Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :  IV (Empat) / 1

Tema 1                        :  Indahnya Kebersamaan

Sub Tema 2                 :  Kebersamaan dalam Keberagaman

Pembelajaran               :  3

Alokasi Waktu              :  ........... x 150 menit

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah percobaan, siswa mampu menjelaskan fungsi sifat bunyi terkait telinga sebagai alat pendengaran dengan lengkap.

2.    Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan tentang sifat bunyi terkait telinga sebagai alat pendengaran dan dengan sistematis.

3.    Setelah membaca teks tentang sikap kerja sama, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.

4.    Setelah membaca teks tentang sikap kerja sama, siswa mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”. Integritas

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Siswa diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya tentang proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga sampai ke indera pendengar. Communication

§  Guru mengajukan pertanyaan sebagai kegiatan pembuka: (Menanya)

-       Apa yang kamu ketahui tentang fungsi dari setiap alat/organ dari indera pendengaran?

-       Bagaimana cara merawat telinga sebagai indera yang sangat penting bagi kita?

§  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil dan diminta berdiskusi untuk menjawab pertanyaan yang tersedia . Collaboration

§  Siswa bersama guru secara klasikal kemudian menyimpulkan hasil diskusi tentang pentingnya merawat indera pendengaran. Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa mempraktikkan permainan sumber bunyi di luar kelas. Sebelumnya, guru meminta mereka untuk membaca aturan main. Apabila telah siap, guru dapat mengajak siswa keluar untuk bermain. Creativity and Innovation

§  Siswa diingatkan kembali tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung yang telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya. Communication

§  Siswa membaca senyap teks berjudul “Tong Sampah Gotong Royong” yang terdapat pada pembelajaran sebelumnya. Literasi

§  Siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada teks tersebut dan menuliskannya dalam peta pikiran yang tersedia. Creativity and Innovation

150 menit

Penutup

1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.

4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

 

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

F.     MATERI PEMBELAJARAN

§  Melakukan percobaan

§  Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis

 

 

G.    METODE PEMBELAJARAN

¡  Pendekatan     : Saintifik

¡  Metode            :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 2

H.    PENILAIAN

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. IPA

Tugas siswa menjawab pertanyaan dan mengomunikan hasilnya dinilai

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Penerapan

Konsep

Memperlihatkan

pemahaman

konsep dengan

menunjukkan

bukti

pendukung dan

menyampaikan

pemahaman inti

dari konsep yang

sedang dipelajari

dengan benar.

Memperlihatkan

pemahaman

konsep dengan

menunjukkan

bukti pendukung

namun perlu

bantuan saat

menyampaikan

pemahaman inti

dari konsep yang

yang sedang

dipelajari.

 

Memperlihatkan

pemahaman

konsep dengan

menunjukkan

bukti yang

terbatas dan

penyampaian

pemahaman inti

dari konsep tidak

jelas.

Perlu

bimbingan saat

menyampaikan

bukti dan

pemahaman inti

dari konsep yang

dipelajari.

Komunikasi

Hasil percobaan

disampaikan

dengan jelas,

obyektif dengan

didukung data

penunjang.

Hasil percobaan

disampaikan

dengan jelas

dan didukung

sebagian data

penunjang.

Hasil percobaan

disampaikan

denga njelas

namun hanya

didukung

sebagian kecil

data penunjang.

 

Hasil percobaan

disampaikan

dengan kurang

jelas dan tanpa

data penunjang.

Prosedur dan

Strategi

Seluruh data

dicatat, langkah

kegiatan

dilakukan secara

sistematis dan

strategi yang

digunakan

membuat

percobaan

berhasil.

Seluruh data

dicatat, langkah

kegiatan

dilakukan secara

sistematis

namun masih

membutuhkan

bimbingan dalam

menemukan

strategi agar

percobaan

berhasi.

Sebagian besar

data dicatat,

langkah kegiatan

dan strategi

dilakukan secara

sistematis

setelah

mendapat

bantuan guru.

Sebagian kecil

data dicatat,

langkah kegiatan

tidak sistematis

dan strategi

yang dipilih tidak

tepat.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1

 

2. Bahasa Indonesia

Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap paragraf dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Gagasan pokok

Menemukan

gagasan pokok

pada semua

paragraf dengan

benar.

Menemukan

sebagian besar

gagasan pokok

pada semua

paragraf dengan

benar.

Menemukan

sebagian kecil

gagasan pokok

pada semua

paragraf dengan

benar.

Belum dapat

menemukan

gagasan pokok.

Gagasan

Pendukung

Menemukan

gagasan

pendukung pada

semua paragraf

dengan benar.

Menemukan

sebagian

besar gagasan

pendukung pada

semua paragraf

dengan benar.

Menemukan

sebagian

kecil gagasan

pendukung pada

semua paragraph

dengan benar.

Belum dapat

menemukan

gagasan

pendukung.

Penyajian

gagasan pokok

dan gagasan

pendukukung

dalam peta

pikiran.

Menyajikan

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

dalam peta

pikiran dengan

tepat.

Menyajikan

sebagian besar

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

dalam peta

pikiran dengan

tepat.

Menyajikan

sebagian kecil

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

dalam peta

pikiran dengan

tepat.

Belum dapat

menyajikan

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

dalam peta

pikiran.

Sikap: Mandiri

Tugas

diselesaikan

dengan mandiri.

Sebagian

besar tugas

diselesaikan

dengan mandiri.

Tugas

diselesaikan

dengan motivasi

dan bimbingan

guru.

Belum dapat

menyeselesaikan

tugas meski

telah diberikan

motivasi dan

bimbingan.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1

 

Pengayaan

• Apabila memiliki waktu, siswa dapat melakukan wawancara sederhana dengan teman lintas kelas atau dengan guru-guru di sekolah, tentang pengalaman sikap saling menghargai saat melakukan kerjasama dengan teman yang memiliki kemampuan berbeda.

 

Remedial

• Siswa yang belum memahami manfaat alat-alat indera pendengaran, dapat diberikan sumber bacaan yang dilengkapi gambar. Siswa dimotivasi untuk membaca dengan teliti. Siswa dapat mengerjakan latihan tertulis (kuis, pertanyaan essay) terkait materi yang belum dipahami. 



DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3:

https://drive.google.com/file/d/1N6ODCJzkqTyOeD1Apgbo3wYLyIa96XAn/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...