RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran
Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 3 : Peduli
Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 3 : Ayo
Cintai Lingkungan
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menggunakan daftar pertanyaan, siswa
mampu menggali informasi melalui kegiatan wawancara dengan tepat.
2. Dengan melakukan wawancara, siswa
mampu menyajikan laporan tertulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat
efektif dengan sistematis.
3. Dengan observasi lingkungan, siswa
mampu mengidentifikasi pemanfatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan
masyarakat dengan tepat.
4. Dengan observasi dan diskusi, siswa
mampu menyajikan informasi hasil identifikasi pemanfataan sumber daya alam
hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan sistematis.
5. Dengan observasi , siswa mampu
menjelaskan manfaat dari peduli dan melestarikan sumber daya alam dan
lingkungan dengan tepat.
6. Dengan observasi, siswa mampu
melakukan refleksi kebiasaan peduli dan melestarikan sumber daya alam dan
lingkungan dalam bentuk tabel dengan sistematis.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli
Terhadap Makhluk Hidup”. ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
|
10 menit |
Inti |
Kegiatan Wawancara: § Siswa melakukan wawancara
dengan nara sumber menggunakan daftar pertanyaan yang telah dibuat selama dua
minggu pembelajaran. (Mengekplorasi) § Siswa akan mengolah hasil
wawancara dan menyajikannya dalam bentuk laporan, dengan memperhatikan
penggunaan kosa kata baku dan kalimat efektif. (Mengkomunikasikan) § Siswa akan membuat rancangan
laporan sebelum menyajikannya dalam bentuk laporan yang lengkap dan
sistematis. Critical Thinking and Problem Solving § Siswa menulis cerita tentang
“Peduli Lingkungan” di lembar kertas lain yang telah disiapkan guru. Literasi • Siswa mengamati gambar hewan
dan tumbuhan yang ada di buku. § Siswa mengamati kondisi hewan
dan tanaman tersebut dan mengindentifikasi tumbuhan dan hewan yang
terawat/tidak terawat. § Siswa membubuhkan tanda
centang (ΓΌ)
pada gambar hewan dan tumbuhan yang terawat. § Siswa kemudian
mengidentifikasi ciri-ciri tumbuhan dan hewan yang terawat/tidak terawat.
Siswa menuliskan ciri-ciri tersebut pada tabel yang tersedia. Creativity
and Innovation § Berdasarkan pengalaman
belajar hari ini, siswa diminta melakukan analisis secara mandiri, hal
berikut: -
Beragam penyebab tumbuhan dan hewan tidak terawat. -
Dampak kondisi tersebut bagi manusia. § Siswa kemudian mendiskusikan
jawaban mereka bersama teman dalam kelompok kecil. Collaboration Observasi Lingkungan Sekolah
§ Siswa melakukan observasi
mandiri terhadap kondisi lingkungan sekolah mereka. Creativity
and Innovation § Siswa kemudian menganalisis
penyebab dari kondisi lingkungan sekolah tersebut. •
Siswa
melakukan
refleksi terhadap kondisi lingkungan sekolah merek dengan menjawab
pertanyaan yang tersedia. Ayo, Peduli Lingkungan! •
Siswa dalam
kelompok membuat rencana kegiatan peduli lingkungan. Gotong Royong •
Siswa dapat
menanam sebuah satu jenis tumbuhan di pot, atau di halaman sekolah. •
Siswa secara
mandiri menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. |
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi) ¡
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti. ¡
Melakukan
penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli .... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian
Sikap
No |
Nama |
Perubanan
tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung
Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1.
Bahasa Indonesia
•
Tulisan rancangan laporan hasil wawancara siswa dinilai menggunakan
rubrik.
Beri tanda centang (P) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Informasi (KD 3.3) |
Informasi
lengkap sesuai
dengan hasil
wawancara. |
Informasi
cukup lengkap
sesuai dengan
hasil wawancara. |
Informasi kurang
lengkap, namun
sesuai dengan
hasil wawancara. P |
Informasi
tidak lengkap. |
Sistematik a
Laporan (KD 3.3) |
Lengkap
dan berurutan sesuai
dengan kriteria
pada teks laporan. |
Cukup
lengkap dan
berurutan sesuai
dengan kriteria
pada teks
laporan. P |
Kurang
lengkap dan
berurutan sesuai
dengan kriteria
pada teks
laporan. |
Tidak
lengkap, tidak
berurutan, dan
tidak sesuai dengan
kriteria pada
teks laporan. |
Huruf Kapital |
Menggunakan huruf
kapital dengan
tepat. |
Menggunakan huruf
kapital cukup
tepat. |
Menggunakan huruf
kapital kurang
tepat. P |
Menggunakan huruf
kapital tidak tepat. |
Tanda baca
titik dan
koma |
Menggunakan titik
dan koma dengan
tepat. |
Menggunakan titik
dan koma cukup
tepat. P |
Menggunakan titik
dan koma kurang
tepat. |
Menggunakan
titik dan
koma tidak tepat.
|
Kosa
Kata Baku (KD
4.3) |
Menggunakan kosa
kata baku dalam
semua pertanyaan. |
Menggunakan kosa
kata baku
dalam sebagian
besar pertanyaan. |
Menggunakan kosa
kata baku dalam
sebagian kecil
pertanyaan. P |
Belum
mampu menggunakan
kosa kata
baku dalam pertanyaan. |
Kalimat Efektif (KD
4.3) |
Menggunakan kalimat
efektif dalam
semua pertanyaan. |
Menggunakan kalimat efektif
dalam sebagian
besar pertanyaan. P |
Menggunakan kalimat
efektif dalam
sebagian kecil
pertanyaan. |
Belum
mampu menggunakan kalimat
efektif dalam
semua pertanyaan. |
Sikap: Mandiri |
Tugas diselesaikan dengan
mandiri. |
Sebagian
besar tugas diselesaikan dengan
mandiri. |
Tugas diselesaikan dengan
motivasi dan
bimbingan guru. P |
Belum
dapat menyeselesaikan tugas
meski telah diberikan
motivasi dan
bimbingan. |
Penilaian
(Skoring): Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai
Maksimal
Contoh: 17 x 10 = 6
28
2. IPS
a.
Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang karakteristik
bentang
alam: pantai, dataran rendah dan dataran tinggi, dinilai
menggunakan
rubrik.
Beri tanda centang (P) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Identifikasi pemanfaatan sumber daya
alam hayati
bagi kesejahteraan masyarakat. |
Mengidentifikasi pemanfaatan sumber
daya alam
hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan
tepat. |
Mengidentifikasi pemanfaatan sumber
daya alam
hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan
cukup tepat. |
Mengidentifikasi pemanfaatan sumber
daya alam
hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan
kurang tepat. P |
Belum
mampu mengidentifikasi pemanfaatan sumber
daya alam
hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan
tepat. |
Informasi
hasil identifikasi pemanfaatan sumber daya
alam hayati
bagi kesejahteraan masyarakat. |
Menyajikan informasi
hasil identifikasi pemanfaatan sumber
daya alam
hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan sistematis. |
Menyajikan informasi
hasil identifikasi pemanfaatan sumber
daya alam
hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan
cukup sistematis. P |
Menyajikan informasi
hasil identifikasi pemanfaatan sumber
daya alam
hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan
kurang sistematis. |
Belum
mampu menyajikan informasi
hasil identifikasi pemanfaatan sumber
daya alam
hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan sistematis. |
Sikap Peduli. |
Peduli
terhadap keberadaan sumber
daya alam
Indonesia secara
konsisten |
Cukup
peduli terhadap keberadaan sumber
daya alam
Indonesia. |
Kurang
peduli terhadap keberadaan sumber
daya alam
Indonesia. P |
Belum menunjukkan kepedulian terhadap keberadaan sumber
daya alam. |
Sikap Tanggung Jawab. |
Bertanggung jawab
terhadap tugas-tugas secara
konsisten. |
Cukup
bertanggung jawab terhadap
tugastugas secara konsisten. P |
Kurang
bertanggung jawab terhadap
tugastugas secara konsisten. |
Belum bertanggung jawab
terhadap tugas-tugas secara
konsisten. |
Penilaian (Skoring):
Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai
Maksimal
Contoh: 10 x 10 = 6,2
16
b.
Sikap siswa saat melakukan diskusi pemecahan masalah dinilai
menggunakan
rubrik.
Beri tanda centang (P) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman
yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih
perlu diingatkan. |
Masih
perlu diingatkan
untuk mendengarkan teman
yang sedang berbicara. P |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman
yang sedang berbicara namun
tidak mengindahkan |
Komunikasi non
verbal (kontak
mata, bahasa tubuh,
postur, ekspresi wajah, suara). |
Merespon
dan menerapkan komunikasi non
verbal dengan
tepat. |
Merespon dengan
tepat terhadap komunikasi non
verbal yang ditunjukkan teman. P |
Sering
merespon kurang
tepat terhadap komunikasi non
verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan
dalam memahami bentuk komunikasi non
verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran). |
Isi pembicaraan menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan
memimpin lainnya
saat diskusi. |
Berbicara
dan menerangkan secara
rinci, merespon sesuai dengan
topik. |
Berbicara
dan menerangkan secara
rinci, namun terkadang merespon
kurang sesuai
dengan topik. P |
Jarang
berbicara selama proses
diskusi berlangsung. |
Penilaian
(Skoring): Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai
Maksimal
Contoh:
7 x 10 = 5,8
12
3. IPA
Tugas
siswa diperiksa menggunakan rubrik.
Beri tanda centang (P) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Manfaat
dari peduli
dan melestarikan sumber
daya alam
dan lingkungan. |
Menjelaskan manfaat
dari peduli
dan melestarikan sumber
daya alam
dan lingkungan dengan
tepat. |
Menjelaskan manfaat
dari peduli
dan melestarikan sumber
daya alam
dan lingkungan dengan
cukup tepat. |
Menjelaskan manfaat
dari peduli
dan melestarikan sumber
daya alam dan
lingkungan dengan
kurang tepat. P |
Belum
mampu menjelaskan manfaat
dari peduli
dan melestarikan sumber
daya alam dan
lingkungan dengan
tepat. |
Refleksi kebiasaan peduli
dan melestarikan sumber
daya alam
dan lingkungan dalam bentuk tabel. |
Melakukan refleksi kebiasaan peduli
dan melestarikan sumber
daya alam
dan lingkungan dalam
bentuk tabel
dengan sistematis. |
Melakukan refleksi kebiasaan peduli
dan melestarikan sumber
daya alam
dan lingkungan dalam
bentuk tabel
dengan cukup sistematis. P |
Melakukan
refleksi kebiasaan
peduli dan
melestarikan sumber
daya alam dan lingkungan dalam
bentuk tabel
dengan kurang
sistematis. |
Belum
mampu melakukan refleksi
kebiasaan peduli
dan melestarikan sumber
daya alam dan lingkungan
dalam bentuk
tabel dengan
sistematis. |
Kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. |
Menunjukkan semangat
yang tinggi
selama kegiatan
belajar dengan
ikut aktif
dalam kegiatan
yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan. |
Cukup bersemangat selama kegiatan
belajar dan
cukup aktif
dalam kegiatan
yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan. |
Kurang bersemangat selama
kegiatan belajar
dan kurang aktif
dalam kegiatan yang
berhubungan dengan kelestarian lingkungan. P |
Tidak bersemangat selama
kegiatan belajar
dan tidak aktif
dalam kegiatan
yang berhubungan dengan
kelestarian lingkungan. |
Penilaian (Skoring):
Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai
Maksimal
Contoh: 7 x 10 = 5,8
12
3.
Penilaian sikap (teliti, peduli lingkungan, tanggung jawab,
kreatif, percaya diri).
No |
Sikap |
Belum Terlihat |
Mulai Terlihat |
Mulai Ber-kembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Teliti |
|
|
P |
|
|
2 |
Bertanggung Jawab |
|
P |
|
|
|
3 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa mendiskusikan cara mencintai
lingkungan dengan orang tua, terkait pemeliharaan tanaman dan hewan. Tuliskan hasil diskusimu tentang cara mencintai lingkungan.
PENGAYAAN
• Jika waktu memungkinkan, siswa
dapat menganalisis rancangan tulisan laporan hasil wawancara atau rancangan tulisan cerita
peduli lingkungan, untuk memastikan jika tulisan mereka telah menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif.
REMEDIAL
• Siswa yang mendapatkan
kesulitan saat menulis laporan, akan mendapat pendampingan guru untuk
menyelesaikan tulisannya.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1:
https://drive.google.com/file/d/1o85zDXAmWIxJi0RlSji8-JQ_yXLF1SKX/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar