RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 2 : Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 3 : Energi
Alternatif
Pembelajaran :
1
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan mengamati gambar dan membaca
teks petunjuk tertulis, siswa mampu mengidentifikasi langkah-langkah pembuatan
layang-layang dengan tepat.
2.
Dengan mengamati gambar dan membaca
teks petunjuk tertulis, siswa mampu membuat layang-layang dengan tepat.
3.
Dengan pengamatan, siswa mampu
mengidentifikasi manfaat energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari dengan
tepat.
4.
Setelah pengamatan, siswa mampu
menyajikan laporan dalam bentuk peta pikiran hasil pengamatan tentang perubahan
bentuk energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari dengan sistematis.
5.
Dengan mengolah informasi, siswa mampu
mengidentifikasi tanaman jarak sebagai sumber daya alam alternatif dan
pemanfaatannya dengan tepat.
6.
Dengan mengolah informasi, siswa mampu
menyajikan hasil identifikasi tanaman jarak sebagi sumber daya alam alternatif
dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan sistematis.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius ¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”. ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§ Siswa diingatkan kembali tentang
sumber energi terbarukan dan tidak terbarukan. Communication § Siswa membaca teks singkat untuk
mengingat kembali materi tentang energi yang telah dipelajari.
(Mengamati) § Siswa dibagi dlam kelompok kecil. Collaboration § Siswa menyiapkan alat dan bahan. § Siswa membuat layang-layang
berdasarkan teks petunjuk yang terdapat di buku. (Mengekplorasi) • Siswa dapat menerbangkan
layang-layang buatan mereka di waktu luang, dan mendiskusikan sumber energi
yang membuat layang-layang bisa terbang di udara. Critical Thinking and Problem Solving § Siswa membaca senyap teks tentang
energi alternatif. Literasi § Siswa menuliskan jenis-jenis energi
alternatif, ciri- ciri dan keberadaannya saat ini berdasarkan teks, kedalam
bentuk peta pikiran yang tersedia. (Mengkomunikasikan) § Siswa saling menceritakan peta
pikiran mereka kepada seorang teman. Literasi § Siswa membaca senyap teks tentang
tanaman jarak yang dapat digunakan sebagi energi alternatif. § Siswa menuliskan pendapat mereka
tentang pemanfaatan tanaman jarak. § Tulisan siswa
harus memenuhi kriteria berikut: -
Manfaat, -
kegiatan ekonomi yang bisa dilakukan, -
dampak pemanfaatan yang berlebihan serta solusinya. § Siswa
diingatkan untuk menulis dengan rapi. Siswa diperbolehkan untuk memberi ilustrasi untuk mendukung tulisan mereka. § Siswa
diingatkan untuk menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif. |
35 Menit
X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi) ¡
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti. ¡
Melakukan
penilaian hasil belajar ¡
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. Bahasa
Indonesia
Ketepatan
layang-layang buatan siswa berdasarkan teks petunjuk tertulis dinilai
menggunakan rubrik
Beri
tanda centang (ü)
sesuai pencapaian siswa.
Kriteria
|
Sangat
Baik |
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Pendampingan
|
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Teks petunjuk tertulis dan visual. |
Mampu menterjemahkan teks petunuk Visual membuat layang-layang
hingga menjadi layang-layang dengan tepat. ü |
Mampu menterjemahkan teks petunuk Visual membuat layang-layang
hingga menjadi layang-layang dengan cukup tepat. |
Mampu menterjemahkan teks petunuk Visual membuat layang-layang
hingga menjadi layang-layang dengan kurang tepat. |
Belum mampu menterjemahkan teks petunuk Visual membuat layang-layang
hingga menjadi layang-layang dengan tepat. |
Kosa Kata Baku |
Menggunakan kosa kata baku dalam tulisan. ü |
Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian besar tulisan. |
Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian kecil tulisan. |
Belum mampu menggunakan kosa kata baku dalam tulisan. |
Kalimat Efektif |
Menggunakan kalimat efektif dalam semua bagian tulisan. |
Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian besar tulisan. |
Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian kecil tulisan. ü |
Belum mampu menggunakan kalimat efektif dalam semua tulisan. |
Sikap: Mandiri |
Tugas diselesaikan dengan mandiri. |
Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri. ü |
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. |
Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan
bimbingan. |
Penilaian (Penskoran): Total
Nilai Siswa x 10
Total Nilai Maksimal
Contoh: 13 x 10 = 8,1
16
2. IPA
Peta
pikiran tentang energi alternatif siswa diperiksa menggunakan rubrik.
Beri
tanda centang (ü)
sesuai pencapaian siswa.
Kriteria
|
Sangat
Baik |
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Pendampingan
|
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Manfaat energy alternative dalam kehidupan sehari-hari. |
Menjelaskan 4 jenis energi alkternatif dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat. |
Menjelaskan 3 jenis energi alkternatif dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat. ü |
Menjelaskan 2 jenis energi alkternatif dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat. |
Menjelaskan 1 jenis energi alkternatif dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat. |
Laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi |
Mampu menuajikan laporan hasil pengamatan tentang
perubahan bentuk energi alternatif dalam bentuk peta pikiran dengan tepat. ü |
Mampu menuajikan laporan hasil pengamatan tentang
perubahan bentuk energi alternatif dalam bentuk peta pikiran dengan cukup tepat. |
Mampu menuajikan laporan hasil pengamatan tentang
perubahan bentuk energi alternatif dalam bentuk peta pikiran dengan kurang tepat. |
Belum mampu menuajikan laporan hasil pengamatan tentang
perubahan bentuk energi alternatif dalam bentuk peta pikiran dengan tepat. |
Sikap Rasa Ingin Tahu |
Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan
selama kegiatan. |
Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan
pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan
selama kegiatan. ü |
Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk
mengajukan ide dan pertanyaan. |
Penilaian (Skoring): Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai
Maksimal
Contoh: 9 x 10 = 7,5
12
3. IPS
Tugas
siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang karakteristik bentang alam:
pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi, dinilai menggunakan rubrik.
Beri
tanda centang (ü)
sesuai pencapaian siswa.
Kriteria
|
Sangat
Baik |
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Pendampingan
|
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Sumber daya alam dan pemanfaatan nya |
Menyebutkan 4 manfaat tangan jarak dengan tepat. |
Menyebutkan 3 manfaat tangan jarak dengan tepat. ü |
Menyebutkan 2 manfaat tangan jarak dengan tepat. |
Menyebutkan 1 manfaat tangan jarak dengan tepat. |
Penyajian hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatan nya
dalam bentuk tulisan. |
Mampu menyajikan hasil identifikasi tentang tanaman jarak dalam
bentuk tulisan dengan sistematis. |
Mampu menyajikan hasil identifikasi tentang tanaman jarak dalam
bentuk tulisan dengan cukup sistematis. |
Mampu menyajikan hasil identifikasi tentang tanaman jarak dalam bentuk tulisan dengan kurang
sistematis. ü |
Belum mampu menyajikan hasil identifikasi tentang tanaman jarak dalam
bentuk tulisan dengan sistematis. |
Sikap Peduli |
Peduli terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia secara
konsisten. |
Cukup peduli terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia. ü |
Kurang peduli terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia. |
Belum menunjukkan kepedulian terhadap keberadaan sumber daya
alam. |
Sikap Tanggung Jawab |
Bertangung jawab terhadap tugas-tugas secara konsisten. ü |
Cukup ber- tangung jawab terhadap tugas-tugas secara konsisten. |
Kurang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas secara konsisten. |
Belum bertangung jawab terhadap tugas-tugas secara konsisten. |
Penilaian (penskoran): Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai
Maksimal
Contoh: 12 x 10 = 7,5
16
5. Penilaian sikap (rasa ingin
tahu,tekun dan teliti, cinta tanah air).
Penilaian Sikap
Sikap |
Belum Terlihat |
Mulai Terlihat |
Mulai Berkembang |
Membudaya |
Ket. |
Teliti |
|
|
√ |
|
|
Bertanggung Jawab |
|
√ |
|
|
|
Disiplin |
|
|
|
|
|
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1:
https://drive.google.com/file/d/1oW4QSzuA3eLJnJ2UiqYQxg0FffuyQnbw/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar