Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 2                        :    Selalu Berhemat Energi

Sub Tema 2                 :   Manfaat Energi

Pembelajaran               :    3

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

2.    Dengan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi dengan sistematis.

3.    Dengan mengamati dan membaca teks petunjuk, siswa mampu mempraktikkan petunjuk yang dibacanya (permainan bola zig zag) dengan benar.

4.    Setelah berdiskusi, siswa mampu menyajikan teks petunjuk tertulis tentang cara aman menggunakan listrik dengan sistematis.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelalu Berhemat Energi”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Siswa mengamati gambar seorang anak yang bermain layangan di dekat tiang dan kabel listrik. (Mengamati)

       Siswa menganalisis kegiatan tersebut, kemudian menuliskan pendapatnya tentang perilaku tersebut serta dampak negatif yang dapat terjadi. Critical Thinking and Problem Solving

§  Guru memberikan penguatan tentang bahaya arus listrik.

§  Siswa mengamati gambar rumah dengan setiap bagian ruangannya.

§  Siswa mengidentifikasi beragam benda elektronik yang biasa terdapat dalam setiap ruangan dan bahaya yang dapat ditimbulkan dari benda tersebut. Creativity and Innovation

§  Siswa menganalisis cara aman menggunakan benda-benda elektronik tersebut.

§  Siswa menuliskan hasil analisis dan mendiskusikannya bersama guru. Mandiri

§  Siswa membaca senyap teks yang berisi tentang cara aman menggunakan listrik. Literasi

§  Siswa menuliska teks petunjuk cara aman menggunakan listrik berdasarkan bacaan dan hasil diskusi. Gotong Royong

 

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1.      IPA

Tulisan hasil analisis siswa diperiksa menggunakan rubrik.

 

Kriteria

Sangat Baik

Baik

Cukup

Perlu

Pendampingan

4

3

2

1

Manfaat perubahan bentuk

energy dalam

kehidupan sehari-hari

Mengidentifikasi 5 manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

Mengidentifikasi 3-4 manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan

sehari-hari dengan tepat.

Menngidentifika si 2 manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan

sehari-hari dengan tepat.

Mengidentifikasi 1 manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan

sehari-hari dengan tepat.

Laporan hasil

pengamatan tentang perubahan

Mampu

menyajikan laporan hasil pengamatan

Mampu

menyajikan laporan hasil pengamatan

Mampu

menyajikan laporan hasil pengamatan

Belum mampu

menyajikan laporan hasil pengamatan

bentuk

energi

tentang

perubahan bentuk energi dengan tepat

tentang

perubahan bentuk energi dengan cukup tepat

tentang

perubahan bentuk energi dengan kurang tepat

tentang

perubahan bentuk energi dengan tepat

Sikap Rasa

Ingin Tahu

Tampak

antusias dan

mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak cukup

antusias dan

terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak kurang

antusias dan

tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tidak tampak

antusias dan

perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan.

 

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

2.          Bahasa Indonesia

 

Teks Petunjuk siswa dinilai menggunakan rubrik

 

Kriteria

Sangat Baik

Baik

Cukup

Perlu

Pendampingan

4

3

2

1

Teks

petunjuk tertulis dan visual.

Mampu

menerjemahkan teks petunuk Visual tentang cara aman menggunakan listrik ke dalam bentuk teks petunjuk tertulis dengan tepat

Mampu

menerjemahkan teks petunuk Visual tentang cara aman menggunakan listrik ke dalam bentuk teks petunjuk tertulis dengan cukup tepat

Mampu

menerjemahkan teks petunuk Visual tentang cara aman menggunakan listrik ke dalam bentuk teks petunjuk tertulis dengan kurang tepat

Belum mampu

menerjemahkan teks petunuk Visual tentang cara aman menggunakan listrik ke dalam bentuk teks petunjuk tertulis dengan tepat

Penyajian

teks petunjuk tertulis ke dalam bentuk visual dan sebaliknya.

Teks petunjuk

tertulis sesuai dengan teks visual, berurutan dan sistematis

Teks petunjuk

tertulis sesuai dengan teks visual, cukup berurutan dan cukup sistematis

Teks petunjuk

tertulis cukup sesuai dengan teks visual, namun kurang berurutan dan kurang sistematis

Teks petunjuk

tertulis tidak sesuai dengan teks visual.

Kosa Kata

Baku

Menggunakan

kosa kata baku dalam semua pertanyaan.

Menggunakan

kosa kata baku dalam sebagian besar pertanyaan.

Menggunakan

kosa kata baku dalam sebagian kecil pertanyaan.

Belum mampu

menggunakan kosa kata baku dalam pertanyaan.

Kalimat

Efektif

Menggunakan

kalimat efektif dalam semua pertanyaan.

Menggunakan

kalimat efektif dalam sebagian besar pertanyaan.

Menggunakan

kalimat efektif dalam sebagian kecil pertanyaan.

Belum mampu

menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan.

Sikap:

Mandiri

Tugas

diselesaikan dengan mandiri .

Sebagian besar

tugas diselesaikan dengan mandiri.

Tugas

diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru.

Belum dapat

menyeselesaikan tugas meski

telah diberikan motivasi dan bimbingan.

 

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

 

3.  Penilaian Sikap

Penilaian Sikap

Sikap

Belum Terlihat

Mulai Terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

Ket.

Teliti

 

 

 

 

Bertanggung Jawab

 

 

 

 

Disiplin

 

 

 

 

 

 

Kerjasama dengan Orang Tua :

Melanjutkan daftar periksa tentang hemat energi di pembelajaran 1.

 

 

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3:

https://drive.google.com/file/d/106vTD7Awi22u1FXv_U8-cM9OSBAaEh1r/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...