RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 3 : Peduli
Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 2 : Keberagaman
Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran :
4
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca teks, siswa
mampu menjelaskan dampak dari melaksanakan hak dan kewajiban secara bijak
terhadap hewan dengan benar.
2. Setelah mengamati gambar,
siswa mampu memberikan pendapat tentang kegiatan manusia terhadap hewan dengan
terperinci.
3. Setelah berdiskusi, siswa
mampu mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan yang baik dengan benar.
4. Setelah berdiskusi, siswa
mampu mengelompokkan pertanyaan berdasarkan ciri-ciri pertanyaan yang baik
dengan benar.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius ¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli
Terhadap Makhluk Hidup”. ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§ Di awal pembelajaran guru
bertanya kepada siswa, apakah mereka pernah melihat atau menemukan informasi
tentang perburuan hewan. Mereka melakukan perburuan hewan dan apa dampaknya?
Siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan informasi yang
dimilikinya. Literasi o Selanjutnya, guru meminta
siswa untuk membaca teks “Harimau masuk Kampung Warga Cemas”. Siswa membaca
teks tersebut dengan membaca dalam hati. (Mengamati) § Guru meminta siswa
menceritakan kembali cerita yang dibacanya. Guru menunjuk satu siswa untuk
bercerita, kemudian menunjuk siswa lain untuk melanjutkan. Hal ini supaya
semua siswa fokus dengan kegiatan. Literasi o Secara individu siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku siswa. Guru memotivasi untuk
menjawab dengan terperinci. (Mengkomunikasikan) o Guru dan siswa membahas satu
persatu pertanyaan secara klasikal. Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk memberikan pendapat atau bertanya jika ada hal yang dirasa perlu. Critical
Thinking and Problem Solving o Siswa kembali mengamati
gambar yang ada di buku siswa. o Secara individu siswa akan
memberikan pendapat terhadap gambar yang diamatinya. Siswa menuliskan
pendapat di tabel yang disediakan di buku siswa. Guru memotivasi siswa untuk
menulis dengan terperinci. Mandiri § Siswa menukarkan jawabannya
dengan temannya. Siswa saling memberikan masukan akan jawaban pasangannya.
Siswa juga bias bertanya jika ada hal-hal yang dirasa kurang jelas. Gotong
Royong § Guru membahas gambar satu
persatu. Guru membahas dampak dari tindakan itu bagi lingkungan dan
masyarakat. Guru menyampaikan bahwa Dengan alasan apapun perburuan hewan liar
tidak dibenarkan. Hewanhewan yang diburu akan menjadi punah. § Pada pertemuan sebelumnya,
siswa telah membuat pertanyaan tentang hewan yang dipilihnya. Guru meminta
siswa untuk mengeluarkan pertanyaan-pertanyaan tersebut. § Guru menyampaikan bahwa
gajah harus dilindungi supaya tetap terjaga kelestariannya. Communication |
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi) ¡
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti. ¡
Melakukan
penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1. PPKn: Pendapat berdasarkan gambar
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Pendapat |
Memberikan pendapat setuju atau tidak setuju dari 3 gambar dilengkapi alasan dengan benar |
Memberikan pendapat setuju atau tidak setuju dari 2 gambar dilengkapi alasan dengan benar |
Memberikan pendapat setuju atau tidak setuju dari 1 gambar dilengkapi alasan dengan benar |
Belum mampu memberikan pendapat |
Dampak bagi Lingkungan |
Menjelaskan masing-masing 1 dampak bagi lingkungan dari 3 masalah dengan benar |
Menjelaskan masing-masing 1 dampak bagi lingkungan dari 2 masalah dengan benar |
Menjelaskan masing-masing 1 dampak bagi lingkungan dari 1 masalah dengan benar |
Belum mampu menjelaskan dampak bagi lingkungan |
Dampak bagi orang lain |
Menjelaskan masing-masing 1 dampak bagi orang lain dari 3 masalah dengan benar |
Menjelaskan masing-masing 1 dampak bagi orang lain dari 2 masalah dengan benar |
Menjelaskan masing-masing 1 dampak bagi orang lain dari 1 masalah dengan benar |
Belum mampu menjelaskan dampak orang lain |
Pelanggaran Hak |
Memberikan alasan 3 kegiatan tersebut melanggar hak orang lain dengan benar, terperinci dan terstuktur |
Memberikan alasan 2 kegiatan tersebut melanggar hak orang lain dengan benar, terperinci dan terstuktur |
Memberikan alasan 1 kegiatan tersebut melanggar hak orang lain dengan benar, terperinci dan terstuktur |
Belum mampu memberikan alas an |
Saran |
Memberikan 1 saran untuk 3 masalah yang diberikan dengan logis |
Memberikan 1 saran untuk 2 masalah yang diberikan dengan logis |
Memberikan 1 saran untuk 2 masalah yang diberikan dengan logis |
Belum mampu menuliskan saran |
Catatan: penilaian (penskoran)
dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1
2. Bahasa Indonesia: Pertanyaan
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mengelompok Kan |
Mampu mengelompokkan semua pertanyaan ke pertanyaan baik dan kurang baik dengan benar. |
Mampu mengelompokkan sebagian besar pertanyaan ke pertanyaan baik dan kurang baik dengan benar. |
Mampu mengelompokk an sebagian pertanyaan ke pertanyaan baik dan kurang baik dengan benar. |
Mampu mengelompokkan sebagian kecil pertanyaan ke pertanyaan baik dan kurang baik dengan benar. |
Memperbaiki |
Mampu menyempurnakan semua pertanyaan kedalam pertanyaan baik dengan benar. |
Mampu menyempurnakan sebagian besar pertanyaan kedalam pertanyaan baik dengan benar. |
Mampu menyempurnakan sebagian pertanyaan kedalam pertanyaan baik dengan benar. |
Mampu menyempurnakan sebagian kecil pertanyaan kedalam pertanyaan baik dengan benar. |
Mengkomuni kasikan |
Mengomunika sikan hasil pekerjaannya dengan runtut, terperinci dan logis. |
Hanya memenuhi 2 dari 3 kriteria yang diharapkan. |
Hanya memenuhi 1 dari 3 kriteria yang diharapkan. |
Belum memenuhi kriteria yang diharapkan. |
Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada
pembelajaran 1
3. Diskusi
Saat siswa mendiskusikan
pertanyaan-pertanyaan yang baik.
Catatan: penilaian
(penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1 Pengayaan Siswa bisa
diberikan soal-soal dengan bilangan yang lebih rumit. Remedial Siswa yang
belum menyelesaikan soal cerita dengan langkah-langkah di atas dapat
mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan bisa dilakukan seusai jam belajar.
Kegiatan dilakukan sekitar 30 – 60 menit. Kegiatan
dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus. |
|
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4:
https://drive.google.com/file/d/1ZkRyhyzNSbiRkTI903_grzINEgyuuc6b/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar