Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 1                        :    Indahnya Kebersamaan

Sub Tema 3                 :    Bersyukur atas Keberagaman

Pembelajaran               :    5

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah melalui proses latihan, siswa mampu menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dengan benar.

2.    Setelah melalui proses latihan, siswa mampu menampilkan serangkaian gerak tari Bungong Jeumpa dengan teknik yang benar.

3.    Dengan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa mampu menjelaskan keragaman sosial di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.

4.    Dengan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa mampu menyajikan keragaman sosial di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”. Integritas

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Siswa diajak berdiskusi tentang gerakan dasar tari Bungong Jeumpa untuk mengingatkan mereka tentang keterampilan yang telah mereka pelajari sebelumnya. (Mengamati)

§  Siswa menuliskan hasil diskusi. Collaboration

§  Siswa dapat mengajukan pertanyaan kepada guru jika ada hal yang masih belum dipahami. (Menanya)

§  Sebelum menulis, siswa diminta melakukan wawancara kepada masyarakat sekitar (teman, guru, dan orang tua). Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa juga diminta melengkapi hasil wawancara mereka dengan berbagai sumber bacaan, seperti buku perpustakaan, surat kabar, atau berbagai sumber dari internet. (Menginformasikan)

§  Siswa diminta menuliskan informasi yang mereka peroleh secara terperinci. (Mengekprolasi)

 

150 menit

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. IPS

Tulisan dan presentasi tentang keragaman sosial di provinsi masingmasing

dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Struktur

Presentasi

Presentasi

memuat

pembukaan,

inti dan

penutup serta

dikomunikasikan

secara runtut.

Presentasi

memuat

pembukaan

atau penutup

dan inti serta

dikomunikasikan

secara runtut.

Presentasi hanya

memuat inti dan

disampaikan

dengan runtut.

Presentasi

hanya memiliki

pembuka atau

penutup saja.

Tema

Seluruh

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

sesuai dengan

tema.

Sebagian besar

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

sesuai dengan

tema.

Sebagian kecil

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

sesuai dengan

tema.

Gagasan pokok

dan gagasan

pendukung tidak

sesuai tema

Fakta Pendukung

Seluruh fakta

tentang

keragaman

agama yang

terdapat di

lingkungan

provinsi masingmasing

disajikan

dengan benar.

Sebagian besar

fakta tentang

keragaman

agama yang

terdapat di

lingkungan

provinsi masingmasing

disajikan

dengan benar.

Sebagian kecil

fakta tentang

keragaman agama

yang terdapat

di lingkungan

provinsi masingmasing

disajikan

dengan benar.

Fakta tentang

keragaman

agama yang

terdapat di

lingkungan

provinsi masingmasing

tidak

benar

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1.

 

2. SBdP

Penampilan tari dinilai dengan rubrik.

 

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5:

https://drive.google.com/file/d/19f-_1m6TafcwVrNReRZZvBg3R5-uSMgO/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...