RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 : Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran :
3
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan percobaan, siswa mampu
mengidentifikasi perubahan bentuk energi angin dalam kehidupan sehari-hari
dengan tepat.
2.
Dengan percobaan, siswa mampu
menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi angin
menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan sistematis.
3.
Dengan membaca teks visual, siswa
mampu mengidentifikasi informasi yang ada dengan cermat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡ Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”. ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. ¡
Menyanyi lagu Indonesia Raya Nasionalis |
10 menit |
Inti |
§
Sebagai kegiatan pembuka, Guru
memasuki ruang kelas membawa sebuah kincir kertas/plastik. Communication §
Guru mengajukan pertanyaan
tantangan: -
Bagaimana cara membuat kincir ini
berputar kencang? Lakukan dengan beberapa cara yang berbeda! (Menanya) §
Siswa yang mengacungkan tangan
diminta untuk mempraktikkan cara yang diajukan menggunakan kincir tersebut. Mandiri §
Siswa kemudian membaca teks singkat
tentang kegiatan yang akan mereka lakukan. Literasi §
Siswa membuat kincir berdasarkan
instruksi di buku. Siswa mengamati teks visual dan intruksi yang ada di buku
siswa. Guru memotivasis siswa untuk membaca dengan cermat teks yang ada. Guru
meminta siswa untuk saling menceritakan isi teks kepada temannya. Guru
berkeliling dan membuat catatan bagi siswa yang masih kesulitan memahami
gagasan dari teks yang dibacanya. (Mengekplorasi) §
Siswa membaca dengan teliti panduan
keselamatan kerja sebelum mulai membuat kincir. §
Siswa membuat kincir berdasarkan
instruksi yang terdapat di buku, dengan batasan waktu yang ditentukan guru. Mandiri §
Setelah kincir selesai, ingatkan
siswa untuk bersama-sama merapikan alat- alat serta sisa-sisa bahan. Integritas §
Siswa melakukan percobaan menggunakan
air mengalir untuk kincir plastik dan menggunakan tiupan angin untuk kincir
kertas. Critical Thinking and Problem Solving §
Siswa mendiskusikan perbedaan
kecepatan putaran baling-baling pada kedua jenis kincir tersebut. Siswa juga
diharapkan menemukan perbedaan- perbedaan lainnya. (Mengkomunikasikan) § Siswa
dapat memasang kincir-kincir mereka di sekitar sekolah pada tempat dan
ketinggian yang berbeda. Siswa kemudian dapat mengobservasi dan
mengidentifikasi faktor-faktor yang mengakibatkan kincir mereka dapat
berputar kencang atau sebaliknya. Creativity and Innovation |
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. ¡
Melakukan penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. IPA
Laporan Hasil Percobaan Kincir siswa diperiksa menggunakan
rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampinga (1) |
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat
dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
2. Bahasa Indonesia
Kemampuan siswa dalam hal mengamati dan memahami isi teks
tersebut akan dicatat dalam bentuk anekdot.
Pengayaan
Apabila memiliki waktu, siswa
dapat mengobservasi kincir yang dipasang di tempat-tempat yang berbeda sekitar
sekolah. Siswa diharapkan dapat menemukan lebih banyak fakta pada perputaran
kincir mereka.
Remedial
Bagi siswa yang belum terampil
mengisi laporan hasil percobaan pada kegiatan IPA, akan diberikan pendampingan
oleh guru.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3:
https://drive.google.com/file/d/1vfEVXbZ7NxW6h0Vm2Ej5JD9U5uItSGcX/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar