RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 2 : Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 2 : Manfaat
Energi
Pembelajaran :
6
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati gambar dan
berdiskusi, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang
diperoleh dari teks visual.
2.
Setelah mengamati gambar dan
berdiskusi, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang
diperoleh dari teks visual.
3.
Setelah membaca teks, siswa mampu
menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
4.
Setelah membaca teks dan berdiskusi,
siswa mampu mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan
kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya
diri.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius ¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”. ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit |
Inti |
§
Sebelum melakukan kampanye, siswa melihat
kembali rancangan poster yang telah mereka buat sebelumnya. (Mengamati) §
Siswa diminta menyelesaikan poster
tersebut sesuai kriteria yang telah ditentukan. (Mengeksplorasi) §
Setelah siswa memastikan bahwa
poster yang mereka buat memenuhi kriteria, siswa mendiskusikan poster
tersebut secara berkelompok. (Mempresentasikan) §
Siswa berlatih melakukan kampanye
menggunakan poster tersebut dalam kelompok. Creativity and
Innovation §
Setelah semua anggota kelompok siap,
siswa menuju ke tempat-tempat yang telah ditentukan guru untuk melakukan
kampanye sesuai pembagian tugas. Gotong Royong |
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi) ¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti. ¡ Melakukan
penilaian hasil belajar ¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek
dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. Bahasa Indonesia
Poster
dinilai dengan daftar periksa. 1. Evaluasi dinilai
dengan angka.
Kriteria |
Ya |
Tidak |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. PPKn
Dinilai dengan catatan anekdot
Penilaian Sikap
Sikap |
Belum Terlihat |
Mulai Terlihat |
Mulai Berkembang |
Membudaya |
Ket. |
Teliti |
|
|
√ |
|
|
Bertanggung Jawab |
|
√ |
|
|
|
Disiplin |
|
|
|
|
|
Kerjasama dengan Orang Tua :
þ
Mengulang kembali soal evaluasi yang belum dikerjakan siswa
dengan benar.
Refleksi Guru
Guru membuat refleksi hasil pencapaian
belajar siswa selama satu minggu.
a.
Apa yang telah berhasil dicapai?
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
b Apa yang belum berhasil dicapai?
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
c. Apa kendala yang dihadapi?
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
d.
Apa yang perlu dikembangkan?
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6:
https://drive.google.com/file/d/1MIoUN9sNLV0zgz-Y3GfSTuXhwExyqemy/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar