RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3 : Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah diberikan masalah, siswa mampu
menjelaskan keberagaman yang ada dari teman-temannya dengan terperinci.
2.
Setelah diberikan masalah, siswa mampu
menceritakan pengalaman bekerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.
3.
Setelah mendengarkan, siswa mampu
mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang didengar
dengan sistematis.
4.
Setelah mendengarkan, siswa mampu
menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang didengar dengan
sistematis.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius ¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”. Integritas ¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§
Siswa dibagi dalam kelompok. Dalam pembagian kelompok, guru memperhatikan keberagaman yang ada, misalkan cara berpendapat, sifat dan
lain-lain. Collaboration §
Diusahakan dalam satu kelompok
tampak keberagamannya.
Kali ini guru akan mengamati
bagaimana siswa bekerjasama dengan
teman-teman yang berbeda. Gotong Royong §
Siswa diberikan masalah mengenai Ibu Mimip penjaga kantin. Siswa
membacanya di
buku siswa. Literasi §
Siswa mendengarkan dengan seksama.
Guru membacakan satu-persatu paragraf. (Mengamati) §
Guru meminta setiap siswa untuk
menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf yang
didengarnya. (Mengumpulkan data) Critical Thinking and
Problem Solving § Siswa
menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada grafik yang disiapkan di
buku siswa. ( Menyimpulkan) |
150 menit |
Penutup |
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. ¡
Melakukan penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. PPKn: Refleksi Kerjasama
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Keberagaman yang ada |
Menjelaskan 3 keberagaman yang ada. |
Menjelaskan 2 keberagaman yang ada. |
Menjelaskan 1 keberagaman yang ada. |
Belum memenuhi kriteria yang diharapkan. |
Hal baik |
Menuliskan 3 sikap (baik atau perlu diperbaiki) yang ditunjukkan dilengkapi alasan. |
Menuliskan 2 sikap (baik atau perlu diperbaiki) yang ditunjukkan dilengkapi alasan. |
Menuliskan 1 sikap (baik atau perlu diperbaiki) yang ditunjukkan dilengkapi alasan. |
Belum memenuhi kriteria yang diharapkan. |
Manfaat |
Menjelaskan 3 manfaat yang didapat dari kerja sama. |
Menjelaskan 2 manfaat yang didapat dari kerja sama. |
Menjelaskan 1 manfaat yang didapat dari kerja sama. |
Belum memenuhi kriteria yang diharapkan. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada
Pembelajaran 1.
2. Bahasa Indonesia: Gagasan pokok dan pendukung dari teks
lisan
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mengidentifikasi gagasan pokok |
Menjelaskan 3 keberagaman yang ada. |
Menjelaskan 2 keberagaman yang ada. |
Menjelaskan 1 keberagaman yang ada. |
Belum memenuhi kriteria yang diharapkan. |
Mengidentifikasi Gagasan Pendukung |
Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 4 paragraf dengan benar. |
Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 3 paragraf dengan benar. |
Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 2 paragraf dengan benar. |
Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 1 paragraf dengan benar. |
Mengkomunikasikan |
Menuliskan secara sistematis, mudah dipahami, menggunakan bahasa baku. |
Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang diharapkan. |
Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang diharapkan. |
Belum memenuhi kriteria yang diharapkan. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada
Pembelajaran 1.
3. Diskusi: Membahas cerita Ibu Mimin
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara |
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada
Pembelajaran 1.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4:
https://drive.google.com/file/d/149g3TZ49tfDxZbD1voY_fcFiNraoQaUD/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar