Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 1                        :    Indahnya Kebersamaan

Sub Tema 3                 :    Bersyukur atas Keberagaman

Pembelajaran               :    2

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah bereksplorasi, siswa mampu menentukan besar sudut dalam pada segi banyak dengan benar.

2.    Setelah berdiskusi, siswa mampu membuktikan hubungan banyak sisi dan besar sudut pada segi banyak beraturan dengan benar.

3.    Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan bahwa keberagaman akan memperkaya ketika bekerjasama dengan terperinci.

4.    Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman diri bekerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.

5.    Setelah berlatih, siswa mampu mempraktikkan tarian Tari Bungong Jeumpa dengan formasi dan iringan musik dengan benar.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”. Integritas

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Siswa membaca teks cerita yang ada di buku siswa secara individu. Siswa membaca dengan membaca senyap. Literasi

§  Siswa dibagi ke dalam kelompok. Guru bisa mengubah pengelompokkan dari kelompok yang ada di sesi 1.  Gotong Royong

§  Siswa mendiskusikan pertanyaan berikut. Siswa menulis jawabannya pada kalender bekas. Siswa menulis dalam ukuran yang cukup besar supaya mudah terbaca. (Menanya)

§  Guru menanyakan kepada siswa, pengalaman mereka bekerjasama dalam perbedaan. Siswa bisa menyampaikan pengalamannya kepada teman sebelahnya. Guru juga bisa berbagi cerita pengalamannya bekerjsama dalam keberagaman. Literasi

§  Siswa diminta menuliskan pengalamannya bekerjsama dalam perbedaan.

Hal-hal yang ditulis:

1. Jenis kerjasama.

2. Perbedaan yang ada.

3. Manfaat dari kerjasama dalam perbedaan.

4. Nilai-nilai baik yang bisa kamu ambil.

§  Siswa kembali berlatih tarian Tari Bungong Jeumpa dengan kelompoknya. Mandiri

§  Siswa berlatih dengan gerakan dasar dan formasi yang benar. Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa berlatih dengan iringan musik tanpa aba-aba hitungan.

§  Guru memotivasi siswa bahwa menari menggunakan penghayatan.

§  Guru menyampaikan rubrik yang akan digunakan pada penilaianpembelajaran ke 6.

150 menit

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran Religius

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. PPKn: Cerita pengalaman bekerjasama

Kriteria

Ya

tidak

Menceritakan satu pengalamam kerjasama dengan terperinci

 

 

Menjelaskan perbedaan yang ada pada saat kerjasama

 

 

Menuliskan manfaat kerjasama tersebut bagi dirinya

 

 

Menuliskan manfaat kerjasama tersebut bagi dirinya

 

 

Menjelasakan hal-hal baik yang bisa diambil

 

 

 

2. SBdP: Menari

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Gerakan

Seluruh gerakan

yang ditunjukkan

saat menari

sesuai dengan

ketentuan tarian.

Sebagian besar

gerakan yang

ditunjukkan

saat menari

sesuai dengan

ketentuan tarian.

Sebagian gerakan

yang ditunjukkan

saat menari

sesuai dengan

ketentuan tarian.

Hanya sebagian

kecil gerakan

yang ditunjukkan

saat menari

sesuai dengan

ketentuan tarian.

Teknik Menari

Menarikan

sebuah tarian

dengan

menunjukkan.

• sikap tubuh

yang sesuai

dengan

tarian yang

dibawakan

• gerakan yang

dibawakan

sesuai dengan

irama

• gerakan yang

dibawakan

sesuai dengan

tempo

sehingga

tarian yang

ditunjukkan

terlihat

harmonis

Hanya

menunjukkan 2

hal dari 3 kriteria

yang diharapkan.

Tarian yang

dihasilkan cukup

harmonis.

Hanya

menunjukkan 1

hal dari 3 kriteria

yang diharapkan.

Tarian yang

dihasilkan kurang

harmonis.

Tidak memenuhi

kriteria yang

diharapkan.

Ekspresi

Memberikan

penjiwaan saat

menari yang

memperhatikan

jenis tarian

sehingga pesan

dari tarian bisa

dimengerti oleh

penonton.

Ada beberapa

penjiwaan yang

kurang sesuai

dengan jenis

tarian. Pesan dari

tarian tetap bisa

dimengerti oleh

penonton.

Kurang bisa

memberikan

penjiwaan saat

menari sehingga

pesan dari

tarian kurang

dimengerti oleh

penonton.

Tidak bisa

memberikan

penjiwaan saat

menari sehingga

pesan dari tarian

tidak dimengerti

oleh penonton.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1.

 

3. Diskusi: Diskusi hubungan sisi dan sudut pada segi banyak

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

Selalu

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara.

Mendengarkan

teman yang

berbicara namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara

namun tidak

mengindahkan.

Komunikasi non

verbal (kontak

mata, bahasa

tubuh, postur,

ekspresi wajah,

suara).

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non

verbal dengan

tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi non

verbal yang

ditunjukkan

teman.

Membutuhkan

bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi non

verbal yang

ditunjukkan

teman.

Partisipasi

(menyampaikan

ide, perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan

secara

rinci,namun

terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1.

 

 


DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2:

https://drive.google.com/file/d/1OyVE9YEzQa3QdMRR82nYgsJIrUS0oV1e/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...