Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 3                        :    Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Sub Tema 3                 :    Ayo Cintai Lingkungan

Pembelajaran               :    6

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah membaca, mencermati langkah-langkah, dan berlatih, siswamampu menjelaskan cara menyajikan laporan hasil wawancara secara lisan dengan rasa percaya diri yang tinggi.

2.    Setelah membaca, mencermati langkah-langkah, dan berlatih, siswamampu mempresentasikan laporan hasil wawancara dengan sistematis.

3.    Dengan diagram frayer, siswa menyebutkan contoh sikap dalam melestarikan lingkungan sebagai bentuk kewajiban warga negara dengan benar.

4.    Dengan diagram frayer, siswa mampu mengomunikasikan ajakan untuk melestarikan lingkungan sebagai bentuk kewajiban sebagai warga dengan penuh tanggung jawab.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeduli Terhadap Makhluk Hidup”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Siswa mempresentasikan laporan hasil wawancara dalam kelompok.

§  Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang apa saja yang perlu diperhatikan ketika melakukan presentasi. Communication

§  Siswa mengomunikasikan kepada siswa dalam kelompok aspek yang terdapat dalam diagram frayer, yaitu:

• Contoh sikap mencintai lingkungan.

• Bukan contoh sikap mencintai lingkungan.

• Ciri-ciri perilaku yang mencintai lingkungan.

• Kesimpulan.

§  Siswa dapat menanyakan berbagai pertanyaan kepada teman yang bercerita untuk menjawab rasa ingin tahu mereka. Gotong Royong

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

F.     MATERI PEMBELAJARAN

¡  Mempresentasikan hasil wawancara

¡  Melakukan ajakan untuk mencintai lingkungan

 

G.    METODE PEMBELAJARAN

¡  Pendekatan     : Saintifik

¡  Metode            :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

H.    PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. Bahasa Indonesia

Presentasi laporan dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Struktur

Presentasi

Presentasi

memuat

pembukaan,

inti dan

penutup serta

dikomunikasikan

secara runtut.

Presentasi memuat

pembukaan atau

penutup dan

inti serta

dikomunikasikan

secara runtut.

Presentasi

hanya memuat

inti dan

disampaikan

dengan runtut.

Presentasi

hanya

memiliki

pembuka atau

penutup saja.

Tema

Seluruh gagasan

pokok dan gagasan

pendukung sesuai

dengan tema.

Sebagian besar

gagasan pokok dan

gagasan pendukung

sesuai dengan tema.

Sebagian kecil

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

sesuai dengan

tema.

Gagasan

pokok dan

gagasan

pendukung tidak

sesuai tema.

Fakta

Pendukung

Seluruh fakta

tentang

keragaman sosial

dan budaya

yang terdapat

di lingkungan

provinsi masingmasing

disajikan

dengan benar.

Sebagian besar

fakta tentang

keragaman sosial

dan budaya

yang terdapat

di lingkungan

provinsi masingmasing

disajikan

dengan benar.

Sebagian kecil

fakta tentang

keragaman

sosial dan

budaya yang

terdapat di

lingkungan

provinsi

masingmasing

disajikan

dengan benar.

Fakta tentang

keragaman

sosial dan

budaya yang

terdapat di

lingkungan

provinsi masingmasing

tidak

benar.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

2. PPKn

Menceritakan berdasarkan diagram frayer dinilai dengan daftar periksa.

No

Kriteria

Ya

Tidak

Catatan

1

Siswa menuliskan 3 contoh sikap

cinta lingkungan beserta penjelasan.

 

 

 

2

Siswa menuliskan 3 contoh sikap tidak

mencintai lingkungan.

 

 

 

3

Siswa menyebutkan 3 ciri-ciri sikap

mencintai lingkungan beserta

penjelasan.

 

 

 

4

Siswa menulis kesimpulan.

 

 

 

 

 

 

3. Penilaian sikap (cermat, tekun, dan disiplin).

No

Sikap

Belum Terlihat

Mulai Terlihat

Mulai Ber-kembang

Membu-daya

Ket.

1

Teliti

 

 

P

 

 

2

Bertanggung Jawab

 

P

 

 

 

3

Disiplin

 

 

 

 

 

 

Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa membuat kebun bunga yang di dalamnya terdiri dari 5 tanaman.

 

Pengayaan

Siswa bisa berlatih melakukan presentasi secara berpasangan.

 

DOWNLOAD  RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6:

https://drive.google.com/file/d/1zLuBr2yLB2PAldWQDv03ccNdsc_4flL7/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...