RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 2 : Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 2 : Manfaat
Energi
Pembelajaran :
4
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati poster, siswa mampu
membuat teks petunjuk tentang menghemat energi dengan benar.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menyajikan teks petunjuk dalam bentuk poster dengan benar.
3.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menyajikan poster yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban secara
seimbang terhadap penggunaan energi dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡ Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”. ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§
Siswa mengamati poster hemat air
yang ada di buku siswa. (Mengamati) §
Berdasarkan poster tersebut, siswa
menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa. §
Siswa menyampaikan hasil
pekerjaannya kepada temanya. (Mengkomunikasikan) §
Siswa mendiskusikan gambar, kalimat
dan penyajian. (Mempresentasikan) §
Siswa akan membuat poster menggunakan
kalimat petunjuk dengan tema hemat energi. Mandiri §
Awalnya siswa mengisi bagan yang ada
di buku siswa tentang petunjuk menghemat energi. Siswa juga menuliskan topik,
mengapa harus hemat energi dan kalimat ajakan. (Mengeksplorasi) §
Guru memeriksa pekerjaan siswa, jika
dirasa sudah benar siswa akan membuat poster. Siswa membuat poster dengan
menggunakan kalender bekas yang salah satu sisinya sudah terpakai. Creativity
and Innovation §
Guru bisa menunjukkan contoh-contoh
lain tentang poster petunjuk menghemat energi. Communication §
Siswa menggambar dan menuliskan
petunjuk yang akan dimasukkan ke dalam poster. Siswa membuat poster sesuai
kreasi. (Mengomunikasikan) §
Siswa meminta pendapat temannya akan
poster yang sudah dibuatnya. Gotong Royong §
Siswa mengomentari dari sisi
kalimat, gambar dan kerapian.
|
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. ¡
Melakukan penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. PPkn dan Bahasa Indonesia:
Poster hemat energi
Kriteria |
Sangat Baik |
Baik |
Cukup |
Perlu Pendampingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Topik Jelas |
Memilih satu topik yang
fokus tentang hemat energi. |
Topik yang dipilih kurang fokus. |
|
Belum mampu memilih topik untuk
posternya sehingga membutuhkan pendampingan penuh. |
Teks petunjuk |
Terdapat teks petunjuk untuk
hemat energi dengan 1. Langkah-langkah jelas 2. Runtut 3. Bisa diaplikasikan |
Memenuhi 2 dari 3 kriteria
yang diberikan. |
Memenuhi 1 dari 3 kriteria
yang diberikan. |
Belum memenuhi kriteria yang
diberikan. |
Hak dan kewajiban |
Semua contoh- contoh yang diberikan di
teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban
secara seimbang. |
Sebagaian besar contoh-contoh yang
diberikan di teks petunjukkan hemat energi mengaplikas ikan pelaksanaan
hak dan kewajiban secara seimbang. |
Sebagian contoh-contoh yang diberikan
di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasik an pelaksanaan hak dan
kewajiban secara seimbang. |
Sebagian kecil contoh-contoh yang diberikan
di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan
kewajiban secara seimbang. |
Penyajian |
Penyajian poster menarik dan
mudah dipahami. |
Penyajian poster mudah
dipahami namun kurang menarik. |
Penyajian poster kurang
menarik dan kurang bisa dipahami. |
Penyajian poster tidak
menarik dan sulit dipahami. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat
dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
2.
Diskusi
Diskusi saat membahas hak dan kewajiban
Kriteria |
Sangat Baik |
Baik |
Cukup |
Perlu Pendampingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman
yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang
berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk
mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk
mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan |
Komunikasi non verbal
(kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Merespon dan menerapkan
komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat
terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat
terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam
memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan
ide, perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan
menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan
secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan
secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama
proses diksusi berlangsung. |
Catatan:
Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
4. Penilaian Sikap (patuh, tertib,
kreatif, dan mengikuti prosedur).
Penilaian Sikap
Sikap |
Belum Terlihat |
Mulai Terlihat |
Mulai Berkembang |
Membudaya |
Ket. |
Teliti |
|
|
√ |
|
|
Bertanggung Jawab |
|
√ |
|
|
|
Disiplin |
|
|
|
|
|
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4:
https://drive.google.com/file/d/1fe5qmqIlDTx9ndp68rNidREOPgoj8ceo/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar