Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan         :    SD/MI  .....................

Kelas / Semester              :     IV (Empat) / 1

Tema 3                              :     Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Sub Tema 1                      :     Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku

Pembelajaran                    :     2

Alokasi Waktu                   :     1 Hari

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam memanfaatkan tumbuhan dengan benar.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan refleksi diri mengenai hak dan kewajiban memanfaatkan tumbuhan secara bijak dengan terperinci.

3.     Setelah mengamati, siswa mampu menjelaskan teknik membuat kolase dengan benar.

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat kolase dari bahan alam dengan teknik yang kreatif.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeduli Terhadap Makhluk Hidup”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§   Siswa membaca teks cerita tentang Beni. Siswa membaca teks dalam hati. Literasi

§   Siswa dibagi menjadi kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Collaboration

§   Siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berdasarkan teks.Siswa menuliskan jawabannya pada kalender bekas. Siswa menuliskan jawabannya dengan tulisan yang cukup besar. Gotong Royong

§   Salah satu perwakilan kelompok akan berkunjung ke kelompok lain dan mempresentasikan jawabannya. Guru memberikan aba-aba tepuk tangan dan siswa berputar searah jarum jam. Collaboration

§   Diskusi kelas. Guru membahas satu-persatu pertanyaan yang ada. Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan menyampaikan pendapatnya.

o   Siswa membaca teks “Berpikirlah Sebelum Kamu Membuangnya” (Mengamati) Literasi

§   Guru menguatkan bahwa betapa lama proses nasi ada di meja makan kita. Betapa petani bekerja keras untuk menanam sampai memanen padi. Communication

§   Masihkah kita membuang-buang makanan?

§   Siswa masih berada dalam kelompok. Siswa kembali mengamati gambar yang ada di buku siswa (menebang pohon, merawat tanaman, dan merusak tanaman) Gotong Royong

§   Guru meminta siswa membayangkan makanan yang dibuang setiap tahunnya. Guru meminta pendapat siswa tentang fakta ini. (Menanya)

Guru bertanya,

-        Apa dampak dari membuang-buang makanan?

§   Siswa akan berkreasi untuk membuat kolase. Siswa mengamati kolase yang ada di buku siswa. Jika memungkinkan guru bisa membuat kolase sendiri. Creativity and Innovation

§   Siswa diminta membuat pertanyaan berdasarkan kolase yang diamatinya. Guru bisa menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang dibuat oleh siswa. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara klasikal.

§   Siswa mendiskusikan dengan temannya teknik membuat kolase. Siswa juga mendiskusikan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuatnya. Siswa membaca langkah-langkah membuat kolase yang ada di buku siswa. Guru mempraktikkan satu persatu langkah dengan hati-hati. Siswa diberi kesempatan jika ada hal-hal yang masih kurang jelas. Critical Thinking and Problem Solving

§   Siswa membuat kolase. Siswa bisa menggambar sendiri gambar yang diinginkan atau guru bisa membagikan sketsa gambar kupu-kupu. Mandiri

§   Siswa bisa mengambil daun-daun kering atau yang sudah tidak digunakan di lingkungan sekolah (siswa bisa membawa sendiri dari rumah, guru menginformasikan di pertemuan sebelumnya).

§   Guru menyiapkan lem dan gunting. Siswa mulai menempel daun-daun atau ranting kering. Siswa memperhatikan keindahan dan keserasian.

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

 

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1.     PPKn

Kreiteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan (1)

Sikap baik

Menuliskan 3

sikap baik yang

sudah dilakukan

Menuliskan 2

sikap baik

yang sudah

dilakukan

Menuliskan 1

sikap baik

yang sudah

dilakukan

Belum mampu

menuliskan sikap

baik yang sudah

dilakukan

Dampak sikap

Baik

Menjelaskan 3

dampak dari

sikap baik

tersebut bagi

lingkungan

Menjelaskan 2

dampak dari

sikap baik

tersebut bagi

lingkungan

Menjelaskan 1

dampak dari

sikap baik

tersebut bagi

lingkungan

Belum mampu

menuliskan

dampak dari sikap

tersebut bagi

lingkungan

Sikap perlu

Diperbaiki

Menuliskan 3

sikap belum

baik

yang sudah

dilakukan

Menuliskan 2

sikap belum

baik

yang sudah

dilakukan

Menuliskan 1

sikap belum

baik

yang sudah

dilakukan

Belum mampu

menuliskan

sikap belum baik

yang sudah dilakukan

Dampak sikap

belum baik

Menjelaskan 3

dampak dari

sikap belum

baik tersebut

bagi

lingkungan

Menjelaskan 2

dampak dari

sikap belum

baik tersebut

bagi

lingkungan

Menjelaskan 1

dampak dari

sikap belum

baik tersebut

bagi

lingkungan

Belum mampu

menuliskan

dampak dari sikap

tersebut bagi

lingkungan

Rencana

tindak lanjut

Menuliskan 3

rencana tindak

lanjut untuk

lebih bijak terhadap

tumbuhan

Menuliskan 2

rencana tindak

lanjut untuk

lebih bijak terhadap

tumbuhan

Menuliskan 1

rencana tindak

lanjut untuk

lebih bijak terhadap

tumbuhan

Belum mampu

menuliskan

rencana tindak

lanjut

 

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

2. SBdP: Kolase

Kreiteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan (1)

Teknik

Menempel

Seluruh

bahan

ditempel

dengan rapi

Sebagian

besar bahan

ditempel

dengan rapi

Sebagian

bahan

ditempel

dengan rapi

Sebagian kecil

ditempel

dengan rapi

Pemilihan

Bahan

Memilih

seluruh bahan

(daun dan

ranting) dengan

sesuai

Memilih

sebagian besar

bahan (daun

dan ranting)

dengan sesuai

Memilih

sebagian bahan

(daun dan

ranting) dengan

sesuai

Memilih

sebagian kecil

bahan (daun

dan ranting)

dengan sesuai

Keserasian

Menempel

semuan

bahan-bahan

dengan serasi

Menempel

sebagian besar

bahan-bahan

dengan serasi

Menempel

sebagian

bahan-bahan

dengan serasi

Menempel

sebagian kecil

bahan-bahan

dengan serasi

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

 

3. Diskusi

Diskusi saat membahas pertanyaan dalam soal cerita Beni dan Adiknya

Kreiteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan (1)

Mendengarkan

Selalu

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara

Mendengarkan

teman yang

berbicara

namun

sesekali masih

perlu

diingatkan.

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang

sedang

berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara

namun tidak

mengindahkan

Komunikasi

non verbal

(kontak mata,

bahasa tubuh,

postur, ekspresi

wajah, suara)

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non

verbal dengan

tepat.

Merespon

dengan tepat

terhadap

komunikasi

non verbal

yang

ditunjukkan

teman.

Sering

merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal

yang

ditunjukkan

teman.

Membutuhkan

bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Partisipasi

(menyampaikan

ide,

perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon

sesuai dengan

topik.

Berbicara dan

menerangkan

secara

rinci,namun

terkadang

merespon

kurang sesuai

dengan topik.

Jarang berbicara

selama proses

diksusi

berlangsung.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

Penilaian sikap teliti, kreatif, rasa ingin tahu.

No

Sikap

Belum Terlihat

Mulai Terlihat

Mulai Ber-kembang

Membu-daya

Ket.

1

Teliti

 

 

P

 

 

2

Bertanggung Jawab

 

P

 

 

 

3

Disiplin

 

 

 

 

 

 

Kerjasama dengan Orang Tua :

Orang tua berbagi pengalaman dengan siswa ketika mereka berinteraksi dengan

hewan.

 

download RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2:

https://drive.google.com/file/d/1UnzF49uJQY2GKotFn3cG3RjhHFoY_0-k/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...