RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI .... 
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019) 
Satuan
Pendidikan     :   SD/MI  .....................
Kelas /
Semester          :    IV
(Empat) / 1
Tema 2                        :    Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 2                 :    Manfaat
Energi
Pembelajaran               : 
  4
Alokasi Waktu              : 
  1 Hari
A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   
Setelah mengamati poster, siswa mampu
membuat teks petunjuk tentang menghemat energi dengan benar. 
2.   
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menyajikan teks petunjuk dalam bentuk poster dengan benar. 
3.   
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menyajikan poster yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban secara
seimbang terhadap penggunaan energi dengan benar. 
B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
| Kegiatan | Deskripsi
   Kegiatan | Alokasi Waktu | 
| Pendahuluan | ¡  
  Guru memberikan salam dan mengajak
  semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡   Guru
  mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
  kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
  Berhemat Energi”. ¡  
  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
  mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit | 
| Inti | § 
  Siswa mengamati poster hemat air
  yang ada di buku siswa. (Mengamati) § 
  Berdasarkan poster tersebut, siswa
  menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa.  § 
  Siswa menyampaikan hasil
  pekerjaannya kepada temanya. (Mengkomunikasikan) § 
  Siswa mendiskusikan gambar, kalimat
  dan penyajian. (Mempresentasikan) § 
  Siswa akan membuat poster menggunakan
  kalimat petunjuk dengan tema hemat energi. Mandiri § 
  Awalnya siswa mengisi bagan yang ada
  di buku siswa tentang petunjuk menghemat energi. Siswa juga menuliskan topik,
  mengapa harus hemat energi dan kalimat ajakan. (Mengeksplorasi)  § 
  Guru memeriksa pekerjaan siswa, jika
  dirasa sudah benar siswa akan membuat poster. Siswa membuat poster dengan
  menggunakan kalender bekas yang salah satu sisinya sudah terpakai. Creativity
  and Innovation  § 
  Guru bisa menunjukkan contoh-contoh
  lain tentang poster petunjuk menghemat energi. Communication § 
  Siswa menggambar dan menuliskan
  petunjuk yang akan dimasukkan ke dalam poster. Siswa membuat poster sesuai
  kreasi. (Mengomunikasikan) § 
  Siswa meminta pendapat temannya akan
  poster yang sudah dibuatnya. Gotong Royong § 
  Siswa mengomentari dari sisi
  kalimat, gambar dan kerapian. 
 | 35 Menit X  30 JP | 
| Penutup | ¡  
  Bersama-sama siswa membuat
  kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡  
  Bertanya jawab tentang materi yang
  telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡  
  Guru memberi kesempatan kepada siswa
  untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. ¡  
  Melakukan penilaian hasil belajar ¡  
  Mengajak semua siswa berdo’a menurut
  agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius | 15 menit | 
C.   PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan 
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian. 
| Mengetahui Kepala Sekolah, 
 
 
 .................. NIP. .................... | ........., Juli
  .... Guru Kelas 4   
 
 
 ................. NIP. .................... | 
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan 
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap 
| No | Nama | Perubanan tingkah laku | |||||||||||
| Santun | Peduli | Tanggung Jawab | |||||||||||
| K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
| 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
| 1 | ................... | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 2 | ................... | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 3 | …………….. | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 4 | …………….. | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 5 | …………….. | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| Dst | …………….. | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
Keterangan: 
K
(Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1.    PPkn dan Bahasa Indonesia:
Poster hemat energi 
| Kriteria  | Sangat Baik  | Baik  | Cukup  | Perlu  Pendampingan  | 
| 4  | 3  | 2  | 1  | |
| Topik Jelas  | Memilih satu topik yang
  fokus tentang hemat energi.  | Topik yang dipilih  kurang fokus.  | 
 | Belum mampu memilih topik untuk
  posternya sehingga membutuhkan pendampingan penuh. | 
| Teks petunjuk  | Terdapat teks petunjuk untuk
  hemat energi dengan  1. Langkah-langkah jelas  2. Runtut  3. Bisa diaplikasikan  | Memenuhi 2 dari 3 kriteria
  yang diberikan.  | Memenuhi 1 dari 3 kriteria
  yang diberikan.  | Belum memenuhi kriteria yang
  diberikan.  | 
| Hak dan  kewajiban  | Semua contoh- contoh yang diberikan di
  teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban
  secara seimbang.  | Sebagaian  besar contoh-contoh yang
  diberikan di teks petunjukkan hemat energi  mengaplikas ikan pelaksanaan
  hak dan kewajiban secara seimbang.  | Sebagian  contoh-contoh yang diberikan
  di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasik an pelaksanaan hak dan
  kewajiban secara seimbang.  | Sebagian kecil  contoh-contoh yang diberikan
  di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan
  kewajiban secara seimbang.  | 
| Penyajian  | Penyajian poster menarik dan
  mudah dipahami.  | Penyajian poster mudah
  dipahami namun kurang menarik.  | Penyajian poster kurang
  menarik dan kurang bisa dipahami.  | Penyajian poster tidak
  menarik dan sulit dipahami.  | 
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat
dilihat pada contoh di Pembelajaran 1. 
2.            
Diskusi 
Diskusi saat membahas hak dan kewajiban 
| Kriteria  | Sangat Baik  | Baik  | Cukup  | Perlu  Pendampingan  | 
| 4  | 3  | 2  | 1  | |
| Mendengarkan  | Selalu mendengarkan teman
  yang sedang berbicara.  | Mendengarkan teman yang
  berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.  | Masih perlu diingatkan untuk
  mendengarkan teman yang sedang berbicara.  | Sering diingatkan untuk
  mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan  | 
| Komunikasi non verbal
  (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)  | Merespon dan menerapkan
  komunikasi non verbal dengan tepat.  | Merespon dengan tepat
  terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.  | Sering merespon kurang tepat
  terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.  | Membutuhkan bantuan dalam
  memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.  | 
| Partisipasi (menyampaikan
  ide, perasaan, pikiran)  | Isi pembicaraan
  menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.  | Berbicara dan menerangkan
  secara rinci, merespon sesuai dengan topik.  | Berbicara dan menerangkan
  secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.  | Jarang berbicara selama
  proses diksusi berlangsung.  | 
Catatan:
Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
4. Penilaian Sikap (patuh, tertib,
kreatif, dan mengikuti prosedur).
Penilaian Sikap
| Sikap | Belum Terlihat | Mulai Terlihat | Mulai Berkembang | Membudaya | Ket. | 
| Teliti | 
 | 
 | √ | 
 | 
 | 
| Bertanggung Jawab | 
 | √ | 
 | 
 | 
 | 
| Disiplin | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4:
https://drive.google.com/file/d/1fe5qmqIlDTx9ndp68rNidREOPgoj8ceo/view?usp=sharing
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar