Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 3                        :    Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Sub Tema 3                 :    Ayo Cintai Lingkungan

Pembelajaran               :    2

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah diberikan masalah, siswa mampu menganalisis hak dan kewajiban masyarakat terhadap lingkungan dengan terperinci.

2.    Setelah berdiskusi, memberikan 4 contoh tindakan yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungannya (melaksanakan hak dan kewajiban) dengan benar.

3.    Setelah mengamati montase, siswa mampu menjelaskan teknik membuat montase dengan benar.

4.    Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat montase dari bahan bekas dengan kreatif.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeduli Terhadap Makhluk Hidup”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

                            

10 menit

Inti

§  Siswa diminta membaca teks Pergi ke Pasar yang ada di buku siswa. Siswa membaca teks dengan membaca berantai. Satu siswa membaca kemudian siswa lain mendengarkan. Guru menunjuk siswa lain secara acak untuk melanjutkan membaca. Guru mengingatkan siswa untuk mendengarkan cerita dengan seksama. (Mengamati) Literasi

§  Setelah membaca teks, guru meminta siswa duduk berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 4 siswa. Guru mengelompokkan siswa berdasarkan hitungan 1-8 (jika siswa berjumlah 32). Siswa yang bernomor sama akan menjadi satu kelompok. Siswa dalam kelompok mendiskusikan pertanyaan- pertanyaan yang ada di buku siswa. (Mengkomunikasikan)

§  Siswa menyampaikan hasil pekerjaannya kepada guru. Guru memotivasi siswa untuk mencoba kegiatan-kegiatan menjaga lingkungan yang ditulisnya. Guru menyampaikan bahwa kegiatan bisa dilakukan dari hal yang paling sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya. Communication

§  Di akhir sesi, guru menyampaikan kepada siswa untuk peduli dan bertanggung jawab terhadap kebesihan lingkungan. Hal sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya, mengambil sampah di tempat umum bisa dilakukan demi kebersihan lingkungan. Ketika lingkungan bersih semua orang akan nyaman.

§  Di sesi ini, siswa akan berkreasi membuat montase dari majalah atau koran bekas. (Mengekplorasi)

§  Guru menyampaikan bahwa kegiatan cinta lingkungan juga bisa disampaikan melalui montase.

§  Guru membawa montase yang dibuat sendiri atau yang gambar yang ada di buku siswa.

§  Siswa mengamati montase tersebut dan mendiskusikan.

§  Guru menguatkan bahwa kerapian, perpaduan warna, perbaduan gambar yang ditempel adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat montase.

§  Siswa mencari gambar yang sesuai bertema cintai lingkungan dengan kreasi mereka. Guru memotivasi untuk menempel dengan rapi dan memperhatikan komposisi (baik warna maupun bentuk). Mandiri

§  Setelah selesai, hasil pekerjaan siswa bisa dipajang di papan pajang atau di jendela. Guru mengingatkan siswa untuk memberikan nama, hari dan tanggal untuk karyanya. (Mengeksplorasi)

§  Setelah selesai, siswa diminta membaca cerita Dayu, Lani dan Siti yang ingin membingkai montasenya. Literasi

 

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. PPKn : 4 cara menjaga lingkungan

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mudah

dilakukan.

4 cara yang

ditulis

mudah untuk

dilaksanakan.

3 cara yang

ditulis

mudah untuk

dilaksanakan.

2 cara yang

ditulis

mudah untuk

dilaksanakan.

1 cara yang

ditulis

mudah untuk

dilaksanakan.

Sesuai

kebutuhan

lingkungan.

4 cara yang

ditulis sesuai

dengan

kebutuhan

lingkungan.

3 cara yang

ditulis sesuai

dengan

kebutuhan

lingkungan.

2 cara yang

ditulis sesuai

dengan

kebutuhan

lingkungan.

1 cara yang

ditulis sesuai

dengan kebutuhan

lingkungan.

Memberikan

manfaat baik

bagi

lingkungan.

4 cara

tersebut

memberikan

manfaat

baik bagi

lingkungan.

3 cara

tersebut

memberikan

manfaat

baik bagi

lingkungan.

2 cara

tersebut

memberikan

manfaat

baik bagi

lingkungan.

1 cara tersebut

memberikan

manfaat baik bagi

lingkungan.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

2. SBdP: Montase

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Teknik

Menempel.

Seluruh

bahan

ditempel

dengan rapi.

Sebagian

besar

bahan ditempel

dengan rapi.

Sebagian

bahan

ditempel

dengan rapi.

Sebagian

kecil

ditempel dengan

rapi.

Pemilihan

bahan.

Memilih

seluruh bahan

(gambar)

dengan sesuai.

Memilih

sebagian

besar

bahan

(gambar

dengan sesuai.

Memilih

sebagian bahan

(gambar)

dengan sesuai.

Memilih

sebagian kecil

bahan (gambar)

dengan sesuai.

Keserasian.

Menempel

semua bahanbahan

dengan

serasi.

Menempel

sebagian besar

bahan- bahan

dengan serasi.

Menempel

sebagian

bahan-bahan

dengan serasi.

Menempel

sebagian kecil

bahan-bahan

dengan serasi.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

3. Diskusi

Saat siswa mendiskusikan pertanyaan berdasarkan teks “pergi ke pasar"

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

Selalu

mendengarkan

teman yang

sedang

berbicara.

Mendengarkan

teman yang

berbicara namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang

sedang

berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara

namun tidak

mengindahkan.

Komunikasi non

verbal (kontak

mata, bahasa

tubuh, postur,

ekspresi wajah,

suara)

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non

verbal dengan

tepat.

Merespon

dengan tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Sering

merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Membutuhkan

bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Partisipasi

(menyampaikan

ide, perasaan,

pikiran)

Isi

pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon

sesuai dengan

topik.

Berbicara dan

menerangkan

secara

rinci,namun terkadang

merespon

kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang

berbicara

selama

proses diskusi

berlangsung.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

 

 

4. Penilaian sikap (teliti, peduli lingkungan, tanggung jawab, kreatif, percaya diri).

No

Sikap

Belum Terlihat

Mulai Terlihat

Mulai Ber-kembang

Membu-daya

Ket.

1

Teliti

 

 

P

 

 

2

Bertanggung Jawab

 

P

 

 

 

3

Disiplin

 

 

 

 

 

 

Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa diminta mendiskusikan dengan orang tua tentang pemanfaatan barang bekas menjadi barang yang dapat digunakan kembali dan menuliskan hasilnya di buku siswa.

 

PENGAYAAN

Siswa bisa diberikan soal-soal cerita yang lebih rumit.

 

REMEDIAL

Siswa yang belum bisa membuat soal cerita dan menyelesaikan dapat mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan bisa dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 menit–60 menit.

Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.

 

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2:

https://drive.google.com/file/d/12kQ2I1EWrYf0KmjIioSYIftA8ZQFp_m6/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...