Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 2                        :    Selalu Berhemat Energi

Sub Tema 2                 :   Manfaat Energi

Pembelajaran               :    6

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.

2.    Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.

3.    Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

4.    Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelalu Berhemat Energi”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

 

10 menit

Inti

§  Sebelum melakukan kampanye, siswa melihat kembali rancangan poster yang telah mereka buat sebelumnya. (Mengamati)

§  Siswa diminta menyelesaikan poster tersebut sesuai kriteria yang telah ditentukan. (Mengeksplorasi)

§  Setelah siswa memastikan bahwa poster yang mereka buat memenuhi kriteria, siswa mendiskusikan poster tersebut secara berkelompok. (Mempresentasikan)

§  Siswa berlatih melakukan kampanye menggunakan poster tersebut dalam kelompok. Creativity and Innovation

§  Setelah semua anggota kelompok siap, siswa menuju ke tempat-tempat yang telah ditentukan guru untuk melakukan kampanye sesuai pembagian tugas. Gotong Royong

 

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

 

15 menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

1.    Bahasa Indonesia

Poster dinilai dengan daftar periksa. 1. Evaluasi dinilai dengan angka.

Kriteria

Ya

Tidak

 

Seluruh gambar sesuai tema

 

 

 

Poster tertata dengan baik dan serasi

 

 

 

Menggunakan bahasa ajakan

 

 

 

Menggunakan bahasa yang singkat dan benar

 

 

 

Bahasa mudah dimengerti

 

 

 

Menyeru hemat energi

 

 

 

2.      PPKn

Dinilai dengan catatan anekdot

 

Penilaian Sikap

Sikap

Belum Terlihat

Mulai Terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

Ket.

Teliti

 

 

 

 

Bertanggung Jawab

 

 

 

 

Disiplin

 

 

 

 

 

 

Kerjasama dengan Orang Tua :

þ  Mengulang kembali soal evaluasi yang belum dikerjakan siswa dengan benar.

 

Refleksi Guru

Guru membuat refleksi hasil pencapaian belajar siswa selama satu minggu.

 

a. Apa yang telah berhasil dicapai?

………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………

 

b   Apa yang belum berhasil dicapai?

………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………

 

c.   Apa kendala yang dihadapi?

………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………

 

d. Apa yang perlu dikembangkan?

…………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………

 

 

 

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6:

https://drive.google.com/file/d/1MIoUN9sNLV0zgz-Y3GfSTuXhwExyqemy/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...