Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 2                        :    Selalu Berhemat Energi

Sub Tema 3                 :   Energi Alternatif

Pembelajaran               :    3

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi manfaat Kentang sebagai sumber energi alternatif dengan tepat.

2.    Dengan percobaan menggunakan kentang, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi dengan sistematis.

3.    Dengan melakukan percobaan, siswa mampu menuliskan teks petunjuk tertulis tentang cara membuat arus listrik sederhana menggunakan kentang dengan tepat.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelalu Berhemat Energi”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

¡  Minta satu/beberapa siswa untuk memimpin pemanasan di depan teman- teman yang lain. Communication

¡  Siswa dibagi dalam 2 /lebih kelompok sesuai kebutuhan. Collaboration

¡  Siswa melakukan permainan dengan mempraktikkan nilai kerjasama, disiplin, dan sportivitas Gotong Royong

¡  Siswa membaca teks berisi informasi tentang sumber energi alternative dari kentang yang mampu menghasilkan arus listrik bertegangan rendah. Literasi

¡  Siswa dalam kelompok kecil melakukan percobaan berdsarkan teks dan gambar yang terdapat di buku. Critical Thinking and Problem Solving

¡  Siswa mendiskusikan dan menganalisis hasil percobaan dengan teman dalam satu kelompok.

¡  Siswa menuliskan hasil percobaan dalam tabel yang tersedia. Gotong Royong

¡  Siswa menuliskan teks petunjuk dari percobaan yang telah mereka lakukan.

 

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

 

15 menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. IPA

Laporan Hasil Percobaan Perubahan Bentuk Energi siswa diperiksa menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

Baik

Cukup

Perlu

Pendampingan

4

3

2

1

Perubahan

bentuk energi dan manfaatnya

Menjelaskan

perubahan

bentuk energi pada percobaan kentang dan manfaatnya dengan tepat.

Menjelaskan

perubahan

bentuk energi pada percobaan kentang dan manfaatnya dengan cukup tepat.

Menjelaskan

perubahan

bentuk energi pada percobaan kentang dan manfaatnya dengan kurang tepat.

Belum

menjelaskan

perubahan bentuk energi pada percobaan kentang dan manfaatnya dengan tepat.

Laporan

hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi

Mampu

menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi pada percobaan kentang dengan tepat.

Mampu

menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi pada percobaan kentang

cukup dengan tepat.

Mampu

menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi pada percobaan kentang dengan krang

tepat.

Belum mampu

menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi pada percobaan kentang dengan tepat.

Sikap Rasa

Ingin Tahu

Tampak

antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak cukup

antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak kurang

antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tidak tampak

antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

 

2. Bahasa Indonesia

Membuat teks petunjuk berdasarkan kegiatan

Kriteria

Sangat Baik

Baik

Cukup

Perlu

Pendampingan

4

3

2

1

Penyajian

teks petunjuk tertulis ke dalam bentuk visual dan sebaliknya.

Laporan tertulis

sangat sesuai dengan teks petunjuk visual membuat percobaan kentang.

Laporan

tertulis cukup sesuai dengan teks petunjuk visual membuat percobaan kentang

Laporan

tertulis yang sesuai dengan teks petunjuk visual membuat percobaan.

Laporan tertulis

belum sesuai dengan teks petunjuk visual membuat percobaan kentang.

Kosa Kata

Baku

Menggunakan

kosa kata baku dalam semua pertanyaan.

Menggunakan

kosa kata baku dalam sebagian besar pertanyaan.

Menggunakan

kosa kata baku dalam sebagian kecil pertanyaan.

Belum mampu

menggunakan kosa kata baku dalam pertanyaan.

Kalimat

Efektif

Menggunakan

kalimat efektif

dalam semua pertanyaan.

Menggunakan

kalimat efektif

dalam sebagian besar pertanyaan.

Menggunakan

kalimat efektif

dalam sebagian kecil pertanyaan.

Belum mampu

menggunakan

kalimat efektif dalam semua pertanyaan.

Sikap:

Mandiri

Tugas diselesaikan

dengan mandiri.

Sebagian besar

tugas diselesaikan dengan mandiri.

Tugas diselesaikan

dengan motivasi dan bimbingan guru.

Belum dapat

menyeselesaikan

tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

 

3. Penilaian sikap (rasa ingin tahu, kerjasama, tekun, teliti)

Penilaian Sikap

Sikap

Belum Terlihat

Mulai Terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

Ket.

Teliti

 

 

 

 

Bertanggung Jawab

 

 

 

 

Disiplin

 

 

 

 

 

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3:

https://drive.google.com/file/d/1Omc6_nvv1wV1x6xdd1JPMkvKHDFSxSij/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...