Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan         :    SD/MI  .....................

Kelas / Semester              :  IV (Empat) / 1

Tema 1                              :  Indahnya Kebersamaan

Sub Tema 2                      :  Kebersamaan dalam Keberagaman

Pembelajaran                    :  5

Alokasi Waktu                   :  ........... x 150 menit

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Setelah berdiskusi dan memperhatikan peragaan dari guru , siswa mampu menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dengan teknik benar.

2.     Setelah berdiskusi dan memperhatikan peragaan dari guru, siswa mampu mempraktikkan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dengan teknik benar.

3.     Dengan menggunakan gambar yang dibuat sendiri, siswa mampu menjelaskan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.

4.     Dengan menggunakan gambar yang dibuat sendiri, siswa mampu menceritakan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”. Integritas

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Guru mengajukan pertanyaan:

§  Apakah kamu masih ingat gerakan tari Bungong Jeumpa yang telah kamu pelajari sebelumnya?

§  Siswa diajak berdiskusi tentang gerakan dasar tari Bungong Jeumpa untuk mengingatkan mereka tentang keterampilan yang telah mereka pelajari sebelumnya.( Mengamati )

§  Siswa memperagakan secara berpasangan menarikan tarian tersebut.(Mengekplorasi)

§  Setelah cukup menguasai gerakan, siswa diajak berlatih secara berkelompok dengan iringan musik. Gotong Royong

§  Setelah selesai berlatih tari, guru memberikan penguatan terhadap nilai-nilai yang berkaitan dengan sikap peduli dan menghargai keragaman budaya. Integritas

§  Setelah berlatih menari, siswa diajak untuk merenungkan bahwa Tuhan menciptakan budaya yang berbeda agar kita saling mengenal dan saling menghargai. Kita mempunyai tanggung jawab untuk menjaga dan menciptakan keselarasan di tengah-tengah perbedaan.(Menganalisa)

§  Siswa diminta membuat gambar yang berkaitan dengan perayaan hari besar agama yang pernah mereka ikuti atau yang pernah mereka saksikan. Mandiri

§  Siswa menceritakan secara tertulis tentang perayaan hari besar keagamaan yang pernah mereka ikuti atau yang pernah kamu lihat di lingkungan tempat tinggalmu berdasarkan gambar yang telah mereka buat. (Mengekplorasi)

§  Siswa mempresentasikan dan mendiskusikan secara berkelompok cerita yang telah mereka tulis. Collaboration

§  Siswa diminta mencari tahu lebih lanjut dan menggali dari berbagai sumber informasi tentang keragaman umat beragama di lingkungan provinsi mereka masing-masing dan bagaimana antarumat beragama saling menjalin persatuan. (Mengumpulkan data)

§  Siswa diminta menuliskan informasi yang mereka peroleh pada kertas HVS.

§  Siswa mempresentasikan informasi yang mereka peroleh dalam kelompok. (Mempresentasikan)

150 menit

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. IPS

Tulisan dan presentasi tentang keragaman sosial dan budaya (agama) di provinsi masing-masing dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Struktur

Presentasi

Presentasi

memuat

pembukaan,

inti dan

penutup serta

dikomunikasikan

secara runtut.

Presentasi

memuat

pembukaan

atau penutup

dan inti serta

dikomunikasik an

secara runtut.

Presentasi hanya

memuat inti dan

disampaikan

dengan runtut.

Presentasi

hanya memiliki

pembuka atau

penutup saja.

Tema

Seluruh

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

sesuai dengan

tema.

Sebagian besar

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

sesuai dengan

tema.

Sebagian kecil

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

sesuai dengan

tema.

Gagasan pokok

dan gagasan

pendukung tidak

sesuai tema.

Fakta Pendukung

Seluruh fakta

tentang

keragaman

agama yang

terdapat di

lingkungan

provinsi masingmasing

disajikan

dengan benar.

Sebagian besar

fakta tentang

keragaman

agama yang

te dapat di

lingkungan

provinsi masingmasing

disajikan

dengan benar.

Sebagian kecil

fakta tentang

keragaman

agama yang

terdapat di

lingkungan

provinsi masingmasing

disajikan

dengan benar.

Fakta tentang

keragaman

agama yang

terdapat di

lingkungan

provinsi masingmasing

tidak

benar.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1

 

2. SBdP

Proses pembelajaran tari Bungong Jeumpa dinilai dengan catatan

anekdot.

 


DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5:

https://drive.google.com/file/d/1AhEWT0xWQy3oVkora_BiEHaao-7vS_3a/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...