RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran
Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMEBALAJARAN
1. Setelah mengamati, siswa mampu
mengidentifikasi dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa dengan posisi tubuh
berdiri dengan benar.
2. Setelah melihat contoh, siswa membuat
mempraktikkan dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa (posisi tubuh berdiri)
diiringi hitungan dari guru dengan benar.
3. Setelah mencari informasi, siswa mampu
mempresentasi keberagaman Indonesia.
4.
Setelah
berdiskusi, siswa mampu menemukan menjelaskan makna pesatuan dan kesatuan dalam
keberagaman.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡ Guru memberikan salam dan
mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan
dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”. Nasionalis ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§ Pada awal pembelajaran, guru
mengingatkan siswa kembali cerita tentang pawai budaya. Literasi § Guru menunjukkan gambar tentang
pawai budaya. Communication § Siswa mengamati gambar pawai budaya
yang ada di buku siswa. (Mengamati) § Pada sesi kali ini, siswa akan
belajar tari daerah. Tari yang dipelajari adalah Bungong Jeumpa atau tarian
daerah lainnya. Guru menyiapkan video tarian, musik. Jika memungkinkan guru
bisa menari di depan siswa sebagai contoh. § Siswa diminta mengamati video atau
tarian langsung. Siswa mendiskusikan dasar-dasar gerakan tarian. Siswa juga
bisa mengamati dasar-dasar gerakan yang ada di buku siswa. (Mengkomunikasikan) § Guru mempraktikkan satu persatu
dasar-dasar gerakan tarian. Guru menjelaskan posisi tubuh setiap dasar
gerakan. (Mengekplorasi) § Siswa mempraktikkan bersama-sama
setiap dasar-dasar gerakan. Guru memberi aba-aba dengan hitungan sampai 8.
Guru mengamati siswa dan membetulkan jika ada gerakan yang kurang tepat. Mandiri § Dalam kelompoknya, siswa
mempraktikkan dasar-dasar gerakan A-D dengan aba-aba dari guru. Collaboration §
Siswa
mempraktikkan setiap dasar-dasar gerakan di depan kelompoknya. Siswa lain
menilai dan memberikan komentar. Critical
Thinking and Problem Solving §
Siswa membaca
teks “Sigap Membantu Sesama”. Literasi §
Secara individu
siswa membaca teks yang ada di buku siswa dengan membaca dalam hati. §
Bersama dengan
kelompoknya siswa menjawab yang ada di buku siswa. Gotong Royong §
Siswa menulis
jawabannya di kertas plano atau kalender bekas. Creativity and
Innovation §
Siswa menempel
jawabannya pada dinding kelas. §
Satu siswa
dalam kelompok akan berdiri di depan pekerjaannya untuk berpresentasi kepada
siswa lain yang mengunjungi. Sementara, siswa yang lain akan berkunjung ke
pekerjaan kelompok lain dengan aba-aba tepuk tangan. Guru memastikan bahwa
semua siswa tenang dan berdiskusi berjalan dengan baik. Siswa yang
mengunjungi hasil pekerjaan siswa lain bisa memberikan pertanyaan ataupun
saran. Integritas §
Ketika diskusi
sudah selesai, setiap siswa akan duduk di tempat masing-masing untuk
mendiskusikan kembali hasil pekerjaannya. §
Guru dan siswa
mendiskusikan jawaban dari setiap pertanyaan satu persatu. Collaboration §
Guru
menyimpulkan bahwa setiap orang itu berbeda. Baik dari suku bangsa, sosial
dan budaya. Pengikat dari keberagaman adalah persatuan dan kesatuan. Dengan
sikap persatuan dan kesatuan setiap orang bisa bekerjasama dengan baik dengan
orang-orang yang berbeda. Integritas §
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan memberikan pendapat. Guru
memotivasi siswa untuk menguatkan nilainilai persatuan dan kesatuan dalam
kehidupan sehari-hari. §
Guru menanyakan
contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. §
Siswa menjawab
secara bergantian. |
150 menit |
Penutup |
1.
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 2.
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 3.
Siswa diberikan
kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan
nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 5. Salam dan
do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, .................. NIP. .................... |
........., Juli .... Guru Kelas 4 ………………. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian
Sikap
No |
Nama |
Perubanan
tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung
Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1. SBdP: Menari tarian Bungong Jeumpa
Catatan Anekdot untuk mencatat untuk melihat kemampuan
siswa.
2. PPKn: Presentasi Keberagaman di
Indonesia
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mencari Informasi |
Menemukan semua
hal yang diharapkan dengan
mencari dari
berbagai sumber. |
Menemukan sebagian
besar informasi
yang diharapkan dengan
mencari dari
berbagai sumber. |
Menemukan sebagian informasi
yang diharapkan dengan
mencari dari
berbagai sumber. |
Menemukan sebagian
kecil informasi
yang diharapkan dengan
mencari dari
berbagai sumber. |
Mengolah Informasi |
Menuliskan seluruh
informasi ke
dalam tabel dengan
benar. |
Menuliskan sebagian
besar informasi
ke dalam
tabel dengan
benar. |
Menuliskan sebagian informasi
ke dalam
tabel dengan
benar. |
Menuliskan sebagian
kecil informasi
ke dalam
tabel dengan
benar. |
Menyajikan Informasi |
Menyajikan semua
informasi dengan sistematis sehingga
mudah dipahami. |
Menyajikan sebagian
besar informasi
dengan sistematis sehingga
cukup mudah
dipahami. |
Menyajikan sebagian informasi
dengan sistematis sehingga
kurang bisa
dipahami. |
Menyajikan informasi
dengan tidak
sistematis sehingga
sulit dipahami. |
Catatan: Penilaian
(penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1
3. Diskusi: Pada saat diskusi keberagamaan.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman
yang sedang
berbicara. |
Mendengarkan teman
yang berbicara,
namun sesekali
masih perlu
diingatkan. |
Masih
perlu diingatkan
untuk mendengarkan teman
yang sedang
berbicara. |
Sering diingatkan
untuk mendengarkan teman
yang sedang
berbicara, namun
tidak mengindahkan. |
Komunikasi
non verbal
(kontak mata,
bahasa tubuh,
postur, ekspresi
wajah, suara). |
Merespon
dan menerapkan komunikasi
non verbal
dengan tepat. |
Merespon
dengan tepat
terhadap komunikasi non
verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering
merespon kurang
tepat terhadap komunikasi non
verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan
dalam memahami bentuk komunikasi non
verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,
perasaan, pikiran) |
Isi
pembicaraan menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan
memimpin lainnya
saat diskusi. |
Berbicara
dan menerangkan secara
rinci, merespon
sesuai dengan
topik. |
Berbicara
dan menerangkan secara
rinci, namun
terkadang merespon
kurang sesuai
dengan topik. |
Jarang
berbicara selama proses
diksusi berlangsung. |
Catatan: Penilaian
(penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1
https://drive.google.com/file/d/1R1pVHZD5RMwHFT8L2bqO7TB-vBNl0Ce0/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar