Jumat, 26 Februari 2021

RPP 1 lembar Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 2 semester 2


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                          : SDN ……………….

Kelas /Semester             :  IV/2

Tema 6 :                         : Cita-Citaku

Subtema                         :  Hebatnya Cita-Citaku

Pembelajaran ke-          :  1

Fokus Pembelajaran     :  Bahasa Indonesia, dan IPA

Alokasi Waktu               :  6 x 35 menit (6 JP)

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui kegiatan mengamati teks puisi dan menjawab pertanyaan yang terkait dengan puisi, siswa dapat menjelaskan cara membuat puisi dengan benar.

2. Melalui kegiatan mengamati contoh-contoh puisi, siswa dapat membuat puisi secara mandiri dengan baik.

3. Dengan mengamati daur hidup dua makhluk hidup yang berbeda siswa dapat membandingkan dua daur hidup binatang dengan cermat.

4. Dengan membandingkan siklus hidup mahluk hidup yang berbeda siswa dapat melaporkannya dengan tepat.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

Ayo Membaca

1.     Siswa mencermati dan membaca teks bacaan yang disajikan di Buku Siswa, bacaan ini mengenai kisah seorang guru  yang mengajar siswa berkebutuhan khusus. Guru memberikan inspirasi kepada siswa tentang makna dari bacaan tersebut  dan mengaitkannya dengan judul tema (Cita-Cita).

2.     Guru menegaskan bahwa setiap anak pasti memiliki cita-cita yang baik, dan semua cita-cita adalah hebat. Guru memberikan inspirasi kepada siswa untuk terus berusaha menggapai cita-cita yang mereka miliki.

3.     Siswa mencermati puisi dan membaca puisi tersebut. Guru membimbing diskusi untuk membaca makna dari teks puisi tersebut. Siswa mengingat kembali ciri-ciri puisi yang sudah dipelajari sebelumnya dan mencocokkan ciri-ciri tersebut dengan puisi yang disajikan di Buku Siswa.

Ayo Berlatih

1.     Siswa menjawab pertanyaan yang disajikan di Buku Siswa untuk memahami lebih rinci tentang puisi yang dibacanya.

2.     Guru menjelaskan bahwa dalam puisi ditemukan beberapa hal pokok yang menjadi dasar/patokan dalam menulis puisi.

3.     Puisi selalu memiliki judul dan tema, puisi juga menunjukkan ciri-ciri yang tidak dimiliki oleh jenis tulisan/bacaan yang lain.

4.     Siswa mengekspresikan pemahamannya tentang makna puisi yang dibacanya melalui sebuah gambar. 

5.     Siswa mencari satu atau dua contoh puisi dari Koran, majalah atau buku-buku. Siswa menulis kembali puisi yang ditemukannya ke dalam buku catatan mereka. Siswa  mengamati dan mempelajari puisi-puisi tersebut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Buku Siswa.

6.     Dari hasil pengamatan tersebut, siswa menuliskan kesimpulan tentang hasil pengamatannya.

7.     Kegiatan ini ditujukan untuk mengukur pencapaian KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6.

 

Ayo Berlatih

1.     Siswa bersama dengan guru membaca teks dan mencermati gambar yang disajikan di Buku Siswa, guru menggunakan topik bahasan tentang dokter hewan sebagai jembatan untuk membahas tentang hewan dan daur hidur yang dilaluinya.

2.     Guru memperkenalkan istilah metamorfosis dan menjelaskan makna kata tersebut. Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan memberikan beberapa pertanyaan pancingan: Apakah anak ayam bentuknya berbeda dengan induknya? Bagaimana dengan kupu-kupu? Apa yang membuatnya berbeda?

3.     Siswa diminta untuk membaca dengan saksama keterangan tentang daur hidup beberapa hewan.  Siswa memgamati gambar yang disediakan pada bacaan dengan saksama.  Siswa juga dapat memberikan keterangan yang sesuai dengan bacaan pada gambar daur hidup hewan yang sesuai.

Ayo Mencoba

1.     Siswa bekerja dalam kelompok yang terdiri dari paling sedikit tiga orang. Setiap kelompok mendapatkan tugas untuk mencari informasi tentang daur hidup dua ekor hewan yang berbeda (sesuai dengan penugasan yang diberikan di tiap kelompok).

2.     Siswa mencatat semua informasi yang mereka peroleh dalam diagram yang disediakan (gambar hewan, gambar daur hidup, penjelasan tentang daur hidup dan jenis daur hidupnya)

3.     Siswa mempresentasikan hasil pencarian informasi dan diskusi kelompoknya di depan kelas, dan menempelkan diagram dari kelompoknya di dinding kelas. Dalam kelas akan diperoleh banyak informasi tentang daur hidup berbagai macam hewan.

4.     Siswa bersama dengan kelompoknya melengkapi tabel tentang perbedaan daur hidup hewan. Siswa menggunakan informasi yang diperolehnya sebagai bahan untuk dibandingkan. Siswa menuliskan perbedaan dan persamaan dari kedua daur hidup hewan.

Ø  Siswa mengamati hasil dari kelompok lain dan mengklasifikasikan jenis hewan berdasarkan jenis daur hidupnya (sempurna atau tidak sempurna)

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG  

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

 

 

 

 

 

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 

Sekolah                         : SDN ……………….

Kelas /Semester             :  IV/2

Tema 6 :                         : Cita-Citaku

Subtema                        :  Hebatnya Cita-Citaku

Pembelajaran ke-          :  2

Fokus Pembelajaran      :  Bahasa Indonesia, dan IPA, SBdP

Alokasi Waktu              :  6 x 35 menit (6 JP)

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui kegiatan membaca puisi “Penari” dan menjawab pertanyaan berkaitan dengan puisi tersebut, siswa dapat menjelaskan cara membuat puisi dengan benar.

2. Melalui kegiatan mencari informasi tentang beberapa gerakan tari daerah,siswa dapat mengetahui dan menjelaskan gerak tari kreasi daerah dengan rinci.

3. Melalui kegiatan mengikuti gerakan tari daerah, siswa dapat mempraktikkan gerakan tari kreasi daerah dengan percaya diri.

4. Melalui kegiatan membaca teks “Manfaat Makhuk Hidup di Sekitar Kita”,dan membuat peta pikiran dari bacaan tersebut, siswa dapat menjelaskan manfaat makhluk hidup bagi lingkungan sekitar dengan benar.

5. Melalui kegiatan mengamati lingkungan sekitarnya, siswa membuat laporan hasil pengamatan tentang manfaat makhluk hidup dengan benar.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

Ayo Membaca

1.     Siswa membaca teks yang berjudul “Kisah Seorang Penari Gandrung Banyuwangi”. Cerita ini digunakan oleh guru untuk memberikan gambaran tentang macam-macam kegiatan profesi, dan nilai- nilai apa yang terkandung dalam profesi tersebut. Guru menggunakan cerita ini untuk menginspirasi siswa tentang usaha yang harus dilakukan seseorang untuk mencapai cita-citanya.

2.     Cerita ini juga digunakan sebagai penghubung kegiatan pembelajaran berikutnya tentang seni tari daerah.

 

Ayo Membaca

1.     Siswa membaca teks puisi yang berjudul Puisi Penari,  siswa mencermati teks puisi tersebut dan menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan puisi tersebut. Selain menjawab pertanyaan yang disediakan, siswajuga  mengidentifikasikan ciri-ciri puisi yang dibacanya.

2.     Guru memberikan penjelasan lebih rinci tentang puisi tersebut, bahwa puisi memiliki makna dan ciri yang membedakannya dengan jenis tulisan lain. Kegiatan ini dtujukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang puisi dan bagaimana sebuah puisi dibuat. (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6)

 

Ayo Mengamati

1.     Siswa mengamati gambar berbagai jenis tarian daerah seperti yang disajikan di Buku Siswa, guru memberikan beberapa pertanyaan yang memancing rasa ingin tahu siswa tentang seni tari daerah.

2.     Guru dapat menyediakan gambar jenis tarian daerah yang sesuai dengan kondisi/ budaya daerah setempat atau bahkan bercerita tentang makna tari daerah setempat untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan ketertarikan siswa terhadap seni tari daerah.

 

Ayo Berlatih

1.     Siswa bersama dengan kelompoknya mengerjakan tugas yang diberikan yaitu mencari informasi tentang sebuah tari daerah. Informasi yang harus dicari meliputi nama tarian, asal daerah, cerita tentang tari tersebut, contoh-contoh gerakan dari tarian tersebut dan makna dari gerakan tarian.

2.     Bersama-sama dengan anggota kelompoknya, siswa mencoba menirukan beberapa gerakan tarian (SBDP KD 3.3 dan 4.3

 

Ayo Membaca

1.     Guru menggunakan teks penghubung yang bercerita tentang betapa kayanya Indonesia baik dari segi budaya maupun sumber daya alam sebagai jembatan untuk membahas tentang manfaat makhluk hidup bagi lingkungan sekitar.

2.     Siswa  membaca dan mencermati bacaan yang berjudul Manfaat Makhluk Hidup di Sekitar Kita, siswa menggaris bawahi bagian-bagian penting dari bacaan tersebut dan mencari beberapa contoh manfaat makhluk hidup bagi lingkungan sekitar dari teks yang dibacanya.

 

Ayo Berlatih

1.     Siswa menuangkan pemahamannya tentang bacaan dengan membuat sebuah peta pikiran yang menjelaskan tentang manfaat tumbuhan dan hewan dalam kehidupan manusia.

2.     Kegiatan ini dapat digunakan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang manfaat hewan dan tumbuhan bagi kehidupan manusia.

 

Ayo Mengamati

1.     Siswa melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, siswa membuat daftar tumbuhan dan hewan yang mereka temukan di lingkugannya dan mengidentifikasikan manfaatnya bagi manusia.

2.     Siswa membuat laporan dari hasil pengamatannya.

3.     Laporan hasil pengamatan ini dapat digunakan untuk mengukur pemahaman siswa tentang manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia dan keterampilan siswa dalam membuat laporan hasil pengamatan .(IPA KD 3.2 dan 4.2)

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG  

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

 

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                         : SDN ……………….

Kelas /Semester             :  IV/2

Tema 6 :                         : Cita-Citaku

Subtema                        :  Hebatnya Cita-Citaku

Pembelajaran ke-          :  3

Fokus Pembelajaran      :  Bahasa Indonesia, dan PPKn, IPS

Alokasi Waktu              :  6 x 35 menit (6 JP)

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui kegiatan membaca dan mencermati puisi, siswa mampu menjelaskan cara membuat puisi dengan benar.

2. Melalui kegiatan mencari informasi dari guru dan temannya, siswa dapat mengomunikasikan informasi tentang keragaman suku dan budaya di lingkungan sekitarnya dengan baik.

3. Melalui kegiatan mengamati lingkungan sekitarnya, siswa mampu mengidentifikasikan sumber daya alam yang ada di sekitarnya dan menyajikan hasil pengamatan tersebut dengan tepat.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

Ayo Berdiskusi

1.     Guru menggunakan cerita tentang Cita-cita besar Patih Gajah Mada sebagai kegiatan pembuka untuk menghubungkan tema dengan kegiatan pembelajaran.

2.     Guru memberikan inspirasi kepada siswa  melalui tokoh Gajah Mada yang telah melakukan hal yang sangat besar dalam kehidupannya

Ayo Mencoba

1.     Siswa mencermati dan membaca puisi tentang Mahapatih Gajah Mada.

2.     Siswa menceritakan pendapatnya tentang puisi tersebut, siswa dapat membaca kembali cerita tentang Gajah Mada untuk lebih memahami isi puisi.

3.     Siswa menyalin puisi tersebut di buku catatan, dengan memperhatikan kata demi kata dalam puisi tersebut.

4.     Siswa mencoba mengganti beberapa kata disetiap barisnya dengan menggunakan kata-kata mereka sendiri atau menggunakan katakata dari bacaan sebelumnya.

5.     Siswa membaca kembali bait yang sudah diganti dan melakukan perbaikan apabila dirasa perlu.

6.     Kegiatan ini merupakan latihan bagi siswa dalam membuat puisi sendiri. (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6)

Ayo Berkreasi

1.     Siswa mencari informasi dari teman atau orang lain di sekitarmu ataupun temannya tentang suku asal atau daerah asal mereka. Siswa memilih dua sampel dari responden yang dimilikinya untuk dirincikan informasinya.

2.     Informasi yang dirincikan adalah pulau asal, bahasa daerah, pakaian adat, rumah adat , kebiasaan adat.

3.     Kegiatan ini dapat digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi PPKn 3.3 dan 4.3

Ayo Mengamati

1.     Siswa mencari informasi tentang sumber daya alam yang ada di daerah kabupaten atau provinsi tempat tinggalnya.  Guru dapat membantu siswa dengan menyediakan informasi tersebut yang dapat berupa tabel atau peta tematik tentang sebaran sumber daya alam yang ada. Siswa mengidentifikasikan beberapa sumber daya alam yang ada di sekitarnya, mengidentifikasikan tempat atau lokasi dari sumber daya alam tersebut dan menjelaskan manfaatnya bagi manusia dan lingkungan sekitar. Siswa juga mencari tahu bagaimana masyarakat sekitar menjaga kelestarian sumber daya alam tersebut. Kegiatan ini digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi IPS 3.1 dan 4.1.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG  

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

..........................

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 

Sekolah                         : SDN ……………….

Kelas /Semester             :  IV/2

Tema 6 :                         : Cita-Citaku

Subtema                        :  Hebatnya Cita-Citaku

Pembelajaran ke-          :  4

Fokus Pembelajaran      :  Bahasa Indonesia, dan PPKn, IPS

Alokasi Waktu              :  6 x 35 menit (6 JP)

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui kegiatan membaca teks dan melakukan pengamatan siswa mampu mengidentifikasikan keragaman suku dan budaya dengan rinci.

2. Melalui kegiatan membaca puisi, siswa mampu memahami makna puisi dan terampil membuat puisi dengan baik.

3. Melalui kegiatan membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam yang ada di sekitarnya dengan benar..

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

Ayo Membaca

1.     Siswa membaca dan mencermati teks informasi yang disajikan di Buku Siswa, dari teks tersebut siswa mencari informasi tentang keragaman suku dan budaya yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia. Guru memimpin diskusi kelas dan membahas tentang contoh-contoh keragaman tersebut. Guru memfokuskan diskusi tentang keragaman dengan membahas contoh-contoh keragaman yang mereka temui dalam kehidupan sehari-hari.

Ayo Mencoba

1.     Siswa mencari informasi tentang  keragaman yang ada di sekitar mereka, siswa mengidentifikasi keragaman suku dan budaya yang dimiliki oleh lingkungannya.  Siswa membentuk kelompok kerja dan mencari informasi dari anggota kelompoknya tentang suku asal tiap anggota, siswa juga menanyakan informasi kepada guru dan temannya yang lain.

2.     Siswa merincikan informasi yang mereka cari dengan menanyakan tentang rumah adat dari suku-suku tersebut, apa kegunaan dari rumah adat tersebut dan bagaimana masyarakat menggunakannya.

3.     Siswa menyajikan informasi yang diperolehnya dalam bentuk diagram seperti yang dicontohkan pada buku Siswa.

Ayo Berlatih

1.     Siswa melakukan survey sederhana untuk mencari informasi tentang macam-macam pekerjaan orang tua temannya, dari hasil wawancara tersebut siswa mencari informasi tentang sumber daya alam yang digunakan oleh orang tua temannya ketika melaksanakan pekerjaannya.

2.     Siswa menyajikan hasil survey dan pencarian informasinya dalam bentuk tabel. Dari hasil tabel tersebut, siswa bersama dengan teman-temannya membuat kesimpulan tentang sumber daya alam apa yang paling banyak digunakan dan dari mana sumber daya alam tersebut didapatkan.

Ayo Mencoba

1.     Membuat Puisi Tentang Keragaman Suku Dan Budaya.

2.     Siswa mengekspresikan rasa kebanggaan dan pemahamannya tentang keragaman suku dan budaya Indonesia melalui sebuh puisi.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG 

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

..........................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                         : SDN ……………….

Kelas /Semester             :  IV/2

Tema 6 :                         : Cita-Citaku

Subtema                        :  Hebatnya Cita-Citaku

Pembelajaran ke-          :  5

Fokus Pembelajaran      :  Bahasa Indonesia, dan PPKn,

Alokasi Waktu              :  6 x 35 menit (6 JP)

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui kegiatan menulis siswa mampu membuat sebuah puisi dengan menggunakan kata-kata dengan rima yang hampir sama dengan tepat.

2. Melalui kegiatan menulis puisi siswa mampu menuangkan gagasangagasan tentang cita-citanya dengan benar.

3. Melalui kegiatan membuat poster, siswa mampu menuangkan hasil pencariannya tentang bahasa daerah dan makanan khas daerah dengan menggunakan kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia dengan rinci.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

Ayo Berlatih

1.     Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang  betapa hebatnya seorang penulis cerita anak yang mempunyai peran yang sangat penting bagi pertumbuhan anak-anak. Guru juga membahas beberapa peran mereka.  Siswa lalu mencoba untuk mencari tahu lebih jauh tentang peran seorang penulis. Siswa juga mencoba menjawab beberapa pertanyaan di antaranya:

2.     Tahukah kamu peran penting penulis cerita lain yang kamu ketahui? 

3.     Apakah manfaat membaca buku cerita anak untukmu?

4.     Apakah manfaat membaca untukmu?

 

Ayo Mencoba

1.     Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang profesi seorang penulis cerita anak yang merupakan salah satu pekerja seni sastra tulis yang pekerjaannya merangkai kata-kata untuk menuangkan imajinasi dan pendapatnya tentang lingkungan sekitar agar orang lain dapat membaca dan merasakan hal yang sama. Guru membahas contoh lain dari karya sastra yaitu sebuah puisi karena kata-kata yang digunakan seringkali mempunyai makna yang dalam.  Namun Puisi menggunakan kalimat yang lebih pendek dibandingkan dengan karangan.

2.     Siswa kemudian mencoba membuat sebuah karangan puisi tentang cita-cita dengan mengukuti langkah-langkah:

Ayo Berlatih

3.     Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang bahasa daerah yang berbeda-beda di Indonesia sesuai dengan suku yang ada.  Siswa juga membahas tentang bahasa yang merupakan alat untuk melakukan komunikasi dan menyampaikan pesan kepada orang lain. Selain itu siswa juga membahas tentang  keunikan yang membedakan satu daerah dengan daerah lainnya.  Salah satunya selain bahasa daerah adalah makanan-makanan khasnya. Siswa lalu melakukan kegiatan kelompok dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

4.     Siswa menyajikan hasil pencariannya tentang bahasa daerah dan makanan khas ke dalam bentuk poster.

Ø  Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang menggunakan kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6)

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG  

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

..........................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 

Sekolah                         : SDN ……………….

Kelas /Semester             :  IV/2

Tema 6 :                         : Cita-Citaku

Subtema                        :  Hebatnya Cita-Citaku

Pembelajaran ke-          :  6

Fokus Pembelajaran      :  Bahasa Indonesia, dan SBdP

Alokasi Waktu              :  6 x 35 menit (6 JP)

 

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui kegiatan membaca puisi, siswa mampu mengomunikasikan puisi hasil karyanya sendiri dengan percaya diri.

2. Melalui kegiatan berkreasi, siswa mampu membuat sebuah tarian kreasi perpaduan tari-tari Merak. dengan baik.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa

Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).

Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.

Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

Ayo Mengamati

1.     Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan yang merupakan tugas polisi dalam pengabdiannya kepada masyarakat.

Ayo Mencoba

1.     Siswa lalu mencoba menceritakan gambar-gambar tersebut dengan teman sebangkunya secara bergantian. Siswa lalu mengamati gambar-gambar tersebut dan menjawab beberapa pertanyaan yang terdapat pada halaman ini.

2.     Siswa lalu membuat sebuah puisi yang isinya menceritakan tentang kehebatan polisi. Siswa membuat puisi tersebut dengan mengikuti langkah-langkah yang terdapat pada halaman ini lalu menyalin puisi dan menuliskan maknanya pada kolom yang terdapat pada halaman ini.

3.     Siswa kemudian membacakan puisi hasil karyanya di depan kelas dengan percaya diri.

Ayo Mencoba

Ø  Siswa mempertunjukkan hasil kerja kelompoknya untuk menarikan tari hasil kreasi kelompok yang merupakan kreasi dari tari merak yang berasal dari Jawa Barat. Siswa berlatih kembali beberapa gerakan hasil kreasinya dengan mengikuti irama dan ketukan dari musik pengiring tarian tersebut. Siswa bekerja sama dengan kelompoknya agar menghasilkan harmoni yang indah. Siswa menggunakan properti yang sederhana yang tersedia di sekitarnya untuk melengkapi pertunjukkan tarinya.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui WAG  

Kegiatan Penutup

Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme

Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN ..........................

 

 

 

..........................

 

..............................................

Guru Kelas

 

 

 

..........................

UNDUH RPP 1 lembar Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 2 semester 2

PDF : RPP 1 lembar Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 2 semester 2

DOC: RPP 1 lembar Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 2 semester 2

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...