RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2 : Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu :
........... x 150 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah percobaan, siswa mampu
menjelaskan fungsi sifat bunyi terkait telinga sebagai alat pendengaran dengan
lengkap.
2.
Setelah percobaan, siswa mampu
menyajikan laporan tentang sifat bunyi terkait telinga sebagai alat pendengaran
dan dengan sistematis.
3.
Setelah membaca teks tentang sikap
kerja sama, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung
setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.
4.
Setelah membaca teks tentang sikap
kerja sama, siswa mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap
paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius ¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”. Integritas ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§
Siswa diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya
tentang proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga sampai ke indera
pendengar. Communication §
Guru mengajukan pertanyaan sebagai kegiatan pembuka: (Menanya) - Apa yang kamu ketahui
tentang fungsi dari setiap alat/organ dari indera pendengaran? - Bagaimana cara merawat
telinga sebagai indera yang sangat penting bagi kita? §
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil dan diminta
berdiskusi untuk menjawab pertanyaan yang tersedia . Collaboration §
Siswa bersama guru secara klasikal kemudian menyimpulkan
hasil diskusi tentang pentingnya merawat indera pendengaran. Critical
Thinking and Problem Solving §
Siswa mempraktikkan permainan sumber bunyi di luar kelas.
Sebelumnya, guru meminta mereka untuk membaca aturan main. Apabila telah
siap, guru dapat mengajak siswa keluar untuk bermain. Creativity
and Innovation §
Siswa diingatkan kembali tentang gagasan pokok dan
gagasan pendukung yang telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya. Communication §
Siswa membaca senyap teks berjudul “Tong Sampah Gotong
Royong” yang terdapat pada pembelajaran sebelumnya. Literasi §
Siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada
teks tersebut dan menuliskannya dalam peta pikiran yang tersedia. Creativity
and Innovation |
150 menit |
Penutup |
1.
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 2.
Guru memberikan
penguatan dan kesimpulan 3.
Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan
nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 5.
Salam dan do’a
penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
F. MATERI PEMBELAJARAN
§
Melakukan percobaan
§
Menemukan
gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Lampiran 2
H. PENILAIAN
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. IPA
Tugas siswa menjawab pertanyaan dan
mengomunikan hasilnya dinilai
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Penerapan Konsep |
Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung dan menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar. |
Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung namun perlu bantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang yang sedang dipelajari.
|
Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tidak jelas. |
Perlu bimbingan saat menyampaikan bukti dan pemahaman inti dari konsep yang dipelajari. |
Komunikasi |
Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, obyektif dengan didukung data penunjang. |
Hasil percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang. |
Hasil percobaan disampaikan denga njelas namun hanya didukung sebagian kecil data penunjang.
|
Hasil percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang. |
Prosedur dan Strategi |
Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis dan strategi yang digunakan membuat percobaan berhasil. |
Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis namun masih membutuhkan bimbingan dalam menemukan strategi agar percobaan berhasi. |
Sebagian besar data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara sistematis setelah mendapat bantuan guru. |
Sebagian kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan strategi yang dipilih tidak tepat. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada
Pembelajaran 1
2. Bahasa Indonesia
Tugas siswa menemukan gagasan pokok
dan gagasan utama dari setiap paragraf dinilai menggunakan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Gagasan pokok |
Menemukan gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. |
Menemukan sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. |
Menemukan sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. |
Belum dapat menemukan gagasan pokok. |
Gagasan Pendukung |
Menemukan gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. |
Menemukan sebagian besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. |
Menemukan sebagian kecil gagasan pendukung pada semua paragraph dengan benar. |
Belum dapat menemukan gagasan pendukung. |
Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukukung dalam peta pikiran. |
Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat. |
Menyajikan sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat. |
Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat. |
Belum dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran. |
Sikap: Mandiri |
Tugas diselesaikan dengan mandiri. |
Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri. |
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. |
Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat
dilihat contohnya pada Pembelajaran 1
Pengayaan
• Apabila memiliki waktu, siswa dapat melakukan wawancara sederhana dengan
teman lintas kelas atau dengan guru-guru di sekolah, tentang pengalaman sikap
saling menghargai saat melakukan kerjasama dengan teman yang memiliki kemampuan
berbeda.
Remedial
• Siswa yang belum memahami manfaat alat-alat indera pendengaran, dapat diberikan sumber bacaan yang dilengkapi gambar. Siswa dimotivasi untuk membaca dengan teliti. Siswa dapat mengerjakan latihan tertulis (kuis, pertanyaan essay) terkait materi yang belum dipahami.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3:
https://drive.google.com/file/d/1N6ODCJzkqTyOeD1Apgbo3wYLyIa96XAn/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar