Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan         :    SD/MI  .....................

Kelas / Semester              :     IV (Empat) / 1

Tema 1                              :     Indahnya Kebersamaan

Sub Tema 1                      :     Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaran                    :     2

Alokasi Waktu                   :     1 Hari

 

A.     TUJUAN PEMEBALAJARAN

1.     Setelah mengamati, siswa mampu mengidentifikasi dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa dengan posisi tubuh berdiri dengan benar.

2.     Setelah melihat contoh, siswa membuat mempraktikkan dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa (posisi tubuh berdiri) diiringi hitungan dari guru dengan benar.

3.     Setelah mencari informasi, siswa mampu mempresentasi keberagaman Indonesia.

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menemukan menjelaskan makna pesatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”. Nasionalis

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Pada awal pembelajaran, guru mengingatkan siswa kembali cerita tentang pawai budaya. Literasi

§  Guru menunjukkan gambar tentang pawai budaya. Communication

§  Siswa mengamati gambar pawai budaya yang ada di buku siswa. (Mengamati)

§  Pada sesi kali ini, siswa akan belajar tari daerah. Tari yang dipelajari adalah Bungong Jeumpa atau tarian daerah lainnya. Guru menyiapkan video tarian, musik. Jika memungkinkan guru bisa menari di depan siswa sebagai contoh.

§  Siswa diminta mengamati video atau tarian langsung. Siswa mendiskusikan dasar-dasar gerakan tarian. Siswa juga bisa mengamati dasar-dasar gerakan yang ada di buku siswa. (Mengkomunikasikan)

§  Guru mempraktikkan satu persatu dasar-dasar gerakan tarian. Guru menjelaskan posisi tubuh setiap dasar gerakan. (Mengekplorasi)

§  Siswa mempraktikkan bersama-sama setiap dasar-dasar gerakan. Guru memberi aba-aba dengan hitungan sampai 8. Guru mengamati siswa dan membetulkan jika ada gerakan yang kurang tepat. Mandiri

§  Dalam kelompoknya, siswa mempraktikkan dasar-dasar gerakan A-D dengan aba-aba dari guru. Collaboration

§  Siswa mempraktikkan setiap dasar-dasar gerakan di depan kelompoknya. Siswa lain menilai dan memberikan komentar. Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa membaca teks “Sigap Membantu Sesama”. Literasi

§  Secara individu siswa membaca teks yang ada di buku siswa dengan membaca dalam hati.

§  Bersama dengan kelompoknya siswa menjawab yang ada di buku siswa. Gotong Royong

§  Siswa menulis jawabannya di kertas plano atau kalender bekas. Creativity and Innovation

§  Siswa menempel jawabannya pada dinding kelas.

§  Satu siswa dalam kelompok akan berdiri di depan pekerjaannya untuk berpresentasi kepada siswa lain yang mengunjungi. Sementara, siswa yang lain akan berkunjung ke pekerjaan kelompok lain dengan aba-aba tepuk tangan. Guru memastikan bahwa semua siswa tenang dan berdiskusi berjalan dengan baik. Siswa yang mengunjungi hasil pekerjaan siswa lain bisa memberikan pertanyaan ataupun saran. Integritas

§  Ketika diskusi sudah selesai, setiap siswa akan duduk di tempat masing-masing untuk mendiskusikan kembali hasil pekerjaannya.

§  Guru dan siswa mendiskusikan jawaban dari setiap pertanyaan satu persatu. Collaboration

§  Guru menyimpulkan bahwa setiap orang itu berbeda. Baik dari suku bangsa, sosial dan budaya. Pengikat dari keberagaman adalah persatuan dan kesatuan. Dengan sikap persatuan dan kesatuan setiap orang bisa bekerjasama dengan baik dengan orang-orang yang berbeda. Integritas

§  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan memberikan pendapat. Guru memotivasi siswa untuk menguatkan nilainilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.

§  Guru menanyakan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.

§  Siswa menjawab secara bergantian.

150 menit

Penutup

1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.

4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

……………….

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. SBdP: Menari tarian Bungong Jeumpa

Catatan Anekdot untuk mencatat untuk melihat kemampuan siswa.

 

2. PPKn: Presentasi Keberagaman di Indonesia

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mencari

Informasi

Menemukan

semua hal yang

diharapkan

dengan mencari

dari berbagai

sumber.

Menemukan

sebagian besar

informasi yang

diharapkan

dengan mencari

dari berbagai

sumber.

Menemukan

sebagian

informasi yang

diharapkan

dengan mencari

dari berbagai

sumber.

Menemukan

sebagian kecil

informasi yang

diharapkan

dengan mencari

dari berbagai

sumber.

Mengolah

Informasi

Menuliskan

seluruh informasi

ke dalam tabel

dengan benar.

Menuliskan

sebagian besar

informasi ke

dalam tabel

dengan benar.

Menuliskan

sebagian

informasi ke

dalam tabel

dengan benar.

Menuliskan

sebagian kecil

informasi ke

dalam tabel

dengan benar.

Menyajikan

Informasi

Menyajikan

semua informasi

dengan

sistematis

sehingga mudah

dipahami.

Menyajikan

sebagian besar

informasi dengan

sistematis

sehingga cukup

mudah dipahami.

Menyajikan

sebagian

informasi dengan

sistematis

sehingga kurang

bisa dipahami.

Menyajikan

informasi dengan

tidak sistematis

sehingga sulit

dipahami.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1

 

3. Diskusi: Pada saat diskusi keberagamaan.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

Selalu

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara.

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara,

namun tidak

mengindahkan.

Komunikasi non

verbal (kontak

mata, bahasa

tubuh, postur,

ekspresi wajah,

suara).

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non

verbal dengan

tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Membutuhkan

bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Partisipasi

(menyampaikan

ide, perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1

 download RPP Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2

https://drive.google.com/file/d/1R1pVHZD5RMwHFT8L2bqO7TB-vBNl0Ce0/view?usp=sharing 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...