RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SDN ……………….
Kelas /Semester : IV/2
Tema 6 : :
Cita-Citaku
Subtema : Hebatnya Cita-Citaku
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, dan IPA
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui kegiatan mengamati teks puisi dan menjawab pertanyaan yang terkait dengan puisi, siswa dapat
menjelaskan cara membuat puisi dengan benar.
2. Melalui kegiatan mengamati contoh-contoh puisi, siswa dapat membuat puisi secara mandiri dengan baik.
3. Dengan mengamati daur hidup dua makhluk hidup yang berbeda siswa dapat membandingkan dua daur hidup
binatang dengan cermat.
4. Dengan membandingkan siklus hidup mahluk hidup yang berbeda siswa dapat melaporkannya dengan tepat.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan
kehadiran siswa
Ø
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).
Ø
Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat
Nasionalisme.
Ø
Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20
menit (literasi)
Kegiatan Inti
Ayo Membaca
1.
Siswa mencermati dan membaca teks bacaan yang
disajikan di Buku Siswa, bacaan ini mengenai kisah seorang guru yang mengajar siswa berkebutuhan khusus. Guru
memberikan inspirasi kepada siswa tentang makna dari bacaan tersebut dan mengaitkannya dengan judul tema
(Cita-Cita).
2.
Guru menegaskan bahwa setiap anak pasti memiliki
cita-cita yang baik, dan semua cita-cita adalah hebat. Guru memberikan
inspirasi kepada siswa untuk terus berusaha menggapai cita-cita yang mereka
miliki.
3.
Siswa mencermati puisi dan membaca puisi tersebut.
Guru membimbing diskusi untuk membaca makna dari teks puisi tersebut. Siswa
mengingat kembali ciri-ciri puisi yang sudah dipelajari sebelumnya dan
mencocokkan ciri-ciri tersebut dengan puisi yang disajikan di Buku Siswa.
Ayo Berlatih
1. Siswa menjawab pertanyaan yang disajikan di Buku
Siswa untuk memahami lebih rinci tentang puisi yang dibacanya.
2. Guru menjelaskan bahwa dalam puisi ditemukan
beberapa hal pokok yang menjadi dasar/patokan dalam menulis puisi.
3. Puisi selalu memiliki judul dan tema, puisi juga
menunjukkan ciri-ciri yang tidak dimiliki oleh jenis tulisan/bacaan yang lain.
4. Siswa mengekspresikan pemahamannya tentang makna
puisi yang dibacanya melalui sebuah gambar.
5. Siswa mencari satu atau dua contoh puisi dari Koran,
majalah atau buku-buku. Siswa menulis kembali puisi yang ditemukannya ke dalam
buku catatan mereka. Siswa mengamati dan
mempelajari puisi-puisi tersebut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari
Buku Siswa.
6. Dari hasil pengamatan tersebut, siswa menuliskan
kesimpulan tentang hasil pengamatannya.
7. Kegiatan ini ditujukan untuk mengukur pencapaian KD
Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6.
Ayo Berlatih
1. Siswa bersama dengan guru membaca teks dan
mencermati gambar yang disajikan di Buku Siswa, guru menggunakan topik bahasan
tentang dokter hewan sebagai jembatan untuk membahas tentang hewan dan daur
hidur yang dilaluinya.
2. Guru memperkenalkan istilah metamorfosis dan
menjelaskan makna kata tersebut. Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan
memberikan beberapa pertanyaan pancingan: Apakah anak ayam bentuknya berbeda
dengan induknya? Bagaimana dengan kupu-kupu? Apa yang membuatnya berbeda?
3. Siswa diminta untuk membaca dengan saksama
keterangan tentang daur hidup beberapa hewan.
Siswa memgamati gambar yang disediakan pada bacaan dengan saksama. Siswa juga dapat memberikan keterangan yang
sesuai dengan bacaan pada gambar daur hidup hewan yang sesuai.
Ayo Mencoba
1. Siswa bekerja dalam kelompok yang terdiri dari
paling sedikit tiga orang. Setiap kelompok mendapatkan tugas untuk mencari
informasi tentang daur hidup dua ekor hewan yang berbeda (sesuai dengan
penugasan yang diberikan di tiap kelompok).
2. Siswa mencatat semua informasi yang mereka peroleh
dalam diagram yang disediakan (gambar hewan, gambar daur hidup, penjelasan tentang
daur hidup dan jenis daur hidupnya)
3. Siswa mempresentasikan hasil pencarian informasi dan
diskusi kelompoknya di depan kelas, dan menempelkan diagram dari kelompoknya di
dinding kelas. Dalam kelas akan diperoleh
banyak informasi tentang daur hidup berbagai macam hewan.
4. Siswa bersama dengan kelompoknya melengkapi tabel
tentang perbedaan daur hidup hewan. Siswa menggunakan informasi yang
diperolehnya sebagai bahan untuk dibandingkan. Siswa menuliskan perbedaan dan
persamaan dari kedua daur hidup hewan.
Ø
Siswa mengamati hasil dari
kelompok lain dan mengklasifikasikan jenis hewan berdasarkan jenis daur
hidupnya (sempurna atau tidak sempurna)
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah
bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG
Kegiatan Penutup
Ø
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø
Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø
Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui Kepala
SDN .......................... .......................... |
|
.............................................. Guru
Kelas .......................... |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SDN ……………….
Kelas /Semester : IV/2
Tema 6 : :
Cita-Citaku
Subtema : Hebatnya Cita-Citaku
Pembelajaran ke- : 2
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, dan IPA, SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui kegiatan membaca puisi “Penari” dan menjawab pertanyaan berkaitan dengan puisi tersebut, siswa
dapat menjelaskan cara membuat puisi dengan
benar.
2. Melalui kegiatan mencari informasi tentang beberapa gerakan tari
daerah,siswa dapat mengetahui dan menjelaskan gerak tari kreasi daerah dengan rinci.
3. Melalui kegiatan mengikuti gerakan tari daerah, siswa dapat mempraktikkan gerakan tari kreasi daerah
dengan percaya diri.
4. Melalui kegiatan membaca teks “Manfaat Makhuk Hidup di Sekitar Kita”,dan
membuat peta pikiran dari bacaan tersebut, siswa dapat menjelaskan manfaat makhluk hidup bagi lingkungan
sekitar dengan benar.
5. Melalui kegiatan mengamati lingkungan sekitarnya, siswa membuat laporan hasil pengamatan tentang manfaat
makhluk hidup dengan benar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan
kehadiran siswa
Ø
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
(religius).
Ø
Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat
Nasionalisme.
Ø
Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20
menit (literasi)
Kegiatan Inti
Ayo Membaca
1.
Siswa membaca teks yang berjudul “Kisah Seorang
Penari Gandrung Banyuwangi”. Cerita ini digunakan oleh guru untuk memberikan
gambaran tentang macam-macam kegiatan profesi, dan nilai- nilai apa yang
terkandung dalam profesi tersebut. Guru menggunakan cerita ini untuk
menginspirasi siswa tentang usaha yang harus dilakukan seseorang untuk mencapai
cita-citanya.
2. Cerita ini juga digunakan sebagai penghubung
kegiatan pembelajaran berikutnya tentang seni tari daerah.
Ayo Membaca
1. Siswa membaca teks puisi yang berjudul Puisi
Penari, siswa mencermati teks puisi
tersebut dan menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan puisi tersebut.
Selain menjawab pertanyaan yang disediakan, siswajuga mengidentifikasikan ciri-ciri puisi yang
dibacanya.
2. Guru memberikan penjelasan lebih rinci tentang puisi
tersebut, bahwa puisi memiliki makna dan ciri yang membedakannya dengan jenis
tulisan lain. Kegiatan ini dtujukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa
tentang puisi dan bagaimana sebuah puisi dibuat. (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan
4.6)
Ayo Mengamati
1. Siswa mengamati gambar berbagai jenis tarian daerah
seperti yang disajikan di Buku Siswa, guru memberikan beberapa pertanyaan yang
memancing rasa ingin tahu siswa tentang seni tari daerah.
2. Guru dapat menyediakan gambar jenis tarian daerah
yang sesuai dengan kondisi/ budaya daerah setempat atau bahkan bercerita
tentang makna tari daerah setempat untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan
ketertarikan siswa terhadap seni tari daerah.
Ayo Berlatih
1. Siswa bersama dengan kelompoknya mengerjakan tugas
yang diberikan yaitu mencari informasi tentang sebuah tari daerah. Informasi
yang harus dicari meliputi nama tarian, asal daerah, cerita tentang tari
tersebut, contoh-contoh gerakan dari tarian tersebut dan makna dari gerakan
tarian.
2. Bersama-sama dengan anggota kelompoknya, siswa
mencoba menirukan beberapa gerakan tarian (SBDP KD 3.3 dan 4.3
Ayo Membaca
1. Guru menggunakan teks penghubung yang bercerita
tentang betapa kayanya Indonesia baik dari segi budaya maupun sumber daya alam
sebagai jembatan untuk membahas tentang manfaat makhluk hidup bagi lingkungan
sekitar.
2. Siswa membaca
dan mencermati bacaan yang berjudul Manfaat Makhluk Hidup di Sekitar Kita,
siswa menggaris bawahi bagian-bagian penting dari bacaan tersebut dan mencari
beberapa contoh manfaat makhluk hidup bagi lingkungan sekitar dari teks yang
dibacanya.
Ayo Berlatih
1. Siswa menuangkan pemahamannya tentang bacaan dengan
membuat sebuah peta pikiran yang menjelaskan tentang manfaat tumbuhan dan hewan
dalam kehidupan manusia.
2. Kegiatan ini dapat digunakan untuk memberikan
pemahaman kepada siswa tentang manfaat hewan dan tumbuhan bagi kehidupan manusia.
Ayo Mengamati
1. Siswa melakukan pengamatan terhadap lingkungan
sekitarnya, siswa membuat daftar tumbuhan dan hewan yang mereka temukan di
lingkugannya dan mengidentifikasikan manfaatnya bagi manusia.
2. Siswa membuat laporan dari hasil pengamatannya.
3. Laporan hasil pengamatan ini dapat digunakan untuk
mengukur pemahaman siswa tentang manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia dan
keterampilan siswa dalam membuat laporan hasil pengamatan .(IPA KD 3.2 dan 4.2)
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah
bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG
Kegiatan Penutup
Ø
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø
Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø
Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui Kepala
SDN .......................... .......................... |
|
.............................................. Guru
Kelas .......................... |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SDN ……………….
Kelas /Semester : IV/2
Tema 6 : :
Cita-Citaku
Subtema : Hebatnya Cita-Citaku
Pembelajaran ke- : 3
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, dan PPKn, IPS
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui kegiatan membaca dan mencermati puisi, siswa mampu menjelaskan cara membuat puisi dengan
benar.
2. Melalui kegiatan mencari informasi dari guru dan temannya, siswa dapat mengomunikasikan informasi tentang
keragaman suku dan budaya di lingkungan
sekitarnya dengan baik.
3. Melalui kegiatan mengamati lingkungan sekitarnya, siswa mampu mengidentifikasikan sumber daya alam yang
ada di sekitarnya dan menyajikan hasil
pengamatan tersebut dengan tepat.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan
kehadiran siswa
Ø
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
(religius).
Ø
Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat
Nasionalisme.
Ø
Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20
menit (literasi)
Kegiatan Inti
Ayo
Berdiskusi
1.
Guru menggunakan cerita tentang Cita-cita besar
Patih Gajah Mada sebagai kegiatan pembuka untuk menghubungkan tema dengan
kegiatan pembelajaran.
2.
Guru memberikan inspirasi kepada siswa melalui tokoh Gajah Mada yang telah melakukan
hal yang sangat besar dalam kehidupannya
Ayo Mencoba
1. Siswa mencermati dan membaca puisi tentang Mahapatih
Gajah Mada.
2. Siswa menceritakan pendapatnya tentang puisi
tersebut, siswa dapat membaca kembali cerita tentang Gajah Mada untuk lebih
memahami isi puisi.
3. Siswa menyalin puisi tersebut di buku catatan,
dengan memperhatikan kata demi kata dalam puisi tersebut.
4. Siswa mencoba mengganti beberapa kata disetiap
barisnya dengan menggunakan kata-kata mereka sendiri atau menggunakan katakata
dari bacaan sebelumnya.
5. Siswa membaca kembali bait yang sudah diganti dan
melakukan perbaikan apabila dirasa perlu.
6. Kegiatan ini merupakan latihan bagi siswa dalam
membuat puisi sendiri. (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6)
Ayo Berkreasi
1. Siswa mencari informasi dari teman atau orang lain
di sekitarmu ataupun temannya tentang suku asal atau daerah asal mereka. Siswa
memilih dua sampel dari responden yang dimilikinya untuk dirincikan
informasinya.
2. Informasi yang dirincikan adalah pulau asal, bahasa
daerah, pakaian adat, rumah adat , kebiasaan adat.
3. Kegiatan ini dapat digunakan untuk mengukur
pencapaian kompetensi PPKn 3.3 dan 4.3
Ayo Mengamati
1. Siswa mencari informasi tentang sumber daya alam
yang ada di daerah kabupaten atau provinsi tempat tinggalnya. Guru dapat membantu siswa dengan menyediakan
informasi tersebut yang dapat berupa tabel atau peta tematik tentang sebaran
sumber daya alam yang ada. Siswa mengidentifikasikan beberapa sumber daya alam
yang ada di sekitarnya, mengidentifikasikan tempat atau lokasi dari sumber daya
alam tersebut dan menjelaskan manfaatnya bagi manusia dan lingkungan sekitar.
Siswa juga mencari tahu bagaimana masyarakat sekitar menjaga kelestarian sumber
daya alam tersebut. Kegiatan ini digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi
IPS 3.1 dan 4.1.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah
bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG
Kegiatan Penutup
Ø
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø
Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui Kepala
SDN .......................... .......................... |
|
.............................................. Guru
Kelas .......................... |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SDN ……………….
Kelas /Semester : IV/2
Tema 6 : :
Cita-Citaku
Subtema : Hebatnya Cita-Citaku
Pembelajaran ke- : 4
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, dan PPKn, IPS
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui
kegiatan membaca teks dan melakukan pengamatan siswa mampu mengidentifikasikan keragaman suku dan
budaya dengan rinci.
2. Melalui
kegiatan membaca puisi, siswa mampu memahami makna puisi dan terampil membuat puisi dengan baik.
3. Melalui
kegiatan membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam yang ada di
sekitarnya dengan benar..
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan
kehadiran siswa
Ø
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
(religius).
Ø
Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat
Nasionalisme.
Ø
Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20
menit (literasi)
Kegiatan Inti
Ayo Membaca
1.
Siswa membaca dan mencermati teks informasi yang
disajikan di Buku Siswa, dari teks tersebut siswa mencari informasi tentang
keragaman suku dan budaya yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia. Guru memimpin
diskusi kelas dan membahas tentang contoh-contoh keragaman tersebut. Guru
memfokuskan diskusi tentang keragaman dengan membahas contoh-contoh keragaman
yang mereka temui dalam kehidupan sehari-hari.
Ayo Mencoba
1. Siswa mencari informasi tentang keragaman yang ada di sekitar mereka, siswa
mengidentifikasi keragaman suku dan budaya yang dimiliki oleh
lingkungannya. Siswa membentuk kelompok
kerja dan mencari informasi dari anggota kelompoknya tentang suku asal tiap
anggota, siswa juga menanyakan informasi kepada guru dan temannya yang lain.
2. Siswa merincikan informasi yang mereka cari dengan
menanyakan tentang rumah adat dari suku-suku tersebut, apa kegunaan dari rumah
adat tersebut dan bagaimana masyarakat menggunakannya.
3. Siswa menyajikan informasi yang diperolehnya dalam
bentuk diagram seperti yang dicontohkan pada buku Siswa.
Ayo Berlatih
1. Siswa melakukan survey sederhana untuk mencari informasi
tentang macam-macam pekerjaan orang tua temannya, dari hasil wawancara tersebut
siswa mencari informasi tentang sumber daya alam yang digunakan oleh orang tua
temannya ketika melaksanakan pekerjaannya.
2. Siswa menyajikan hasil survey dan pencarian informasinya
dalam bentuk tabel. Dari hasil tabel tersebut, siswa bersama dengan
teman-temannya membuat kesimpulan tentang sumber daya alam apa yang paling
banyak digunakan dan dari mana sumber daya alam tersebut didapatkan.
Ayo Mencoba
1. Membuat Puisi Tentang Keragaman Suku Dan Budaya.
2. Siswa mengekspresikan rasa kebanggaan dan
pemahamannya tentang keragaman suku dan budaya Indonesia melalui sebuh puisi.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah
bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG
Kegiatan Penutup
Ø
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø
Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø
Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui Kepala
SDN .......................... .......................... |
|
.............................................. Guru
Kelas .......................... |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SDN ……………….
Kelas /Semester : IV/2
Tema 6 : :
Cita-Citaku
Subtema : Hebatnya Cita-Citaku
Pembelajaran ke- : 5
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, dan PPKn,
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui
kegiatan menulis siswa mampu membuat sebuah puisi dengan menggunakan kata-kata dengan rima yang hampir sama
dengan tepat.
2. Melalui
kegiatan menulis puisi siswa mampu menuangkan gagasangagasan tentang cita-citanya dengan benar.
3. Melalui
kegiatan membuat poster, siswa mampu menuangkan hasil pencariannya tentang bahasa daerah dan makanan
khas daerah dengan menggunakan
kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia dengan rinci.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan
kehadiran siswa
Ø
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
(religius).
Ø
Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat
Nasionalisme.
Ø
Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20
menit (literasi)
Kegiatan Inti
Ayo Berlatih
1.
Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang betapa hebatnya seorang penulis cerita anak
yang mempunyai peran yang sangat penting bagi pertumbuhan anak-anak. Guru juga
membahas beberapa peran mereka. Siswa
lalu mencoba untuk mencari tahu lebih jauh tentang peran seorang penulis. Siswa
juga mencoba menjawab beberapa pertanyaan di
antaranya:
2.
Tahukah kamu peran penting penulis cerita lain yang
kamu ketahui?
3.
Apakah manfaat membaca buku cerita anak untukmu?
4. Apakah manfaat membaca untukmu?
Ayo Mencoba
1. Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang
profesi seorang penulis cerita anak yang merupakan salah satu pekerja seni
sastra tulis yang pekerjaannya merangkai kata-kata untuk menuangkan imajinasi
dan pendapatnya tentang lingkungan sekitar agar orang lain dapat membaca dan
merasakan hal yang sama. Guru membahas contoh lain dari karya sastra yaitu
sebuah puisi karena kata-kata yang digunakan seringkali mempunyai makna yang
dalam. Namun Puisi menggunakan kalimat
yang lebih pendek dibandingkan dengan karangan.
2. Siswa kemudian mencoba membuat sebuah karangan puisi
tentang cita-cita dengan mengukuti langkah-langkah:
Ayo Berlatih
3. Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang bahasa
daerah yang berbeda-beda di Indonesia sesuai dengan suku yang ada. Siswa juga membahas tentang bahasa yang
merupakan alat untuk melakukan komunikasi dan menyampaikan pesan kepada orang
lain. Selain itu siswa juga membahas tentang
keunikan yang membedakan satu daerah dengan daerah lainnya. Salah satunya selain bahasa daerah adalah makanan-makanan
khasnya. Siswa lalu melakukan kegiatan kelompok dengan mengikuti
langkah-langkah berikut:
4. Siswa menyajikan hasil pencariannya tentang bahasa
daerah dan makanan khas ke dalam bentuk poster.
Ø
Kegiatan ini digunakan sebagai
kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang menggunakan kalimat sederhana
dalam bahasa Indonesia (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6)
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah
bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG
Kegiatan Penutup
Ø
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø
Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø
Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui Kepala
SDN .......................... .......................... |
|
.............................................. Guru
Kelas .......................... |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SDN ……………….
Kelas /Semester : IV/2
Tema 6 : :
Cita-Citaku
Subtema : Hebatnya Cita-Citaku
Pembelajaran ke- : 6
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, dan SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui
kegiatan membaca puisi, siswa mampu mengomunikasikan puisi hasil karyanya sendiri dengan percaya diri.
2. Melalui
kegiatan berkreasi, siswa mampu membuat sebuah tarian kreasi perpaduan tari-tari Merak. dengan baik.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan
kehadiran siswa
Ø
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
(religius).
Ø
Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat
Nasionalisme.
Ø
Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20
menit (literasi)
Kegiatan Inti
Ayo Mengamati
1.
Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan yang
merupakan tugas polisi dalam pengabdiannya kepada masyarakat.
Ayo Mencoba
1. Siswa lalu mencoba menceritakan gambar-gambar
tersebut dengan teman sebangkunya secara bergantian. Siswa lalu mengamati gambar-gambar
tersebut dan menjawab beberapa pertanyaan yang terdapat pada halaman ini.
2. Siswa lalu membuat sebuah puisi yang isinya
menceritakan tentang kehebatan polisi. Siswa membuat puisi tersebut dengan
mengikuti langkah-langkah yang terdapat pada halaman ini lalu menyalin puisi
dan menuliskan maknanya pada kolom yang terdapat pada halaman ini.
3. Siswa kemudian membacakan puisi hasil karyanya di
depan kelas dengan percaya diri.
Ayo Mencoba
Ø
Siswa mempertunjukkan hasil
kerja kelompoknya untuk menarikan tari hasil kreasi kelompok yang merupakan
kreasi dari tari merak yang berasal dari Jawa Barat. Siswa berlatih kembali
beberapa gerakan hasil kreasinya dengan mengikuti irama dan ketukan dari musik
pengiring tarian tersebut. Siswa bekerja sama dengan kelompoknya agar
menghasilkan harmoni yang indah. Siswa menggunakan properti yang sederhana yang
tersedia di sekitarnya untuk melengkapi pertunjukkan tarinya.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah
bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG
Kegiatan Penutup
Ø
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø
Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø
Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui Kepala
SDN .......................... .......................... |
|
.............................................. Guru
Kelas .......................... |