Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 3                        :    Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Sub Tema 2                 :    Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku

Pembelajaran               :    2

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah membaca cerita “ Dayu dan Si Mungil”, siswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban masyarakat terhadap hewan di sekitar dengan benar.

2.    Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban terhadap hewan di sekitar dengan terperinci.

3.    Setelah mengamati mozaik, siswa mampu menjelaskan teknik membuat mozaik dengan benar.

4.    Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat mozaik dari bahan alam dengan kreatif.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeduli Terhadap Makhluk Hidup”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

 

10 menit

Inti

§  Siswa diminta berpasangan menceritakan hewan peliharaan yang mereka miliki kepada temannya. Dimungkinkan di dalam kelas ada yang tidak memiliki hewan peliharaan. Guru memasangkan siswa yang tidak memiliki hewan peliharaan dengan siswa yang memiliki hewan peliharaan. Guru menyampaikan bagi yang tidak memiliki hewan peliharaan untuk tidak sedih dan tetap bisa belajar untuk menyayangi hewan. Guru bisa mengganti pasangan sebanyak 2 kali. (Mengkomunikasikan) Literasi

§  Guru menyampaikan bahwa Dayu juga mempunyai hewan peliharaan. Dayu sangat kepada hewan peliharaannya. Guru meminta siswa membaca cerita “Dayu dan Si Mungil” yang ada di buku siswa. Siswa membaca teks dengan membaca dalam hati. Guru memotivasi siswa untuk membaca dengan teliti. Siswa bisa memberikan tanda terhadap informasi yang dirasa penting. (Mengamati)

§  Setelah selesai membaca, guru bertanya “bagaimana menurut kalian, apakah Dayu sayang terhadap hewan peliharaannya? “ Siswa menjawab dengan angkat tangan.

§  Guru membagi siswa kedalam kelompok. Satu kelompok terdiri dari 4 siswa. Guru membagi kelompok berdasarkan kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapat. Siswa yang masih belum percaya diri dikelompokkan dengan siswa yang sudah percaya diri. Dalam kelompok siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang telah dibacanya. Collaboration

§  Di sesi ini, siswa akan berkreasi membuat mozaik dari biji-bijian. Guru menyampaikan bahwa keindahan hewan juga bisa digambarkan melalui mozaik. (Mengamati)

§  Guru membawa mozaik yang dibuat sendiri atau yang gambar yang ada di buku siswa.

§  Guru menguatkan bahwa kerapian, perpaduan warna, perpaduan bijibijian yang ditempel adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat mozaik. Critical Thinking and Problem Solving

§  Guru membagikan sketsa burung, atau siswa yang mampu menggambar sketsa sendiri.

§  Guru menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan atau siswa diminta membawa alat dan bahan tersebut di pertemuan sebelumnya.

§  Guru memberikan contoh cara menempel yang benar. Siswa menempelkan biji-bijian dengan kreasi mereka. Guru memotivasi untuk menempel dengan rapi dan memperhatikan komposisi (baik warna maupun bentuk) (Mengekplorasi)

§  Guru mendampingi siswa yang masih kesulitan untuk menempel.

§  Setelah selesai, hasil pekerjaan siswa bisa dipajang di papan pajang atau di jendela. Guru mengingatkan siswa untuk memberikan nama, hari dan tanggal untuk karyanya.

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. PPKn : Refleksi diri

Kreiteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan (1)

Sikap baik

Menuliskan 3

sikap baik

yang sudah

dilakukan.

Menuliskan 2

sikap baik

yang sudah

dilakukan.

Menuliskan 1

sikap baik

yang sudah

dilakukan.

Belum mampu

menuliskan sikap

baik yang sudah

dilakukan.

Dampak

sikap baik

Menjelaskan

3 dampak dari

sikap baik

tersebut bagi

lingkungan.

Menjelaskan

2 dampak dari

sikap baik

tersebut bagi

lingkungan.

Menjelaskan 1

dampak dari

sikap baik

tersebut bagi

lingkungan.

Belum mampu

menuliskan

dampak dari sikap

tersebut bagi

lingkungan.

Sikap perlu

diperbaiki

Menuliskan 3

sikap belum

baik yang

sudah

dilakukan.

Menuliskan 2

sikap belum

baik yang

sudah

dilakukan.

Menuliskan 1

sikap belum

baik yang

sudah

dilakukan.

Belum mampu

menuliskan sikap

belum baik yang

sudah dilakukan.

Dampak

sikap belum

baik

Menjelaskan

3 dampak

dari sikap

belum baik

tersebut bagi

lingkungan.

Menjelaskan

2 dampak

dari sikap

belum baik

tersebut bagi

lingkungan.

Menjelaskan 1

dampak

dari sikap

belum baik

tersebut bagi

lingkungan.

Belum mampu

menuliskan

dampak dari sikap

tersebut bagi

lingkungan.

Rencana

tindak lanjut

Menuliskan 3

rencana tindak

lanjut

untuk lebih

bijak terhadap

hewan.

Menuliskan 2

rencana tindak

lanjut

untuk lebih

bijak terhadap

hewan.

Menuliskan 1

rencana tindak

lanjut

untuk lebih

bijak terhadap

hewan.

Belum mampu

menuliskan

rencana tindak

lanjut.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

2. SBdP: Mozaik

Kreiteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan (1)

Teknik

Menempel

Seluruh bahan

ditempel dengan

rapi.

Sebagaian besar

bahan ditempel

dengan rapi.

Sebagian

bahan ditempel

dengan rapi.

Sebagian

kecil ditempel

dengan rapi.

Pemilihan

Bahan

Memilih seluruh

bahan (bijibijian)

dengan

sesuai.

Memilih

sebagian besar

bahan (bijibijian)

dengan

sesuai.

Memilih

sebagian bahan

(biji- bijian)

dengan sesuai.

Memilih

sebagian kecil

bahan (bijibijian)

dengan

sesuai.

Keserasian

Menempel

semuan bahanbahan

dengan

serasi.

Menempel

sebagian besar

bahan-bahan

dengan serasi.

Menempel

sebagian bahanbahan

dengan

serasi.

Menempel

sebagian kecil

bahan-bahan

dengan serasi.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

 

3. Diskusi

Saat siswa mendiskusikan petanyaan berdasarkan teks “Dayu dan Si Mungil”

dan eksplorasi perkalian pecahan.

Kreiteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan (1)

Mendengarkan

Selalu

mendengarkan

teman yang

sedang

berbicara.

Mendengarkan

teman yang

berbicara

namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara

namun tidak

mengindahkan

Komunikasi non

verbal (kontak

mata, bahasa

tubuh, postur,

ekspresi wajah,

suara).

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non

verbal dengan

tepat.

Merespon

dengan tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Sering

merespon kurang

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Membutuhkan

bantuan dalam

memahami

bentuk komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Partisipasi

(menyampaikan

ide, perasaan,

pikiran).

Isi

pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan

secara

rinci,namun

terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang

berbicara selama

proses diksusi

berlangsung.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

 

Pengayaan

Siswa bisa diberikan soal-soal dengan bilangan yang lebih rumit.

 

Remedial

Siswa yang belum bisa penaksiran perkalian pecahan dapat mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan bisa dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 – 60 menit.

Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2:

https://drive.google.com/file/d/19gETT9M2G-L7DN5PsjVSvszGB8WUTOrM/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...