Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 2                        :    Selalu Berhemat Energi

Sub Tema 3                 :   Energi Alternatif

Pembelajaran               :    1

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Dengan mengamati gambar dan membaca teks petunjuk tertulis, siswa mampu mengidentifikasi langkah-langkah pembuatan layang-layang dengan tepat.

2.    Dengan mengamati gambar dan membaca teks petunjuk tertulis, siswa mampu membuat layang-layang dengan tepat.

3.    Dengan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi manfaat energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

4.    Setelah pengamatan, siswa mampu menyajikan laporan dalam bentuk peta pikiran hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari dengan sistematis.

5.    Dengan mengolah informasi, siswa mampu mengidentifikasi tanaman jarak sebagai sumber daya alam alternatif dan pemanfaatannya dengan tepat.

6.    Dengan mengolah informasi, siswa mampu menyajikan hasil identifikasi tanaman jarak sebagi sumber daya alam alternatif dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan sistematis.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelalu Berhemat Energi”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Siswa diingatkan kembali tentang sumber energi terbarukan dan tidak terbarukan. Communication

§  Siswa membaca teks singkat untuk mengingat kembali materi tentang energi yang telah dipelajari. (Mengamati)

§  Siswa dibagi dlam kelompok kecil. Collaboration

§  Siswa menyiapkan alat dan bahan.

§  Siswa membuat layang-layang berdasarkan teks petunjuk yang terdapat di buku. (Mengekplorasi)

       Siswa dapat menerbangkan layang-layang buatan mereka di waktu luang, dan mendiskusikan sumber energi yang membuat layang-layang bisa terbang di udara. Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa membaca senyap teks tentang energi alternatif. Literasi

§  Siswa menuliskan jenis-jenis energi alternatif, ciri- ciri dan keberadaannya saat ini berdasarkan teks, kedalam bentuk peta pikiran yang tersedia. (Mengkomunikasikan)

§  Siswa saling menceritakan peta pikiran mereka kepada seorang teman. Literasi

§  Siswa membaca senyap teks tentang tanaman jarak yang dapat digunakan sebagi energi alternatif.

§  Siswa menuliskan pendapat mereka tentang pemanfaatan tanaman jarak.

§  Tulisan siswa harus memenuhi kriteria berikut:

- Manfaat,

- kegiatan ekonomi yang bisa dilakukan,

- dampak pemanfaatan yang berlebihan serta solusinya.

§  Siswa diingatkan untuk menulis dengan rapi. Siswa diperbolehkan untuk memberi ilustrasi untuk mendukung tulisan mereka.

§  Siswa diingatkan untuk menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif.

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1.    Bahasa Indonesia

Ketepatan layang-layang buatan siswa berdasarkan teks petunjuk tertulis dinilai menggunakan rubrik

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

 

Kriteria

Sangat Baik

Baik

Cukup

Perlu

Pendampingan

4

3

2

1

Teks

petunjuk

tertulis dan visual.

Mampu

menterjemahkan teks petunuk Visual membuat layang-layang hingga menjadi

layang-layang

dengan tepat.

ü

Mampu

menterjemahkan teks petunuk Visual membuat layang-layang hingga menjadi layang-layang dengan cukup tepat.

Mampu

menterjemahkan teks petunuk Visual membuat layang-layang hingga menjadi layang-layang dengan kurang tepat.

Belum mampu

menterjemahkan teks petunuk Visual membuat layang-layang hingga menjadi layang-layang dengan tepat.

Kosa Kata

Baku

Menggunakan

kosa kata baku

dalam tulisan.

ü

Menggunakan

kosa kata baku

dalam sebagian besar tulisan.

Menggunakan

kosa kata baku

dalam sebagian kecil tulisan.

Belum mampu

menggunakan

kosa kata baku dalam tulisan.

Kalimat

Efektif

Menggunakan

kalimat efektif dalam semua bagian tulisan.

Menggunakan

kalimat efektif dalam sebagian besar tulisan.

Menggunakan

kalimat efektif dalam sebagian kecil tulisan.

ü

Belum mampu

menggunakan kalimat efektif dalam semua tulisan.

Sikap:

Mandiri

Tugas

diselesaikan dengan mandiri.

Sebagian besar

tugas diselesaikan dengan mandiri.

ü

Tugas

diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru.

Belum dapat

menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan.

Penilaian (Penskoran): Total Nilai Siswa    x 10

                                    Total Nilai Maksimal

Contoh: 13  x 10 = 8,1

16    

2.  IPA

 

Peta pikiran tentang energi alternatif siswa diperiksa menggunakan rubrik.

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

 

Kriteria

Sangat Baik

Baik

Cukup

Perlu

Pendampingan

4

3

2

1

Manfaat energy alternative dalam kehidupan sehari-hari.

Menjelaskan 4 jenis energi alkternatif dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

Menjelaskan 3 jenis energi alkternatif dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

ü

Menjelaskan 2 jenis energi alkternatif dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

Menjelaskan 1 jenis energi alkternatif dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

Laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi

Mampu menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi alternatif dalam bentuk peta pikiran

dengan tepat.

ü

Mampu menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi alternatif

dalam bentuk peta pikiran dengan cukup tepat.

Mampu menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi alternatif dalam bentuk peta pikiran

dengan kurang

tepat.

Belum mampu menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi alternatif dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.

Sikap Rasa

Ingin Tahu

Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

ü

Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan.

Penilaian (Skoring):   Total Nilai Siswa   x 10

                                Total Nilai Maksimal

Contoh: 9  x 10 = 7,5

12    

3.      IPS

Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang karakteristik bentang alam: pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi, dinilai menggunakan rubrik.

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

Baik

Cukup

Perlu

Pendampingan

4

3

2

1

Sumber daya

alam dan pemanfaatan nya

Menyebutkan

4 manfaat tangan jarak dengan tepat.

Menyebutkan 3

manfaat tangan jarak dengan tepat.

ü

Menyebutkan 2

manfaat tangan jarak dengan tepat.

Menyebutkan 1

manfaat tangan jarak dengan tepat.

Penyajian

hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatan nya dalam bentuk tulisan.

Mampu

menyajikan hasil identifikasi tentang tanaman jarak dalam bentuk tulisan

dengan sistematis.

Mampu

menyajikan hasil identifikasi tentang tanaman jarak dalam bentuk tulisan dengan cukup sistematis.

Mampu

menyajikan

hasil identifikasi tentang

tanaman jarak dalam bentuk tulisan dengan kurang sistematis.

ü

Belum mampu

menyajikan hasil identifikasi tentang tanaman jarak dalam bentuk tulisan dengan sistematis.

Sikap

Peduli

Peduli

terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia secara konsisten.

Cukup peduli

terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia.

ü

Kurang peduli

terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia.

Belum

menunjukkan kepedulian terhadap keberadaan sumber daya alam.

Sikap

Tanggung

Jawab

Bertangung

jawab terhadap tugas-tugas secara konsisten.

ü

Cukup ber-

tangung jawab

terhadap tugas-tugas secara konsisten.

Kurang bertanggung jawab

terhadap tugas-tugas secara konsisten.

Belum bertangung

jawab terhadap tugas-tugas secara konsisten.

 

Penilaian (penskoran):  Total Nilai Siswa     x 10

                                    Total Nilai Maksimal

Contoh: 12  x 10 = 7,5

             16

 

5. Penilaian sikap (rasa ingin tahu,tekun dan teliti, cinta tanah air).

Penilaian Sikap

Sikap

Belum Terlihat

Mulai Terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

Ket.

Teliti

 

 

 

 

Bertanggung Jawab

 

 

 

 

Disiplin

 

 

 

 

 

 

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1:

https://drive.google.com/file/d/1oW4QSzuA3eLJnJ2UiqYQxg0FffuyQnbw/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...