RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran
Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2 : Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : ........... x 150 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah berdiskusi dan memperhatikan
peragaan dari guru , siswa mampu menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong
Jeumpa dalam posisi duduk dengan teknik benar.
2. Setelah berdiskusi dan memperhatikan
peragaan dari guru, siswa mampu mempraktikkan dasar-dasar gerak tari Bungong
Jeumpa dalam posisi duduk dengan teknik benar.
3. Dengan menggunakan gambar yang dibuat
sendiri, siswa mampu menjelaskan perayaan hari besar agama sebagai bentuk
keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas
bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.
4. Dengan menggunakan gambar yang dibuat
sendiri, siswa mampu menceritakan perayaan hari besar agama sebagai bentuk
keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas
bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡ Guru memberikan salam dan
mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan
dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”. Integritas ¡ Guru menyampaikan
tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§ Guru mengajukan pertanyaan: § Apakah kamu masih ingat gerakan tari
Bungong Jeumpa yang telah kamu pelajari sebelumnya? § Siswa diajak berdiskusi tentang gerakan
dasar tari Bungong Jeumpa untuk mengingatkan mereka tentang keterampilan yang
telah mereka pelajari sebelumnya.( Mengamati ) § Siswa memperagakan secara
berpasangan menarikan tarian tersebut.(Mengekplorasi) § Setelah cukup menguasai gerakan,
siswa diajak berlatih secara berkelompok dengan iringan musik. Gotong Royong § Setelah selesai berlatih tari, guru
memberikan penguatan terhadap nilai-nilai yang berkaitan dengan sikap peduli
dan menghargai keragaman budaya. Integritas § Setelah berlatih menari, siswa diajak
untuk merenungkan bahwa Tuhan menciptakan budaya yang berbeda agar kita
saling mengenal dan saling menghargai. Kita mempunyai tanggung jawab untuk
menjaga dan menciptakan keselarasan di tengah-tengah perbedaan.(Menganalisa) § Siswa diminta membuat gambar yang
berkaitan dengan perayaan hari besar agama yang pernah mereka ikuti atau yang
pernah mereka saksikan. Mandiri § Siswa menceritakan secara tertulis
tentang perayaan hari besar keagamaan yang pernah mereka ikuti atau yang
pernah kamu lihat di lingkungan tempat tinggalmu berdasarkan gambar yang
telah mereka buat. (Mengekplorasi) § Siswa mempresentasikan dan
mendiskusikan secara berkelompok cerita yang telah mereka tulis. Collaboration § Siswa diminta mencari tahu lebih
lanjut dan menggali dari berbagai sumber informasi tentang keragaman umat
beragama di lingkungan provinsi mereka masing-masing dan bagaimana antarumat
beragama saling menjalin persatuan. (Mengumpulkan data) § Siswa diminta menuliskan informasi
yang mereka peroleh pada kertas HVS. § Siswa mempresentasikan informasi
yang mereka peroleh dalam kelompok. (Mempresentasikan) |
150 menit |
Penutup |
¡
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi) ¡
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti. ¡
Melakukan
penilaian hasil belajar ¡
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli .... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan
oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil
penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
Penilaian
Sikap
No |
Nama |
Perubanan
tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung
Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1. IPS
Tulisan
dan presentasi tentang keragaman sosial dan budaya (agama) di provinsi
masing-masing dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Struktur Presentasi |
Presentasi memuat pembukaan, inti
dan penutup
serta dikomunikasikan secara
runtut. |
Presentasi memuat pembukaan atau
penutup dan
inti serta dikomunikasik
an secara
runtut. |
Presentasi
hanya memuat
inti dan disampaikan dengan
runtut. |
Presentasi hanya
memiliki pembuka
atau penutup
saja. |
Tema |
Seluruh gagasan
pokok dan
gagasan pendukung sesuai
dengan tema. |
Sebagian
besar gagasan
pokok dan
gagasan pendukung sesuai
dengan tema. |
Sebagian
kecil gagasan
pokok dan
gagasan pendukung sesuai
dengan tema. |
Gagasan
pokok dan gagasan pendukung
tidak sesuai
tema. |
Fakta
Pendukung |
Seluruh
fakta tentang keragaman agama
yang terdapat
di lingkungan provinsi
masingmasing disajikan dengan
benar. |
Sebagian
besar fakta
tentang keragaman agama
yang te
dapat di lingkungan provinsi
masingmasing disajikan dengan
benar. |
Sebagian
kecil fakta
tentang keragaman agama
yang terdapat
di lingkungan provinsi
masingmasing disajikan dengan
benar. |
Fakta
tentang keragaman agama
yang terdapat
di lingkungan provinsi
masingmasing tidak benar. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat
dilihat contohnya pada Pembelajaran 1
2.
SBdP
Proses
pembelajaran tari Bungong Jeumpa dinilai dengan catatan
anekdot.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5:
https://drive.google.com/file/d/1AhEWT0xWQy3oVkora_BiEHaao-7vS_3a/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar