Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan         :    SD/MI  .....................

Kelas / Semester              :     IV (Empat) / 1

Tema 3                              :     Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Sub Tema 1                      :     Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku

Pembelajaran                    :     3

Alokasi Waktu                   :     1 Hari

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Setelah mengamati, siswa mampu mengidentifikasi bagian-bagian tumbuh tumbuhan dan fungsinya.

2.     Setelah mengamati, siswa menulis laporan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya dengan benar.

3.     Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara dengan tepat.

4.     Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat pertanyaan tertulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif untuk persiapan wawancara dengan benar.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeduli Terhadap Makhluk Hidup”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

 

10 menit

Inti

       Siswa diingatkan kembali pada pentingnya peran tumbuhan sebagai sumber daya alam hayati. Communication

       Guru membuka kegiatan dengan memperlihatkan satu jenis tumbuhan yang lengkap dengan bagian-bagiannya: akar, batang, daun, dan buah/bunga. (Mengamati)

       Guru mengajukan pertanyaan: (Menanya)

-        Apa fungsi dari setiap bagian tumbuhan?

-        Bagian manakah dari tumbuhan yang berfungsi untuk mempertahankan kelestarian tumbuhan tersebut? (biji)

       Siswa membaca senyap teks tentang manfaat setiap bagian tumbuhan yang terdapat di buku. Literasi

       Siswa kemudian berdiskusi beberapa teman dalam kelompok kecil untuk menjawab pertanyaan tentang bagian tumbuhan lain yang berfungsi untuk mempertahankan kelestarian tumbuhan . (Mengomunikasikan)

       Siswa membaca teks singkat dan menjawab pertanyaan terkait materi tentang upaya manusia untuk menjaga kelestarian lingkungan.

       Pengamatan: Setiap siswa akan memilih satu tanaman kemudian akan mengamati tanaman tersebut. Siswa mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan, fungsi dan menuliskan laporannya. Siswa akan mendiskusikan hasil pengamatannya secara berkelompok. Siswa menuliskan hasil laporannya di kertas lain. Untuk melengkapi laporannya siswa bisa menyertakan gambar. Critical Thinking and Problem Solving

1

       Di akhir kegiatan untuk memahami lebih jauh tentang bagian tumbuhan dan pelestariannya, siswa kemudian praktek menanam satu jenis biji di dalam pot. (Mempraktekkan)

       Siswa diberikan tanggung jawab untuk merawat tanamannya hingga besar dan berbuah. Nasionalis

       Kegiatan ini merupakan wujud nyata siswa dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan.

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. IPA

Laporan identifikasi tanaman

Kreiteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan (1)

Identifikasi

Bagianbagian

Mengidetifikasi

semua bagian

tumbuhan

dengan cermat

Mengidetifikasi

sebagian

besar bagian

tumbuhan

dengan cermat

Mengidentifikasi

sebagian bagian

tumbuhan

dengan cermat

Mengidetifikasi

sebagian

kecil bagian

tumbuhan

dengan cermat

Identifikasi

Fungsi

Menjelaskan

semua fungsi

dari tumbuhan

dengan benar

Menjelaskan

sebagian besar

fungsi dari

tumbuhan

dengan benar

Menjelaskan

sebagian fungsi

dari tumbuhan

dengan benar

Menjelaskan

sebagian kecil

fungsi dari

tumbuhan

dengan benar

Sikap Rasa

Ingin Tahu

Tampak

antusias dan

mengajukan

banyak ide dan

pertanyaan

selama

kegiatan.

Tampak cukup

antusias dan

terkadang

mengajukan

ide dan

pertanyaan

selama

kegiatan.

Tampak kurang

antusias

dan tidak

mengajukan ide

dan pertanyaan

selama kegiatan.

Tidak tampak

antusias dan

perlu dimotivasi

untuk

mengajukan

ide dan

pertanyaan.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

 

2. Bahasa Indonesia

Daftar pertanyaan siswa dinilai menggunakan rubrik

Kreiteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan (1)

Daftar

Pertanyaan

Semua

pertanyaan

tepat.

Sebagian

besar

pertanyaan

tepat.

Hanya

sebagian kecil

pertanyaan

tepat.

Belum mampu

membuat

pertanyaan

dengan tepat.

 

Kosa Kata

Baku

Menggunakan

kosa kata baku

dalam semua

pertanyaan.

Menggunakan

kosa kata

baku dalam

sebagian besar

pertanyaan.

Menggunakan

kosa kata baku

dalam sebagian

kecil pertanyaan.

Belum mampu

menggunakan

kosa kata

baku dalam

pertanyaan.

Kalimat

Efektif

Menggunakan

kalimat efektif

dalam semua

pertanyaan.

Menggunakan

kalimat

efektif dalam

sebagian besar

pertanyaan.

Menggunakan

kalimat

efektif dalam

sebagian kecil

pertanyaan.

Belum mampu

menggunakan

kalimat efektif

dalam semua

pertanyaan.

Sikap:

Mandiri

Tugas

diselesaikan

dengan

mandiri.

Sebagian

besar tugas

diselesaikan

dengan

mandiri.

Tugas

diselesaikan

dengan motivasi

dan bimbingan

guru.

Belum dapat

menyeselesaikan

tugas

meski

telah diberikan

motivasi dan

bimbingan.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

 

3.       Penilaian sikap teliti, kreatif, rasa ingin tahu.

No

Sikap

Belum Terlihat

Mulai Terlihat

Mulai Ber-kembang

Membu-daya

Ket.

1

Teliti

 

 

P

 

 

2

Bertanggung Jawab

 

P

 

 

 

3

Disiplin

 

 

 

 

 

 

 

 

PENGAYAAN

• Apabila memiliki waktu, siswa dapat diberikan materi tentang kalimat efektif dan kosa kata baku.

 

REMEDIAL

• Siswa yang belum memahami manfaat bagian tumbuhan, dapat diberikan sumber bacaan yang dilengkapi gambar. Siswa dimotivasi untuk membaca dengan teliti. Siswa dapat mengerjakan latihan tertulis (kuis, pertanyaan essay) terkait materi yang belum dipahami.

 

 

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3:

https://drive.google.com/file/d/1w4hpU0LSsODdaX30jGfry6yRDSC-0wIQ/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...