RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 : Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran :
4
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati teks visual, siswa
mampu mengidentifikasi gambar-gambar dari teks visual yang diamati dengan
tepat.
2.
Setelah mengamati teks visual, siswa
mampu menuliskan gagasan pokok dari teks visual yang diamati dengan benar.
3.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menjelaskan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam
kehidupan masyarakat dengan percaya diri.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang
dalam kehidupan masyarakat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius ¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”. ¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. ¡ Menyanyikan lagu Indonesia Pusaka. Nasionalis |
10 menit |
Inti |
§
Siswa mengamati teks visual yang ada
di buku siswa. (Mengamati) §
Guru menanyakan (gambar apa saja
yang kamu amati?) (Menanya) §
Setiap kelompok akan menyampaikan
jawabannya kepada kelompok sebelahnya. Collaboration §
Guru akan membahas satu persatu
gambar di depan kelas. Guru bisa menunjuk siswa untuk menyampaikan
jawabannya. (mengkomunikasikan) §
Secara individu siswa akan
menuliskan gagasan pokok dari gambar yang telah diamatinya. Critical
Thinking and Problem Solving §
Siswa juga menceritakan
pengalamannya menggunakan energi listrik. Siswa menyimpulkan apakah sudah
melaksanakan hak dan kewajibannya secara seimbang. Literasi
|
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡ Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡ Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti. ¡ Melakukan
penilaian hasil belajar ¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C
(Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
1. Bahasa Indonesia. Menuliskan
gagasan pokok dari teks visual.
Kriteria |
Ya |
Tidak |
Menuliskan gagasan pokok dari teks visual dengan benar. |
|
|
Menjelaskan alasan dengan benar. |
|
|
2.PPkn: Menceritakan pengalaman diri menggunakan.
Kriteria |
Ya |
Tidak |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4:
https://drive.google.com/file/d/1ncH51VKCtGaNKO2LLiiiUPBb381e8aOe/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar