RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3 : Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah melalui proses latihan, siswa
mampu menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dengan benar.
2.
Setelah melalui proses latihan, siswa
mampu menampilkan serangkaian gerak tari Bungong Jeumpa dengan teknik yang
benar.
3.
Dengan menggali informasi dari
berbagai sumber, siswa mampu menjelaskan keragaman sosial di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.
4.
Dengan menggali informasi dari
berbagai sumber, siswa mampu menyajikan keragaman sosial di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius ¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”. Integritas ¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§
Siswa diajak berdiskusi tentang
gerakan dasar tari Bungong Jeumpa untuk mengingatkan mereka tentang
keterampilan yang telah mereka pelajari sebelumnya. (Mengamati) §
Siswa menuliskan hasil diskusi. Collaboration §
Siswa dapat mengajukan pertanyaan
kepada guru jika ada hal yang masih belum dipahami. (Menanya) §
Sebelum menulis, siswa diminta
melakukan wawancara kepada masyarakat sekitar (teman, guru, dan orang tua). Critical
Thinking and Problem Solving §
Siswa juga diminta melengkapi hasil
wawancara mereka dengan berbagai sumber bacaan, seperti buku perpustakaan,
surat kabar, atau berbagai sumber dari internet. (Menginformasikan) §
Siswa diminta menuliskan informasi
yang mereka peroleh secara terperinci. (Mengekprolasi)
|
150 menit |
Penutup |
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi) ¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti. ¡ Melakukan
penilaian hasil belajar ¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. IPS
Tulisan dan presentasi tentang keragaman sosial di provinsi
masingmasing
dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Struktur Presentasi |
Presentasi memuat pembukaan, inti dan penutup serta dikomunikasikan secara runtut. |
Presentasi memuat pembukaan atau penutup dan inti serta dikomunikasikan secara runtut. |
Presentasi hanya memuat inti dan disampaikan dengan runtut. |
Presentasi hanya memiliki pembuka atau penutup saja. |
Tema |
Seluruh gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. |
Sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. |
Sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. |
Gagasan pokok dan gagasan pendukung tidak sesuai tema |
Fakta Pendukung |
Seluruh fakta tentang keragaman agama yang terdapat di lingkungan provinsi masingmasing disajikan dengan benar. |
Sebagian besar fakta tentang keragaman agama yang terdapat di lingkungan provinsi masingmasing disajikan dengan benar. |
Sebagian kecil fakta tentang keragaman agama yang terdapat di lingkungan provinsi masingmasing disajikan dengan benar. |
Fakta tentang keragaman agama yang terdapat di lingkungan provinsi masingmasing tidak benar |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada
Pembelajaran 1.
2. SBdP
Penampilan tari dinilai dengan rubrik.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5:
https://drive.google.com/file/d/19f-_1m6TafcwVrNReRZZvBg3R5-uSMgO/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar