Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 3                        :    Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Sub Tema 2                 :    Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku

Pembelajaran               :    4

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan dampak dari melaksanakan hak dan kewajiban secara bijak terhadap hewan dengan benar.

2.    Setelah mengamati gambar, siswa mampu memberikan pendapat tentang kegiatan manusia terhadap hewan dengan terperinci.

3.    Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan yang baik dengan benar.

4.    Setelah berdiskusi, siswa mampu mengelompokkan pertanyaan berdasarkan ciri-ciri pertanyaan yang baik dengan benar.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeduli Terhadap Makhluk Hidup”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Di awal pembelajaran guru bertanya kepada siswa, apakah mereka pernah melihat atau menemukan informasi tentang perburuan hewan. Mereka melakukan perburuan hewan dan apa dampaknya? Siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan informasi yang dimilikinya. Literasi

o   Selanjutnya, guru meminta siswa untuk membaca teks “Harimau masuk Kampung Warga Cemas”. Siswa membaca teks tersebut dengan membaca dalam hati. (Mengamati)

§  Guru meminta siswa menceritakan kembali cerita yang dibacanya. Guru menunjuk satu siswa untuk bercerita, kemudian menunjuk siswa lain untuk melanjutkan. Hal ini supaya semua siswa fokus dengan kegiatan. Literasi

o   Secara individu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku siswa. Guru memotivasi untuk menjawab dengan terperinci. (Mengkomunikasikan)

o   Guru dan siswa membahas satu persatu pertanyaan secara klasikal. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapat atau bertanya jika ada hal yang dirasa perlu. Critical Thinking and Problem Solving

o   Siswa kembali mengamati gambar yang ada di buku siswa.

o   Secara individu siswa akan memberikan pendapat terhadap gambar yang diamatinya. Siswa menuliskan pendapat di tabel yang disediakan di buku siswa. Guru memotivasi siswa untuk menulis dengan terperinci. Mandiri

§  Siswa menukarkan jawabannya dengan temannya. Siswa saling memberikan masukan akan jawaban pasangannya. Siswa juga bias bertanya jika ada hal-hal yang dirasa kurang jelas. Gotong Royong

§  Guru membahas gambar satu persatu. Guru membahas dampak dari tindakan itu bagi lingkungan dan masyarakat. Guru menyampaikan bahwa Dengan alasan apapun perburuan hewan liar tidak dibenarkan. Hewanhewan yang diburu akan menjadi punah.

§  Pada pertemuan sebelumnya, siswa telah membuat pertanyaan tentang hewan yang dipilihnya. Guru meminta siswa untuk mengeluarkan pertanyaan-pertanyaan tersebut.

§  Guru menyampaikan bahwa gajah harus dilindungi supaya tetap terjaga kelestariannya. Communication

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. PPKn: Pendapat berdasarkan gambar

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Pendapat

Memberikan

pendapat

setuju atau

tidak setuju

dari 3 gambar

dilengkapi

alasan dengan

benar

Memberikan

pendapat

setuju atau

tidak setuju

dari 2 gambar

dilengkapi

alasan dengan

benar

Memberikan

pendapat

setuju atau

tidak setuju

dari 1 gambar

dilengkapi alasan

dengan benar

Belum

mampu

memberikan

pendapat

Dampak bagi

Lingkungan

Menjelaskan

masing-masing

1 dampak bagi

lingkungan dari

3 masalah

dengan benar

Menjelaskan

masing-masing

1 dampak bagi

lingkungan dari

2 masalah

dengan benar

Menjelaskan

masing-masing

1 dampak bagi

lingkungan dari

1 masalah

dengan benar

Belum mampu

menjelaskan

dampak bagi

lingkungan

Dampak bagi

orang lain

Menjelaskan

masing-masing

1 dampak bagi

orang lain dari

3 masalah

dengan benar

Menjelaskan

masing-masing

1 dampak bagi

orang lain dari

2 masalah

dengan benar

Menjelaskan

masing-masing

1 dampak bagi

orang lain dari

1 masalah

dengan benar

Belum mampu

menjelaskan

dampak orang

lain

Pelanggaran

Hak

Memberikan

alasan 3

kegiatan

tersebut

melanggar

hak orang lain

dengan benar,

terperinci dan

terstuktur

Memberikan

alasan 2

kegiatan

tersebut

melanggar

hak orang lain

dengan benar,

terperinci dan

terstuktur

Memberikan

alasan 1 kegiatan

tersebut

melanggar

hak orang lain

dengan benar,

terperinci dan

terstuktur

Belum mampu

memberikan

alas an

Saran

Memberikan 1

saran untuk

3 masalah

yang diberikan

dengan logis

Memberikan 1

saran untuk

2 masalah

yang diberikan

dengan logis

Memberikan 1

saran untuk 2

masalah yang

diberikan dengan

logis

Belum mampu

menuliskan

saran

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

2. Bahasa Indonesia: Pertanyaan

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mengelompok

Kan

Mampu

mengelompokkan

semua

pertanyaan ke

pertanyaan baik

dan kurang baik

dengan benar.

Mampu

mengelompokkan

sebagian

besar

pertanyaan

ke pertanyaan

baik dan

kurang baik

dengan benar.

Mampu

mengelompokk

an sebagian

pertanyaan ke

pertanyaan baik

dan kurang baik

dengan benar.

Mampu

mengelompokkan

sebagian

kecil pertanyaan

ke pertanyaan

baik dan kurang

baik dengan

benar.

Memperbaiki

Mampu

menyempurnakan

semua

pertanyaan

kedalam

pertanyaan baik

dengan benar.

Mampu

menyempurnakan

sebagian

besar

pertanyaan

kedalam

pertanyaan

baik dengan

benar.

Mampu

menyempurnakan

sebagian

pertanyaan

kedalam

pertanyaan baik

dengan benar.

Mampu

menyempurnakan

sebagian

kecil pertanyaan

kedalam

pertanyaan baik

dengan benar.

Mengkomuni

kasikan

Mengomunika

sikan hasil

pekerjaannya

dengan runtut,

terperinci dan

logis.

Hanya

memenuhi

2 dari 3

kriteria yang

diharapkan.

Hanya

memenuhi 1 dari

3 kriteria yang

diharapkan.

Belum

memenuhi

kriteria yang

diharapkan.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

3. Diskusi

Saat siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang baik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

Selalu

mendengarkan

teman yang

sedang

berbicara.

Mendengarkan

teman yang

berbicara namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

Masih perlu

diingatkan

untuk

mendengarkan

teman yang

sedang

berbicara.

Sering

diingatkan

untuk

mendengarkan

teman yang

sedang

berbicara

namun tidak

mengindahkan

Komunikasi non

verbal (kontak

mata, bahasa

tubuh, postur,

ekspresi wajah,

suara)

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non

verbal dengan

tepat.

Merespon

dengan tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Sering

merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Membutuhkan

bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Partisipasi

(menyampaikan

ide, perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan

secara

rinci,namun

terkadang

merespon

kurang sesuai

dengan topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

Pengayaan

Siswa bisa diberikan soal-soal dengan bilangan yang lebih rumit.

Remedial

Siswa yang belum menyelesaikan soal cerita dengan langkah-langkah di atas dapat mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan bisa dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 – 60 menit.

Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.

 

 

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4:

https://drive.google.com/file/d/1ZkRyhyzNSbiRkTI903_grzINEgyuuc6b/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...