Jumat, 26 Februari 2021

RPP 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 1 Semester 2


                                 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                          : SDN .................................

Kelas /Semester            :  IV/2

Tema 6                           :   Cita-Citaku

Subtema 1                     :  Aku dan Cita-Citaku

Pembelajaran ke-         :  1

Fokus Pembelajaran    :  Bahasa Indonesia, dan IPA

Alokasi Waktu              :  6 x 35 menit (6 JP)

 

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasikan ciri-ciri puisi dengan benar.

2. Melalui kegiatan membuat kesimpulan, siswa dapat menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi secara terperinci.

3. Melalui kegiatan melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.

4. Melalui kegiatan menyusun gambar tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan, siswa mampu membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

1.     Siswa mengamati gambar yang terdapat pada halaman 1 tentang seorang anak yang sedang membayangkan cita-citanya. Dengan bimbingan guru siswa membahas tentang berbagai pekerjaan yang menjadi cita-cita antara lain menjadi seorang guru, arsitek, dokter hewan, penyanyi, dan pilot.

2.     Guru mengaitkan kegiatan ini dengan judul tema Cita-Citaku dan judul Subtema Aku dan Cita-Citaku

3.     Guru dapat memberikan beberapa pertanyaan untuk menstimulus ketertarikan siswa tentang topik Cita-Citaku.

4.     Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan  berbagai profesi. Siswa lalu mencoba mengidentifikasi keahlian-keahlian yang dibutuhkan oleh profesi tersebut sesuai dengan bidangnya. Siswa menuliskan keahlian-keahlian tersebut di kolom yang tersedia pada setiap gambar.

5.     Siswa kemudian menuliskan pada kolom yang terdapat pada halaman 3 tentang pekerjaan yang menjadi cita-citanya serta menuliskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan profesi  yang dipilihnya tersebut.

Ayo Membaca

1.     Siswa membaca teks puisi berjudul “Cita-citaku”. Dengan bimbingan guru, siswa mencoba mengidentifikasi ciri-ciri puisi. Gurumembimbing siswa untuk berdiskusi dalam kelompok dan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang disediakan untuk menemukan ciri-ciri puisi.

2.     Siswa menyajikan hasil pengamatannya dan hasil diskusinya dalam bentuk sebuah kesimpulan tentang ciri-ciri puisi.

3.     Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang ciri-ciri puisi (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6)

Ayo Berlatih

1.     Siswa mengamati bagian-bagian puisi yang terdapat pada halaman 5. Siswa lalu menuliskan bagian-bagian puisi tersebut menjadi sebuah bait puisi dan menuliskannyapada kolom yang terdapat pada halaman yang sama.

2.     Siswa membaca dan memahami teks informasi tentang cita-cita mulia menjadi seorang dokter hewan. Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang  profesi menjadi seorang dokter hewan serta tugas-tugas seorang dokter hewan.

Ayo Mengamati

1.     Siswa mengamati beberapa gambar hewan peliharaan yang terdapat pada halaman 6. Siswa mengamati gambar anak-anak hewan dan hewan yang sudah dewasa. Dengan bimbingan guru, siswa lalu mendiskusikan bagaimana hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan.

Ayo Berdiskusi

1.     Bentuklah kelompok yang terdiri atas 3-4 siswa. Secara berkelompok siswa mengamati beberapa gambar tahapan pertumbuhan hewan yang terdapat pada halaman 8. Siswa lalu menyusun gambar-gambar tahapan pertumbuhan hewan tersebut menjadi tahapan pertumbuhan hewan yang benar. Setiap kelompok kemudian berdiskusi dan menuliskan kesimpulan hasil diskusinya tentang tahapan pertumbuhan hewan tersebut pada kolom yang terdapat pada halaman 9. Setiap kelompok mempresentasikan hasil kesimpulannya di depan kelas.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG  

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

 

 

 

 

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 

Sekolah                           : SDN .................................

Kelas /Semester             :  IV/2

Tema 6                            :   Cita-Citaku

Subtema                         :  Aku dan Cita-Citaku

Pembelajaran ke-          :  2

Fokus Pembelajaran     :  Bahasa Indonesia, dan IPA, SBdP

Alokasi Waktu               :  6 x 35 menit (6 JP)

 

 

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui kegiatan mengamati dua buah lagu yang berbeda, siswa mampu mengidentifikasi tanda tempo dan tinggi rendah nada dengan benar.

2. Melalui kegiatan mengamati dua buah lagu yang berbeda, siswa mampu bernyanyi dengan tempo yang berbeda dengan tepat.

3. Melalui kegiatan mengamati sebuah puisi, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri puisi yang berkaitan dengan akhir baris pada bait dengan benar.

4. Melalui kegiatan mengamati daur hidup kupu-kupu dan belalang, siswa mampu membuat kesimpulan tentang daur hidup makhluk hidup yang berbeda dengan tepat.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

Ayo Bernyanyi

1.     Siswa bernyayi lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan".

Ayo Berlatih

3.     Siswa mempelajari teks lagu berjudul “Kupu-Kupu yang Lucu” ciptaan Ibu Sud. Dengan bimbingan guru, siswa mempelajari notasi dan cara menyanyikan lagu tersebut dengan tempo yang sesuai. Siswa juga mempelajari dan menyanyikan lagu berjudul “Tik-Tik Bunyi Hujan” dengan tempo yang sesuai.

4.     Selesai bernyanyi, guru lalu menjelaskan tentang tempo lambat dan tempo cepat sesuai dengan simbol yang digunakan untuk menandai cepat atau lambat lagu itu dinyanyikan.

5.     Siswa mengamati penulisan lagu “Kupu-Kupu yang Lucu” dan “Tik-Tik Bunyi Hujan” dengan memperhatikan tanda tempo yang ada di lagu-lagu tersebut. Siswa kemudian mencocokkan dengan tanda tempo lagu cepat dan lambat yang terdapat pada halaman 12-13 Buku Siswa.

6.     Siswa lalu menuliskan tanda lagu yang terdapat pada lagu tersebut di kolom yang tersedia.

7.     Setelah mengetahui tanda tempo lagu tersebut, siswa lalu menyanyikan kembali kedua lagu tersebut dengan tempo yang sesuai.

8.     Siswa mencermati tabel informasi yang berisi keterangan atau istilah yang dipakai pada sebuah lagu untuk menunjukkan tempo lagu. Siswa memperdalam pemahamannya tentang tempo lagu dengan menjawab pertanyaan yang disajikan dalam buku siswa.

9.     Guru mengaitkan kegiatan ini dengan judul tema Cita-Citaku dan judul Subtema Aku dan Cita-Citaku.

Guru dapat memberikan pertanyaan sebagai berikut:

Adakah di antara kamu yang memiliki kegemaran menyanyi? Bernyanyi akan lebih menyenangkan bila diiringi dengan alat musik. Adakah di antara kamu yang bercita-cita menjadi pemusik?

10.  Siswa menyajikan hasil pengamatannya berupa tanda yang terdapat pada kedua lagu pada kolom yang tersedia.

11.  Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang tanda tempo pada sebuah lagu. (SBDP KD 3.2 dan 4.2)

Ayo Membaca

2.     Siswa membaca puisi dengan  judul "Cita-Citaku"

Ayo Berlatih

2.     Siswa mengamati teks puisi berjudul “Cita-citaku” yang terdapat pada halaman 15. Dengan bimbingan guru, siswa membaca teks puisi tersebut dengan lafal dan intonasi yang baik.

Guru dapat memberikan pertanyaan:

  • Apakah makna dari isi puisi tersebut?
  • Apakah kaitannya judul dengan isi puisi tersebut?

3.     Setelah membaca puisi, siswa lalu berlatih dengan menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan puisi tersebut. Siswa menuliskan jawabannya pada kolom yang tersedia.

Ayo Mengamati

1.     Siswa mengamati bunyi vokal akhir setiap kata terakhir pada setiap baris puisi yang terdapat pada halaman ini.

Dengan bimbingan guru, siswa membahas kesimpulan siswa setelah mengamati bunyi akhir baris-baris pada setiap bait. Siswa lalu menuliskan kesimpulannya tersebut pada kolom yang tersedia.

2.     Siswa membaca sebuah puisi lain yang terdapat pada halaman 17, siswa lalu menuliskan akhir  baris-baris pada bait puisi tersebut pada kolom yangtersedia.

3.     Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang vokal akhir pada baris-baris puisi yang disebut dengan rima.  Guru menjelaskan jenis puisi yang memiliki rima yang teratur contohnya pada pantun. Siswa lalu mengamati sebuah bait contoh pantun.

Guru dapat memberikan pertanyaan:

Apakah perbedaan puisi dan pantun?

4.     Siswa menyajikan hasil pengamatannya dengan menuliskan bunyi akhir baris-baris pada bait puisi tersebut dan menuliskan kesimpulan hasil pengamatannya pada kolom yang tersedia.

5.     Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang mengidentifikasi ciri-ciri puisi. (Bahasa Indonesia KD 3.6).

Ayo Mengamati

1.     Siswa mengamati gambar kepompong yang menggantung di atas daun.

Ayo Berdiskusi

1.     Siswa mengamati gambar sebuah kepompong yang menempel di dahan pohon. Dengan bimbingan guru, siswa lalu membahas tentang kepompong yang merupakan pertumbuhan dan perkembangan dari ulat. Guru menjelaskan kepompong itulah yang akan menjadi kupu-kupu. Proses pertumbuhan dan perkembangan kupu-kupu disebut daur hidup. Dengan bimbingan guru, siswa juga membahas tentang proses perubahan bentuk selama daur hidup kupu-kupu yang dinamakan metamorfosis. Siswa lalu mengamati tahapan daur hidup kupu-kupu dan gambar yang berkaitan.

Ayo Berdiskusi

1.     Setelah memahami proses daur hidup kupu-kupu, siswa kemudian mengamati dan mendiskusikan proses daur hidup belalang.

2.     Siswa secara kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa mendiskusikan perbedaan siklus hidup kupu-kupu dengan siklus hidup belalang. Siswa menuliskan kesimpulan hasil diskusinya pada kolom yang tersedia pada halaman 21.

Ø  Dengan bimbingan guru, siswa lalu membahas tentang daur hidup kupu-kupu dan belalang. Daur hidup pada kupu-kupu disebut metamorfosis sempurna. Daur hidup belalang disebut metamorfosis tidak sempurna

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG  

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                          : SDN .................................

Kelas /Semester             : IV/2

Tema 6                            : Cita-Citaku 

Subtema                          :  Aku dan Cita-Citaku

Pembelajaran ke-           :  3

Fokus Pembelajaran      :  Bahasa Indonesia, dan PPKn, IPS

Alokasi Waktu                :  6 x 35 menit (6 JP)

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui kegiatan melakukan pengamatan di lingkungan sekitar, siswa dapat mengidentifikasi keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.

2. Melalui kegiatan menuliskan hasil pengamatan, siswa dapat menjelaskan hasil identifikasi keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar dan manfaatnya secara tepat.

3. Melalui kegiatan melakukan pengamatan dan berdiskusi dalam kelompok,siswa dapat mengidentifikasi hubungan karakteristik ruang dengan sumber daya alam yang ada di lingkungannya dengan benar.

4. Melalui kegiatan menuangkan hasil diskusi dalam bentuk laporan, siswa dapat melaporkan hubungan antara karakteristik ruang dengan sumber daya alam yang ada di lingkungannya dengan tepat.

5. Melalui kegiatan membuat puisi sendiri, siswa mampu menggunakan hasil pengamatannya tentang ciri-ciri puisi secara tepat.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

Ayo Mengamati

1.     Siswa diberikan 4 gambar peternakan dan mengamati gambar tersebut.

Ayo Berlatih

12.  Siswa mengamati gambar yang disajikan di Buku Siswa, guru membimbing siswa untuk melihat perbedaan pada gambar dari segi pekerjaan yang dilakukan. Guru mengaitkan diskusi ini dengan judul tema dan mendorong rasa ingin tahu siswa tentang keragaman kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat di sekitar mereka.

13.  Guru meminta siswa untuk memberikan pendapat mereka tentang gambar yang mereka amati, secara individu siswa menuliskan hasil pengamatan mereka dalam kolom yang disediakan/pada buku catatan mereka.

14.  Guru membimbing diskusi kelas untuk mengaitkan gambar yang siswa amati dengan keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memahamkan kepada siswa tentang keragaman kegiatan dalam masyarakat (PPKn KD 3.3 dan 4.3).

Ayo Berlatih

3.     Guru meneruskan kegiatan dengan memberikan beberapa pertanyaan pancinganyang berkaitan dengan lingkungan sekitar mereka, khususnya tentang sumber daya alam yang berupa buah dan sayur.

Guru memberikan pertanyaan pancingan kepada siswa:

  • Menurutmu di lingkungan seperti apakahbuah apel tumbuh dengan subur?
  • Bagaimana dengan brokoli? Wortel? Apakah mereka membutuhkan kondisi lingkungan yang sama dengan apel? Mengapa?

4.     Guru memimpin diskusi dan memberikan penjelasan tentang kondisi lingkungan yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh dengan subur.  Dari hasil diskusi dan penjelasan guru, siswa membuat peta konsep yang menjelaskan tentang lingkungan yang sesuai agar tanaman dapat tumbuh subur.

5.     Kegiatan ini digunakan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang hubungan karakteristik ruang dengan sumber daya alam yang ada di lingkungannya (IPS KD 3.1)

Ayo Berdiskusi

4.     Kegiatan pembelajaran dilanjutkan dengan diskusi yang dipimpin oleh guru tentang macam-macam sumber daya alam (dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui). Siswa mengamati beberapa gambar yang disajikan di Buku Siswa, guru memberikan beberapa pertanyaan yang terkait dengan gambar dan sumber daya alam (usaha apa yang dilakukan oleh manusia untuk mengelola SDA dan memanfaatkannya)

5.     Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

6.     Penugasan tersebut merupakan kegiatan perpaduan PPKn dan IPS, di mana siswa diminta untuk mengidentifikasi kondisi lingkungan tempat hidupnya, potensi sumber daya dan jenis jenis pencaharian/pekerjaan penduduk.

7.     Siswa mengolah hasil diskusi kelompoknya dalam bentuk laporan yang berupa tabel dan menuliskan kesimpulannya.

8.     Kegiatan ini dirancang untuk mencapai kompetensi PPKn 3.3 dan 4.3 dan IPS 3.1 dan  4.1 dalam satu penugasan terpadu.

Ayo Berlatih

1.     Siswa mencoba mencari tahu apakah perbedaan/keragaman yang mereka temukandalam masyarakat juga dapat ditemukan dalam kelas mereka.

2.     Secara berpasangan siswa saling bertanya tentang cita-cita dan manfaatnya bagi kehidupan di sekitarnya.

3.     Secara bersama-sama dalam diskusi kelas, siswa mendata cita-cita teman sekelas dan manfaatnya bagi lingkungan tempat tinggalnya.

Ayo Membaca

1.     Siswa mencermati teks puisi dengan judul “Hidupku Penuh Warna”. Guru menggunakan kegiatan ini untuk mengukur pengetahuan siswa tentang isi puisi dan keterampilan siswa dalam mengidentifikasikan ciri-ciri puisi.

2.     Siswa menjawab pertanyaan yang disediakan pada Buku Siswa.

  • Apakah judul puisi tersebut?  Siapakah pengarangnya?
  • Apakah yang kamu bayangkan ketika kamu membaca judul puisi tersebut?
  • Menurutmu, apakah isi puisi tersebut?
  • Berapakah jumlah bait dalam puisi tersebut?
  • Berapakah jumlah baris di setiap baitnya?

Ø  Tentukanlah rima setiap bait pada puisi tersebut!

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG  

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

 

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                          : SDN.................................

Kelas /Semester            :  IV/2

Tema 6                           :   Cita-Citaku

Subtema                        :  Aku dan Cita-Citaku

Pembelajaran ke-         :  4

Fokus Pembelajaran    :  Bahasa Indonesia, dan PPKn, IPS

Alokasi Waktu              :  6 x 35 menit (6 JP)

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui kegiatan mencari tahu tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan temannya, siswa mampu mengidentifikasi keragaman kegiatan orangorang di sekitarnya dengan tepat.

2. Melalui kegiatan membuat kesimpulan dari kegiatan bertanya, siswa mampu menjelaskan hasil identifikasi keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitarnya dengan benar.

3. Melalui kegiatan mencermati puisi yang dibacakan temannya dan menuliskan makna tiap baitnya, siswa mampu menjelaskan makna puisi dengan benar.

4. Melalui kegiatan mencari informasi dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasikan hubungan karakteristik ruang dengan sumber daya alam yang ada di lingkungannya.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

Ayo Berlatih

1.     Guru membuka pelajaran dengan meminta siswa menceritakan kegiatan yang  mereka sukai di rumah, guru mengaitkan pembicaraan tersebut dengan cerita Siti yang disajikan di Buku Siswa, guru memberikan penekanan bahwa kegiatan yang disukai tiap-tiap siswa bisa saja berbeda satu sama lainnya.

Ayo Berlatih

1.     Siswa mencari informasi tentang kegiatan kegiatan yang disukai oleh temannya. Siswa menggunakan daftar pertanyaan yang ia buat sebagai panduan dalam bertanya. Dari hasil kegiatan tersebut, siswa mengolah informasi yang didapatkan menjadi sebuah kesimpulan.

2.     Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan dan memberikan penekanan bahwa kegiatan yang disukai maupun tidak disukai bisa jadi sangat beragam. Apabila dalam satu kelas ditemukan keragaman kegiatan tersebut maka dalam kehidupan masyarakat pun akan dijumpai keragaman tersebut. Kegiatan ini mengarah pada kompetensi PPKn KD 3.3. dan 4.3

Ayo Membaca

1.     Siswa membaca dalam hati bacaan “Kisah Sukses Mengatasi Kegagalan” pada Buku Siswa halaman 37. (Alternatif kegiatan:  siswa bergantian membaca bacaan secara bersambung. Saat satu orang siswa membaca, siswa lain menyimak.)

2.     Siswa diminta menceritakan kembali isi bacaan secara singkat. Siswa juga diminta menyebutkan sikap yang dapat diteladani dari tokoh-tokoh dalam bacaan.

3.     Selanjutnya, siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pada Buku Siswa.

4.     Kegiatan ini untuk memahamkan siswa mengenai kompetensi PPKn KD 1.3, 2.3, 3.3, dan 4.3.

Ayo Mengamati

1.     Siswa mengamati gambar, lalu membaca bacaan tentang keragaman ras di Indonesia.

2.     Dari gambar pada Buku Siswa, siswa mengidentifikasi perbedaan, ciri khas,  dan keunikan  setiap kostum daerah yang terlihat. Kegiatan ini dapat dikembangkan, misalnya siswa menceritakan pengalamannya saat mengenakan pakaian daerah.

3.     Selanjutnya siswa mendikusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan pada Buku Siswa halaman 41. Kegiatan diskusi dilakukan dalam kelompok terdiri atas 4-5 siswa.

4.     Secara bergantian, setiap kelompok menjelaskan hasil diskusi di depan kelompok-kelompok lain.

5.     Kegiatan ini untuk memahamkan siswa mengenai kompetensi PPKn KD 1.3, 2.3, 3.3, dan 4.3.

Ayo Berdiskusi

1.     Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok. Bersama dengan kelompoknya, siswa berdiskusi untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Siswa mencari informasi mengenai sumber daya alam yang terdapat di daerahnya, siswa bersama dengan kelompoknya mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam baik yang tidak dapat ataupun dapat diperbarui yang terdapat di daerahnya.

2.     Siswa mengolah informasi yang didapat bersama dengan kelompoknya menjadi sebuah laporan

3.     Kegiatan ini digunakan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang kompetensi IPS KD 3.1 dan 4.1 hubungan karakteristik ruang dengan sumber daya alam yang ada di lingkungannya.

 

Ayo Membaca

1.     Siswa membaca dalam hati puisi “Tanah Airku, Tanah yang Beragam”. Kegiatan ini dapat dilakukan berulang-ulang hingga siswa memahami makna yang terkandung dalam setiap bait puisi. Guru memberikan waktu dapat sekitar 10 menit.

2.     Selanjutnya, siswa melakukan kegiatan secara berpasangan untuk menentukan makna setiap bait pada puisi “Tanah Airku, Tanah yang Beragam”.

3.     Sebagi pengembangan kegiatan, guru dan siswa dapat menggunakan puisi yang lain untuk ditentukan maknanya.

Ø  Kegiatan ini dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG  

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

 

 

 

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                          : SDN.................................

Kelas /Semester            :  IV/2

Tema 6                           :   Cita-Citaku

Subtema                        :  Aku dan Cita-Citaku

Pembelajaran ke-         :  5

Fokus Pembelajaran    :  Bahasa Indonesia, dan PPKn, SBdP

Alokasi Waktu              :  6 x 35 menit (6 JP)

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui kegiatan membaca dan mencermati puisi, siswa mampu menjelaskan makna yang terkandung dalam puisi dengan tepat.

2. Melalui kegiatan membuat puisi sendiri, siswa mampu mengungkapkan makna yang terkandung dalam puisi secara lisan maupun tulisan dengan benar.

3. Melalui kegiatan mencermati syair lagu, siswa mengidentifikasi tempo dan tinggi rendahnya nada dalam lagu dengan benar.

4. Melalui kegiatan menyanyikan lagu, siswa menyesuaikan tempo dengan jenis lagu dengan tepat.

5. Melalui kegiatan mengamati gambar dan lingkungan sekitar, siswa mampu mengidentifikasi keragaman kegiatan dalam masyarakat dengan benar..

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

Ayo Membaca

1.     Siswa membacakan puisi yang disajikan pada Buku Siswa.

2.     Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan berdasarkan puisi yang dibacanya.

3.     Siswa mengidentifikasikan makna dari puisi secara bertahap dengan menjelaskan isi puisi pada tiap bait.

4.     Siswa diberi kesempatan untuk menggunakan kreatifitasnya dengan mencoba menemukan judul lain yang bisa digunakan untuk puisi yang disajikan pada buku. 

5.     Kegiatan ini digunakan untuk memberikan  pemahaman  kepada siswa dalam menjelaskan makna puisi (Bahasa Indonesia KD 3. 6 dan 4.6)

 

Ayo Bernyanyi

1.     Siswa dengan bimbingan guru menyanyikan lagu “Aku Ingin Jadi Penerbang” secara bersama-sama. Siswa menentukan tempo yang digunakan pada lagu tersebut.

2.     Siswa berlatih untuk membedakan tinggi rendahnya nada pada lagu dengan memberikan tanda.

3.     Pada bait pertama lagu, siswa memberikan tanda pada nada-nada tinggi, pada bait kedua siswa memberikan tanda pada nada-nada rendah.

4.     Kegiatan ini digunakan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang tempo dan tinggi rendahnya nada pada lagu.

 

Ayo Mencoba

1.     Siswa berkreasi dengan membuat puisi.

2.     Siswa mengikuti langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat puisi:

  • menentukan tema/judul puisi
  • menentukan jumlah bait dalam puisi yangakan dibuat
  • menentukan isi yang akan disampaikan pada tiap bait
  • mengembangkan puisi berdasarkan hal-hal tersebut di atas.

3.     Kegiatan ini digunakan untuk mengukur pemahaman dan keterampilan siswa dalam menjelaskan makna puisi (Bahasa Indonesia KD 3. 6 dan 4.6).

Ayo Mengamati

1.     Pada kegiatan ini siswa menggunakan gambar yang disediakan untuk mengaitkan kegiatan yang suka dilakukan dengan prediksi cita-cita yang diinginkan. Seseorang yang suka menari biasanya memiliki cita-cita menjadi penari, seseorang yang ingin menjadi pelukis biasanya suka melukis.

 

2.     Guru dapat menstimulus diskusi kelas dengan meminta siswa untuk menceritakan hal-hal yang ia suka lakukan dan kaitannya dengan cita-cita yang diinginkan.

 

Ayo Berlatih

1.     Siswa bersama dengan kelompoknya membuat tabel yang berisi data tentang kegemaran dan cita-cita anggota kelompoknya.

2.     Siswa mendiskusikan beberapa pertanyaan bersama dengan kelompoknya.

  • apakah kegemaran siswa dapat membantunya mencapai cita-cita
  • apakah ada kegemarannya yang tidak sesuai dengan cita?

Ø  Siswa bersama dengan kelompoknya menuliskan kesimpulan dari diskusinya di kertas tugas yang disediakan

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG  

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

 

 

 

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 

Sekolah                          : SDN.................................

Kelas /Semester             : IV/2

Tema 6                            :   Cita-Citaku

Subtema                         :  Aku dan Cita-Citaku

Pembelajaran ke-          :  6

Fokus Pembelajaran     :  Bahasa Indonesia, dan SBdP

Alokasi Waktu               :  6 x 35 menit (6 JP)

 

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui kegiatan mengamati puisi yang dibacakan temannya, siswa mampu menjelaskan dan mengungkapkan makna yang terkandung dalam puisi dengan benar. 2. Melalui kegiatan mengamati syair lagu dan menyanyikannya, siswa mampu mengidentifikasi dan menilai tanda tempo dan tinggi rendah nada dengan tepat.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

Ayo Mengamati

1.     Siswa membacakan puisi yang dibuat sebelumnya di depan kelas secara bergantian. Guru menugaskan siswa yang lain untuk mengamati dan mencermati puisi yang sedang dibacakan.

2.     Siswa menuliskan judul puisi dan isi/makna dari puisi yang dibacakan oleh temannya.

3.     Kegiatan ini digunakan untuk mengukur pemahaman siswa tentang makna puisi dan keterampilan siswa dalam mengidentifikasi makna dari puisi yang dibacakan.

4.     Kegiatan ini mengacu pada ketercapaian kompetensi Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6.

Ayo Berdiskusi

1.     Guru mengaitkan topik pembicaraan tentang puisi dengan lagu, bahwa syair lagu pun memiliki makna. Selain memiliki makna, lagu juga memiliki tempo yang mendukung makna dari lagu tersebut.

2.     Siswa diminta untuk mencermati syair lagu yang disajikan pada Buku Siswa dan mengidentifikasi isi/maknanya serta tempo yang sesuai dengan lagu tersebut.

3.     Sebelum menugaskan kepada siswa untuk mengidentifikasi tempo lagu, sebaiknya guru menjelaskan terlebih dahulu tentang tempo dalam musik, bahwa tempo dalam musik adalah  ukuran kecepatan dalam birama lagu. Penjelasan ini dapat dikuti dengan memberikan beberapa contoh lagu dan temponya.

4.     Kegiatan ini mengacu pada kompetensi SBdP KD 3.2 dan 4.2

Ayo Berlatih

1.     Siswa menuliskan syair dan notasi dari lagu anak yang disukainya (hal ini bisa disesuaikan dengan kondisi kelas, apabila dirasa sulit bagi siswa untuk mencari syair dan notasi lagu maka guru dapat menyediakan syair dan notasi dari satu lagu sebagai bahan diskusi kelas)

2.     Dari lagu tersebut, siswa mengidentifikasi nada yang tinggi maupun nada yang rendah. Notasi yang memiliki nada tinggi diberi lingkaran dengan warna biru, sedangkan notasi dengan nada rendah diberi lingkaran hijau.

Kegiatan ini mengacu pada kompetensi SBdP KD 3.2 dan 4.2Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG 

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

 UNDUH RPP TEMA 6 SUBTEMA 1 SEMESTER 2 :

PDF : RPP 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 1 Semester 2

DOC : RPP 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 1 Semester 2


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...