RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 3 : Peduli
Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 3 : Ayo
Cintai Lingkungan
Pembelajaran :
2
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah diberikan masalah, siswa mampu
menganalisis hak dan kewajiban masyarakat terhadap lingkungan dengan terperinci.
2.
Setelah berdiskusi, memberikan 4
contoh tindakan yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungannya (melaksanakan
hak dan kewajiban) dengan benar.
3.
Setelah mengamati montase, siswa mampu
menjelaskan teknik membuat montase dengan benar.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
membuat montase dari bahan bekas dengan kreatif.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan
salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡
Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli Terhadap
Makhluk Hidup”. ¡
Guru menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§
Siswa diminta membaca teks Pergi ke Pasar yang ada di
buku siswa. Siswa membaca teks dengan membaca berantai. Satu siswa membaca
kemudian siswa lain mendengarkan. Guru menunjuk siswa lain secara acak untuk
melanjutkan membaca. Guru mengingatkan siswa untuk mendengarkan cerita dengan
seksama. (Mengamati) Literasi § Setelah membaca teks, guru
meminta siswa duduk berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 4 siswa. Guru
mengelompokkan siswa berdasarkan hitungan 1-8 (jika siswa berjumlah 32).
Siswa yang bernomor sama akan menjadi satu kelompok. Siswa dalam kelompok
mendiskusikan pertanyaan- pertanyaan yang ada di buku siswa.
(Mengkomunikasikan) §
Siswa menyampaikan hasil pekerjaannya kepada guru. Guru
memotivasi siswa untuk mencoba kegiatan-kegiatan menjaga lingkungan yang
ditulisnya. Guru menyampaikan bahwa kegiatan bisa dilakukan dari hal yang
paling sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya. Communication § Di akhir sesi, guru
menyampaikan kepada siswa untuk peduli dan bertanggung jawab terhadap
kebesihan lingkungan. Hal sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya,
mengambil sampah di tempat umum bisa dilakukan demi kebersihan lingkungan.
Ketika lingkungan bersih semua orang akan nyaman. §
Di sesi ini, siswa akan berkreasi membuat montase dari
majalah atau koran bekas. (Mengekplorasi) §
Guru menyampaikan bahwa kegiatan cinta lingkungan juga
bisa disampaikan melalui montase. §
Guru membawa montase yang dibuat sendiri atau yang gambar
yang ada di buku siswa. § Siswa mengamati montase
tersebut dan mendiskusikan. §
Guru menguatkan bahwa kerapian,
perpaduan warna, perbaduan gambar yang ditempel adalah hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam membuat montase. §
Siswa mencari gambar yang sesuai bertema cintai
lingkungan dengan kreasi mereka. Guru memotivasi untuk menempel dengan rapi
dan memperhatikan komposisi (baik warna maupun bentuk). Mandiri § Setelah selesai, hasil
pekerjaan siswa bisa dipajang di papan pajang atau di jendela. Guru
mengingatkan siswa untuk memberikan nama, hari dan tanggal untuk karyanya.
(Mengeksplorasi) § Setelah selesai, siswa
diminta membaca cerita Dayu, Lani dan Siti yang ingin membingkai montasenya. Literasi
|
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. ¡
Melakukan penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1.
PPKn : 4 cara menjaga lingkungan
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mudah dilakukan. |
4 cara yang ditulis mudah untuk dilaksanakan. |
3 cara yang ditulis mudah untuk dilaksanakan. |
2 cara yang ditulis mudah untuk dilaksanakan. |
1 cara yang ditulis mudah untuk dilaksanakan. |
Sesuai kebutuhan lingkungan. |
4 cara yang ditulis sesuai dengan kebutuhan lingkungan. |
3 cara yang ditulis sesuai dengan kebutuhan lingkungan. |
2 cara yang ditulis sesuai dengan kebutuhan lingkungan. |
1 cara yang ditulis sesuai dengan kebutuhan lingkungan. |
Memberikan manfaat baik bagi lingkungan. |
4 cara tersebut memberikan manfaat baik bagi lingkungan. |
3 cara tersebut memberikan manfaat baik bagi lingkungan. |
2 cara tersebut memberikan manfaat baik bagi lingkungan. |
1 cara tersebut memberikan manfaat baik bagi lingkungan. |
Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran
1
2.
SBdP: Montase
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Teknik Menempel. |
Seluruh bahan ditempel dengan rapi. |
Sebagian besar bahan ditempel dengan rapi. |
Sebagian bahan ditempel dengan rapi. |
Sebagian kecil ditempel dengan rapi. |
Pemilihan bahan. |
Memilih seluruh bahan (gambar) dengan sesuai. |
Memilih sebagian besar bahan (gambar dengan sesuai. |
Memilih sebagian bahan (gambar) dengan sesuai. |
Memilih sebagian kecil bahan (gambar) dengan sesuai. |
Keserasian. |
Menempel semua bahanbahan dengan serasi. |
Menempel sebagian besar bahan- bahan dengan serasi. |
Menempel sebagian bahan-bahan dengan serasi. |
Menempel sebagian kecil bahan-bahan dengan serasi. |
Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada
pembelajaran 1
3. Diskusi
Saat
siswa mendiskusikan pertanyaan berdasarkan teks “pergi ke pasar"
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung. |
Catatan:
penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1
4. Penilaian sikap (teliti, peduli lingkungan, tanggung jawab,
kreatif, percaya diri).
No |
Sikap |
Belum
Terlihat |
Mulai
Terlihat |
Mulai Ber-kembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Teliti |
|
|
P |
|
|
2 |
Bertanggung Jawab |
|
P |
|
|
|
3 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
Kerja Sama
dengan Orang Tua
Siswa diminta mendiskusikan dengan orang tua tentang
pemanfaatan barang bekas menjadi barang yang dapat digunakan kembali dan
menuliskan hasilnya di buku siswa.
PENGAYAAN
Siswa bisa diberikan soal-soal cerita yang lebih rumit.
REMEDIAL
Siswa yang belum bisa membuat soal cerita dan menyelesaikan dapat mengulang
kegiatan bersama guru. Kegiatan bisa dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan
dilakukan sekitar 30 menit–60 menit.
Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2:
https://drive.google.com/file/d/12kQ2I1EWrYf0KmjIioSYIftA8ZQFp_m6/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar