Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan         :    SD/MI  .....................

Kelas / Semester              :     IV (Empat) / 1

Tema 3                              :     Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Sub Tema 3                      :     Ayo Cintai Lingkungan

Pembelajaran                    :     1

Alokasi Waktu                   :     1 Hari

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Menggunakan daftar pertanyaan, siswa mampu menggali informasi melalui kegiatan wawancara dengan tepat.

2.     Dengan melakukan wawancara, siswa mampu menyajikan laporan tertulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif dengan sistematis.

3.     Dengan observasi lingkungan, siswa mampu mengidentifikasi pemanfatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat.

4.     Dengan observasi dan diskusi, siswa mampu menyajikan informasi hasil identifikasi pemanfataan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan sistematis.

5.     Dengan observasi , siswa mampu menjelaskan manfaat dari peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dengan tepat.

6.     Dengan observasi, siswa mampu melakukan refleksi kebiasaan peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dalam bentuk tabel dengan sistematis.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeduli Terhadap Makhluk Hidup”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

 

10 menit

Inti

Kegiatan Wawancara:

§  Siswa melakukan wawancara dengan nara sumber menggunakan daftar pertanyaan yang telah dibuat selama dua minggu pembelajaran. (Mengekplorasi)

§  Siswa akan mengolah hasil wawancara dan menyajikannya dalam bentuk laporan, dengan memperhatikan penggunaan kosa kata baku dan kalimat efektif. (Mengkomunikasikan)

§  Siswa akan membuat rancangan laporan sebelum menyajikannya dalam bentuk laporan yang lengkap dan sistematis. Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa menulis cerita tentang “Peduli Lingkungan” di lembar kertas lain yang telah disiapkan guru. Literasi

       Siswa mengamati gambar hewan dan tumbuhan yang ada di buku.

§  Siswa mengamati kondisi hewan dan tanaman tersebut dan mengindentifikasi tumbuhan dan hewan yang terawat/tidak terawat.

§  Siswa membubuhkan tanda centang (ΓΌ) pada gambar hewan dan tumbuhan yang terawat.

§  Siswa kemudian mengidentifikasi ciri-ciri tumbuhan dan hewan yang terawat/tidak terawat. Siswa menuliskan ciri-ciri tersebut pada tabel yang tersedia. Creativity and Innovation

§  Berdasarkan pengalaman belajar hari ini, siswa diminta melakukan analisis secara mandiri, hal berikut:

- Beragam penyebab tumbuhan dan hewan tidak terawat.

- Dampak kondisi tersebut bagi manusia.

§  Siswa kemudian mendiskusikan jawaban mereka bersama teman dalam kelompok kecil. Collaboration

Observasi Lingkungan Sekolah

§  Siswa melakukan observasi mandiri terhadap kondisi lingkungan sekolah mereka. Creativity and Innovation

§  Siswa kemudian menganalisis penyebab dari kondisi lingkungan sekolah tersebut.

       Siswa melakukan refleksi terhadap kondisi lingkungan sekolah merek dengan menjawab pertanyaan yang tersedia.

Ayo, Peduli Lingkungan!

       Siswa dalam kelompok membuat rencana kegiatan peduli lingkungan. Gotong Royong

       Siswa dapat menanam sebuah satu jenis tumbuhan di pot, atau di halaman sekolah.

       Siswa secara mandiri menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan.

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

 

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. Bahasa Indonesia

• Tulisan rancangan laporan hasil wawancara siswa dinilai menggunakan

rubrik.

Beri tanda centang (P) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Informasi

(KD 3.3)

Informasi lengkap

sesuai dengan

hasil wawancara.

Informasi cukup

lengkap sesuai

dengan hasil

wawancara.

Informasi

kurang lengkap,

namun sesuai

dengan hasil

wawancara.

P

Informasi tidak

lengkap.

Sistematik

a Laporan

(KD 3.3)

Lengkap dan

berurutan

sesuai dengan

kriteria pada teks

laporan.

Cukup lengkap

dan berurutan

sesuai dengan

kriteria pada

teks laporan.

P

Kurang lengkap

dan berurutan

sesuai dengan

kriteria pada

teks laporan.

Tidak lengkap,

tidak berurutan,

dan tidak sesuai

dengan kriteria

pada teks laporan.

Huruf

Kapital

Menggunakan

huruf kapital

dengan tepat.

Menggunakan

huruf kapital

cukup tepat.

Menggunakan

huruf kapital

kurang tepat.

P

Menggunakan

huruf kapital tidak

tepat.

Tanda

baca titik

dan koma

Menggunakan

titik dan koma

dengan tepat.

Menggunakan

titik dan koma

cukup tepat.

P

Menggunakan

titik dan koma

kurang tepat.

Menggunakan titik

dan koma tidak

tepat.

 

Kosa Kata

Baku

(KD 4.3)

Menggunakan

kosa kata baku

dalam semua

pertanyaan.

Menggunakan

kosa kata

baku dalam

sebagian besar

pertanyaan.

Menggunakan

kosa kata baku

dalam sebagian

kecil pertanyaan.

P

Belum mampu

menggunakan kosa

kata baku dalam

pertanyaan.

Kalimat

Efektif

(KD 4.3)

Menggunakan

kalimat efektif

dalam semua

pertanyaan.

Menggunakan

kalimat

efektif dalam

sebagian besar

pertanyaan.

P

Menggunakan

kalimat efektif

dalam sebagian

kecil pertanyaan.

Belum mampu

menggunakan

kalimat efektif

dalam semua

pertanyaan.

Sikap:

Mandiri

Tugas

diselesaikan

dengan mandiri.

Sebagian besar

tugas

diselesaikan

dengan mandiri.

Tugas

diselesaikan

dengan motivasi

dan bimbingan

guru.

P

Belum dapat

menyeselesaikan

tugas meski telah

diberikan motivasi

dan bimbingan.

 

 

Penilaian (Skoring):     Total Nilai Siswa    x 10

                                 Total Nilai Maksimal

Contoh: 17  x 10 = 6

              28

 

2. IPS

a. Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang karakteristik

bentang alam: pantai, dataran rendah dan dataran tinggi, dinilai

menggunakan rubrik.

Beri tanda centang (P) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Identifikasi

pemanfaatan

sumber

daya alam

hayati bagi

kesejahteraan

masyarakat.

Mengidentifikasi

pemanfaatan

sumber daya

alam hayati bagi

kesejahteraan

masyarakat

dengan tepat.

Mengidentifikasi

pemanfaatan

sumber daya

alam hayati bagi

kesejahteraan

masyarakat

dengan cukup

tepat.

Mengidentifikasi

pemanfaatan

sumber daya

alam hayati bagi

kesejahteraan

masyarakat

dengan kurang

tepat.

P

Belum mampu

mengidentifikasi

pemanfaatan

sumber daya

alam hayati bagi

kesejahteraan

masyarakat

dengan tepat.

Informasi hasil

identifikasi

pemanfaatan

sumber

daya alam

hayati bagi

kesejahteraan

masyarakat.

Menyajikan

informasi hasil

identifikasi

pemanfaatan

sumber daya

alam hayati bagi

kesejahteraan

masyarakat

dengan

sistematis.

Menyajikan

informasi hasil

identifikasi

pemanfaatan

sumber daya

alam hayati bagi

kesejahteraan

masyarakat

dengan cukup

sistematis.

P

Menyajikan

informasi hasil

identifikasi

pemanfaatan

sumber daya

alam hayati bagi

kesejahteraan

masyarakat

dengan kurang

sistematis.

Belum mampu

menyajikan

informasi hasil

identifikasi

pemanfaatan

sumber daya

alam hayati bagi

kesejahteraan

masyarakat

dengan

sistematis.

Sikap

Peduli.

Peduli terhadap

keberadaan

sumber daya

alam Indonesia

secara konsisten

Cukup peduli

terhadap

keberadaan

sumber daya

alam Indonesia.

Kurang peduli

terhadap

keberadaan

sumber daya

alam Indonesia.

P

Belum

menunjukkan

kepedulian

terhadap

keberadaan

sumber daya

alam.

Sikap

Tanggung

Jawab.

Bertanggung

jawab terhadap

tugas-tugas

secara konsisten.

Cukup bertanggung

jawab

terhadap tugastugas

secara

konsisten.

P

Kurang bertanggung

jawab

terhadap tugastugas

secara

konsisten.

Belum

bertanggung

jawab terhadap

tugas-tugas

secara konsisten.

 

Penilaian (Skoring):    Total Nilai Siswa   x 10

                                 Total Nilai Maksimal

 

Contoh: 10  x 10 = 6,2

              16

b. Sikap siswa saat melakukan diskusi pemecahan masalah dinilai

menggunakan rubrik.

Beri tanda centang (P) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

Selalu

mendengarkan

teman yang

sedang

berbicara.

Mendengarkan

teman

yang

berbicara

namun

sesekali

masih perlu

diingatkan.

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang

sedang

berbicara.

P

Sering

diingatkan

untuk

mendengarkan

teman yang

sedang

berbicara

namun tidak

mengindahkan

Komunikasi

non verbal

(kontak mata,

bahasa

tubuh, postur,

ekspresi

wajah, suara).

Merespon dan

menerapkan

komunikasi

non verbal

dengan tepat.

Merespon

dengan tepat

terhadap

komunikasi

non verbal

yang

ditunjukkan

teman.

P

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Membutuhkan

bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Partisipasi

(menyampaikan

ide,

perasaan,

pikiran).

Isi

pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon

sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

namun

terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

P

Jarang berbicara

selama

proses diskusi

berlangsung.

 

Penilaian (Skoring):      Total Nilai Siswa   x 10

                                   Total Nilai Maksimal

Contoh: 7   x 10 = 5,8

             12

 

3. IPA

Tugas siswa diperiksa menggunakan rubrik.

Beri tanda centang (P) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Manfaat dari

peduli dan

melestarikan

sumber daya

alam dan

lingkungan.

Menjelaskan

manfaat dari

peduli dan

melestarikan

sumber daya

alam dan

lingkungan

dengan tepat.

Menjelaskan

manfaat dari

peduli dan

melestarikan

sumber daya

alam dan

lingkungan

dengan cukup

tepat.

Menjelaskan

manfaat dari

peduli dan

melestarikan

sumber daya alam

dan lingkungan

dengan kurang

tepat.

P

Belum mampu

menjelaskan

manfaat dari

peduli dan

melestarikan

sumber daya alam

dan lingkungan

dengan tepat.

Refleksi

kebiasaan

peduli dan

melestarikan

sumber daya

alam dan

lingkungan

dalam

bentuk tabel.

Melakukan

refleksi

kebiasaan

peduli dan

melestarikan

sumber daya

alam dan

lingkungan

dalam bentuk

tabel dengan

sistematis.

Melakukan

refleksi

kebiasaan

peduli dan

melestarikan

sumber daya

alam dan

lingkungan

dalam bentuk

tabel dengan

cukup

sistematis.

P

Melakukan refleksi

kebiasaan peduli

dan melestarikan

sumber daya alam

dan lingkungan

dalam bentuk

tabel dengan

kurang sistematis.

Belum mampu

melakukan

refleksi kebiasaan

peduli dan

melestarikan

sumber daya alam

dan

lingkungan dalam

bentuk tabel

dengan sistematis.

Kepedulian

terhadap

kelestarian

lingkungan.

Menunjukkan

semangat yang

tinggi selama

kegiatan belajar

dengan ikut

aktif dalam

kegiatan yang

berhubungan

dengan

kelestarian

lingkungan.

Cukup

bersemangat

selama

kegiatan belajar

dan cukup

aktif dalam

kegiatan yang

berhubungan

dengan

kelestarian

lingkungan.

Kurang

bersemangat

selama kegiatan

belajar dan kurang

aktif dalam

kegiatan

yang berhubungan

dengan

kelestarian

lingkungan.

P

Tidak

bersemangat

selama kegiatan

belajar dan tidak

aktif dalam

kegiatan yang

berhubungan

dengan kelestarian

lingkungan.

 

Penilaian (Skoring):      Total Nilai Siswa    x 10

                                   Total Nilai Maksimal

Contoh:  7  x 10 = 5,8

              12

 

3.     Penilaian sikap (teliti, peduli lingkungan, tanggung jawab, kreatif, percaya diri).

No

Sikap

Belum Terlihat

Mulai Terlihat

Mulai Ber-kembang

Membu-daya

Ket.

1

Teliti

 

 

P

 

 

2

Bertanggung Jawab

 

P

 

 

 

3

Disiplin

 

 

 

 

 

 

Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa mendiskusikan cara mencintai lingkungan dengan orang tua, terkait pemeliharaan tanaman dan hewan. Tuliskan hasil diskusimu tentang cara mencintai lingkungan.

 

PENGAYAAN

• Jika waktu memungkinkan, siswa dapat menganalisis rancangan tulisan laporan hasil wawancara atau rancangan tulisan cerita peduli lingkungan, untuk memastikan jika tulisan mereka telah menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.

 

REMEDIAL

• Siswa yang mendapatkan kesulitan saat menulis laporan, akan mendapat pendampingan guru untuk menyelesaikan tulisannya.

 

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1:

https://drive.google.com/file/d/1o85zDXAmWIxJi0RlSji8-JQ_yXLF1SKX/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...