Jumat, 26 Februari 2021

RPP 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 3 Semester 2


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 

Sekolah                         :  SDN ………………..

Kelas /Semester             :  IV/2

Tema 6                           :  Cita-Citaku

Subtema                        :  Giat Berusaha Meraih Cita-Cita

Pembelajaran ke-          :  1

Fokus Pembelajaran      :  Bahasa Indonesia, dan IPA

Alokasi Waktu              :  6 x 35 menit (6 JP)

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui kegiatan berlatih membaca puisi, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar.

2. Melalui kegiatan membuat poster siswa mengetahui pentingnya pelestarian makhluk hidup bagi lingkungan sekitar dengan tepat.

Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar

Buku Teks, gambar hewan dan tumbuhan, contoh-contoh puisi, lingkungan

sekitar.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

Ayo Mengamati

1.     Siswa mengamati gambar yang disajikan di Buku Siswa, Gambar tersebut menunjukkan kondisi sungai di Jakarta. Guru memberikan beberapa pertanyaan pancingan : Apa yang kamu lihat pada gambar tersebut? Dapatkah kamu menemukan persamaan dari kedua gambar tersebut? Apa persamaan yang kamu temukan? Bagaiamana dengan perbedaaannya?  Apakah kamu bisa menemukan perbedaaanya? Mana kondisi sungai yang lebih kamu sukai? Mengapa?

2.     Berdiskusilah dengan teman sebangkumu dan jelaskan pendapatmu kepada teman sebangkumu.

 

Ayo Berdiskusi

1.     Siswa membaca dan mencermati teks bacaan yang berjudul “ Si Pendekar Kali Pesanggrahan”. Siswa menggaris bawahi informasi-informasi penting yang ia dapatkan dari bacaan, informasi penting bisa berupa informasi yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan, kepedulian seseorang dalam melestarikan lingkungan atau upaya-upaya yang dilakukan oleh seseorang untuk mewujudkan impian dan cita-citannya.

2.     Guru menggunakankan teks bacaan ini untuk menginspirasi siswa tentang pentingnya pelestarian lingkungan dan gigihnya usaha seseorang dalam mewujudkan keinginan dan cita-citanya.

3.     Siswa mencoba memahami pesan-pesan moral yang ia dapatkan melalui bacaan tersebut dengan mengisi diagram yang disediakan di Buku Siswa. Siswa mempelajari diagram yang diisi dan memetik pelajaran dari diagram tersebut terutama tentang upaya Pak Idin dalam mengatasi rintangan-rintangan yang ditemukan untuk mewujudkan keinginan dan cita-citanya

4.     Siswa membaca teks puisi “Penjaga Alamku”

5.     Siswa mencoba memahami isi puisi dengan menjawab pertanyaan pertama tentang makna puisi. Siswa mengaitkan isi puisi dengan kehidupan dan tema dengan menjawab pertanyaan kedua dan ketiga, yaitu tentang usaha yang harus dilakukan untuk menjaga alam dan memberikan penjelasan mengapa penulis puisi menyebut alam sebagai ibu.

 

Ayo Mencoba

Siswa membaca kembali puisi “Penjaga Alamku”, siswa member tanda jeda pada bagian-bagian yang diperlukan. Siswa melatih cara membaca puisi dengan menggunakan tanda jeda yang tealah dibuat, apabila siswa menemukan penempatan tanda jeda yang kurang tepat maka siswa memindahkan tanda tersebut ke tempat yang lebih tepat.

1.     Siswa diminta untuk menghapalkan puisi yang ia baca dan melatih raut muka dan ekspresi ketika mendeklamasikan puisi.

2.     Siswa mendeklamasikan puisi di depan kelas. (Bahasa Indoensia KD 3.6 dan 4.6)

Ayo Membaca

1.     Siswa membaca teks bacaan yang berisi informasi tentang kekayaan sumber daya alam yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia. Siswa menggaris bawahi informasi-informasi penting yang didapatkan dari bacaan.

 

Ø  Guru memberikan penjelasan tentang sumber daya alam hayati dan sumber daya alam mineral . Guru memberikan penekanan bahwa  Alam dan sumber daya alam memang harus dijaga agar lestari.  Semua orang dapat melakukan sesuatu untuk menjaga dan memeliharanya.  Jika alam rusak, manusia dan makhluk hidup lainnya akan kehilangan tempat tinggal dan sumber kehidupan.  Oleh karenanya manusia harus berusaha menjaganya

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

 

 

 

 

 

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 

 

Sekolah                         :  SDN ………………..

Kelas /Semester             :  IV/2

Tema 6                           :  Cita-Citaku

Subtema                        :  Giat Berusaha Meraih Cita-Cita

Pembelajaran ke-          :  2

Fokus Pembelajaran      :  Bahasa Indonesia, dan IPA, SBdP

Alokasi Waktu              :  6 x 35 menit (6 JP)

 

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui kegiatan membaca puisi, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan lafal dn intonasi yang benar.

2. Melalui kegiatan membuat kolase, siswa mampu menjelaskan dan membuat karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh.

3. Melalui kegiatan mencari informasi dan berdiskusi dengan kelompoknya,siswa mampu menjelaskan dan mempresentasikan cara pelestarian makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar dengan benar.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

Ayo Membaca

1.     Siswa membaca teks bacaan tentang Aku Sarjana Pemulung, bacaan tersebut ditujukan untuk memberikan inspirasi kepada siswa tentang pentingnya pelestarian lingkungan hidup. Bacaan ini merupakan penghubung antara judul tema dengan topik pelestarian lingkungan hidup.

 

Ayo Berdiskusi

1.     Dari bacaan yang berjudul “ Aku Sarjana Pemulung”

2.     Siswa menuangkan pemahamannya dengan mengisi diagram yang disedikan di Buku Siswa. 

3.     Siswa mencari informasi yang terkait dengan poin-poin yang harus ia isi pada diagram, tentang halangan yang dihadapi oleh tokoh cerita, sikap yang ditunjukkan oleh tokoh cerita dan usaha yang dilakukan oleh tokoh cerita. 

4.     Siswa menyimpulkan isi bacaan dan mencari makna dari bacaan tersebut. Guru membantu dengan meminta siswa dengan mengaitkannya dengan tema Cita-Cita dan usaha apa yang akan siswa lakukan untuk menggapai cita-cita tersebut.

 

Ayo Beriskusi

1.     Dari bacaan yang berjudul “ Aku Sarjana Pemulung”

2.     Siswa menuangkan pemahamannya dengan mengisi diagram yang disedikan di Buku Siswa.

3.     Siswa mencari informasi yang terkait dengan poin-poin yang harus ia isi pada diagram, tentang halangan yang dihadapi oleh tokoh cerita, sikap yang ditunjukkan oleh tokoh cerita dan usaha yang dilakukan oleh tokoh cerita.

4.     Siswa menyimpulkan isi bacaan dan mencari makna dari bacaan tersebut. Guru membantu dengan meminta siswa dengan mengaitkannya dengan tema Cita-Cita dan usaha apa yang akan siswa lakukan untuk menggapai cita-cita tersebut.

 

Ayo Membaca

1.     Topik tentang pelestarian lingkungan hidup digunakan sebagai tema puisi yang akan dideklamasikan oleh siswa, untuk membuat puisi lebih kontekstual dengan topik yang akan dibahas pada kegiatan pembelajaran berikutnya.

2.     Setelah membaca puisi siswa mengikuti petunjuk kegiatan seperti yang disajikan pada Buku Siswa.

  • Baca lagi puisi di atas di dalam hati
  • Tentukan tanda jeda untuk menentukan waktu berhenti lama dan berhenti sejenak
  • Bacakanlah puisimu kepada teman sebangkumu.  Minta temanmu untuk menyimak cara membacamu dengan peletakan tanda jeda yang sesuai.
  • Diskusikan pendapat kalian.  Lakukan secara bergantian.

3.     Bacakanlah puisi tersebut di depan kelas dengan lafal yang jelas dan jedyang sesuai.

4.     Kegiatan ini digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam mencapai kompetensi Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6

 

 Ayo Berkreasi

1.     Guru memberikan penjelasan tentang usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk melestarikan lingkungan, salah satunya adalah membuat karya seni dari bahan-bahan daur ulang.

2.     Siswa dikenalkan dengan karya seni yang disebut dengan kolase, guru menjelaskan apa itu kolase dan memberikan contoh karya-karya kolase.

3.     Siswa menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kolase (lembar kertas karton atau kertas gambar, lem, gunting, koran bekas dan gambar)

Siswa mengikuti langkah-langkah membuat kolase:

  • Siapkan gambar pola pada selembar kertas
  • Potong bahan-bahan (koran bekas) menjadi potongan-potongan kecil
  • Tempelkan potongan-potongan kecil tersebut ke permukaan gambar yang telah disediakan.

4.     Kegiatan ini digunakan untuk mencapai kompetensi SBdP KD 3.4 dan 4.4

Ayo Membaca

1.     Siswa membaca teks informasi tentang upaya-upaya pelestarian hewan dan tumbuhan, siswa mencermati teks informasi tersebut dan menggarisbawahi informasi-informasi penting yang berkaitan dengan topik upaya pelestarian lingkungan.

2.     Bacaan ini digunakan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang cara pelestarian makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar kita.

Ayo Berlatih

1.     Siswa bersama dengan kelompoknya mengikuti petunjuk kegiatan untuk menyelesaikan penugasan membuat poster yang diberikan.

Ø  Siswa mencari informasi tentang upaya pelestarian hewan ataupun tumbuhan yang ada di lingkungan sekitarnya, siswa merincikan informasi tentang kegiatan yang telah dilakukan, jenis hewan atau tumbuhan yang dilestarikan, cara melestarikannya dan kapan kegiatan tersebut dimulai atau didirikan (IPA 3.2 dan 4.2)

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG  

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

 

 

 

 

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 

 

Sekolah                         :  SDN ………………..

Kelas /Semester             :  IV/2

Tema 6                           :  Cita-Citaku

Subtema                        :  Giat Berusaha Meraih Cita-Cita

Pembelajaran ke-          :  3

Fokus Pembelajaran      :  Bahasa Indonesia, dan PPKn, IPS

Alokasi Waktu              :  6 x 35 menit (6 JP)

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui kegiatan mengamati siswa mampu mengidentifikasikan keragaman keagamaan yang terdapat di sekitarnya.

2. Melalui kegiatan membuat peta persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di daerahnya, siswa mampu mencari informasi tentang karakteristik lingkungan di provinsi tempat tinggal dan sumber daya.

3. Melalui kegiatan membuat kesimpulan, siswa mampu menjelaskan persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di daerahnya.

4. Melalui kegiatan membaca puisi kembali, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

Ayo Membaca

1.     Siswa membaca dengan cermat sebuah bacaan tentang usaha keras seseorang yang bercita-cita besar. Dengan bimbingan guru, siswa lalu membahas tentang seorang arsitek ternama Indonesia. Siswa juga membahas tentang kegigihan tokoh tersebut dalam meraih cita-citanya.

2.     Setelah memahami isi bacaan, siswa lalu melengkapi diagram yang terdapat pada buku siswa tentang apa yang dialami oleh tokoh tersebut. Siswa juga menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan tersebut.

Ayo Mengamati

Siswa mengamati lima buah gambar bangunan tempat beribadah yang terdapat di Indonesia. Dengan bimbingan guru, siswa membahas satu persatu tentang bangunan ibadah tersebut.

1.     Guru dapat memberikan pertanyaan:  Apakah kelima tempat ibadah itu ada di daerahmu? Siswa kemudian secara berkelompok melakukan pengamatan di daerah sekitarnya apakah terdapat bangunan-bangunan ibadah tersebut.

2.     Siswa dengan masing-masing kelompoknya mengikuti langkah-langkah berikut:

3.     Siswa menuangkan hasil pencarian informasi tentang 2 buah rumah ibadah dan menuangkannya ke dalam bentuk kesimpulan yang dilengkapi gambar serta penjelasannya. Siswa lalu mempresentasikannya di depan kelas.

4.     Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari. (IPS KD 3.1 dan 4.1)

Ayo Mengamati

1.     Siswa mengamati dua buah gambar peta persebaran sumber daya alam hayati yang terdiri atas tumbuhan dan hewan di Indonesia. Dengan bimbingan guru, siswa membahas satu-persatu informasi khusus yang terdapat pada peta tersebut.

2.     Siswa secara kelompok kemudian bekerja sama dalam membuat sebuah peta persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di daerahnya.

3.     Siswa menyajikan hasil pencarian informasinya dari berbagai sumber ke dalam sebuah kesimpulan tentang manfaat sumber daya tumbuhan atau hewan terhadap masyarakat yang tinggal di daerahnya.

4.     Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. (IPS KD 3.1 dan 4.1)

 

Ayo Membaca

1.     Siswa membaca teks informasi tentang mendeklamasikan puisi yang baik.

2.     Dengan bimbingan guru, siswa lalu membahas tentang cara memahami makna sebuah puisi yaitu salah satunya dengan cara memberikan penekanan pada saat mendeklamasikannya. Siswa lalu melihat kembali puisi tentang “Penjaga Alam” pada pembelajaran pertama.  Siswa memberikan tanda V untuk memberikan tekanan-tekanan pada baris-baris kalimatnya.  Siswa juga melatih kembali cara mendeklamasikannya dengan mengikuti tanda jeda yang telah dibuat sebelumnya dan tanda untuk memberikan penekanan.

3.     Siswa menceritakan bagaimana mereka bekerja sama dengan temannya untuk menyelesaikan tugasnya hari ini. Siswa lalu menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini: Nilai dan sikap apakah yang kamu kembangkan untuk bekerja sama?

  • Apa saja yang kamu lakukan di tempat ibadahmu selain berdoa?

Ø  Apa yang kamu rasakan ketika kamu menjalankan kegiatan ibadahmu?

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

 

 

 

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 

 

Sekolah                         :  SDN ………………..

Kelas /Semester             :  IV/2

Tema 6                           :  Cita-Citaku

Subtema                        :  Giat Berusaha Meraih Cita-Cita

Pembelajaran ke-          :  4

Fokus Pembelajaran      :  Bahasa Indonesia, dan PPKn, IPS

Alokasi Waktu              :  6 x 35 menit (6 JP)

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui kegiatan mengamati siswa mampu menuliskan makna sebuah puisi dengan benar.

2. Melalui kegiatan mengamati siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam yang terdapat di daerahnya dengan rinci.

3. Melalui kegiatan mengamati peta, siswa mampu mengidentifikasi barangbarang tambang yang terdapat di wilayah Indonesia dengan rinci.

4. Melalui kegiatan mengamati, siswa mampu menuliskan satu perayaan keagamaan yang paling diketahuinya yang dilakukan masyarakat di daerah tempat tinggalnya dengan tepat.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

Ayo Membaca

1.     Siswa membaca sebuah teks bacaan tentang kesuksesan  Andrea Hirata yang merupakan seorang penulis novel Indonesia yang terkenal dengan judul novel Laskar Pelangi.  Karyanya tiba-tiba menjadi pembicaraan di mana-mana, terlebih dunia sastra. Dengan bimbingan guru, siswa membahas hasil karya Andrea Hirata yang dianggap sangat mewakili kehidupan anak-anak di Indonesia, karena novel ini diangkat dari kisah nyata sang penulis.

2.     Setelah memahami informasi pada teks bacaan tersebut, siswa lalu melengkapi sebuah diagram pada halaman berikutnya berdasarkan teks bacaan tersebut.

3.     Pada halaman ini siswa membaca puisi dalam hati dengan saksama. Siswa mencoba memahami arti dan maknanya.

4.     Setelah membaca puisi tersebut, siswa lalu menulis makna puisi tersebut dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Tuliskanlah makna puisi di atas di dalam buku catatanmu.
  • Tandailah kalimat-kalimat dalam baris puisi di atas dengan meletakkan tanda jeda dan tekanan yang telah kamu pelajari sebelumnya.
  • Baca kembali beberapa kali hingga kamu mantap dengan intonasi dan pemenggalannya.
  • Hafalkan puisi tersebut termasuk kapan kamu berhenti dan memberikan tekanan sesuai tanda yang telah kamu buat.
  • Bacakanlah puisi tersebut dengan percaya diri di depan kelas.

5.     Siswa menyajikan hasil pemahamannya dengan menuliskan makna puisi tersebut. Siswa juga membacakan puisi tersebutdengan memperhatikan intonasi dan pemenggalannya.

6.     Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang menggali makna dan cara mendeklamasikan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6)

 

Ayo Mengamati

Dengan bimbingan guru, siswa mengamati peta daerah persebaran sumber daya bahan tambang daerah Belitung. Berdasarkan peta sumber daya alam

barang tambang tersebut, siswa mengamati berbagai barang tambang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Barang-barang tambang yang terdapat di wilayah Indonesia antara lain berupa minyak bumi, batubara, tembaga, besi, timah, kapur, yodium, asbes, marmer, dan belerang.

1.     Siswa kemudian mengisi tabel yang terdapat pada buku siswa dengan menuliskan nama-nama barang tambang dan manfaatnya.

2.     Kemudian berdasarkan tabel dan peta sumber daya alam tersebut, siswa menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.

  • Barang tambang apa saja yang terdapat di provinsi tempat kamu tinggal?
  • Barang tambang apa saja yang tidak dimiliki oleh daerah provinsi tempat kamu tinggal?
  • Digunakan untuk apa sajakah barang tambang yang ada di daerahmu?

3.     Siswa menyajikan hasil pengamatannya dengan mengisi tabel dengan menuliskan nama-nama barang tambang dan manfaatnya.

4.     Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi (IPS KD 3.1 dan 4.1)

 

Ayo Mengamati

1.     Siswa mengamati kembali peta persebaran sumber daya alam yang ada di Indonesia, dengan bimbingan guru, siswa mencoba memberikan kesimpulan.   Siswa lalu membahas tentang daerah-daerah di Indonesia yang menghasilkan sumber daya alam yang berbeda-beda.

 

Ayo Berlatih

1.     Siswa melengkapi tabel pada halaman ini dengan menggunakan berbagai sumber informasi.  Siswa menjelaskan tujuan perayaan keagamaan dan bagaimana masyarakat di daerahnya merayakannya.  Siswa melakukan kegiatan ini secara berpasangan. Siswa menggunakan kalender tahun ini untuk mengetahui hari raya keagamaan. Siswa menukarkan hasil pekerjaannya dengan kelompok yang lain.  Siswa mendiskusikan beberapa perbedaan yang ditemui. Siswa mencari informasi yang tepat untuk memperbaikinya.

2.     Siswa memilih satu perayaan keagamaan yang paling diketahuinya yang dilakukan masyarakat di daerah tempat tinggalnya. 

3.     Siswa menuliskan penjelasannya ke dalam sebuah paragraf pada kolom yang terdapat pada halaman ini.

4.     Siswa menyajikan pengetahuan informasi yang diketahuinya dengan menjelaskannya ke dalam bentuk sebuah paragraf.

Ø  Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang  manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari. (PPKN 3.3 dan 4.3)

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG 

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

 

 

 

 

 

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 

Sekolah                         :  SDN ………………..

Kelas /Semester             :  IV/2

Tema 6                           :  Cita-Citaku

Subtema                        :  Giat Berusaha Meraih Cita-Cita

Pembelajaran ke-          :  5

Fokus Pembelajaran      :  Bahasa Indonesia, dan PPKn, SBdP

Alokasi Waktu              :  6 x 35 menit (6 JP)

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui kegiatan membaca puisi, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar.

2. Melalui kegiatan mengamati lingkungan sekitar dan berdiskusi, siswa mampu mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

3. Melalui kegiatan membuat montase, siswa mampu membuat karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh..

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

Ayo Membaca

1.     Siswa membaca teks bacaan yang berjudul “Meraih Cita walau Nyaris Putus Asa”. Bacaan ini memberikan inspirasi kepada siswa tentang usaha keras dalam mencapai cita-cita. Guru menggunakan bacaan ini sebagai kegiatan pembuka. Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan cita cita dan isi bacaan.

Ayo Berlatih

1.     Siswa memilih salah satu puisi yang paling disukainya dan mendeklamasikan puisi tersebut dengan pelafalan dan intonasi yang tepat.

Ayo Mengamati

1.     Siswa mengidentifikasi kekhasan dan keunikan pada tempat-tempat ibadah yang mereka temukan di daerah sekitarnya. Siswamengaitkan keunikan yang mereka temukan dengan fungsi dan budaya dari daerah sekitar.

2.     Siswa melaporkan hasil pengamatannya dengan menuliskan dan mendeskripsikan apa yang ia temukan dalam table yang disediakan.

3.     Siswa menuliskan hasil kesimpulan dari pengamatannya.

 

Ayo Berkreasi

1.     Siswa membuat montase yang merupakan karya seni yang dibuat dari berbagai gambar yang digabungkan. Siswa menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan (kertas gambar, gambar-gambar, lem kertas). Siswa mengikuti langkah-langkah pembuatan montase seperti yang disajikan pada Buku Siswa. (SBDP KD 3.4 dan 4.4)

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 

 

Sekolah                         :  SDN ………………..

Kelas /Semester             :  IV/2

Tema 6                           :  Cita-Citaku

Subtema                        :  Giat Berusaha Meraih Cita-Cita

Pembelajaran ke-          :  6

Fokus Pembelajaran      :  Bahasa Indonesia, dan SBdP

Alokasi Waktu              :  6 x 35 menit (6 JP)

 

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui kegiatan berlatih membaca puisi, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan pelafalan dan intonasi yang tepat

2. Melalui kegiatan membuat karya seni mozaik, siswa mampu membuat karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

Ayo Membaca

1.     Siswa memilih salah satu puisi yang ia dapatkan dari berbagai sumber, siswa memastikan bahwa puisi tersebut terdiri dari dua bait. Siswa membaca puisi tersebut dan mencoba mengidentifikasikan makna puisi dengan menuliskan kembali puisi tersebut dalam bentuk paragraf.

2.     Siswa mempelajari rima dan irama puisi untuk menentukan jeda dan tekanan.

3.     Siswa menghapalkan puisi dan mendeklamasikan puisinya. (Bahasa Indoensia KD 3.6 dan 4.6)

 

Ayo Berkreasi

2.     Guru menggunakan teks yang disajikan di Buku Siswa untuk menyambungkan kegiatan mendeklamasikan puisi dengan kegiatan seni rupa. Guru memberikan penjelasan bahwa berkesenian bisa dilakukan melalui berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan menghasilkan karya seni mozaik. Guru memberikan penjelasan apa itu mozaik dan bagaimana cara membuatnya.

Ø  Siswa menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan mengikuti petunjuk  langkah-langkah membuat mozaik. (SBdP 3.4 dan 4.4)

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG  

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

 

 

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...