RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3 : Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah bereksplorasi, siswa mampu
menentukan besar sudut dalam pada segi banyak dengan benar.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu membuktikan
hubungan banyak sisi dan besar sudut pada segi banyak beraturan dengan benar.
3.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menjelaskan bahwa keberagaman akan memperkaya ketika bekerjasama dengan
terperinci.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan
pengalaman diri bekerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.
5.
Setelah berlatih, siswa mampu
mempraktikkan tarian Tari Bungong Jeumpa dengan formasi dan iringan musik
dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius ¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”. Integritas ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§
Siswa membaca teks cerita yang ada
di buku siswa secara individu. Siswa membaca dengan membaca senyap. Literasi §
Siswa dibagi ke dalam kelompok. Guru
bisa mengubah pengelompokkan dari kelompok yang ada di sesi 1. Gotong Royong §
Siswa mendiskusikan pertanyaan
berikut. Siswa menulis jawabannya pada kalender bekas. Siswa menulis dalam
ukuran yang cukup besar supaya mudah terbaca. (Menanya) §
Guru menanyakan kepada siswa,
pengalaman mereka bekerjasama dalam perbedaan.
Siswa bisa menyampaikan pengalamannya kepada teman sebelahnya. Guru juga bisa berbagi
cerita pengalamannya bekerjsama dalam
keberagaman. Literasi §
Siswa diminta menuliskan
pengalamannya bekerjsama dalam perbedaan. Hal-hal yang ditulis: 1. Jenis kerjasama. 2. Perbedaan yang ada. 3. Manfaat dari kerjasama dalam perbedaan. 4. Nilai-nilai baik yang bisa kamu ambil. §
Siswa kembali berlatih tarian Tari
Bungong Jeumpa dengan kelompoknya. Mandiri §
Siswa berlatih dengan gerakan dasar
dan formasi yang benar. Critical Thinking and
Problem Solving §
Siswa berlatih dengan iringan musik
tanpa aba-aba hitungan. §
Guru memotivasi siswa bahwa menari
menggunakan penghayatan. § Guru
menyampaikan rubrik yang akan digunakan pada penilaianpembelajaran ke 6. |
150 menit |
Penutup |
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
/ rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. ¡
Melakukan penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. PPKn: Cerita pengalaman
bekerjasama
Kriteria |
Ya |
tidak |
Menceritakan satu pengalamam
kerjasama dengan terperinci |
|
|
Menjelaskan perbedaan yang
ada pada saat kerjasama |
|
|
Menuliskan manfaat kerjasama
tersebut bagi dirinya |
|
|
Menuliskan manfaat kerjasama
tersebut bagi dirinya |
|
|
Menjelasakan hal-hal baik
yang bisa diambil |
|
|
2. SBdP: Menari
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Gerakan |
Seluruh gerakan yang ditunjukkan saat menari sesuai dengan ketentuan tarian. |
Sebagian besar gerakan yang ditunjukkan saat menari sesuai dengan ketentuan tarian. |
Sebagian gerakan yang ditunjukkan saat menari sesuai dengan ketentuan tarian. |
Hanya sebagian kecil gerakan yang ditunjukkan saat menari sesuai dengan ketentuan tarian. |
Teknik Menari |
Menarikan sebuah tarian dengan menunjukkan. • sikap tubuh yang sesuai dengan tarian yang dibawakan • gerakan yang dibawakan sesuai dengan irama • gerakan yang dibawakan sesuai dengan tempo sehingga tarian yang ditunjukkan terlihat harmonis |
Hanya menunjukkan 2 hal dari 3 kriteria yang diharapkan. Tarian yang dihasilkan cukup harmonis. |
Hanya menunjukkan 1 hal dari 3 kriteria yang diharapkan. Tarian yang dihasilkan kurang harmonis. |
Tidak memenuhi kriteria yang diharapkan. |
Ekspresi |
Memberikan penjiwaan saat menari yang memperhatikan jenis tarian sehingga pesan dari tarian bisa dimengerti oleh penonton. |
Ada beberapa penjiwaan yang kurang sesuai dengan jenis tarian. Pesan dari tarian tetap bisa dimengerti oleh penonton. |
Kurang bisa memberikan penjiwaan saat menari sehingga pesan dari tarian kurang dimengerti oleh penonton. |
Tidak bisa memberikan penjiwaan saat menari sehingga pesan dari tarian tidak dimengerti oleh penonton. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada
Pembelajaran 1.
3. Diskusi: Diskusi hubungan
sisi dan sudut pada segi banyak
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada
Pembelajaran 1.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2:
https://drive.google.com/file/d/1OyVE9YEzQa3QdMRR82nYgsJIrUS0oV1e/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar