RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI .... 
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019) 
Satuan
Pendidikan     :   SD/MI  .....................
Kelas /
Semester          :    IV
(Empat) / 1
Tema 2                        :    Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 3                 :    Energi
Alternatif
Pembelajaran               : 
  3
Alokasi Waktu              : 
  1 Hari
A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   
Dengan percobaan, siswa mampu
mengidentifikasi manfaat Kentang sebagai sumber energi alternatif dengan tepat.
2.   
Dengan percobaan menggunakan kentang,
siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi
dengan sistematis. 
3.   
Dengan melakukan percobaan, siswa
mampu menuliskan teks petunjuk tertulis tentang cara membuat arus listrik
sederhana menggunakan kentang dengan tepat. 
B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
| Kegiatan | Deskripsi
   Kegiatan | Alokasi Waktu | 
| Pendahuluan | ¡   Guru
  memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
  masing-masing. Religius ¡  
  Guru mengecek kesiapan diri dengan
  mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
  duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡  
  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
  Berhemat Energi”. ¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
  mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit | 
| Inti | ¡  Minta satu/beberapa siswa untuk memimpin pemanasan di depan teman- teman yang lain. Communication ¡  Siswa dibagi dalam 2 /lebih kelompok sesuai kebutuhan. Collaboration ¡  Siswa melakukan permainan dengan mempraktikkan nilai
  kerjasama, disiplin, dan sportivitas Gotong Royong ¡  Siswa membaca teks berisi informasi tentang sumber energi
  alternative dari kentang yang mampu menghasilkan arus listrik
  bertegangan rendah. Literasi ¡  Siswa dalam kelompok kecil melakukan percobaan berdsarkan
  teks dan gambar yang terdapat di buku. Critical Thinking and
  Problem Solving ¡  Siswa mendiskusikan dan menganalisis hasil percobaan dengan
  teman dalam satu kelompok. ¡  Siswa
  menuliskan hasil percobaan dalam tabel yang tersedia. Gotong Royong ¡  Siswa
  menuliskan teks petunjuk dari percobaan yang telah mereka lakukan. 
 | 35 Menit X  30 JP | 
| Penutup | ¡   Bersama-sama
  siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡   Bertanya jawab
  tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
  materi) ¡   Guru memberi
  kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
  yang telah diikuti. ¡   Melakukan
  penilaian hasil belajar ¡   Mengajak
  semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
  mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius 
 | 15 menit | 
C.   PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan 
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian. 
| Mengetahui Kepala Sekolah, 
 
 
 .................. NIP. .................... | ........., Juli
  .... Guru Kelas 4   
 
 
 ................. NIP. .................... | 
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan 
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian
Sikap 
| No | Nama | Perubanan
  tingkah laku | |||||||||||
| Santun | Peduli | Tanggung
  Jawab | |||||||||||
| K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
| 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
| 1 | ................... | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 2 | ................... | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 3 | …………….. | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 4 | …………….. | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 5 | …………….. | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| Dst | …………….. | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
Keterangan: 
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1. IPA
Laporan
Hasil Percobaan Perubahan Bentuk Energi siswa diperiksa menggunakan rubrik. 
| Kriteria  | Sangat Baik  | Baik  | Cukup  | Perlu  Pendampingan  | 
| 4  | 3  | 2  | 1  | |
| Perubahan  bentuk energi dan manfaatnya  | Menjelaskan  perubahan  bentuk energi pada percobaan kentang
  dan manfaatnya dengan tepat.  | Menjelaskan  perubahan  bentuk energi pada percobaan kentang
  dan manfaatnya dengan cukup tepat.  | Menjelaskan  perubahan  bentuk energi pada percobaan kentang
  dan manfaatnya dengan kurang tepat.  | Belum  menjelaskan  perubahan bentuk energi pada
  percobaan kentang dan manfaatnya dengan tepat.  | 
| Laporan  hasil pengamatan tentang perubahan
  bentuk energi  | Mampu  menuajikan laporan hasil pengamatan
  tentang perubahan bentuk energi pada percobaan kentang dengan tepat.  | Mampu  menuajikan laporan hasil pengamatan
  tentang perubahan bentuk energi pada percobaan kentang  cukup dengan tepat.  | Mampu  menuajikan laporan hasil pengamatan
  tentang perubahan bentuk energi pada percobaan kentang dengan krang  tepat.  | Belum mampu  menuajikan laporan hasil pengamatan
  tentang perubahan bentuk energi pada percobaan kentang dengan tepat.  | 
| Sikap Rasa  Ingin Tahu  | Tampak  antusias dan mengajukan banyak ide
  dan pertanyaan selama kegiatan.  | Tampak cukup  antusias dan terkadang mengajukan
  ide dan pertanyaan selama kegiatan.  | Tampak kurang  antusias dan tidak mengajukan ide
  dan pertanyaan selama kegiatan.  | Tidak tampak  antusias dan perlu dimotivasi untuk
  mengajukan ide dan pertanyaan.  | 
Catatan:
Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1. 
2.
Bahasa Indonesia 
Membuat teks petunjuk
berdasarkan kegiatan 
| Kriteria  | Sangat Baik  | Baik  | Cukup  | Perlu  Pendampingan  | 
| 4  | 3  | 2  | 1  | |
| Penyajian  teks petunjuk tertulis ke dalam
  bentuk visual dan sebaliknya.  | Laporan tertulis  sangat sesuai dengan teks petunjuk
  visual membuat percobaan kentang.  | Laporan  tertulis cukup sesuai dengan teks
  petunjuk visual membuat percobaan kentang  | Laporan  tertulis yang sesuai dengan teks
  petunjuk visual membuat percobaan.  | Laporan tertulis  belum sesuai dengan teks petunjuk
  visual membuat percobaan kentang.  | 
| Kosa Kata  Baku  | Menggunakan  kosa kata baku dalam semua
  pertanyaan.  | Menggunakan  kosa kata baku dalam sebagian besar
  pertanyaan.  | Menggunakan  kosa kata baku dalam sebagian kecil
  pertanyaan.  | Belum mampu  menggunakan kosa kata baku dalam
  pertanyaan.  | 
| Kalimat  Efektif  | Menggunakan  kalimat efektif  dalam semua pertanyaan.  | Menggunakan  kalimat efektif  dalam sebagian besar
  pertanyaan.  | Menggunakan  kalimat efektif  dalam sebagian kecil
  pertanyaan.  | Belum mampu  menggunakan  kalimat efektif dalam semua
  pertanyaan.  | 
| Sikap:  Mandiri  | Tugas diselesaikan  dengan mandiri.  | Sebagian besar  tugas diselesaikan dengan
  mandiri.  | Tugas diselesaikan  dengan motivasi dan
  bimbingan guru.  | Belum dapat  menyeselesaikan  tugas meski telah diberikan
  motivasi dan bimbingan.  | 
Catatan:
Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
3. Penilaian sikap (rasa ingin tahu, kerjasama, tekun,
teliti)
Penilaian Sikap
| Sikap | Belum Terlihat | Mulai Terlihat | Mulai Berkembang | Membudaya | Ket. | 
| Teliti | 
 | 
 | √ | 
 | 
 | 
| Bertanggung Jawab | 
 | √ | 
 | 
 | 
 | 
| Disiplin | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3:
https://drive.google.com/file/d/1Omc6_nvv1wV1x6xdd1JPMkvKHDFSxSij/view?usp=sharing
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar