RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran
Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 3 : Peduli
Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 2 : Keberagaman
Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati gambar, membaca teks,
dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan
sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka dengan benar.
2. Dengan mengamati gambar, membaca teks,
dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan informasi tentang karakteristik ruang
dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka dengan
terperinci.
3. Setelah mendengarkan penjelasan dari
guru dan diberikan panduan pertanyaan, siswa mampu menjelaskan cara
mengapresiasi karya seni mozaik dengan baik.
4. Setelah mendengarkan penjelasan dari
guru dan diberikan panduan pertanyaan, siswa mampu mengapresiasi hasil karya
seni mozaik dengan rasa percaya diri yang tinggi.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli
Terhadap Makhluk Hidup”. ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§ Siswa mengamati gambar dan
baca teks tentang hewan (ayam, bebek, kucing, dan ikan) yang terdapat dalam
buku siswa. § Siswa menuliskan
karakteristik tempat hidup hewan tersebut pada kolom yang telah disediakan. (Menumpulkan informasi) § Siswa menjawab pertanyaan
yang terdapat di buku siswa. Mandiri § Siswa menuliskan kesimpulan
tentang karakteristik tempat tinggal
hewan ayam, bebek, kucing, dan ikan. § Siswa menuliskan alasan
apakah kucing dan ikan dapat hidup di tempat beserta penjelasan. § Siswa menuliskan penjelasan
apakah keadaan alam (iklim dan bentuk muka bumi) mempengaruhi kehidupan hewan
beserta penjelasan. Nasionalis § Siswa menuliskan penjelasan
apa saja yang perlu diperhatikan agar hewan tersebut dapat hidup dengan baik. § Siswa mendiskusikan kembali
secara berkelompok ciri-ciri khusus ayam, itik, kucing, dan ikan. Collaboration § Siswa mengaitkan ciri-ciri
khusus tersebut dengan karakteristik tempat hidupnya. § Siswa diminta mencari tahu
tentang kondisi dan karakteristik alam yang ada di sekitar mereka (iklim dan
bentuk muka bumi). Critical Thinking and Problem Solving § Siswa diminta menggali
informasi dari berbagai sumber (buku perpustakaan, internet atau narasumber). Literasi § Siswa diminta memajang karya
seni mozaik yang telah mereka buat sebelumnya di meja masing-masing. (Mengeksplorasi) § Siswa menjelaskan hasil
karya mereka kepada teman satu kelompok secara bergiliran. Gotong
Royong § Setiap siswa diminta mengamati
hasil karya teman-temannya dan memberikan komentar sebagai bentuk
apresiasi. § Siswa menuliskan apresiasi
mereka pada potongan kertas yang telah disediakan di setiap meja. § Kemudian, siswa memilih
salah satu hasil karya temannya. § Siswa menulis apresiasi
mereka atas hasil karya tersebut dengan menjawab
pertanyaan yang terdapat di buku siswa. Mandiri § Siswa menuliskan apa saja
yang mereka ketahui tentang hasil karya teman mereka
tersebut. Literasi § Siswa menuliskan bagaimana
pendapat mereka tentang hasil karya tersebut. Integritas § Siswa menuliskan pendapat
mereka tentang bagian yang menarik dari karya
tersebut beserta alasan. § Siswa menuliskan saran agar
karya seni tersebut lebih baik lagi. § Siswa mengamati gambar yang
terdapat dalam buku siswa. |
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi) ¡
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti. ¡
Melakukan
penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli .... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses
dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian
kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. IPS
Diskusi dinilai dengan rubrik
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara |
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan: penilaian (penskoran)
dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1
2. SBdP
Mengapresiasi karya mozaik
dinilai dengan daftar periksa.
No |
Kreteria |
Ya |
Tidak |
Catatan |
1 |
Siswa menuliskan yang mereka ketahui tentang hasil
karya mozaik temannya. |
|
|
|
2 |
Siswa menuliskan bagaimana pendapatnya tentang hasil
karya mozaik tersebut. |
|
|
|
3 |
Siswa hal yang menarik dari karya mozaik tersebut
beserta alasannya. |
|
|
|
4 |
Siswa menuliskan saran agar karya seni tersebut
tersebut lebih baik lagi. |
|
|
|
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5:
https://drive.google.com/file/d/1Rgf78tFtuLymbiXeubZFBO539jy5_syA/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar