RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 3 : Peduli
Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 2 : Keberagaman
Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran :
2
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca cerita “ Dayu
dan Si Mungil”, siswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban masyarakat terhadap
hewan di sekitar dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa
mampu menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban terhadap
hewan di sekitar dengan terperinci.
3. Setelah mengamati mozaik,
siswa mampu menjelaskan teknik membuat mozaik dengan benar.
4. Setelah berdiskusi, siswa
mampu membuat mozaik dari bahan alam dengan kreatif.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli
Terhadap Makhluk Hidup”. ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
|
10 menit |
Inti |
§ Siswa diminta berpasangan
menceritakan hewan peliharaan yang mereka miliki kepada temannya.
Dimungkinkan di dalam kelas ada yang tidak memiliki hewan peliharaan. Guru
memasangkan siswa yang tidak memiliki hewan peliharaan dengan siswa yang
memiliki hewan peliharaan. Guru menyampaikan bagi yang tidak memiliki hewan
peliharaan untuk tidak sedih dan tetap bisa belajar untuk menyayangi hewan.
Guru bisa mengganti pasangan sebanyak 2 kali. (Mengkomunikasikan) Literasi § Guru menyampaikan bahwa Dayu juga mempunyai
hewan peliharaan. Dayu sangat kepada hewan peliharaannya. Guru meminta siswa
membaca cerita “Dayu dan Si Mungil” yang ada di buku siswa. Siswa membaca
teks dengan membaca dalam hati. Guru memotivasi siswa untuk membaca dengan
teliti. Siswa bisa memberikan tanda terhadap informasi yang dirasa penting.
(Mengamati) § Setelah selesai membaca, guru
bertanya “bagaimana menurut kalian, apakah Dayu sayang terhadap hewan
peliharaannya? “ Siswa menjawab dengan angkat tangan. § Guru membagi siswa kedalam kelompok.
Satu kelompok terdiri dari 4 siswa. Guru membagi kelompok berdasarkan
kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapat. Siswa yang masih belum percaya
diri dikelompokkan dengan siswa yang sudah percaya diri. Dalam kelompok siswa
menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang telah dibacanya. Collaboration § Di sesi ini, siswa akan berkreasi
membuat mozaik dari biji-bijian. Guru menyampaikan bahwa keindahan hewan juga
bisa digambarkan melalui mozaik. (Mengamati) § Guru membawa mozaik yang dibuat
sendiri atau yang gambar yang ada di buku siswa. § Guru menguatkan bahwa kerapian,
perpaduan warna, perpaduan bijibijian yang ditempel adalah hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam membuat mozaik. Critical Thinking and Problem Solving § Guru membagikan sketsa burung, atau
siswa yang mampu menggambar sketsa sendiri. § Guru menyiapkan alat dan bahan yang
dibutuhkan atau siswa diminta membawa alat dan bahan tersebut di pertemuan
sebelumnya. §
Guru
memberikan contoh cara menempel yang benar. Siswa menempelkan biji-bijian
dengan kreasi mereka. Guru memotivasi untuk menempel dengan rapi dan
memperhatikan komposisi (baik warna maupun bentuk) (Mengekplorasi) §
Guru
mendampingi siswa yang masih kesulitan untuk menempel. §
Setelah
selesai, hasil pekerjaan siswa bisa dipajang di papan pajang atau di jendela.
Guru mengingatkan siswa untuk memberikan nama, hari dan tanggal untuk
karyanya. |
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi) ¡
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti. ¡
Melakukan
penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek
dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1. PPKn : Refleksi diri
Kreiteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Sikap
baik |
Menuliskan 3 sikap baik yang sudah dilakukan. |
Menuliskan 2 sikap baik yang sudah dilakukan. |
Menuliskan 1 sikap baik yang sudah dilakukan. |
Belum mampu menuliskan sikap baik yang sudah dilakukan. |
Dampak sikap
baik |
Menjelaskan 3 dampak dari sikap baik tersebut bagi lingkungan. |
Menjelaskan 2 dampak dari sikap baik tersebut bagi lingkungan. |
Menjelaskan 1 dampak dari sikap baik tersebut bagi lingkungan. |
Belum mampu menuliskan dampak dari sikap tersebut bagi lingkungan. |
Sikap perlu diperbaiki |
Menuliskan 3 sikap belum baik yang sudah dilakukan. |
Menuliskan 2 sikap belum baik yang sudah dilakukan. |
Menuliskan 1 sikap belum baik yang sudah dilakukan. |
Belum mampu menuliskan sikap belum baik yang sudah
dilakukan. |
Dampak sikap belum baik |
Menjelaskan 3 dampak dari sikap belum baik tersebut bagi lingkungan. |
Menjelaskan 2 dampak dari sikap belum baik tersebut bagi lingkungan. |
Menjelaskan 1 dampak dari sikap belum baik tersebut bagi lingkungan. |
Belum mampu menuliskan dampak dari sikap tersebut bagi lingkungan. |
Rencana tindak lanjut |
Menuliskan 3 rencana tindak lanjut untuk lebih bijak terhadap hewan. |
Menuliskan 2 rencana tindak lanjut untuk lebih bijak terhadap hewan. |
Menuliskan 1 rencana tindak lanjut untuk lebih bijak terhadap hewan. |
Belum mampu menuliskan rencana tindak lanjut. |
Catatan:
penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1
2. SBdP: Mozaik
Kreiteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Teknik Menempel |
Seluruh bahan ditempel dengan rapi. |
Sebagaian besar bahan ditempel dengan
rapi. |
Sebagian bahan ditempel dengan
rapi. |
Sebagian kecil ditempel dengan
rapi. |
Pemilihan Bahan |
Memilih seluruh bahan (bijibijian) dengan sesuai. |
Memilih sebagian besar bahan (bijibijian) dengan sesuai. |
Memilih sebagian bahan (biji- bijian) dengan
sesuai. |
Memilih sebagian kecil bahan (bijibijian) dengan sesuai. |
Keserasian |
Menempel semuan bahanbahan dengan serasi. |
Menempel sebagian besar bahan-bahan dengan
serasi. |
Menempel sebagian bahanbahan dengan serasi. |
Menempel sebagian kecil bahan-bahan dengan
serasi. |
Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada
pembelajaran 1
3. Diskusi
Saat siswa mendiskusikan petanyaan berdasarkan teks “Dayu dan
Si Mungil”
dan eksplorasi perkalian
pecahan.
Kreiteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu
diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang
berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran). |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan
topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan: penilaian (penskoran)
dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1
Pengayaan
Siswa bisa
diberikan soal-soal dengan bilangan yang lebih rumit.
Remedial
Siswa yang
belum bisa penaksiran perkalian pecahan dapat mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan bisa dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 – 60 menit.
Kegiatan dapat
dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2:
https://drive.google.com/file/d/19gETT9M2G-L7DN5PsjVSvszGB8WUTOrM/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar