RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran
Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 3 : Peduli
Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 3 : Ayo
Cintai Lingkungan
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati gambar, siswa mampu
menjelaskan dampak dari melalaikan kewajiban menjaga lingkungan dengan terperinci.
2. Setelah melakukan pengamatan, siswa
mampu menyajikan laporankesadaran masyarakat menjaga lingkungan di tempat
tinggalnya dengan runtut.
3. Setelah menulis laporan, siswa mampu
memberikan pendapat terhadap laporan yang ditulis oleh teman dengan terperinci.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu
memperbaiki tulisan pada laporannya menggunakan kalimat efektif dengan
sistematis.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan
salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡
Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli Terhadap
Makhluk Hidup”. ¡
Guru menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
o Di awal pembelajaran guru bertanya kepada siswa, apa yang sudah mereka lakukan di rumah untuk menjaga lingkungannya? Siswa diberi
kesempatan untuk
bercerita hal-hal yang sudah mereka
lakukan untuk menjaga lingkungannya.
Guru memberikan apresiasi
atas hal-hal yang sudah dilakukan
oleh siswa. Guru terus memotivasi
siswa untuk lebih peduli dan bertanggung
jawab terhadap lingkungan. Communication o Siswa mengamati gambar-gambar
yang ada di buku siswa. Secara individu siswa menjawab pertanyaan berdasarkan
gambar. Mandiri o Siswa menukarkan jawaban dengan
temannya. Siswa memberikan pendapat dan masukan atas pekerjaan temannya. Gotong Royong § Guru menguatkan bahwa ketika manusia
bersikap tidak bijak kepada lingkungan, maka lingkungan akan rusak. Kerusakan
lingkungan akan membawa dampak buruk bagi kita semua. Guru terus memotivasi
siswa untuk meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan.
(Mengkomunikasikan) § Siswa akan membuat laporan tentang
kesadaran masyarakat di lingkungannya dalam menjaga lingkungan. Nasionalis o Guru memberikan tugas untuk
mengamati warga dilingkungannya, menganalisis apakah sudah menjaga lingkungan
atau belum dan menuliskan kesimpulan. Critical Thinking and Problem Solving o Untuk mencari informasi,
siswa bisa wawancarai ketua RT atau warga di lingkunganmu. Siswa juga bisa
melakukan pengamatan. Creativity
and Innovation o Guru menjelaskan dengan terperinci
tabel isian yang ada di buku siswa. Mandiri o Guru memotivasi siswa untuk
melakukan pengamatan dengan terperinci. o Siswa diminta mengeluarkan laporan
yang sudah dibuat pada pertemuan sebelumnya. o Secara klasikal guru kembali
membahas ciri-ciri laporan yang baik. Communication o Guru mengelompokkan siswa secara
berpasangan. Dalam kelompoknya siswa
diminta untuk saling membaca laporan yang dibuat oleh temannya. Gotong Royong o Siswa memberikan komentar terhadap
sistematika penulisan, isi, dan bahasa
yang digunakan. Siswa memberikan tanda pada laporan yang ditulis temannya jika dirasa perlu.
Guru berkeliling dan melihat pekerjaan siswa. o Siswa diberi kesempatan bertanya
jika ada hal-hal yang kurang jelas. Collaboration o Siswa memberikan laporan yang sudah
dikomentari kepada temannya. o Siswa yang menerima laporan yang
sudah dikomentari akan membaca lagi dan menganalisis hal-hal yang
dikomentari. Siswa bisa bertanya kepada guru jika ada hal yang dirasa perlu.
Gotong Royong o Guru bertanya kepada siswa, tentang
komentar-komentar yang ditulis oleh
pasangannya. Guru membahas satu persatu hal yang menjadi fokus misalkan kalimat efektif. Guru
mengingatkan lagi tentang penulisan kalimat efektif dan bahasa baku. o Siswa akan memperbaiki kembali
laporannya. Guru terus memotivasi siswa untuk menulis dengan runtut, sistematis,
menggunakan bahasa baku dan kalimat
efektif. |
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. ¡
Melakukan penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli .... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
F. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Mendiskusikan masalah lingkungan
¡ Menilai laporan teman
G. METODE
PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
H. PENILAIAN
PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian
Sikap
No |
Nama |
Perubanan
tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung
Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1. PPKn : Laporan kesadaran masyarakat sekitar
untuk menjaga lingkungan.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Fakta |
Menuliskan
10 fakta
tentang kesadaran masyarakat menjaga lingkungan dengan
benar. |
Menuliskan minimal
8 fakta
tentang kesadaran masyarakat menjaga lingkungan dengan
benar. |
Menuliskan minimal
6 fakta
tentang kesadaran masyarakat menjaga lingkungan dengan
benar. |
Yang
lainnya. |
Pengelompok an. |
Dari
fakta yang ditemukan, siswa
mampu mengelompokan semua tindakan
ke dalam
hal yang baik
dan belum baik
dengan benar. |
Dari
fakta yang ditemukan, siswa mampu
mengelompokkan sebagian
besar tindakan
ke dalam
hal yang baik
dan belum baik
dengan benar. |
Dari
fakta yang ditemukan, siswa mampu mengelompokkan sebagian tindakan
ke dalam
hal yang baik
dan belum baik
dengan benar. |
Dari
fakta yang ditemukan, siswa
mampu mengelompokkan sebagian
kecil tindakan
ke dalam
hal yang baik
dan belum baik
dengan benar. |
Kesimpulan. |
Siswa
mampu menuliskan kesimpulan dari
data yang ditemukan dengan
tepat. |
Siswa
mampu menuliskan kesimpulan dari
data yang ditemukan namun
kurang tepat. |
Menuliskan kesimpulan dengan
kurang tepat
dan kurang berdasarkan data. |
Masih
belum mampu menuliskan kesimpulan. |
Dampak. |
Menuliskan
3 dampak
dari kesimpulan yang
dihasilkan dengan
benar. |
Menuliskan
2 dampak
dari kesimpulan yang
dihasilkan dengan
benar. |
Menuliskan
1 dampak
dari kesimpulan yang
dihasilkan dengan
benar. |
Belum
mampu menuliskan dampak
dari kesimpulan yang
dihasilkan dengan
benar. |
Saran. |
Menuliskan
3 saran
dengan sesuai. |
Menuliskan
2 saran
dengan sesuai. |
Menuliskan
1 saran
dengan sesuai. |
Belum
mampu menuliskan saran
dengan sesuai. |
Catatan:
penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1
2. Bahasa Indonesia: Menulis Laporan
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Struktur |
Laporan disajikan secara sistematis, memuat bagian awal, isi dan penutup secara lengkap. |
Laporan disajikan secara sistematis, bagian awal, isi dan penutup kurang lengkap. |
Laporan disajikan dengan kurang sistematis, memuat bagian awal, isi dan penutup secara lengkap. |
Laporan disajikan dengan kurang sistematis, memuat bagian awal, isi, dan penutup secara tidak lengkap. |
Isi Laporan |
Seluruh fakta dalam laporan disajikan dengan benar. |
Sebagian besar fakta dalam laporan disajikan dengan benar. |
Sebagian fakta dalam laporan disajikan dengan benar. |
Sebagian kecil fakta dalam laporan disajikan dengan benar. |
Kalimat Efektif |
Seluruh kalimat adalah kalimat efektif. |
Sebagian besar kalimat adalah kalimat efektif. |
Sebagian kalimat adalah kalimat efektif. |
Sebagian kecil kalimat adalah kalimat efektif. |
Kata baku |
Seluruh kata dalam laporan adalah kata baku. |
Sebagian besar kata dalam laporan adalah kata baku. |
Sebagian kata dalam laporan adalah kata baku. |
Sebagian kecil kata dalam laporan adalah kata baku. |
Tanda baca dan huruf besar |
Seluruh tanda baca dan huruf besar digunakan secara tepat. |
Sebagian besar tanda baca dan huruf besar digunakan secara tepat. |
Sebagian tanda baca dan huruf besar digunakan secara tepat. |
Sebagian kecil tanda baca dan huruf besar digunakan secara tepat. |
Catatan: penilaian (penskoran)
dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1
3. Penilaian sikap (percaya diri, rasa ingin tahu, dan kerja
sama).
No |
Sikap |
Belum
Terlihat |
Mulai
Terlihat |
Mulai Ber-kembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Teliti |
|
|
P |
|
|
2 |
Bertanggung Jawab |
|
P |
|
|
|
3 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
PENGAYAAN
Siswa bisa diberikan soal-soal
dengan bilangan yang lebih rumit.
REMEDIAL
Siswa yang belum menyelesaikan
soal cerita dengan langkah-langkah di atas dapat mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan bisa
dilakukan seusai jam belajar.
Kegiatan dilakukan sekitar 30 – 60 menit.
Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4:
https://drive.google.com/file/d/1zV6SsxIz1XhPmlO2AH_MO2fnGT8swSZk/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar