RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran
Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 3 : Peduli
Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Hewan
dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah berdiskusi, siswa mampu
mengidentifikasi hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam memanfaatkan
tumbuhan dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu
menuliskan refleksi diri mengenai hak dan kewajiban memanfaatkan tumbuhan
secara bijak dengan terperinci.
3. Setelah mengamati, siswa mampu
menjelaskan teknik membuat kolase dengan benar.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu
membuat kolase dari bahan alam dengan teknik yang kreatif.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli
Terhadap Makhluk Hidup”. ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§
Siswa
membaca teks cerita tentang Beni. Siswa membaca teks dalam hati. Literasi §
Siswa
dibagi menjadi kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Collaboration §
Siswa
mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berdasarkan teks.Siswa menuliskan
jawabannya pada kalender bekas. Siswa menuliskan jawabannya dengan tulisan
yang cukup besar. Gotong
Royong §
Salah
satu perwakilan kelompok akan berkunjung ke kelompok lain dan
mempresentasikan jawabannya. Guru memberikan aba-aba tepuk tangan dan siswa
berputar searah jarum jam. Collaboration §
Diskusi
kelas. Guru membahas satu-persatu pertanyaan yang ada. Siswa diberi
kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan menyampaikan pendapatnya. o
Siswa
membaca teks “Berpikirlah Sebelum Kamu Membuangnya” (Mengamati) Literasi §
Guru
menguatkan bahwa betapa lama proses nasi ada di meja makan kita. Betapa
petani bekerja keras untuk menanam sampai memanen padi. Communication §
Masihkah
kita membuang-buang makanan? §
Siswa
masih berada dalam kelompok. Siswa kembali mengamati gambar yang
ada di buku siswa (menebang pohon, merawat tanaman, dan merusak tanaman) Gotong Royong §
Guru
meminta siswa membayangkan makanan yang dibuang setiap tahunnya. Guru meminta
pendapat siswa tentang fakta ini. (Menanya) Guru bertanya, -
Apa
dampak dari membuang-buang makanan? §
Siswa
akan berkreasi untuk membuat kolase. Siswa mengamati kolase yang ada di buku
siswa. Jika memungkinkan guru bisa membuat kolase sendiri. Creativity and Innovation §
Siswa
diminta membuat pertanyaan berdasarkan kolase yang diamatinya. Guru bisa
menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang dibuat oleh siswa. Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan tersebut secara klasikal. §
Siswa
mendiskusikan dengan temannya teknik membuat kolase. Siswa juga mendiskusikan
hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuatnya. Siswa membaca
langkah-langkah membuat kolase yang ada di buku siswa. Guru mempraktikkan
satu persatu langkah dengan hati-hati. Siswa diberi kesempatan jika ada
hal-hal yang masih kurang jelas. Critical
Thinking and Problem Solving §
Siswa
membuat kolase. Siswa bisa menggambar sendiri gambar yang diinginkan atau
guru bisa membagikan sketsa gambar kupu-kupu. Mandiri §
Siswa
bisa mengambil daun-daun kering atau yang sudah tidak digunakan di lingkungan
sekolah (siswa bisa membawa sendiri dari rumah, guru menginformasikan di
pertemuan sebelumnya). §
Guru
menyiapkan lem dan gunting. Siswa mulai menempel daun-daun atau ranting
kering. Siswa memperhatikan keindahan dan keserasian. |
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi) ¡
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti. ¡
Melakukan
penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli .... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian
Sikap
No |
Nama |
Perubanan
tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung
Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1.
PPKn
Kreiteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Sikap
baik |
Menuliskan
3 sikap
baik yang sudah
dilakukan |
Menuliskan
2 sikap
baik yang
sudah dilakukan |
Menuliskan
1 sikap
baik yang
sudah dilakukan |
Belum
mampu menuliskan
sikap baik
yang sudah dilakukan |
Dampak
sikap Baik |
Menjelaskan
3 dampak
dari sikap
baik tersebut
bagi lingkungan |
Menjelaskan
2 dampak
dari sikap
baik tersebut
bagi lingkungan |
Menjelaskan
1 dampak
dari sikap
baik tersebut
bagi lingkungan |
Belum
mampu menuliskan dampak
dari sikap tersebut
bagi lingkungan |
Sikap
perlu Diperbaiki |
Menuliskan
3 sikap
belum baik yang
sudah dilakukan |
Menuliskan
2 sikap
belum baik yang
sudah dilakukan |
Menuliskan
1 sikap
belum baik yang
sudah dilakukan |
Belum
mampu menuliskan sikap
belum baik yang
sudah dilakukan |
Dampak
sikap belum
baik |
Menjelaskan
3 dampak
dari sikap
belum baik
tersebut bagi lingkungan |
Menjelaskan
2 dampak
dari sikap
belum baik
tersebut bagi lingkungan |
Menjelaskan
1 dampak
dari sikap
belum baik
tersebut bagi lingkungan |
Belum
mampu menuliskan dampak
dari sikap tersebut
bagi lingkungan |
Rencana tindak
lanjut |
Menuliskan
3 rencana
tindak lanjut
untuk lebih
bijak terhadap tumbuhan |
Menuliskan
2 rencana
tindak lanjut
untuk lebih
bijak terhadap tumbuhan |
Menuliskan
1 rencana
tindak lanjut
untuk lebih
bijak terhadap tumbuhan |
Belum
mampu menuliskan rencana
tindak lanjut |
Catatan: penilaian (penskoran) dapat
dilihat contohnya pada pembelajaran 1
2. SBdP: Kolase
Kreiteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Teknik Menempel |
Seluruh bahan ditempel dengan
rapi |
Sebagian besar
bahan ditempel dengan
rapi |
Sebagian bahan ditempel dengan
rapi |
Sebagian
kecil ditempel dengan
rapi |
Pemilihan Bahan |
Memilih seluruh
bahan (daun
dan ranting)
dengan sesuai |
Memilih sebagian
besar bahan
(daun dan
ranting) dengan
sesuai |
Memilih sebagian
bahan (daun
dan ranting)
dengan sesuai |
Memilih sebagian
kecil bahan
(daun dan
ranting) dengan
sesuai |
Keserasian |
Menempel semuan bahan-bahan dengan
serasi |
Menempel sebagian
besar bahan-bahan dengan
serasi |
Menempel sebagian bahan-bahan dengan
serasi |
Menempel sebagian
kecil bahan-bahan dengan
serasi |
Catatan: penilaian (penskoran) dapat
dilihat contohnya pada pembelajaran 1
3.
Diskusi
Diskusi saat membahas pertanyaan dalam
soal cerita Beni dan Adiknya
Kreiteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman
yang sedang
berbicara |
Mendengarkan teman
yang berbicara namun sesekali
masih perlu diingatkan. |
Masih
perlu diingatkan
untuk mendengarkan teman
yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan
untuk mendengarkan teman
yang sedang
berbicara namun
tidak mengindahkan |
Komunikasi non verbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara) |
Merespon
dan menerapkan komunikasi
non verbal
dengan tepat. |
Merespon dengan
tepat terhadap komunikasi non
verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang
tepat terhadap komunikasi non
verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan
dalam memahami bentuk komunikasi non
verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) |
Isi
pembicaraan menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan memimpin lainnya
saat diskusi. |
Berbicara
dan menerangkan secara
rinci, merespon sesuai
dengan topik. |
Berbicara
dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang
sesuai dengan
topik. |
Jarang
berbicara selama
proses diksusi berlangsung. |
Catatan: penilaian (penskoran) dapat
dilihat contohnya pada pembelajaran 1
Penilaian
sikap teliti, kreatif, rasa ingin tahu.
No |
Sikap |
Belum
Terlihat |
Mulai
Terlihat |
Mulai Ber-kembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Teliti |
|
|
P |
|
|
2 |
Bertanggung Jawab |
|
P |
|
|
|
3 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
Kerjasama
dengan Orang Tua :
Orang tua berbagi pengalaman dengan siswa ketika mereka berinteraksi dengan
hewan.
download RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2:
https://drive.google.com/file/d/1UnzF49uJQY2GKotFn3cG3RjhHFoY_0-k/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar