RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 3 : Peduli
Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 3 : Ayo
Cintai Lingkungan
Pembelajaran :
6
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah membaca, mencermati
langkah-langkah, dan berlatih, siswamampu menjelaskan cara menyajikan laporan
hasil wawancara secara lisan dengan rasa percaya diri yang tinggi.
2.
Setelah membaca, mencermati
langkah-langkah, dan berlatih, siswamampu mempresentasikan laporan hasil
wawancara dengan sistematis.
3.
Dengan diagram frayer, siswa
menyebutkan contoh sikap dalam melestarikan lingkungan sebagai bentuk kewajiban
warga negara dengan benar.
4.
Dengan diagram frayer, siswa mampu
mengomunikasikan ajakan untuk melestarikan lingkungan sebagai bentuk kewajiban
sebagai warga dengan penuh tanggung jawab.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan
salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡
Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli Terhadap
Makhluk Hidup”. ¡
Guru menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§
Siswa mempresentasikan
laporan hasil wawancara dalam kelompok. § Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru tentang apa saja yang perlu diperhatikan
ketika melakukan presentasi. Communication § Siswa
mengomunikasikan kepada siswa dalam kelompok aspek yang terdapat dalam
diagram frayer, yaitu: • Contoh sikap mencintai lingkungan. • Bukan contoh sikap mencintai lingkungan. • Ciri-ciri perilaku yang mencintai lingkungan. • Kesimpulan. § Siswa dapat
menanyakan berbagai pertanyaan kepada teman yang bercerita untuk menjawab
rasa ingin tahu mereka. Gotong Royong |
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. ¡
Melakukan penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
F. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Mempresentasikan hasil wawancara
¡ Melakukan ajakan untuk mencintai lingkungan
G. METODE
PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
Penilaian terhadap proses
dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian
kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
H. PENILAIAN PROSES DAN
HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. Bahasa Indonesia
Presentasi
laporan dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Struktur Presentasi |
Presentasi memuat pembukaan, inti dan penutup serta dikomunikasikan secara runtut. |
Presentasi memuat pembukaan atau penutup dan inti serta dikomunikasikan secara runtut. |
Presentasi hanya memuat inti dan disampaikan dengan runtut. |
Presentasi hanya memiliki pembuka atau penutup saja. |
Tema |
Seluruh gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. |
Sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. |
Sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. |
Gagasan pokok dan gagasan pendukung tidak sesuai tema. |
Fakta Pendukung |
Seluruh fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masingmasing disajikan dengan benar. |
Sebagian besar fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masingmasing disajikan dengan benar. |
Sebagian kecil fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masingmasing disajikan dengan benar. |
Fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masingmasing tidak benar. |
Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada
pembelajaran 1
2. PPKn
Menceritakan
berdasarkan diagram frayer dinilai dengan daftar periksa.
No |
Kriteria |
Ya |
Tidak |
Catatan |
1 |
Siswa menuliskan 3 contoh sikap cinta lingkungan beserta
penjelasan. |
|
|
|
2 |
Siswa menuliskan 3 contoh sikap tidak mencintai lingkungan. |
|
|
|
3 |
Siswa menyebutkan 3 ciri-ciri sikap mencintai lingkungan beserta penjelasan. |
|
|
|
4 |
Siswa menulis kesimpulan. |
|
|
|
3.
Penilaian sikap (cermat, tekun, dan disiplin).
No |
Sikap |
Belum
Terlihat |
Mulai
Terlihat |
Mulai Ber-kembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Teliti |
|
|
P |
|
|
2 |
Bertanggung Jawab |
|
P |
|
|
|
3 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
Kerja Sama
dengan Orang Tua
Siswa membuat kebun bunga yang di dalamnya terdiri dari 5
tanaman.
Pengayaan
Siswa
bisa berlatih melakukan presentasi secara berpasangan.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6:
https://drive.google.com/file/d/1zLuBr2yLB2PAldWQDv03ccNdsc_4flL7/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar