RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran
Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 3 : Peduli
Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Hewan
dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah
mengamati, siswa mampu mengidentifikasi bagian-bagian tumbuh tumbuhan dan
fungsinya.
2.
Setelah
mengamati, siswa menulis laporan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya dengan
benar.
3.
Dengan
mengamati gambar, siswa mampu membuat daftar pertanyaan untuk persiapan
wawancara dengan tepat.
4.
Dengan
mengamati gambar, siswa mampu membuat pertanyaan tertulis menggunakan kosa kata
baku dan kalimat efektif untuk persiapan wawancara dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli
Terhadap Makhluk Hidup”. ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
|
10 menit |
Inti |
• Siswa diingatkan kembali pada
pentingnya peran tumbuhan sebagai sumber daya alam hayati. Communication • Guru membuka kegiatan dengan
memperlihatkan satu jenis tumbuhan yang lengkap dengan bagian-bagiannya:
akar, batang, daun, dan buah/bunga. (Mengamati) • Guru mengajukan pertanyaan:
(Menanya) -
Apa
fungsi dari setiap bagian tumbuhan? -
Bagian
manakah dari tumbuhan yang berfungsi untuk mempertahankan kelestarian
tumbuhan tersebut? (biji) • Siswa membaca senyap teks tentang
manfaat setiap bagian tumbuhan yang terdapat di buku. Literasi • Siswa kemudian berdiskusi beberapa
teman dalam kelompok kecil untuk menjawab pertanyaan tentang bagian tumbuhan
lain yang berfungsi untuk mempertahankan kelestarian tumbuhan .
(Mengomunikasikan) • Siswa membaca teks singkat dan
menjawab pertanyaan terkait materi tentang upaya manusia untuk menjaga
kelestarian lingkungan. • Pengamatan: Setiap siswa akan
memilih satu tanaman kemudian akan mengamati tanaman tersebut. Siswa
mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan, fungsi dan menuliskan laporannya.
Siswa akan mendiskusikan hasil pengamatannya secara berkelompok. Siswa
menuliskan hasil laporannya di kertas lain. Untuk melengkapi laporannya siswa
bisa menyertakan gambar. Critical
Thinking and Problem Solving • Di akhir kegiatan untuk memahami
lebih jauh tentang bagian tumbuhan dan pelestariannya, siswa kemudian praktek
menanam satu jenis biji di dalam pot. (Mempraktekkan) • Siswa diberikan tanggung jawab untuk
merawat tanamannya hingga besar dan berbuah. Nasionalis • Kegiatan ini merupakan wujud nyata
siswa dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan. |
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi) ¡
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti. ¡
Melakukan
penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli .... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian
Sikap
No |
Nama |
Perubanan
tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung
Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. IPA
Laporan identifikasi tanaman
Kreiteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Identifikasi Bagianbagian |
Mengidetifikasi semua
bagian tumbuhan dengan
cermat |
Mengidetifikasi sebagian besar
bagian tumbuhan dengan
cermat |
Mengidentifikasi sebagian
bagian tumbuhan dengan
cermat |
Mengidetifikasi sebagian kecil
bagian tumbuhan dengan
cermat |
Identifikasi Fungsi |
Menjelaskan semua
fungsi dari
tumbuhan dengan
benar |
Menjelaskan sebagian
besar fungsi
dari tumbuhan dengan
benar |
Menjelaskan sebagian
fungsi dari
tumbuhan dengan
benar |
Menjelaskan sebagian
kecil fungsi
dari tumbuhan dengan
benar |
Sikap
Rasa Ingin
Tahu |
Tampak antusias
dan mengajukan banyak
ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak
cukup antusias
dan terkadang mengajukan ide
dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak
kurang antusias dan
tidak mengajukan
ide dan
pertanyaan selama
kegiatan. |
Tidak
tampak antusias
dan perlu
dimotivasi untuk mengajukan ide
dan pertanyaan. |
Catatan:
penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1
2.
Bahasa Indonesia
Daftar pertanyaan siswa dinilai
menggunakan rubrik
Kreiteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Daftar Pertanyaan |
Semua pertanyaan tepat. |
Sebagian besar pertanyaan tepat. |
Hanya sebagian
kecil pertanyaan tepat. |
Belum
mampu membuat pertanyaan dengan
tepat.
|
Kosa
Kata Baku |
Menggunakan kosa
kata baku dalam
semua pertanyaan. |
Menggunakan kosa
kata baku
dalam sebagian
besar pertanyaan. |
Menggunakan kosa
kata baku dalam
sebagian kecil
pertanyaan. |
Belum
mampu menggunakan kosa
kata baku
dalam pertanyaan. |
Kalimat Efektif |
Menggunakan kalimat
efektif dalam
semua pertanyaan. |
Menggunakan kalimat efektif
dalam sebagian
besar pertanyaan. |
Menggunakan kalimat efektif
dalam sebagian
kecil pertanyaan. |
Belum
mampu menggunakan kalimat
efektif dalam
semua pertanyaan. |
Sikap: Mandiri |
Tugas diselesaikan dengan mandiri. |
Sebagian besar
tugas diselesaikan dengan mandiri. |
Tugas diselesaikan dengan
motivasi dan
bimbingan guru. |
Belum
dapat menyeselesaikan tugas meski telah
diberikan motivasi
dan bimbingan. |
Catatan: penilaian (penskoran) dapat
dilihat contohnya pada pembelajaran 1
3.
Penilaian sikap teliti, kreatif, rasa
ingin tahu.
No |
Sikap |
Belum
Terlihat |
Mulai
Terlihat |
Mulai Ber-kembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Teliti |
|
|
P |
|
|
2 |
Bertanggung Jawab |
|
P |
|
|
|
3 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
PENGAYAAN
• Apabila memiliki waktu, siswa dapat diberikan materi tentang
kalimat efektif dan kosa kata baku.
REMEDIAL
• Siswa yang belum memahami manfaat bagian tumbuhan, dapat
diberikan sumber bacaan yang dilengkapi gambar. Siswa dimotivasi untuk membaca
dengan teliti. Siswa dapat mengerjakan latihan tertulis (kuis, pertanyaan
essay) terkait materi yang belum dipahami.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3:
https://drive.google.com/file/d/1w4hpU0LSsODdaX30jGfry6yRDSC-0wIQ/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar