RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 2 : Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 2 : Manfaat
Energi
Pembelajaran :
3
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan percobaan, siswa mampu
mengidentifikasi manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari
dengan tepat.
2.
Dengan percobaan, siswa mampu
menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi dengan
sistematis.
3.
Dengan mengamati dan membaca teks
petunjuk, siswa mampu mempraktikkan petunjuk yang dibacanya (permainan bola zig
zag) dengan benar.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menyajikan teks petunjuk tertulis tentang cara aman menggunakan listrik dengan
sistematis.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
¡ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius ¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”. ¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§
Siswa mengamati gambar seorang anak yang bermain layangan
di dekat tiang dan kabel listrik. (Mengamati) •
Siswa menganalisis kegiatan
tersebut, kemudian menuliskan pendapatnya tentang perilaku tersebut serta
dampak negatif yang dapat terjadi. Critical Thinking and
Problem Solving §
Guru memberikan penguatan tentang bahaya arus listrik. §
Siswa mengamati gambar rumah dengan setiap bagian
ruangannya. §
Siswa mengidentifikasi beragam benda elektronik yang
biasa terdapat dalam setiap ruangan dan bahaya yang dapat ditimbulkan dari
benda tersebut. Creativity and Innovation §
Siswa menganalisis cara aman menggunakan benda-benda
elektronik tersebut. §
Siswa menuliskan hasil analisis dan mendiskusikannya
bersama guru. Mandiri §
Siswa membaca senyap teks yang berisi tentang cara aman menggunakan listrik. Literasi §
Siswa menuliska teks petunjuk cara aman menggunakan
listrik berdasarkan bacaan dan hasil
diskusi. Gotong Royong
|
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi) ¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti. ¡ Melakukan
penilaian hasil belajar ¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. IPA
Tulisan hasil analisis siswa diperiksa menggunakan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik |
Baik |
Cukup |
Perlu Pendampingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Manfaat perubahan bentuk energy dalam kehidupan sehari-hari |
Mengidentifikasi 5 manfaat
perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat. |
Mengidentifikasi 3-4 manfaat
perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat. |
Menngidentifika si 2 manfaat
perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat. |
Mengidentifikasi 1 manfaat
perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat. |
Laporan hasil pengamatan tentang perubahan
|
Mampu menyajikan laporan hasil
pengamatan |
Mampu menyajikan laporan hasil
pengamatan |
Mampu menyajikan laporan hasil
pengamatan |
Belum mampu menyajikan laporan hasil
pengamatan |
bentuk energi |
tentang perubahan bentuk energi
dengan tepat |
tentang perubahan bentuk energi
dengan cukup tepat |
tentang perubahan bentuk energi
dengan kurang tepat |
tentang perubahan bentuk energi
dengan tepat |
Sikap Rasa Ingin Tahu |
Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan
pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan
pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan
pertanyaan selama kegiatan. |
Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk
mengajukan ide dan pertanyaan. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di
Pembelajaran 1.
2.
Bahasa Indonesia
Teks Petunjuk siswa dinilai menggunakan rubrik
Kriteria |
Sangat Baik |
Baik |
Cukup |
Perlu Pendampingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Teks petunjuk tertulis dan
visual. |
Mampu menerjemahkan teks petunuk
Visual tentang cara aman menggunakan listrik ke dalam bentuk teks petunjuk
tertulis dengan tepat |
Mampu menerjemahkan teks petunuk
Visual tentang cara aman menggunakan listrik ke dalam bentuk teks petunjuk
tertulis dengan cukup tepat |
Mampu menerjemahkan teks petunuk
Visual tentang cara aman menggunakan listrik ke dalam bentuk teks petunjuk
tertulis dengan kurang tepat |
Belum mampu menerjemahkan teks petunuk
Visual tentang cara aman menggunakan listrik ke dalam bentuk teks petunjuk
tertulis dengan tepat |
Penyajian teks petunjuk tertulis ke
dalam bentuk visual dan sebaliknya. |
Teks petunjuk tertulis sesuai dengan teks
visual, berurutan dan sistematis |
Teks petunjuk tertulis sesuai dengan teks
visual, cukup berurutan dan cukup sistematis |
Teks petunjuk tertulis cukup sesuai dengan
teks visual, namun kurang berurutan dan kurang sistematis |
Teks petunjuk tertulis tidak sesuai dengan
teks visual. |
Kosa Kata Baku |
Menggunakan kosa kata baku dalam semua
pertanyaan. |
Menggunakan kosa kata baku dalam
sebagian besar pertanyaan. |
Menggunakan kosa kata baku dalam
sebagian kecil pertanyaan. |
Belum mampu menggunakan kosa kata baku
dalam pertanyaan. |
Kalimat Efektif |
Menggunakan kalimat efektif dalam semua
pertanyaan. |
Menggunakan kalimat efektif dalam
sebagian besar pertanyaan. |
Menggunakan kalimat efektif dalam
sebagian kecil pertanyaan. |
Belum mampu menggunakan kalimat efektif
dalam semua pertanyaan. |
Sikap: Mandiri |
Tugas diselesaikan dengan mandiri
. |
Sebagian besar tugas diselesaikan dengan
mandiri. |
Tugas diselesaikan dengan motivasi
dan bimbingan guru. |
Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan
bimbingan. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di
Pembelajaran 1.
3. Penilaian Sikap
Penilaian Sikap
Sikap |
Belum Terlihat |
Mulai Terlihat |
Mulai Berkembang |
Membudaya |
Ket. |
Teliti |
|
|
√ |
|
|
Bertanggung Jawab |
|
√ |
|
|
|
Disiplin |
|
|
|
|
|
Kerjasama
dengan Orang Tua :
Melanjutkan
daftar periksa tentang hemat energi di pembelajaran 1.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3:
https://drive.google.com/file/d/106vTD7Awi22u1FXv_U8-cM9OSBAaEh1r/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar