Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :  IV (Empat) / 1

Tema 1                        :  Indahnya Kebersamaan

Sub Tema 2                 :  Kebersamaan dalam Keberagaman

Pembelajaran               :  6

Alokasi Waktu              :  ........... x 150 menit

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Dengan membaca teks tentang persahabatan Udin, Edo, dan Beni, siswa mampu menjelaskan kegiatan yang mencerminkan sikap kerja sama dalam keberagaman agama.

2.    Dengan membaca teks tentang persahabatanUdin, Edo, dan Beni, siswa mampu Menceritakan kegiatan yang mencerminkan sikap kerja sama dalam keberagaman agama.

3.    Setelah membaca teks tentang cerita Perbedaan Bukanlah Penghalang, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang untuk membuat ringkasan secara terstruktur.

4.    Setelah membaca teks tentang cerita Perbedaan Bukanlah Penghalang, siswa mampu meringkas teks tulis berdasarkan gagasan pokok dan gagasan pendukung secara tertstruktur.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”. Integritas

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Guru mengajukan pertanyaan:

- Apakah kamu pernah bekerja sama dengan orang yang berbeda-beda?

- Sikap apa yang perlu kamu tunjukkan ketika bekerja sama?

§  Siswa diminta mengamati gambar dan teks sederhana pada buku siswa. Communication

§  Siswa diminta menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. Mandiri

§  Siswa menceritakan secara tertulis pengalaman mereka bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda agama. Literasi

§  Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa:

-       Apakah kamu masih ingat tentang cerita ‘Perbedaan Bukanlah Penghalang’?

-       Apa hal penting yang kamu ketahui dari cerita tersebut?

§  Siswa diminta mendiskusikan dengan teman secara berpasangan jawaban atas pertanyaan yang diajukan guru di atas. Collaboration

§  Siswa diminta membuat ringkasan dari cerita Perbedaan Bukanlah Penghalang. Mandiri

§  Siswa diminta kembali membaca cerita ‘Perbedaan Bukanlah Penghalang’. Literasi

§  Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. Critical Thinking and Problem Solving

§  Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di buku guru.

150 menit

Penutup

1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.

4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

 

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. Bahasa Indonesia

Membuat ringkasan dinilai dengan rubrik

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Gagasan Pokok

Seluruh gagasan

pokok ditulis

dengan tepat

untuk setiap

paragraf

Sebagian besar

gagasan pokok

ditulis dengan

tepat untuk

setiap paragraf.

Sebagian kecil

gagasan pokok

ditulis dengan

tepat untuk

setiap paragraf.

Seluruh gagasan

pokok tidak

ditulis dengan

tepat untuk

setiap paragraf.

Gagasan

Pendukung

Seluruh gagasan

pendukung

ditulis dengan

tepat untuk

setiap paragraf.

Sebagian

besar gagasan

pendukung

ditulis dengan

tepat untuk

setiap paragraf

Sebagian kecil

gagasan pokok

ditulis dengan

tepat untuk

setiap paragraf.

Seluruh gagasan

pendukung tidak

ditulis dengan

tepat untuk

setiap paragraf.

Ringkasan

Seluruh kalimat

dalam ringkasan

merupakan inti

dari cerita.

Sebagian besar

kalimat dalam

ringkasan

merupakan inti

dari cerita.

Sebagian kecil

kalimat dalam

ringkasan

merupakan inti

dari cerita.

Seluruh

kalimat dalam

ringkasan tidak

mencerminka n

inti dari cerita.

 

 

2. PPKn

Cerita tentang pengalaman bekerja sama/sikap ketika berkerja sama

dengan teman yang berbeda dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Kerja sama di

lingkungan

rumah

Menceritakan 4

contoh kegiatan

yang memerlukan

kerja sama di

lingkungan

rumah dengan

teman yang

berbeda agama.

Menceritakan 3

contoh kegiatan

yang memerlukan

kerja sama di

lingkungan

rumah dengan

teman yang

berbeda agama.

Menceritakan 2

contoh kegiatan

yang memerlukan

kerja sama di

lingkungan

rumah dengan

teman yang

berbeda agama.

Menceritakan 1

contoh kegiatan

yang memerlukan

kerja sama di

lingkungan

rumah dengan

teman yang

berbeda agama.

Kerja sama di

lingkungan

sekolah

Menceritakan 4

contoh kegiatan

yang memerlukan

kerja sama di

lingkungan

sekolah dengan

teman yang

berbeda agama.

Menceritakan 3

contoh kegiatan

yang memerlukan

kerja sama di

lingkungan

sekolah dengan

teman yang

berbeda agama.

Menceritakan 2

contoh kegiatan

yang memerlukan

kerja sama di

lingkungan

sekolah dengan

teman yang

berbeda agama.

Menceritakan 1

contoh kegiatan

yang memerlukan

kerja sama di

lingkungan

sekolah dengan

teman yang

berbeda agama.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1

 

Pengayaan

Apabila ada waktu tersisa, siswa bisa berlatih menulis ringkasan berdasarkan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks tambahan yang disediakan guru.

 

Remedial

Siswa yang belum mampu meringkas berdasarkan gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan baik dapat diberikan beberapa bahan bacaan tmabhan yang lebih sederhana dan mereka dan dengan panduan guru siswa mengikuti langkah-langkah dalam membuat ringkasan.

 

 


DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6:

https://drive.google.com/file/d/1inYrz2hOvtnFB9R3ABSjDRp0zFSCw4GF/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...