Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :  IV (Empat) / 1

Tema 2                        :  Selalu Berhemat Energi

Sub Tema 1                 :   Sumber Energi

Pembelajaran               :  3

Alokasi Waktu              :  1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi perubahan bentuk energi angin dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

2.    Dengan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi angin menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan sistematis.

3.    Dengan membaca teks visual, siswa mampu mengidentifikasi informasi yang ada dengan cermat.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelalu Berhemat Energi”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

¡   Menyanyi lagu Indonesia Raya Nasionalis

10 menit

Inti

§  Sebagai kegiatan pembuka, Guru memasuki ruang kelas membawa sebuah kincir kertas/plastik. Communication

§  Guru mengajukan pertanyaan tantangan:

-       Bagaimana cara membuat kincir ini berputar kencang? Lakukan dengan beberapa cara yang berbeda! (Menanya)

§  Siswa yang mengacungkan tangan diminta untuk mempraktikkan cara yang diajukan menggunakan kincir tersebut. Mandiri

§  Siswa kemudian membaca teks singkat tentang kegiatan yang akan mereka lakukan. Literasi

§  Siswa membuat kincir berdasarkan instruksi di buku. Siswa mengamati teks visual dan intruksi yang ada di buku siswa. Guru memotivasis siswa untuk membaca dengan cermat teks yang ada. Guru meminta siswa untuk saling menceritakan isi teks kepada temannya. Guru berkeliling dan membuat catatan bagi siswa yang masih kesulitan memahami gagasan dari teks yang dibacanya. (Mengekplorasi)

§  Siswa membaca dengan teliti panduan keselamatan kerja sebelum mulai membuat kincir.

§  Siswa membuat kincir berdasarkan instruksi yang terdapat di buku, dengan batasan waktu yang ditentukan guru. Mandiri

§  Setelah kincir selesai, ingatkan siswa untuk bersama-sama merapikan alat- alat serta sisa-sisa bahan. Integritas

§  Siswa melakukan percobaan menggunakan air mengalir untuk kincir plastik dan menggunakan tiupan angin untuk kincir kertas. Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa mendiskusikan perbedaan kecepatan putaran baling-baling pada kedua jenis kincir tersebut. Siswa juga diharapkan menemukan perbedaan- perbedaan lainnya. (Mengkomunikasikan)

§  Siswa dapat memasang kincir-kincir mereka di sekitar sekolah pada tempat dan ketinggian yang berbeda. Siswa kemudian dapat mengobservasi dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mengakibatkan kincir mereka dapat berputar kencang atau sebaliknya. Creativity and Innovation

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. IPA

Laporan Hasil Percobaan Kincir siswa diperiksa menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampinga

(1)

 

Laporan hasil

pengamatan tentang perubahan bentuk energi angin.

 

Mampu

menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi angin dengan tepat.

 

Mampu

menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi angin dengan cukup tepat.

 

Mampu

menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi angin dengan kurang tepat.

 

Belum mampu

menyajikan laporan hasil pengamatan tentang

perubahan bentuk

energi angin dengan tepat.

 

Sikap Rasa

Ingin Tahu

 

Tampak antusias

dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.

 

Tampak cukup

antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama

kegiatan.

 

Tampak kurang

antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

 

Tidak tampak

antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan.

 

Perubahan

bentuk energi angin

 

Menjelaskan

perubahan bentuk energi angin dengan tepat.

 

Menjelaskan

perubahan bentuk energi angin dengan kurang tepat.

 

Menjelaskan

perubahan bentuk energi angin dengan cukup tepat.

 

Belum mampu

menjelaskan perubahan bentuk energi angin dengan tepat.

 

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

2. Bahasa Indonesia

Kemampuan siswa dalam hal mengamati dan memahami isi teks tersebut akan dicatat dalam bentuk anekdot.

Pengayaan

Apabila memiliki waktu, siswa dapat mengobservasi kincir yang dipasang di tempat-tempat yang berbeda sekitar sekolah. Siswa diharapkan dapat menemukan lebih banyak fakta pada perputaran kincir mereka.

 

Remedial

Bagi siswa yang belum terampil mengisi laporan hasil percobaan pada kegiatan IPA, akan diberikan pendampingan oleh guru.

 

 

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3:

https://drive.google.com/file/d/1vfEVXbZ7NxW6h0Vm2Ej5JD9U5uItSGcX/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...