan 3.3
No |
Nama Peserta Didik |
Aspek Pengetahuan yang Dinilai |
Keterangan |
|||||
Aspek Sikap Sosial |
Aspek Pengetahuan |
Aspek Keterampilan |
||||||
Percaya Diri Dalam Menyampaikan Hasil Diskusinya |
Ketetapan dalam Menentukan Hasil Taksiran dari Suatu Operasi Hitung |
Keterampilan Menentukan Hasil Penaksiran yang Paling Mendekati Hasil
Operasi Hitung Sebenarnya |
||||||
Ya |
Tidak |
Tepat |
Tidak Tepat |
Terampil |
Tidak Terampil |
|||
1. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
2. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan
Diisi
dengan tanda cek (ü)
Kategori
penilaian aspek sikap sosial
“Ya”
diberi skor = 1,
“Tidak”
diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek pengetahuan
“Tepat”
diberi skor = 1,
“Tidak
Tepat” diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek keterampilan
“Terampil”
diberi skor = 1,
“Tidak
Terampil” diberi skor = 0.
Skor
maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 3.
Skor maksimal
2)
Penilaian Tugas Portofolio
Pada tugas portofolio mengenai
materi Menaksir Hasil Operasi Hitung, guru dapat menggunakan instrumen
penilaian berikut.
Instrumen Penilaian Tugas
Portofolio
No |
Nama Peserta Didik |
Aspek Keterampilan yang Dinilai |
Keterangan |
|||
Keterampilan Menyusun Tugas
Portofolio |
||||||
4 |
3 |
2 |
1 |
|||
1 |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
2 |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Mengetahui Kepala Sekolah .......................................... NIP : |
............................, … Juli … Guru Kelas IV .......................................... NIP : |
Catatan Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
RPP MATEMATIKA KELAS 4 BAB 3 PENAKSIRAN HASIL OPERASI HITUNG
Tidak ada komentar:
Posting Komentar