Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan         :    SD/MI  .....................

Kelas / Semester              :     IV (Empat) / 1

Tema 3                              :     Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Sub Tema 3                      :     Ayo Cintai Lingkungan

Pembelajaran                    :     4

Alokasi Waktu                   :     1 Hari

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Setelah mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan dampak dari melalaikan kewajiban menjaga lingkungan dengan terperinci.

2.     Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menyajikan laporankesadaran masyarakat menjaga lingkungan di tempat tinggalnya dengan runtut.

3.     Setelah menulis laporan, siswa mampu memberikan pendapat terhadap laporan yang ditulis oleh teman dengan terperinci.

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu memperbaiki tulisan pada laporannya menggunakan kalimat efektif dengan sistematis.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeduli Terhadap Makhluk Hidup”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

o   Di awal pembelajaran guru bertanya kepada siswa, apa yang sudah mereka lakukan di rumah untuk menjaga lingkungannya? Siswa diberi kesempatan untuk bercerita hal-hal yang sudah mereka lakukan untuk menjaga lingkungannya. Guru memberikan apresiasi atas hal-hal yang sudah dilakukan oleh siswa. Guru terus memotivasi siswa untuk lebih peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan. Communication

o   Siswa mengamati gambar-gambar yang ada di buku siswa. Secara individu siswa menjawab pertanyaan berdasarkan gambar. Mandiri

o   Siswa menukarkan jawaban dengan temannya. Siswa memberikan pendapat dan masukan atas pekerjaan temannya. Gotong Royong

§  Guru menguatkan bahwa ketika manusia bersikap tidak bijak kepada lingkungan, maka lingkungan akan rusak. Kerusakan lingkungan akan membawa dampak buruk bagi kita semua. Guru terus memotivasi siswa untuk meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan. (Mengkomunikasikan)

§  Siswa akan membuat laporan tentang kesadaran masyarakat di lingkungannya dalam menjaga lingkungan. Nasionalis

o   Guru memberikan tugas untuk mengamati warga dilingkungannya, menganalisis apakah sudah menjaga lingkungan atau belum dan menuliskan kesimpulan. Critical Thinking and Problem Solving

o   Untuk mencari informasi, siswa bisa wawancarai ketua RT atau warga di lingkunganmu. Siswa juga bisa melakukan pengamatan. Creativity and Innovation

o   Guru menjelaskan dengan terperinci tabel isian yang ada di buku siswa. Mandiri

o   Guru memotivasi siswa untuk melakukan pengamatan dengan terperinci.

o   Siswa diminta mengeluarkan laporan yang sudah dibuat pada pertemuan sebelumnya.

o   Secara klasikal guru kembali membahas ciri-ciri laporan yang baik. Communication

o   Guru mengelompokkan siswa secara berpasangan. Dalam kelompoknya siswa diminta untuk saling membaca laporan yang dibuat oleh temannya. Gotong Royong

o   Siswa memberikan komentar terhadap sistematika penulisan, isi, dan bahasa yang digunakan. Siswa memberikan tanda pada laporan yang ditulis temannya jika dirasa perlu. Guru berkeliling dan melihat pekerjaan siswa.

o   Siswa diberi kesempatan bertanya jika ada hal-hal yang kurang jelas. Collaboration

o   Siswa memberikan laporan yang sudah dikomentari kepada temannya.

o   Siswa yang menerima laporan yang sudah dikomentari akan membaca lagi dan menganalisis hal-hal yang dikomentari. Siswa bisa bertanya kepada guru jika ada hal yang dirasa perlu. Gotong Royong

o   Guru bertanya kepada siswa, tentang komentar-komentar yang ditulis oleh pasangannya. Guru membahas satu persatu hal yang menjadi fokus misalkan kalimat efektif. Guru mengingatkan lagi tentang penulisan kalimat efektif dan bahasa baku.

o   Siswa akan memperbaiki kembali laporannya. Guru terus memotivasi siswa untuk menulis dengan runtut, sistematis, menggunakan bahasa baku dan kalimat efektif.

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

F.      MATERI PEMBELAJARAN

¡  Mendiskusikan masalah lingkungan

¡  Menilai laporan teman

 

 

G.     METODE PEMBELAJARAN

¡  Pendekatan        : Saintifik

¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

H.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. PPKn : Laporan kesadaran masyarakat sekitar untuk menjaga lingkungan.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Fakta

Menuliskan 10

fakta tentang

kesadaran

masyarakat

menjaga

lingkungan

dengan benar.

Menuliskan

minimal 8

fakta tentang

kesadaran

masyarakat

menjaga

lingkungan

dengan benar.

Menuliskan

minimal 6

fakta tentang

kesadaran

masyarakat

menjaga

lingkungan

dengan benar.

Yang lainnya.

Pengelompok

an.

Dari fakta yang

ditemukan,

siswa mampu

mengelompokan

semua

tindakan ke

dalam hal yang

baik dan belum

baik dengan

benar.

Dari fakta yang

ditemukan,

siswa

mampu mengelompokkan

sebagian besar

tindakan ke

dalam hal yang

baik dan belum

baik dengan

benar.

Dari fakta yang

ditemukan,

siswa

mampu

mengelompokkan

sebagian

tindakan ke

dalam hal yang

baik dan belum

baik dengan

benar.

Dari fakta yang

ditemukan,

siswa mampu

mengelompokkan

sebagian kecil

tindakan ke

dalam hal yang

baik dan belum

baik dengan

benar.

Kesimpulan.

Siswa mampu

menuliskan

kesimpulan

dari data yang

ditemukan

dengan tepat.

Siswa mampu

menuliskan

kesimpulan

dari data yang

ditemukan

namun kurang

tepat.

Menuliskan

kesimpulan

dengan kurang

tepat dan kurang

berdasarkan

data.

Masih belum

mampu

menuliskan

kesimpulan.

Dampak.

Menuliskan 3

dampak dari

kesimpulan

yang dihasilkan

dengan benar.

Menuliskan 2

dampak dari

kesimpulan

yang dihasilkan

dengan benar.

Menuliskan 1

dampak dari

kesimpulan

yang dihasilkan

dengan benar.

Belum mampu

menuliskan

dampak dari

kesimpulan

yang dihasilkan

dengan benar.

Saran.

Menuliskan 3

saran dengan

sesuai.

Menuliskan 2

saran dengan

sesuai.

Menuliskan 1

saran dengan

sesuai.

Belum mampu

menuliskan

saran dengan

sesuai.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

2. Bahasa Indonesia: Menulis Laporan

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Struktur

Laporan

disajikan secara

sistematis,

memuat bagian

awal, isi dan

penutup secara

lengkap.

Laporan

disajikan

secara

sistematis,

bagian awal, isi

dan penutup

kurang

lengkap.

Laporan disajikan

dengan kurang

sistematis, memuat

bagian awal, isi

dan penutup secara

lengkap.

Laporan

disajikan

dengan kurang

sistematis,

memuat

bagian awal, isi,

dan penutup

secara tidak

lengkap.

Isi Laporan

Seluruh fakta

dalam laporan

disajikan

dengan benar.

Sebagian besar

fakta dalam

laporan

disajikan

dengan benar.

Sebagian fakta

dalam laporan

disajikan dengan

benar.

Sebagian kecil

fakta dalam

laporan disajikan

dengan benar.

Kalimat

Efektif

Seluruh kalimat

adalah kalimat

efektif.

Sebagian besar

kalimat adalah

kalimat efektif.

Sebagian kalimat

adalah kalimat

efektif.

Sebagian kecil

kalimat adalah

kalimat efektif.

Kata baku

Seluruh kata

dalam laporan

adalah kata

baku.

Sebagian besar

kata dalam

laporan adalah

kata baku.

Sebagian kata

dalam laporan

adalah kata baku.

Sebagian kecil

kata dalam

laporan adalah

kata baku.

Tanda baca

dan huruf

besar

Seluruh tanda

baca dan huruf

besar digunakan

secara tepat.

Sebagian besar

tanda baca dan

huruf besar

digunakan

secara tepat.

Sebagian tanda

baca dan huruf

besar digunakan

secara tepat.

Sebagian kecil

tanda baca dan

huruf besar

digunakan

secara tepat.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

3. Penilaian sikap (percaya diri, rasa ingin tahu, dan kerja sama).

No

Sikap

Belum Terlihat

Mulai Terlihat

Mulai Ber-kembang

Membu-daya

Ket.

1

Teliti

 

 

P

 

 

2

Bertanggung Jawab

 

P

 

 

 

3

Disiplin

 

 

 

 

 

 

 

PENGAYAAN

Siswa bisa diberikan soal-soal dengan bilangan yang lebih rumit.

 

REMEDIAL

Siswa yang belum menyelesaikan soal cerita dengan langkah-langkah di atas dapat mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan bisa dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 – 60 menit.

Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.

 

 

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4:

https://drive.google.com/file/d/1zV6SsxIz1XhPmlO2AH_MO2fnGT8swSZk/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...