Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan         :    SD/MI  .....................

Kelas / Semester              :     IV (Empat) / 1

Tema 3                              :     Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Sub Tema 2                      :     Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku

Pembelajaran                    :     1

Alokasi Waktu                   :     1 Hari

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara dengan tepat.

2.     Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat pertanyaan tertulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif untuk persiapan wawancara dengan benar.

3.     Dengan diskusi pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi pentingnya peran hewan sebagai sumber daya alam dalam menjaga keseimbangan alam dengan tepat.

4.     Dengan membuat poster, siswa mampu menjelaskan tentang pentingnya peran hewan sebagai sumber daya alam dalam menjaga keseimbangan alam dengan sistematis.

5.     Dengan diskusi pemecahan masalah, siswa mampu menjelaskan upaya pelestarian hewan sebagai sumber daya alam dengan sistematis.

6.     Dengan membuat poster , siswa mampu melakukan upaya pelestarian hewan sebagai sumber daya alam dengan kepedulian yang tinggi.

7.     Dengan mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat.

8.     Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyajikan informasi hasil identifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan sistematis.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeduli Terhadap Makhluk Hidup”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

       Guru mengingatkan kembali materi tentang tumbuhan sebagai sumber daya alam hayati yang harus dijaga keberadaannya. Communication

       Sebagai kegiatan pembuka, guru memperlihatkan gambar hewan di Indonesia yang dilindungi karena hampir punah (Komodo, Badak Bercula Satu). Nasionalis

       Siswa mengamati foto burung Cendrawasih dengan teliti.

       Siswa menuliskan pertanyaan mengenai beragam hal yang ingin mereka ketahui tentang burung tersebut.

       Siswa memberikan pertanyaan yang telah dibuat kepada teman sebangku untuk dijawab. Mereka kemudian saling mendiskusikan jawabanannya.

       Siswa membaca senyap teks tentang burung Cendrawasih untuk melengkapi jawaban yang telah mereka buat. Literasi

       Siswa menjawab pertanyaan bacaan tentang burung Cendrawasih Mandiri

       Siswa kemudian memilih satu jenis hewan yang menurut mereka paling menarik.

       Siswa membuat daftar pertanyaan tentang hewan tersebut Critical Thinking and Problem Solving. Daftar pertanyaan harus memuat hal-hal berikut:

• Tempat tinggal hewan (dataran tinggi, dataran rendah, pantai).

• Manfaat hewan bagi penduduk setempat khususnya dan bagi rakyat Indonesia umumnya.

• Upaya-upaya melestarikan dan menjaga keseimbangan hewan sebagai bagian dari sumber daya alam bangsa Indonesia.

• Ciri-ciri atau bagian hewan dan manfaatnya bagi hewan tersebut.

       Siswa mendiskusikan daftar pertanyaan tersebut bersama guru secara klasikal. Gotong Royong

       Siswa membaca teks tentang beragam jenis kupu-kupu. Literasi

       Siswa berkreasi membuat poster ajakan untuk menjaga kelestarian satu jenis hewan pilihan yang ada di daerah setempat. Creativity and Innovation

       Siswa disarankan untuk memilih jenis hewan yang dilindungi karena keberadaannya yang mulai langka.

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. IPA

Pertanyaan siswa tentang identifikasi masalah keseimbangan lingkungan

untuk menjaga keberadaan tanaman diperiksa menggunakan rubrik.

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

Kreiteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan (1)

Masalah

Keseimbangan

Lingkungan

Mengidentifikasi

semua

masalah

keseimbangan

lingkungan

dengan tepat.

Mengidentifikasi

sebagian

besar masalah

keseimbangan

lingkungan

dengan tepat.

Mengidentifikasi

hanya sebagian

kecil masalah

keseimbangan

lingkungan

dengan tepat.

ü

Belum mampu

mengidentifikasi

masalah

keseimbangan

lingkungan

dengan tepat.

Identifikasi

Masalah

Keseimbangan

Lingkungan

Melakukan

Identifikasi

dengan mandiri

dan tepat.

Melakukan

Identifikasi

dengan cukup

mandiri dan

cukup tepat.

ü

Melakukan

Identifikasi

dengan kurang

mandiri namun

cukup tepat.

Belum mampu

melakukan

Identifikasi

dengan mandiri

dan tepat.

Sikap Rasa

Ingin Tahu

Tampak antusias

dan mengajukan

banyak ide dan

pertanyaan

selama

kegiatan.

Tampak cukup

antusias dan

terkadang

mengajukan ide

dan pertanyaan

selama kegiatan.

Tampak kurang

antusias

dan tidak

mengajukan ide

dan pertanyaan

selama

kegiatan.

Tidak tampak

antusias

dan perlu

dimotivasi untuk

mengajukan ide

dan pertanyaan.

ü

Penilaian (Skoring):    Total Nilai Siswa   x 10

                                 Total Nilai Maksimal

Contoh:   6   x 10 = 5

               12

 

2. Bahasa Indonesia

Daftar pertanyaan siswa dinilai menggunakan rubrik.

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

Kreiteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan (1)

Daftar

Pertanyaan

Semua

pertanyaan

tepat.

Sebagian

besar

pertanyaan

tepat.

Hanya

sebagian kecil

pertanyaan

tepat.

ü

Belum mampu

membuat

pertanyaan

dengan tepat.

Kosa Kata

Baku

Menggunakan

kosa kata baku

dalam semua

pertanyaan.

Menggunakan

kosakata baku

dalam

sebagian besar

pertanyaan.

ü

Menggunakan

kosakata baku

dalam

sebagian kecil

pertanyaan.

Belum mampu

menggunakan

kosa kata

baku dalam

pertanyaan.

Kalimat

Efektif

Menggunakan

kalimat efektif

dalam semua

pertanyaan.

Menggunakan

kalimat efektif

dalam

sebagian besar

pertanyaan.

Menggunakan

kalimat

efektif dalam

sebagian kecil

pertanyaan.

ü

Belum mampu

menggunakan

kalimat efektif

dalam semua

pertanyaan.

Sikap:

Mandiri

Tugas

diselesaikan

dengan mandiri .

Sebagian

besar tugas

diselesaikan

dengan mandiri.

ü

Tugas

diselesaikan

dengan

motivasi dan

bimbingan

guru.

Belum dapat

menyeselesaikan

tugas meski telah

diberikan motivasi

dan bimbingan.

 

Penilaian (Skoring):    Total Nilai Siswa    x 10

                                 Total Nilai Maksimal

Contoh: 10 x 10 = 6,2

              16

3. IPS

a. Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang pentingnya

hewan sebagai bagian dari sumber daya alam, dinilai menggunakan

rubrik.

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

Kreiteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan (1)

Hewan

sebagai

bagian dari

sumber

daya alam

Mampu

mengidentifika

si tentang peran

hewan sebagai

bagian dari

sumber daya

alam untuk

kesejahteraan

masyarakat

dengan tepat.

Mampu

mengidentifikasi

tentang peran

hewan sebagai

bagian dari

sumber daya

alam untuk

kesejahteraan

masyarakat

dengan cukup

tepat.

Mampu

mengidentifikasi

tentang peran

hewan sebagai

bagian dari

sumber daya

alam untuk

kesejahteraan

masyarakat

dengan kurang

tepat.

ü

Belum mampu

mengidentifikasi

tentang peran

hewan sebagai

bagian dari

sumber daya

alam untuk

kesejahteraan

masyarakat

dengan tepat.

Peyajian

informasi

tentang

hewan

sebagai

bagian dari

sumber

daya alam.

Mampu

menyajikan

informasi

tentang peran

hewan sebagai

sumber daya

alam untuk

kesejahteraan

masyarakat

dengan

sistematis.

Mampu

menyajikan

informasi

tentang peran

hewan sebagai

sumber daya

alam untuk

kesejahteraan

masyarakat

dengan cukup

sistematis.

ü

Mampu

menyajikan

informasi

tentang peran

hewan sebagai

sumber daya

alam untuk

kesejahteraan

masyarakat

dengan kurang

sistematis.

Belum mampu

menyajikan

informasi tentang

peran hewan

sebagai sumber

daya alam untuk

kesejahteraan

masyarakat

dengan

sistematis.

Sikap

Peduli.

Peduli

terhadap

keberadaan

sumber daya

alam Indonesia

secara

konsisten

Cukup peduli

terhadap

keberadaan

sumber daya

alam Indonesia.

Kurang peduli

terhadap

keberadaan

sumber daya

alam Indonesia.

ü

Belum

menunjukkan

kepedulian

terhadap

keberadaan

sumber daya

alam.

Sikap

Tanggung

Jawab.

Bertangung

jawab terhadap

tugas-tugas

secara

konsisten.

Cukup bertangung

jawab

terhadap tugastugas

secara

konsisten.

ü

Kurang bertangung

jawab

terhadap

tugas-tugas

secara konsisten.

Belum

bertangung jawab

terhadap tugastugas

secara

konsisten.

 

Penilaian (Skoring):    Total Nilai Siswa         x 10

                                 Total Nilai Maksimal

Contoh:  10 x 10 = 6,2

               16

b. Sikap siswa saat melakukan diskusi pemecahan masalah dinilai

menggunakan rubrik.

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

Kreiteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan (1)

Mendengarkan.

Selalu

mendengarkan

teman yang

sedang

berbicara.

Mendengarka

n teman yang

berbicara

namun sesekali

masih perlu

diingatkan.

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara.

ü

Sering diingatkan

untuk

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara

namun tidak

mengindahkan

Komunikasi

non verbal

(kontak mata,

bahasa tubuh,

postur, ekspresi

wajah, suara).

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non

verbal dengan

tepat.

Merespon

dengan tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

ü

Sering

merespon kurang

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Membutuhkan

bantuan dalam

memahami

bentuk komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan teman.

Partisipasi

(menyampaikan

ide, perasaan,

pikiran).

Isi

pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon

sesuai dengan

topik.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

ü

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

 

Penilaian (Skoring):   Total Nilai Siswa   x 10

                                 Total Nilai Maksimal

Contoh:  7  x 10 = 5,8

              12

 

PENGAYAAN

Jika waktu memungkinkan, siswa dapat melakukan kampanye ajakan untuk melestarikan hewan menggunakan poster yang telah dibuat.

 

REMEDIAL

Siswa yang belum menguasai penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif akan mendapat pendampingan guru. Siswa diberikan beberapa latihan untuk meningkatkan pemahamannya.

 

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1:

https://drive.google.com/file/d/17h_5orK-cyDacn0w4ABN7duxtnFk6lZe/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...