RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
PEMEBALAJARAN
1.
Setelah membaca teks, siswa mampu
menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf teks yang
dibaca dengan terstruktur.
2.
Setelah membaca teks, siswa mampu
menyusun gagasan pokok dan gagasan pendung dari teks yang dibaca menjadi
kerangka tulisan dengan sistematis.
3.
Setelah melakukan demontrasi, siswa
mampu menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman
dengan terperinci.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menemukan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di
lingkungan dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
§ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius § Guru mengecek
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan
pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. § Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”. Integritas § Guru
menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§ Guru membawa kain-kain tradisional yang
mempunyai pola segi banyak. Jika tidak ada, guru bisa membawa gambar-gambar
kain tradisional. Guru menyampaikan bahwa Indonesia kaya akan budaya termasuk
kain-kain tradisional. Kekayaan budaya tersebut adalah identitas bangsa. Setiap warga negara
harus bangga dengan keberagaman yang ada. Sebagai generasi penerus, siswa
harus meneruskan budaya yang ada. Communication §
Siswa
mengamati gambar kain tradisional yang ada di buku siswa. Siswa
mengidentifikasi bentuk segi banyak yang ada di buku siswa. Siswa menuliskan
hasilnya di kolom yang disediakan di buku siswa. (Mengamati) §
Siswa membaca
teks Tari Kipas Pakarena yang ada di buku siswa. Siswa membaca teks tersebut
dengan membaca senyap. (Mengamati) Literasi § Setelah membaca siswa mengidentifikasi
gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks. Guru memberikan bimbingan
kepada siswa untuk membaca teks dengan berlahan. Guru bisa memberikan
pertanyaan-pertanyaan berikut utuk membantu membimbing siswa. (Menanya) -
Apa yang dibicarakan
di paragraf 1? -
Apa inti dari
paragraf 1? §
Siswa mengisi
gagasan pokok dan gagasan pendukung dari diagram yang ada di buku siswa. Mandiri §
Setelah
selesai, siswa saling menukar jawaban dengan temannya. §
Salah satu
siswa maju ke depan untuk menjawab gagasan pokok dan gagasan pendung tiap
paragraf. §
Setelah siswa
selesai, guru membahas dan memastikan bahwa setiap siswa paham. §
Siswa membaca
teks dan melakukan simulasi tentang makna persatuan dan kesatuan pada buku
siswa. (Mengamati) Literasi §
Guru membawa
sapu lidi ke dalam kelas untuk membantu siswa memahami konsep makna bersatu
dengan mengacu pada buku siswa. Communication § Guru meminta siswa mengamati apa yang
terjadi. Selanjutnya, guru meminta siswa menyapu sampah kertas tersebut
menggunakan sapu lidi, kemudian bertanya kepada siswa, apa perbedaan yang
kalian lihat?(Mengamati) §
Guru memandu
siswa untuk menyimpulkan bahwa persatuan dan kesatuan memberi manfaat sebagai
berikut. (Mengkomunikasikan) §
Bersatu
membuat sebuah keluarga, masyarakat, dan bangsa menjadi kuat. §
Bersatu dan
bekerja sama dapat memudahkan dan mempercepat pekerjaan. §
Secara
individu siswa mengidentifikasi sikap-sikap yang menunjukkan persatuan dan
kesatuan. Siswa menuliskan hasilnya pada tabel. Integritas |
150 menit |
Penutup |
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi) ¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti. ¡ Melakukan
penilaian hasil belajar ¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
Penutup |
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi. 5.
Salam dan do’a penutup
di pimpin oleh salah satu siswa. |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek
dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, .................. NIP. .................... |
........., Juli .... Guru Kelas 4 ................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. Bahasa Indonesia: Gagasan Pokok
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mengidentifi kasi gagasan pokok |
Mengidentifikasi gagasan pokok dari 4 paragraf dengan benar. |
Mengidentifikasi gagasan pokok dari 3 paragraf dengan benar. |
Mengidentifikasi gagasan pokok dari 2 paragraf dengan benar. |
Mengidentifikasi gagasan pokok dari 1 paragraf dengan benar. |
Mengidentifikasi Gagasan Pendukung |
Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 4 paragraf dengan benar. |
Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 3 paragraf dengan benar. |
Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 2 paragraf dengan benar. |
Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 1 paragraf dengan benar. |
Mengkomuni kasikan |
Menuliskan secara sistematis, mudah dipahami, dan menggunakan bahasa baku. |
Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang diharapkan. |
Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang diharapkan. |
Belum memenuhi kriteria yang diharapkan. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada
Pembelajaran 1.
2. PPKn
Kriteria |
ya |
tidak |
Menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman. |
|
|
Menemukan 3 contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam
keberagaman di lingkungan. |
|
|
3. Diskusi: Pada saat diskusi persatuan dan kesatuan
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, dan perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada
Pembelajaran 1.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar