Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan            :    SD/MI  .....................

Kelas / Semester                 :     IV (Empat) / 1

Tema 1                               :     Indahnya Kebersamaan

Sub Tema 1                        :     Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaran                      :     4

Alokasi Waktu                     :     1 Hari

A.      TUJUAN PEMEBALAJARAN

1.     Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf teks yang dibaca dengan terstruktur.

2.     Setelah membaca teks, siswa mampu menyusun gagasan pokok dan gagasan pendung dari teks yang dibaca menjadi kerangka tulisan dengan sistematis.

3.     Setelah melakukan demontrasi, siswa mampu menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dengan terperinci.

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menemukan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan dengan benar.

 

B.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”. Integritas

§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Guru membawa kain-kain tradisional yang mempunyai pola segi banyak. Jika tidak ada, guru bisa membawa gambar-gambar kain tradisional. Guru menyampaikan bahwa Indonesia kaya akan budaya termasuk kain-kain tradisional. Kekayaan budaya tersebut adalah identitas bangsa. Setiap warga negara harus bangga dengan keberagaman yang ada. Sebagai generasi penerus, siswa harus meneruskan budaya yang ada. Communication

§  Siswa mengamati gambar kain tradisional yang ada di buku siswa. Siswa mengidentifikasi bentuk segi banyak yang ada di buku siswa. Siswa menuliskan hasilnya di kolom yang disediakan di buku siswa. (Mengamati)

§  Siswa membaca teks Tari Kipas Pakarena yang ada di buku siswa. Siswa membaca teks tersebut dengan membaca senyap. (Mengamati) Literasi

§  Setelah membaca siswa mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks. Guru memberikan bimbingan kepada siswa untuk membaca teks dengan berlahan. Guru bisa memberikan pertanyaan-pertanyaan berikut utuk membantu membimbing siswa. (Menanya)

-        Apa yang dibicarakan di paragraf 1?

-        Apa inti dari paragraf 1?

§  Siswa mengisi gagasan pokok dan gagasan pendukung dari diagram yang ada di buku siswa. Mandiri

§  Setelah selesai, siswa saling menukar jawaban dengan temannya.

§  Salah satu siswa maju ke depan untuk menjawab gagasan pokok dan gagasan pendung tiap paragraf.

§  Setelah siswa selesai, guru membahas dan memastikan bahwa setiap siswa paham.

§  Siswa membaca teks dan melakukan simulasi tentang makna persatuan dan kesatuan pada buku siswa. (Mengamati) Literasi

§  Guru membawa sapu lidi ke dalam kelas untuk membantu siswa memahami konsep makna bersatu dengan mengacu pada buku siswa. Communication

§  Guru meminta siswa mengamati apa yang terjadi. Selanjutnya, guru meminta siswa menyapu sampah kertas tersebut menggunakan sapu lidi, kemudian bertanya kepada siswa, apa perbedaan yang kalian lihat?(Mengamati)

§  Guru memandu siswa untuk menyimpulkan bahwa persatuan dan kesatuan memberi manfaat sebagai berikut. (Mengkomunikasikan)

§  Bersatu membuat sebuah keluarga, masyarakat, dan bangsa menjadi kuat.

§  Bersatu dan bekerja sama dapat memudahkan dan mempercepat pekerjaan.

§  Secara individu siswa mengidentifikasi sikap-sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan. Siswa menuliskan hasilnya pada tabel. Integritas

150 menit

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

Penutup

1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.

4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

 

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. Bahasa Indonesia: Gagasan Pokok

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mengidentifi kasi

gagasan pokok

Mengidentifikasi

gagasan pokok

dari 4 paragraf

dengan benar.

Mengidentifikasi

gagasan pokok

dari 3 paragraf

dengan benar.

Mengidentifikasi

gagasan pokok

dari 2 paragraf

dengan benar.

 

Mengidentifikasi

gagasan pokok

dari 1 paragraf

dengan benar.

Mengidentifikasi

Gagasan

Pendukung

Mengidentifikasi

gagasan

pendukung dari 4

paragraf dengan

benar.

Mengidentifikasi

gagasan

pendukung dari 3

paragraf dengan

benar.

Mengidentifikasi

gagasan

pendukung dari 2

paragraf dengan

benar.

 

Mengidentifikasi

gagasan

pendukung dari 1

paragraf dengan

benar.

Mengkomuni

kasikan

Menuliskan

secara sistematis,

mudah

dipahami, dan

menggunakan

bahasa baku.

Memenuhi 2 dari

3 kriteria yang

diharapkan.

Memenuhi 1 dari

3 kriteria yang

diharapkan.

Belum memenuhi

kriteria yang

diharapkan.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1.

 

 

2. PPKn

Kriteria

ya

tidak

Menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam

keberagaman.

 

 

Menemukan 3 contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman

di lingkungan.

 

 

 

3. Diskusi: Pada saat diskusi persatuan dan kesatuan

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

Selalu

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara.

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara

namun tidak

mengindahkan

Komunikasi non

verbal (kontak

mata, bahasa

tubuh, postur,

ekspresi wajah,

suara)

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non

verbal dengan

tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Membutuhkan

bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Partisipasi

(menyampaikan

ide, dan

perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1.

 

 Download RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4

https://drive.google.com/file/d/1Yp1eX8Br1LANLIdd6fsbFKHOrMqxHEK1/view?usp=sharing


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...