RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2 : Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu :
........... x 150 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan membaca teks tentang
persahabatan Udin, Edo, dan Beni, siswa mampu menjelaskan kegiatan yang mencerminkan
sikap kerja sama dalam keberagaman agama.
2.
Dengan membaca teks tentang
persahabatanUdin, Edo, dan Beni, siswa mampu Menceritakan kegiatan yang
mencerminkan sikap kerja sama dalam keberagaman agama.
3.
Setelah membaca teks tentang cerita
Perbedaan Bukanlah Penghalang, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan
pendukung yang untuk membuat ringkasan secara terstruktur.
4.
Setelah membaca teks tentang cerita
Perbedaan Bukanlah Penghalang, siswa mampu meringkas teks tulis berdasarkan
gagasan pokok dan gagasan pendukung secara tertstruktur.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan
salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡
Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”. Integritas ¡
Guru menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§
Guru mengajukan pertanyaan: - Apakah kamu pernah bekerja sama dengan
orang yang berbeda-beda? - Sikap apa yang perlu kamu tunjukkan
ketika bekerja sama? §
Siswa diminta mengamati gambar dan teks
sederhana pada buku siswa. Communication §
Siswa diminta menjawab pertanyaan yang
terdapat dalam buku siswa. Mandiri §
Siswa menceritakan secara tertulis
pengalaman mereka bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda agama. Literasi §
Guru mengajukan pertanyaan kepada
siswa: -
Apakah kamu masih ingat tentang cerita
‘Perbedaan Bukanlah Penghalang’? -
Apa hal penting yang kamu ketahui dari
cerita tersebut? §
Siswa diminta mendiskusikan dengan
teman secara berpasangan jawaban atas pertanyaan yang diajukan guru di atas. Collaboration §
Siswa diminta membuat ringkasan dari
cerita Perbedaan Bukanlah Penghalang. Mandiri §
Siswa diminta kembali membaca cerita
‘Perbedaan Bukanlah Penghalang’. Literasi §
Siswa melakukan perenungan dengan
menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. Critical
Thinking and Problem Solving §
Guru dapat menambahkan pertanyaan
perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di buku guru. |
150 menit |
Penutup |
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi. 5.
Salam dan do’a penutup
di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. Bahasa Indonesia
Membuat
ringkasan dinilai dengan rubrik
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Gagasan Pokok |
Seluruh gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf |
Sebagian besar gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Sebagian kecil gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Seluruh gagasan pokok tidak ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Gagasan Pendukung |
Seluruh gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Sebagian besar gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf |
Sebagian kecil gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Seluruh gagasan pendukung tidak ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Ringkasan |
Seluruh kalimat dalam ringkasan merupakan inti dari cerita. |
Sebagian besar kalimat dalam ringkasan merupakan inti dari cerita. |
Sebagian kecil kalimat dalam ringkasan merupakan inti dari cerita. |
Seluruh kalimat dalam ringkasan tidak mencerminka n inti dari cerita. |
2. PPKn
Cerita tentang pengalaman bekerja sama/sikap ketika berkerja
sama
dengan
teman yang berbeda dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Kerja sama di lingkungan rumah |
Menceritakan 4 contoh kegiatan yang memerlukan kerja sama di lingkungan rumah dengan teman yang berbeda agama. |
Menceritakan 3 contoh kegiatan yang memerlukan kerja sama di lingkungan rumah dengan teman yang berbeda agama. |
Menceritakan 2 contoh kegiatan yang memerlukan kerja sama di lingkungan rumah dengan teman yang berbeda agama. |
Menceritakan 1 contoh kegiatan yang memerlukan kerja sama di lingkungan rumah dengan teman yang berbeda agama. |
Kerja sama di lingkungan sekolah |
Menceritakan 4 contoh kegiatan yang memerlukan kerja sama di lingkungan sekolah dengan teman yang berbeda agama. |
Menceritakan 3 contoh kegiatan yang memerlukan kerja sama di lingkungan sekolah dengan teman yang berbeda agama. |
Menceritakan 2 contoh kegiatan yang memerlukan kerja sama di lingkungan sekolah dengan teman yang berbeda agama. |
Menceritakan 1 contoh kegiatan yang memerlukan kerja sama di lingkungan sekolah dengan teman yang berbeda agama. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada
Pembelajaran 1
Pengayaan
Apabila ada waktu tersisa, siswa bisa berlatih menulis
ringkasan berdasarkan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks tambahan
yang disediakan guru.
Remedial
Siswa yang belum mampu meringkas berdasarkan gagasan pokok dan
gagasan pendukung dengan baik dapat diberikan beberapa bahan bacaan tmabhan
yang lebih sederhana dan mereka dan dengan panduan guru siswa mengikuti
langkah-langkah dalam membuat ringkasan.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6:
https://drive.google.com/file/d/1inYrz2hOvtnFB9R3ABSjDRp0zFSCw4GF/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar