Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 2                        :    Selalu Berhemat Energi

Sub Tema 2                 :   Manfaat Energi

Pembelajaran               :    4

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah mengamati poster, siswa mampu membuat teks petunjuk tentang menghemat energi dengan benar.

2.    Setelah berdiskusi, siswa mampu menyajikan teks petunjuk dalam bentuk poster dengan benar.

3.    Setelah berdiskusi, siswa mampu menyajikan poster yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang terhadap penggunaan energi dengan benar.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelalu Berhemat Energi”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Siswa mengamati poster hemat air yang ada di buku siswa. (Mengamati)

§  Berdasarkan poster tersebut, siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa.

§  Siswa menyampaikan hasil pekerjaannya kepada temanya. (Mengkomunikasikan)

§  Siswa mendiskusikan gambar, kalimat dan penyajian. (Mempresentasikan)

§  Siswa akan membuat poster menggunakan kalimat petunjuk dengan tema hemat energi. Mandiri

§  Awalnya siswa mengisi bagan yang ada di buku siswa tentang petunjuk menghemat energi. Siswa juga menuliskan topik, mengapa harus hemat energi dan kalimat ajakan. (Mengeksplorasi)

§  Guru memeriksa pekerjaan siswa, jika dirasa sudah benar siswa akan membuat poster. Siswa membuat poster dengan menggunakan kalender bekas yang salah satu sisinya sudah terpakai. Creativity and Innovation

§  Guru bisa menunjukkan contoh-contoh lain tentang poster petunjuk menghemat energi. Communication

§  Siswa menggambar dan menuliskan petunjuk yang akan dimasukkan ke dalam poster. Siswa membuat poster sesuai kreasi. (Mengomunikasikan)

§  Siswa meminta pendapat temannya akan poster yang sudah dibuatnya. Gotong Royong

§  Siswa mengomentari dari sisi kalimat, gambar dan kerapian.

 

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

1.    PPkn dan Bahasa Indonesia: Poster hemat energi

Kriteria

Sangat Baik

Baik

Cukup

Perlu

Pendampingan

4

3

2

1

Topik Jelas

Memilih satu topik yang fokus tentang hemat energi.

Topik yang dipilih

kurang fokus.

 

Belum mampu memilih topik untuk posternya sehingga membutuhkan pendampingan penuh.

Teks petunjuk

Terdapat teks petunjuk untuk hemat energi dengan

1. Langkah-langkah jelas

2. Runtut

3. Bisa diaplikasikan

Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang diberikan.

Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang diberikan.

Belum memenuhi kriteria yang diberikan.

Hak dan

kewajiban

Semua contoh-

contoh yang diberikan di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang.

Sebagaian

besar contoh-contoh yang diberikan di teks petunjukkan hemat energi

mengaplikas ikan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang.

Sebagian

contoh-contoh yang diberikan di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasik an pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang.

Sebagian kecil

contoh-contoh yang diberikan di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang.

Penyajian

Penyajian poster menarik dan mudah dipahami.

Penyajian poster mudah dipahami namun kurang menarik.

Penyajian poster kurang menarik dan kurang bisa dipahami.

Penyajian poster tidak menarik dan sulit dipahami.

 

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

2.             Diskusi

Diskusi saat membahas hak dan kewajiban

Kriteria

Sangat Baik

Baik

Cukup

Perlu

Pendampingan

4

3

2

1

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung.

 

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

4. Penilaian Sikap (patuh, tertib, kreatif, dan mengikuti prosedur).

Penilaian Sikap

Sikap

Belum Terlihat

Mulai Terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

Ket.

Teliti

 

 

 

 

Bertanggung Jawab

 

 

 

 

Disiplin

 

 

 

 

 

 

 

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4:

https://drive.google.com/file/d/1fe5qmqIlDTx9ndp68rNidREOPgoj8ceo/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...