Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 1                        :    Indahnya Kebersamaan

Sub Tema 3                 :    Bersyukur atas Keberagaman

Pembelajaran               :    4

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah diberikan masalah, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada dari teman-temannya dengan terperinci.

2.    Setelah diberikan masalah, siswa mampu menceritakan pengalaman bekerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.

3.    Setelah mendengarkan, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang didengar dengan sistematis.

4.    Setelah mendengarkan, siswa mampu menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang didengar dengan sistematis.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”. Integritas

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Siswa dibagi dalam kelompok. Dalam pembagian kelompok, guru memperhatikan keberagaman yang ada, misalkan cara berpendapat, sifat dan lain-lain. Collaboration

§  Diusahakan dalam satu kelompok tampak keberagamannya. Kali ini guru akan mengamati bagaimana siswa bekerjasama dengan teman-teman yang berbeda. Gotong Royong

§  Siswa diberikan masalah mengenai Ibu Mimip penjaga kantin. Siswa membacanya di buku siswa. Literasi

§  Siswa mendengarkan dengan seksama. Guru membacakan satu-persatu paragraf. (Mengamati)

§  Guru meminta setiap siswa untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf yang didengarnya. (Mengumpulkan data) Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada grafik yang disiapkan di buku siswa. ( Menyimpulkan)

150 menit

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. PPKn: Refleksi Kerjasama

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Keberagaman

yang ada

Menjelaskan 3

keberagaman

yang ada.

Menjelaskan 2

keberagaman

yang ada.

Menjelaskan 1

keberagaman

yang ada.

Belum memenuhi

kriteria yang

diharapkan.

Hal baik

Menuliskan 3

sikap (baik atau

perlu diperbaiki)

yang ditunjukkan

dilengkapi

alasan.

Menuliskan 2

sikap (baik atau

perlu diperbaiki)

yang ditunjukkan

dilengkapi

alasan.

Menuliskan 1

sikap (baik atau

perlu diperbaiki)

yang ditunjukkan

dilengkapi

alasan.

Belum memenuhi

kriteria yang

diharapkan.

Manfaat

Menjelaskan 3

manfaat yang

didapat dari kerja

sama.

Menjelaskan 2

manfaat yang

didapat dari kerja

sama.

Menjelaskan 1

manfaat yang

didapat dari kerja

sama.

Belum memenuhi

kriteria yang

diharapkan.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1.

 

 

 

 

 

2. Bahasa Indonesia: Gagasan pokok dan pendukung dari teks lisan

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mengidentifikasi

gagasan pokok

Menjelaskan 3

keberagaman

yang ada.

Menjelaskan 2

keberagaman

yang ada.

Menjelaskan 1

keberagaman

yang ada.

Belum memenuhi

kriteria yang

diharapkan.

Mengidentifikasi

Gagasan

Pendukung

Mengidentifikasi

gagasan

pendukung dari 4

paragraf dengan

benar.

Mengidentifikasi

gagasan

pendukung dari 3

paragraf dengan

benar.

Mengidentifikasi

gagasan

pendukung dari 2

paragraf dengan

benar.

Mengidentifikasi

gagasan

pendukung dari 1

paragraf dengan

benar.

Mengkomunikasikan

Menuliskan secara

sistematis,

mudah dipahami,

menggunakan

bahasa baku.

Memenuhi 2 dari

3 kriteria yang

diharapkan.

Memenuhi 1 dari

3 kriteria yang

diharapkan.

Belum memenuhi

kriteria yang

diharapkan.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1.

 

3. Diskusi: Membahas cerita Ibu Mimin

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

Selalu

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara

Mendengarkan

teman yang

berbicara namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara

namun tidak

mengindahkan

Komunikasi non

verbal (kontak

mata, bahasa

tubuh, postur,

ekspresi wajah,

suara)

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non

verbal dengan

tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Membutuhkan

bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Partisipasi

(menyampaikan

ide, perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung dan

memimpin lainnya

saat diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diskusi

berlangsung.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1.

 

 

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4:

https://drive.google.com/file/d/149g3TZ49tfDxZbD1voY_fcFiNraoQaUD/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...