|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEMESTER 1
|
Satuan
Pendidikan : SDN .................
Mata Pelajaran : Matematika
Bab 1 : Pecahanan Senilai
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Alokasi Waktu : 6 x 3 Jam (1 Pertemuan 3 JP)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
3.1
Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret.
4.1
Mengindetifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret.
PERTEMUAN
1 dan 2
C. Indikator:
3.1.1
Menyebutkan unsur-unsur pecahan.
4.1.1
Menunjukkan bentuk pecahan dari suatu gambar atau model konkret.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menyebutkan unsur-unsur pecahan
2. Siswa
dapat menunjukkan bentuk pecahan dari suatu gambar atau model konkret
v
Karakter siswa
yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
DeskripsiKegiatan |
AlokasiWaktu |
Pendahuluan |
¡ Guru mengajak peserta didik untuk
berdoa sebelum dan setelah pelajaran.Religius ¡ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
kepada peserta didik tentang Mengenal
Pecahan. ¡ Guru memberi peserta didik contoh
dalam kehidupan yang berkaitan dengan pecahan.Gotong Royong ¡ Guru membantu peserta didik dalam
merencanakan dan menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Mengenal Pecahan. Communication
|
.... menit |
Inti |
Mengamati §
Guru membimbing peserta didik untuk membuat kelompok dengan
3 atau 4 teman kelasnya.Collaboration §
Guru mengarahkan peserta didik untuk mencari atau mengambil
satu lembar kertas. §
Guru mengarahkan peserta didik untuk memikirkan cara
memotong kertas tersebut menjadi 8 bagian yang sama besar.
Menanya §
Guru menfasilitasi peserta didik untuk membuat pertanyaan
berkaitan dengan cara memotong kertas menjadi 8 bagian yang sama besar.
Kemudian guru membimbing peserta didik dalam memotong kertas agar menjadi 8
bagian sama besar.Critical Thinking and
Problem Solving
Mencoba §
Guru mendampingi peserta didik dalam membagikan potongan
kertas tersebut untuk setiap anggota kelompok.Gotong Royong §
Guru menegasakan bahwa kertas yang diperoleh masing-masing
anggota kelompok mungkin tidak sama karena berhubungan dengan jumlah potongan
kertas dan jumlah anggota masing-masing kelompok. §
Guru membimbing peserta didik dalam mengisi Tabel 1.1 yang
ada pada buku siswa.Communication
Menalar §
Guru menalarkan peserta didik untuk menyebutkan unsur-unsur
pecahan berdasarkan Tabel 1.1 pada buku siswa.Mandiri §
Guru mendampingi peserta didik dalam menentukan bentuk
pecahan yang diarsir pada gambar di Kegiatan 1.1
Mengkomunikasikan §
Guru mengarahkan peserta didik untuk menyampaikan hasil
kegiatannya di depan kelas
|
.... menit |
Penutup |
§
Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Mengenal PecahanIntegritas §
Guru melakukan evaluasi tentang Mengenal Pecahan, serta menugaskan peserta didik untuk
mempelajari materi selanjuutnya.Mandiri §
Guru menginformasikan materi selanjutnya, yaitu Menentukan Letak Pecahan pada Garis
Bilangan.Communication |
.... menit |
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas IV tahun 2016
¡ Kamus Matematika yang relevan
¡ Ensiklopedia Matematika yang relevan
¡ Benda-benda yang ada di sekitar
sekolah seperti benda yang dapat dibagi menjadi beberapa bagian sama besar
seperti kertas, buah-buahan, pita, tali, dan lain sebagainnya.
G. MATERI PEMBELAJARAN
§ Mengenal
Pecahan
H. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Penilaian
1) Penilaian
Kegiatan 1.1
Untuk
menilai kompetensi yang dicapai dalam proses pembelajaran tentang Mengenal
Pecahan, guru dapat menilai berdasarkan aspek sebagai berikut.
Instrumen
Penilaian Kegiatan 1.1
No |
Nama Peserta Didik |
Aspek yang Dinilai |
Keterangan |
|||||||||
Aspek Sikap Spiritual |
Aspek Pengetahuan |
Aspek Keterampilan |
||||||||||
Berdoa Sebelum dan setelah Pelajaran |
Ketetapan dalam Menyebutkan
Unsur-Unsur Pecahan |
Keterampilan Membagi Kertas Menjadi
8 Bagian Sama Besar |
Keterampilan dalam menunjukkan
Bentuk Pecahan dari Suatu Gambar |
|||||||||
Ya |
Tidak |
Ya |
Tidak |
3 |
2 |
1 |
3 |
2 |
1 |
|||
1. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
2. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan
Diisi
dengan tanda cek (ü)
Kategori
penilaian aspek sikap spiritual
“Ya”
diberi skor = 1,
“Tidak”
diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek pengetahuan
“Ya”
diberi skor = 1,
“Tidak”
diberi skor = 0
Kategori
penilaian aspek keterampilan
3 =
kertas terbagi menjadi 8 sama besar/bentuk pecahan yang ditujukkan benar dan
dilakukan dengan cepat
2 =
kertas terbagi menjadi 8 sama besar/bentuk pecahan yang ditujukkan benar tetapi
dilakukan dengan lambat
1 =
kertas terbagi menjadi 8 tetapi tidak sama besar/bentuk pecahan yang ditujukkan
salah
Skor
maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 8.
Nilai = Total skor x 100
Skor maksimal
2)
Penilaian Tugas Rumah
Untuk menilai pemahaman dan
penguasaan peserta didik terhadap materi Mengenal
Pecahan, guru dapat menggunakan instrumen penilaian tugas rumah beriku.
Instrumen Penilaian Tugas Rumah
No |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
1.a |
Ketepatan menentukan pecahan dari suatu permasalahan kontekstual untuk
kakek. |
... |
B |
Ketepatan menentukan pecahan dari suatu permasalahan kontekstual untuk
ayah. |
... |
C |
Ketepatan menentukan pecahan dari suatu permasalahan kontekstual untuk
ibu. |
... |
D |
Ketepatan menentukan pecahan dari suatu permasalahan kontekstual untuk
adik. |
... |
E |
Ketepatan menentukan pecahan dari suatu permasalahan kontekstual untuk
Roni. |
... |
2 |
Ketepatan dalam menentukan pembilang dan penyebut dari suatu pecahan |
... |
3.a |
Ketepatan menentukan pecahan sebuah gambar yang menyatakan bagian daerah
yang diarsir terhadap keseluruhan |
... |
B |
Ketepatan menentukan pecahan sebuah gambar yang menyatakan bagian daerah
yang diarsir terhadap keseluruhan |
... |
C |
Ketepatan menentukan pecahan sebuah gambar yang menyatakan bagian daerah
yang diarsir terhadap keseluruhan |
... |
D |
Ketepatan menentukan pecahan sebuah gambar yang menyatakan bagian daerah
yang diarsir terhadap keseluruhan |
... |
Total Skor |
... |
Keterangan
Pemberian skor
2 = jawaban tepat,
1 = jawaban kurang tepat,
0 = tidak menjawab.
Skor maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 20.
Nilai = Total
skor x 100
Skor Maksimal
PERTEMUAN 3 dan 4
C. INDIKATOR
3.1.2
Membandingkan pecahan.
4.1.2
Mengurutkan beberapa pecahan.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat membandingkan pecahan.
2. Siswa
dapat mengurutkan beberapa pecahan.
v
Karakter siswa
yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
DeskripsiKegiatan |
AlokasiWaktu |
Pendahuluan |
¡ Guru memberi salam dan menyapa
peserta didik.Religius ¡ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
kepada peserta didik tentang Menentukan
Letak Pecahan pada Garis Bilangan.Communication ¡ Guru membantu peserta didik dalam
merencanakan dan menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Menentukan Letak Pecahan pada Garis
Bilangan.
|
.... menit |
Inti |
Mengamati §
Guru membimbing peserta didik untuk membuat kelompok yang
terdiri 3 atau 4 orang.Collaboration §
Guru mengarahkan peserta didik untuk mengamati
pecahan-pecahan yang diberikan pada kegiatan 1.2.Mandiri §
Guru mengarahkan peserta didik untuk mengelompokkan
pecahan-pecahan tersebut berdasarkan penyebut yang sama.Gotong
Royong
Menanya §
Guru menfasilitasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan
kepada guru tentang cara menuliskan letak pecahan dengan garis bilangan.Communication
Mencoba §
Guru membimbing peserta didik dalam menuliskan
pecahan-pecahan tersebut pada garis bilangan berdasarkan kelompoknya.Mandiri
Menalar §
Guru mendampingi peserta didik dalam membandingkan
pecahan-pecahan pada langkah 7 di Kegiatan 1.2.Critical Thinking and
Problem Solving §
Guru mendampingi peserta didik mengurutkan pecahan-pecahan
yang diberikan pada langkah 2 di Kegiatan 1.2 dari paling kecil hingga paling
besar.Creativity and Innovation
Mengkomunikasikan §
Guru mengarahkan peserta didik untuk menuliskan hasil
kerjanya di papan tulis.
|
.... menit |
Penutup |
§
Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Menentukan Letak Pecahan pada Garis
Bilangan Integritas §
Guru melakukan evaluasi tentang Menentukan Letak Pecahan pada Garis Bilangan, serta menugaskan
peserta didik untuk mempelajari materi selanjuutnya.Mandiri §
Guru menginformasikan materi selanjutnya, yaitu Menentukan Pecahan Senilai.Communication |
.... menit |
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas IV tahun 2016
¡ Kamus Matematika yang relevan
¡ Ensiklopedia Matematika yang relevan
¡ Benda-benda yang dapat digunakan
sebagai media atau alat bantu pembelajaran yang berkaitan dengan garis bilangan
seperti bambu.
G. MATERI PEMBELAJARAN
§ Menentukan
Letak Pecahan pada Garis Bilangan
H. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Penilaian
1) Penilaian
Kegiatan 1.2
Untuk
menilai kompetensi yang dicapai dalam proses pembelajaran tentang tentang
Menentukan Letak Pecahan pada Garis Bilangan, guru dapat menilai berdasarkan
aspek sebagai berikut.
Instrumen
Penilaian Kegiatan 1.2
No |
Nama Peserta Didik |
Aspek yang Dinilai |
Keterangan |
||||||
Aspek Sikap Sosial |
Aspek Pengetahuan |
Aspek Keterampilan |
|||||||
Toleransi dalam Berdiskusi |
Ketetapan dalam Membandingkan Nilai Dua Pecahan |
Keterampilan Mengurutkan Beberapa Pecahan |
|||||||
Ya |
Tidak |
Ya |
Tidak |
3 |
2 |
1 |
|||
1. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
2. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan
Diisi
dengan tanda cek (ü)
Kategori
penilaian aspek sikap sosial
“Ya”
diberi skor = 1,
“Tidak”
diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek pengetahuan
“Ya”
diberi skor = 1,
“Tidak”
diberi skor = 0
Kategori
penilaian aspek keterampilan
3 =
urutan benar dan dilakukan dengan cepat
,
2 = urutan
benar tetapi dilakukan dengan lambat,
1 =
urutan salah.
Skor
maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 5.
Nilai = Total skor x 100
Skor maksimal
PERTEMUAN
4 dan 6
C. INDIKATOR:
3.1.3
Menjelaskan pecahan senilai dengan gambar dan model konkret.
4.1.3
Mengidentifikasi pecahan senilai dengan gambar dan model konkret.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menjelaskan pecahan senilai dengan gambar dan model konkret.
2. Siswa
dapat mengidentifikasi pecahan senilai dengan gambar dan model konkret.
v
Karakter siswa
yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
DeskripsiKegiatan |
AlokasiWaktu |
Pendahuluan |
¡ Guru mengajak peserta didik untuk
berdoa sebelum dan setelah pelajaran.Religius ¡ Guru mengabsen kehadiran peserta
didik. ¡ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
kepada peserta didik tentang Menentukan
Pecahan Senilai. Communication ¡ Guru membantu peserta didik dalam
merencanakan dan menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Menentukan Pecahan Senilai. ¡ Guru membimbing peserta didik untuk
mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk melakukan Kegiatan 1.3
|
.... menit |
Inti |
Mengamati §
Guru mengarahkan peserta didik untuk menggambar tiga persegi
panjang yang masing-masing memiliki panjang 8 cm dan lebar 1 cm.Mandiri §
Guru membimbing peserta didik untuk memotong masing-masing
gambar persegi panjang tersebut. §
Guru mendampingi peserta didik dalam memotong persegi
panjang yang pertama menjadi 2 bagian, persegi panjang yang kedua menjadi 4
bagian, dan persegi panjang yang ketiga menjadi 8 bagian.
Menanya §
Guru menfasilitasi peserta didik untuk bertanya apakah cara
memotong yang dilakukan sudah benar.
Mencoba §
Guru mengarahkan peserta didik untuk mengecek
potongan-potongan persegi panjang.Critical Thinking and
Problem Solving §
Guru membimbing peserta didik dalam
menyusun potongan-potongan kertas tersebut sehingga baris pertama berisi bagian dari seluruh kertas yang
panjangnya 4 cm dan lebarnya 1 cm. Baris kedua berisi bagian dari seluruh kertas yang
panjangnya 2 cm dan lebarnya 1 cm. Baris ketiga berisis bagian dari seluruh kertas yang
panjangnya 1 cm dan lebarnya 1 cm.Creativity and Innovation
Menalar §
Guru mengarahkan peserta didik untuk mencermati panjang
masing-masing susunan.Mandiri § Guru membimbing peserta didik untuk
menyimpulkan bahwa , , dan merupakan pecahan-pecahan yang senilai
berdasarkan susunan persegi panjang pada ketiga baris tersebut. § Guru mengarahkan peserta didik untuk
memilik gambar-gambar pada langkah kegiatan 7 yang menunjukkan daerah yang
diarsir memiliki pecahan senilai dengan Mengkomunikasikan §
Guru mengarahkan peserta didik untuk maju ke depan kelas dan
menjelaskan pecahan senilai serta menyebutkan gambar-gambar yang memiliki
pecahan senilai dengan .Communication
|
.... menit |
Penutup |
§
Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Menentukan Pecahan Senilai. Integritas §
Guru melakukan evaluasi tentang Menentukan Pecahan Senilai.Mandiri
|
.... menit |
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas IV tahun 2016
¡ Kamus Matematika yang relevan
¡ Ensiklopedia Matematika yang relevan
¡ Benda-benda yang dapat digunakan
untuk menggambarkan pecahan senilai seperti apel, semangka, melon, dan
benda-benda lain yang dapat dibagi menjadi beberapa bagian sama besar.
G. MATERI PEMBELAJARAN
§ Menentukan
Pecahan Senilai
H. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Penilaian
1) Penilaian
Kegiatan 1.3
Untuk
menilai kompetensi yang dicapai dalam proses pembelajaran tentang Menentukan
Pecahan Senilai, guru dapat menilai berdasarkan aspek sebagai berikut.
Instrumen
Penilaian Kegiatan 1.3
No |
Nama Peserta Didik |
Aspek yang Dinilai |
Keterangan |
||||||
Aspek Sikap Sosial |
Aspek Pengetahuan |
Aspek Keterampilan |
|||||||
Gotong Royong dalam Melakukan
Kegiatan |
Ketetapan dalam Menjelaskan Pecahan
Senilai dengan Gambar atau Model Konkret |
Keterampilan Mengidentifikasi
Pecahan Senilai dengan Gambar atas Model Konkret |
|||||||
Ya |
Tidak |
3 |
2 |
1 |
Terampil |
Tidak Terampil |
|||
1. |
... |
... |
... |
... |
... |
|
... |
|
... |
2. |
... |
... |
... |
... |
... |
|
... |
|
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
|
... |
|
... |
Keterangan
Diisi dengan
tanda cek (ü)
Kategori
penilaian aspek sikap sosial
“Ya”
diberi skor = 1,
“Tidak”
diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek pengetahuan
3 =
semuanya tepat,
2 =
ada yang tidak tepat,
1 =
tidak ada yang tepat
Kategori
penilaian aspek keterampilan
“Terampil”
diberi skor = 1,
“Tidak
Terampil” diberi skor = 0.
Skor
maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 5.
Nilai = Total skor x 100
Skor maksimal
Mengetahui Kepala Sekolah
......................................... NIP : |
..................., … Juli … Guru Kelas IV
................................................... NIP : |
Catatan Kepala Sekolah :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
DOWNLOAD RPP MATEMATIKA BAB 1 PECAHAN SENILAI :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar