RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 2 : Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 3 : Energi
Alternatif
Pembelajaran :
3
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan percobaan, siswa mampu
mengidentifikasi manfaat Kentang sebagai sumber energi alternatif dengan tepat.
2.
Dengan percobaan menggunakan kentang,
siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi
dengan sistematis.
3.
Dengan melakukan percobaan, siswa
mampu menuliskan teks petunjuk tertulis tentang cara membuat arus listrik
sederhana menggunakan kentang dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius ¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”. ¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
¡ Minta satu/beberapa siswa untuk memimpin pemanasan di depan teman- teman yang lain. Communication ¡ Siswa dibagi dalam 2 /lebih kelompok sesuai kebutuhan. Collaboration ¡ Siswa melakukan permainan dengan mempraktikkan nilai
kerjasama, disiplin, dan sportivitas Gotong Royong ¡ Siswa membaca teks berisi informasi tentang sumber energi
alternative dari kentang yang mampu menghasilkan arus listrik
bertegangan rendah. Literasi ¡ Siswa dalam kelompok kecil melakukan percobaan berdsarkan
teks dan gambar yang terdapat di buku. Critical Thinking and
Problem Solving ¡ Siswa mendiskusikan dan menganalisis hasil percobaan dengan
teman dalam satu kelompok. ¡ Siswa
menuliskan hasil percobaan dalam tabel yang tersedia. Gotong Royong ¡ Siswa
menuliskan teks petunjuk dari percobaan yang telah mereka lakukan.
|
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi) ¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti. ¡ Melakukan
penilaian hasil belajar ¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian
Sikap
No |
Nama |
Perubanan
tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung
Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1. IPA
Laporan
Hasil Percobaan Perubahan Bentuk Energi siswa diperiksa menggunakan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik |
Baik |
Cukup |
Perlu Pendampingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Perubahan bentuk energi dan manfaatnya |
Menjelaskan perubahan bentuk energi pada percobaan kentang
dan manfaatnya dengan tepat. |
Menjelaskan perubahan bentuk energi pada percobaan kentang
dan manfaatnya dengan cukup tepat. |
Menjelaskan perubahan bentuk energi pada percobaan kentang
dan manfaatnya dengan kurang tepat. |
Belum menjelaskan perubahan bentuk energi pada
percobaan kentang dan manfaatnya dengan tepat. |
Laporan hasil pengamatan tentang perubahan
bentuk energi |
Mampu menuajikan laporan hasil pengamatan
tentang perubahan bentuk energi pada percobaan kentang dengan tepat. |
Mampu menuajikan laporan hasil pengamatan
tentang perubahan bentuk energi pada percobaan kentang cukup dengan tepat. |
Mampu menuajikan laporan hasil pengamatan
tentang perubahan bentuk energi pada percobaan kentang dengan krang tepat. |
Belum mampu menuajikan laporan hasil pengamatan
tentang perubahan bentuk energi pada percobaan kentang dengan tepat. |
Sikap Rasa Ingin Tahu |
Tampak antusias dan mengajukan banyak ide
dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan
ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide
dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk
mengajukan ide dan pertanyaan. |
Catatan:
Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
2.
Bahasa Indonesia
Membuat teks petunjuk
berdasarkan kegiatan
Kriteria |
Sangat Baik |
Baik |
Cukup |
Perlu Pendampingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Penyajian teks petunjuk tertulis ke dalam
bentuk visual dan sebaliknya. |
Laporan tertulis sangat sesuai dengan teks petunjuk
visual membuat percobaan kentang. |
Laporan tertulis cukup sesuai dengan teks
petunjuk visual membuat percobaan kentang |
Laporan tertulis yang sesuai dengan teks
petunjuk visual membuat percobaan. |
Laporan tertulis belum sesuai dengan teks petunjuk
visual membuat percobaan kentang. |
Kosa Kata Baku |
Menggunakan kosa kata baku dalam semua
pertanyaan. |
Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian besar
pertanyaan. |
Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian kecil
pertanyaan. |
Belum mampu menggunakan kosa kata baku dalam
pertanyaan. |
Kalimat Efektif |
Menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan. |
Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian besar
pertanyaan. |
Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian kecil
pertanyaan. |
Belum mampu menggunakan kalimat efektif dalam semua
pertanyaan. |
Sikap: Mandiri |
Tugas diselesaikan dengan mandiri. |
Sebagian besar tugas diselesaikan dengan
mandiri. |
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan
bimbingan guru. |
Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan
motivasi dan bimbingan. |
Catatan:
Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
3. Penilaian sikap (rasa ingin tahu, kerjasama, tekun,
teliti)
Penilaian Sikap
Sikap |
Belum Terlihat |
Mulai Terlihat |
Mulai Berkembang |
Membudaya |
Ket. |
Teliti |
|
|
√ |
|
|
Bertanggung Jawab |
|
√ |
|
|
|
Disiplin |
|
|
|
|
|
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3:
https://drive.google.com/file/d/1Omc6_nvv1wV1x6xdd1JPMkvKHDFSxSij/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar