RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SDN ………………..
Kelas /Semester : IV/2
Tema 6 : Cita-Citaku
Subtema : Giat Berusaha Meraih Cita-Cita
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, dan IPA
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui kegiatan berlatih membaca puisi, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi
yang benar.
2. Melalui kegiatan membuat poster siswa mengetahui pentingnya pelestarian makhluk hidup bagi lingkungan
sekitar dengan tepat.
Media/Alat
Bantu dan Sumber Belajar
Buku Teks, gambar hewan dan tumbuhan,
contoh-contoh puisi, lingkungan
sekitar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan
kehadiran siswa
Ø
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
(religius).
Ø
Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat
Nasionalisme.
Ø
Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20
menit (literasi)
Kegiatan Inti
Ayo Mengamati
1. Siswa
mengamati gambar yang disajikan di Buku Siswa, Gambar tersebut menunjukkan
kondisi sungai di Jakarta. Guru memberikan beberapa pertanyaan pancingan : Apa
yang kamu lihat pada gambar tersebut? Dapatkah kamu menemukan persamaan dari
kedua gambar tersebut? Apa persamaan yang kamu temukan? Bagaiamana dengan perbedaaannya?
Apakah kamu bisa menemukan perbedaaanya? Mana kondisi sungai yang lebih
kamu sukai? Mengapa?
2. Berdiskusilah dengan teman sebangkumu dan jelaskan
pendapatmu kepada teman sebangkumu.
Ayo Berdiskusi
1. Siswa membaca dan mencermati teks bacaan yang
berjudul “ Si Pendekar Kali Pesanggrahan”. Siswa menggaris bawahi
informasi-informasi penting yang ia dapatkan dari bacaan, informasi penting
bisa berupa informasi yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan, kepedulian
seseorang dalam melestarikan lingkungan atau upaya-upaya yang dilakukan oleh
seseorang untuk mewujudkan impian dan cita-citannya.
2. Guru menggunakankan teks bacaan ini untuk
menginspirasi siswa tentang pentingnya pelestarian lingkungan dan gigihnya
usaha seseorang dalam mewujudkan keinginan dan cita-citanya.
3. Siswa mencoba memahami pesan-pesan moral yang ia
dapatkan melalui bacaan tersebut dengan mengisi diagram yang disediakan di Buku
Siswa. Siswa mempelajari diagram yang diisi dan memetik pelajaran dari diagram
tersebut terutama tentang upaya Pak Idin dalam mengatasi rintangan-rintangan
yang ditemukan untuk mewujudkan keinginan dan cita-citanya
4. Siswa membaca teks puisi “Penjaga Alamku”
5. Siswa mencoba memahami isi puisi dengan menjawab
pertanyaan pertama tentang makna puisi. Siswa mengaitkan isi puisi dengan
kehidupan dan tema dengan menjawab pertanyaan kedua dan ketiga, yaitu tentang
usaha yang harus dilakukan untuk menjaga alam dan memberikan penjelasan mengapa
penulis puisi menyebut alam sebagai ibu.
Ayo Mencoba
Siswa
membaca kembali puisi “Penjaga Alamku”, siswa member tanda jeda pada
bagian-bagian yang diperlukan. Siswa melatih cara membaca puisi dengan
menggunakan tanda jeda yang tealah dibuat, apabila siswa menemukan penempatan
tanda jeda yang kurang tepat maka siswa memindahkan tanda tersebut ke tempat
yang lebih tepat.
1. Siswa diminta untuk menghapalkan puisi yang ia baca
dan melatih raut muka dan ekspresi ketika mendeklamasikan puisi.
2. Siswa mendeklamasikan puisi di depan kelas. (Bahasa
Indoensia KD 3.6 dan 4.6)
Ayo Membaca
1. Siswa membaca teks bacaan yang berisi informasi
tentang kekayaan sumber daya alam yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia. Siswa
menggaris bawahi informasi-informasi penting yang didapatkan dari bacaan.
Ø
Guru memberikan penjelasan
tentang sumber daya alam hayati dan sumber daya alam mineral . Guru memberikan
penekanan bahwa Alam dan sumber daya
alam memang harus dijaga agar lestari.
Semua orang dapat melakukan sesuatu untuk menjaga dan
memeliharanya. Jika alam rusak, manusia
dan makhluk hidup lainnya akan kehilangan tempat tinggal dan sumber
kehidupan. Oleh karenanya manusia harus
berusaha menjaganya
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG
Kegiatan Penutup
Ø
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø
Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø
Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui Kepala
SDN .......................... .......................... |
|
.............................................. Guru
Kelas .......................... |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SDN ………………..
Kelas /Semester : IV/2
Tema 6 : Cita-Citaku
Subtema : Giat Berusaha Meraih Cita-Cita
Pembelajaran ke- : 2
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, dan IPA, SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui
kegiatan membaca puisi, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan lafal dn intonasi yang benar.
2. Melalui
kegiatan membuat kolase, siswa mampu menjelaskan dan membuat karya seni aplikasi dengan teknik yang
benar sesuai contoh.
3. Melalui
kegiatan mencari informasi dan berdiskusi dengan kelompoknya,siswa mampu menjelaskan
dan mempresentasikan cara pelestarian makhluk hidup yang
ada di lingkungan sekitar dengan benar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan
kehadiran siswa
Ø
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
(religius).
Ø
Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat
Nasionalisme.
Ø
Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20
menit (literasi)
Kegiatan Inti
Ayo Membaca
1.
Siswa membaca teks bacaan tentang Aku Sarjana
Pemulung, bacaan tersebut ditujukan untuk memberikan inspirasi kepada siswa
tentang pentingnya pelestarian lingkungan hidup. Bacaan ini merupakan
penghubung antara judul tema dengan topik pelestarian lingkungan hidup.
Ayo Berdiskusi
1. Dari bacaan yang berjudul “ Aku Sarjana Pemulung”
2. Siswa menuangkan pemahamannya dengan mengisi diagram
yang disedikan di Buku Siswa.
3. Siswa mencari informasi yang terkait dengan
poin-poin yang harus ia isi pada diagram, tentang halangan yang dihadapi oleh
tokoh cerita, sikap yang ditunjukkan oleh tokoh cerita dan usaha yang dilakukan
oleh tokoh cerita.
4. Siswa menyimpulkan isi bacaan dan mencari makna dari
bacaan tersebut. Guru membantu dengan meminta siswa dengan mengaitkannya dengan
tema Cita-Cita dan usaha apa yang akan siswa lakukan untuk menggapai cita-cita
tersebut.
Ayo Beriskusi
1. Dari bacaan yang berjudul “ Aku Sarjana Pemulung”
2. Siswa menuangkan pemahamannya dengan mengisi diagram
yang disedikan di Buku Siswa.
3. Siswa mencari informasi yang terkait dengan
poin-poin yang harus ia isi pada diagram, tentang halangan yang dihadapi oleh
tokoh cerita, sikap yang ditunjukkan oleh tokoh cerita dan usaha yang dilakukan
oleh tokoh cerita.
4. Siswa menyimpulkan isi bacaan dan mencari makna dari
bacaan tersebut. Guru membantu dengan meminta siswa dengan mengaitkannya dengan
tema Cita-Cita dan usaha apa yang akan siswa lakukan untuk menggapai cita-cita
tersebut.
Ayo Membaca
1. Topik tentang pelestarian lingkungan hidup digunakan
sebagai tema puisi yang akan dideklamasikan oleh siswa, untuk membuat puisi
lebih kontekstual dengan topik yang akan dibahas pada kegiatan pembelajaran
berikutnya.
2. Setelah membaca puisi siswa mengikuti petunjuk
kegiatan seperti yang disajikan pada Buku Siswa.
- Baca lagi puisi di atas di dalam hati
- Tentukan tanda jeda untuk menentukan waktu
berhenti lama dan berhenti sejenak
- Bacakanlah puisimu kepada teman
sebangkumu. Minta temanmu untuk
menyimak cara membacamu dengan peletakan tanda jeda yang sesuai.
- Diskusikan pendapat kalian. Lakukan secara bergantian.
3. Bacakanlah puisi tersebut di depan kelas dengan
lafal yang jelas dan jedyang sesuai.
4. Kegiatan ini digunakan untuk mengukur kemampuan
siswa dalam mencapai kompetensi Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6
Ayo
Berkreasi
1. Guru memberikan penjelasan tentang usaha-usaha yang
dapat dilakukan untuk melestarikan lingkungan, salah satunya adalah membuat
karya seni dari bahan-bahan daur ulang.
2. Siswa dikenalkan dengan karya seni yang disebut
dengan kolase, guru menjelaskan apa itu kolase dan memberikan contoh
karya-karya kolase.
3. Siswa menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk
membuat kolase (lembar kertas karton atau kertas gambar, lem, gunting, koran
bekas dan gambar)
Siswa mengikuti langkah-langkah membuat kolase:
- Siapkan gambar pola pada selembar kertas
- Potong bahan-bahan (koran bekas) menjadi
potongan-potongan kecil
- Tempelkan potongan-potongan kecil tersebut ke
permukaan gambar yang telah disediakan.
4. Kegiatan ini digunakan untuk mencapai kompetensi
SBdP KD 3.4 dan 4.4
Ayo Membaca
1. Siswa membaca teks informasi tentang upaya-upaya
pelestarian hewan dan tumbuhan, siswa mencermati teks informasi tersebut dan
menggarisbawahi informasi-informasi penting yang berkaitan dengan topik upaya
pelestarian lingkungan.
2. Bacaan ini digunakan untuk memberikan pemahaman
kepada siswa tentang cara pelestarian makhluk hidup yang ada di lingkungan
sekitar kita.
Ayo Berlatih
1. Siswa bersama dengan kelompoknya mengikuti petunjuk
kegiatan untuk menyelesaikan penugasan membuat poster yang diberikan.
Ø
Siswa mencari informasi tentang
upaya pelestarian hewan ataupun tumbuhan yang ada di lingkungan sekitarnya,
siswa merincikan informasi tentang kegiatan yang telah dilakukan, jenis hewan
atau tumbuhan yang dilestarikan, cara melestarikannya dan kapan kegiatan
tersebut dimulai atau didirikan (IPA 3.2 dan 4.2)
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah
bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG
Kegiatan Penutup
Ø
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø
Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø
Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui Kepala
SDN .......................... .......................... |
|
.............................................. Guru
Kelas .......................... |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SDN ………………..
Kelas /Semester : IV/2
Tema 6 : Cita-Citaku
Subtema : Giat Berusaha Meraih Cita-Cita
Pembelajaran ke- : 3
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, dan PPKn, IPS
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui
kegiatan mengamati siswa mampu mengidentifikasikan keragaman keagamaan yang terdapat di sekitarnya.
2. Melalui
kegiatan membuat peta persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di daerahnya, siswa mampu
mencari informasi tentang
karakteristik lingkungan di provinsi tempat tinggal dan sumber daya.
3. Melalui
kegiatan membuat kesimpulan, siswa mampu menjelaskan persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang
ada di daerahnya.
4. Melalui
kegiatan membaca puisi kembali, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang benar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan
kehadiran siswa
Ø
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
(religius).
Ø
Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat
Nasionalisme.
Ø
Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20
menit (literasi)
Kegiatan Inti
Ayo Membaca
1.
Siswa membaca dengan cermat sebuah bacaan tentang
usaha keras seseorang yang bercita-cita besar. Dengan bimbingan guru, siswa
lalu membahas tentang seorang arsitek ternama Indonesia. Siswa juga membahas
tentang kegigihan tokoh tersebut dalam meraih cita-citanya.
2.
Setelah memahami isi bacaan, siswa lalu melengkapi
diagram yang terdapat pada buku siswa tentang apa yang dialami oleh tokoh
tersebut. Siswa juga menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan
tersebut.
Ayo Mengamati
Siswa mengamati lima buah
gambar bangunan tempat beribadah yang terdapat di Indonesia. Dengan bimbingan guru, siswa membahas satu persatu
tentang bangunan ibadah tersebut.
1. Guru dapat memberikan pertanyaan: Apakah kelima tempat ibadah itu ada di
daerahmu? Siswa kemudian secara berkelompok melakukan pengamatan di daerah
sekitarnya apakah terdapat bangunan-bangunan ibadah tersebut.
2. Siswa dengan masing-masing kelompoknya mengikuti langkah-langkah berikut:
3. Siswa menuangkan hasil pencarian informasi tentang 2
buah rumah ibadah dan menuangkannya ke dalam bentuk kesimpulan yang dilengkapi
gambar serta penjelasannya. Siswa lalu mempresentasikannya di depan kelas.
4. Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk
memahamkan kepada siswa tentang manfaat keberagaman karakteristik individu
dalam kehidupan sehari-hari. (IPS KD 3.1 dan 4.1)
Ayo Mengamati
1. Siswa mengamati dua buah gambar peta persebaran
sumber daya alam hayati yang terdiri atas tumbuhan dan hewan di Indonesia.
Dengan bimbingan guru, siswa membahas
satu-persatu informasi khusus yang terdapat pada peta tersebut.
2. Siswa secara kelompok kemudian bekerja sama dalam
membuat sebuah peta persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di
daerahnya.
3. Siswa menyajikan hasil pencarian informasinya dari
berbagai sumber ke dalam sebuah kesimpulan tentang manfaat sumber daya tumbuhan
atau hewan terhadap masyarakat yang tinggal di daerahnya.
4. Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk
memahamkan kepada siswa tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya
alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat
provinsi. (IPS KD 3.1 dan 4.1)
Ayo Membaca
1. Siswa membaca teks informasi tentang mendeklamasikan
puisi yang baik.
2. Dengan bimbingan guru, siswa lalu membahas tentang
cara memahami makna sebuah puisi yaitu salah satunya dengan cara memberikan
penekanan pada saat mendeklamasikannya. Siswa lalu melihat kembali puisi
tentang “Penjaga Alam” pada pembelajaran pertama. Siswa memberikan tanda V untuk memberikan
tekanan-tekanan pada baris-baris kalimatnya.
Siswa juga melatih kembali cara mendeklamasikannya dengan mengikuti
tanda jeda yang telah dibuat sebelumnya dan tanda untuk memberikan penekanan.
3. Siswa menceritakan bagaimana mereka bekerja sama
dengan temannya untuk menyelesaikan tugasnya hari ini. Siswa lalu menjawab
beberapa pertanyaan di bawah ini: Nilai dan sikap apakah yang kamu kembangkan
untuk bekerja sama?
- Apa saja yang kamu lakukan di tempat ibadahmu
selain berdoa?
Ø
Apa yang kamu rasakan ketika
kamu menjalankan kegiatan ibadahmu?
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG
Kegiatan Penutup
Ø
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø
Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø
Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui Kepala
SDN .......................... .......................... |
|
.............................................. Guru
Kelas .......................... |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SDN ………………..
Kelas /Semester : IV/2
Tema 6 : Cita-Citaku
Subtema : Giat Berusaha Meraih Cita-Cita
Pembelajaran ke- : 4
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, dan PPKn, IPS
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui kegiatan
mengamati siswa mampu menuliskan makna sebuah puisi dengan benar.
2. Melalui
kegiatan mengamati siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam yang terdapat di daerahnya dengan
rinci.
3. Melalui
kegiatan mengamati peta, siswa mampu mengidentifikasi barangbarang tambang yang terdapat di wilayah Indonesia
dengan rinci.
4. Melalui
kegiatan mengamati, siswa mampu menuliskan satu perayaan keagamaan yang paling diketahuinya yang dilakukan
masyarakat di daerah tempat
tinggalnya dengan tepat.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan
kehadiran siswa
Ø
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
(religius).
Ø
Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat
Nasionalisme.
Ø
Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20
menit (literasi)
Kegiatan Inti
Ayo Membaca
1.
Siswa membaca sebuah teks bacaan tentang
kesuksesan Andrea Hirata yang merupakan
seorang penulis novel Indonesia yang terkenal dengan judul novel Laskar
Pelangi. Karyanya tiba-tiba menjadi
pembicaraan di mana-mana, terlebih dunia sastra. Dengan bimbingan guru, siswa
membahas hasil karya Andrea Hirata yang dianggap sangat mewakili kehidupan
anak-anak di Indonesia, karena novel ini diangkat dari kisah nyata sang
penulis.
2.
Setelah memahami informasi pada teks bacaan
tersebut, siswa lalu melengkapi sebuah diagram pada halaman berikutnya
berdasarkan teks bacaan tersebut.
3. Pada
halaman ini siswa membaca puisi dalam hati dengan saksama. Siswa mencoba memahami arti dan maknanya.
4. Setelah membaca puisi tersebut, siswa lalu menulis
makna puisi tersebut dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:
- Tuliskanlah makna puisi di atas di dalam buku
catatanmu.
- Tandailah kalimat-kalimat dalam baris puisi di
atas dengan meletakkan tanda jeda dan tekanan yang telah kamu pelajari
sebelumnya.
- Baca kembali beberapa kali hingga kamu mantap dengan intonasi dan pemenggalannya.
- Hafalkan puisi tersebut termasuk kapan kamu
berhenti dan memberikan tekanan sesuai tanda yang telah kamu buat.
- Bacakanlah puisi tersebut dengan percaya diri
di depan kelas.
5. Siswa menyajikan hasil pemahamannya dengan
menuliskan makna puisi tersebut. Siswa juga membacakan puisi tersebutdengan
memperhatikan intonasi dan pemenggalannya.
6. Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk
memahamkan kepada siswa tentang menggali makna dan cara mendeklamasikan puisi
dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan
4.6)
Ayo Mengamati
Dengan bimbingan guru, siswa
mengamati peta daerah persebaran sumber daya bahan tambang daerah Belitung.
Berdasarkan peta sumber daya alam
barang tambang tersebut, siswa
mengamati berbagai barang tambang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Barang-barang tambang yang terdapat di wilayah Indonesia antara lain berupa
minyak bumi, batubara, tembaga, besi, timah, kapur, yodium, asbes, marmer, dan
belerang.
1.
Siswa kemudian mengisi tabel yang terdapat pada buku
siswa dengan menuliskan nama-nama barang tambang dan manfaatnya.
2. Kemudian berdasarkan tabel dan peta sumber daya alam
tersebut, siswa menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.
- Barang tambang apa saja yang terdapat di
provinsi tempat kamu tinggal?
- Barang tambang apa saja yang tidak dimiliki
oleh daerah provinsi tempat kamu tinggal?
- Digunakan untuk apa sajakah barang tambang yang
ada di daerahmu?
3. Siswa menyajikan hasil pengamatannya dengan mengisi
tabel dengan menuliskan nama-nama barang tambang dan manfaatnya.
4. Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk
memahamkan kepada siswa tentang menyajikan hasil identifikasi karakteristik
ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat
kota/kabupaten sampai tingkat provinsi (IPS KD 3.1 dan 4.1)
Ayo Mengamati
1. Siswa mengamati kembali peta persebaran sumber daya
alam yang ada di Indonesia, dengan bimbingan guru, siswa mencoba memberikan
kesimpulan. Siswa lalu membahas tentang
daerah-daerah di Indonesia yang menghasilkan sumber daya alam yang
berbeda-beda.
Ayo Berlatih
1. Siswa melengkapi tabel pada halaman ini dengan
menggunakan berbagai sumber informasi.
Siswa menjelaskan tujuan perayaan keagamaan dan bagaimana masyarakat di
daerahnya merayakannya. Siswa melakukan
kegiatan ini secara berpasangan. Siswa menggunakan kalender tahun ini untuk
mengetahui hari raya keagamaan. Siswa menukarkan hasil pekerjaannya dengan
kelompok yang lain. Siswa mendiskusikan
beberapa perbedaan yang ditemui. Siswa mencari informasi yang tepat untuk
memperbaikinya.
2. Siswa memilih satu perayaan keagamaan yang paling
diketahuinya yang dilakukan masyarakat di daerah tempat tinggalnya.
3. Siswa menuliskan penjelasannya ke dalam sebuah
paragraf pada kolom yang terdapat pada halaman ini.
4. Siswa menyajikan pengetahuan informasi yang
diketahuinya dengan menjelaskannya ke dalam bentuk sebuah paragraf.
Ø
Kegiatan ini digunakan sebagai
kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang
manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari. (PPKN 3.3 dan 4.3)
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah
bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG
Kegiatan Penutup
Ø
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø
Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø
Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui Kepala
SDN .......................... .......................... |
|
.............................................. Guru
Kelas .......................... |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SDN ………………..
Kelas /Semester : IV/2
Tema 6 : Cita-Citaku
Subtema : Giat Berusaha Meraih Cita-Cita
Pembelajaran ke- : 5
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, dan PPKn, SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui kegiatan
membaca puisi, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar.
2. Melalui
kegiatan mengamati lingkungan sekitar dan berdiskusi, siswa mampu mengemukakan manfaat keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari
dengan benar.
3. Melalui
kegiatan membuat montase, siswa mampu membuat karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh..
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan
kehadiran siswa
Ø
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
(religius).
Ø
Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat
Nasionalisme.
Ø
Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20
menit (literasi)
Kegiatan Inti
Ayo Membaca
1.
Siswa membaca teks bacaan yang berjudul “Meraih Cita
walau Nyaris Putus Asa”. Bacaan ini memberikan inspirasi kepada siswa tentang
usaha keras dalam mencapai cita-cita. Guru menggunakan bacaan ini sebagai
kegiatan pembuka. Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan
dengan cita cita dan isi bacaan.
Ayo Berlatih
1. Siswa memilih salah satu puisi yang paling
disukainya dan mendeklamasikan puisi tersebut dengan pelafalan dan intonasi
yang tepat.
Ayo Mengamati
1. Siswa mengidentifikasi kekhasan dan keunikan pada
tempat-tempat ibadah yang mereka temukan di daerah sekitarnya. Siswamengaitkan
keunikan yang mereka temukan dengan fungsi dan budaya dari daerah sekitar.
2. Siswa melaporkan hasil pengamatannya dengan
menuliskan dan mendeskripsikan apa yang ia temukan dalam table yang disediakan.
3. Siswa menuliskan hasil kesimpulan dari
pengamatannya.
Ayo Berkreasi
1. Siswa membuat montase yang merupakan karya seni yang
dibuat dari berbagai gambar yang digabungkan. Siswa menyiapkan bahan-bahan yang
dibutuhkan (kertas gambar, gambar-gambar, lem kertas). Siswa mengikuti
langkah-langkah pembuatan montase seperti yang disajikan pada Buku Siswa. (SBDP
KD 3.4 dan 4.4)
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG
Kegiatan Penutup
Ø
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø
Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø
Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui Kepala
SDN .......................... .......................... |
|
.............................................. Guru
Kelas .......................... |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SDN ………………..
Kelas /Semester : IV/2
Tema 6 : Cita-Citaku
Subtema : Giat Berusaha Meraih Cita-Cita
Pembelajaran ke- : 6
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, dan SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui
kegiatan berlatih membaca puisi, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan pelafalan dan intonasi yang
tepat
2. Melalui
kegiatan membuat karya seni mozaik, siswa mampu membuat karya seni aplikasi dengan teknik yang benar
sesuai contoh
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan
kehadiran siswa
Ø
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
(religius).
Ø
Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat
Nasionalisme.
Ø
Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20
menit (literasi)
Kegiatan Inti
Ayo Membaca
1.
Siswa memilih salah satu puisi yang ia dapatkan dari
berbagai sumber, siswa memastikan bahwa puisi tersebut terdiri dari dua bait.
Siswa membaca puisi tersebut dan mencoba mengidentifikasikan makna puisi dengan
menuliskan kembali puisi tersebut dalam bentuk paragraf.
2. Siswa mempelajari rima dan irama puisi untuk
menentukan jeda dan tekanan.
3.
Siswa menghapalkan puisi dan
mendeklamasikan puisinya. (Bahasa Indoensia KD 3.6 dan 4.6)
Ayo Berkreasi
2. Guru menggunakan teks yang disajikan di Buku Siswa
untuk menyambungkan kegiatan mendeklamasikan puisi dengan kegiatan seni rupa.
Guru memberikan penjelasan bahwa berkesenian bisa dilakukan melalui berbagai
macam cara, salah satunya adalah dengan menghasilkan karya seni mozaik. Guru memberikan penjelasan apa itu mozaik dan bagaimana cara membuatnya.
Ø
Siswa menyiapkan bahan-bahan
yang dibutuhkan dan mengikuti petunjuk
langkah-langkah membuat mozaik. (SBdP 3.4 dan 4.4)
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah
bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG
Kegiatan Penutup
Ø
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø
Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø
Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui Kepala
SDN .......................... .......................... |
|
.............................................. Guru
Kelas .......................... |