Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 3                        :    Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Sub Tema 3                 :    Ayo Cintai Lingkungan

Pembelajaran               :    3

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Menggunakan daftar pertanyaan, siswa mampu menggali informasimelalui kegiatan wawancara dengan tepat.

2.    Dengan melakukan wawancara, siswa mampu menyajikan laporantertulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif dengansistematis.

3.    Dengan observasi dan diskusi, siswa mampu menjelaskan penting penghijauan sebagai salah satu upaya pelestarian sumber daya alamdengan lengkap.

4.    Dengan kegiatan menanam tanaman, siswa mampu melakukan prakteknyata untuk melestarikan sumber daya alam dan lingkungan mandiri.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeduli Terhadap Makhluk Hidup”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

 

10 menit

Inti

§   Guru mengingatkan siswa untuk memperhatikan penggunaan kosa kata baku dan kalimat efektif saat menulis laporan. Communication

§   Guru memeriksa rancangan tulisan laporan hasil wawancara dengan memperhatikan:

-       Sistematika/urutan laporan.

-       Penggunaan kosa kata baku dan kalimat efektif.

-       Huruf kapital serta tanda baca titik dan koma.

§   Siswa membaca teks singkat di buku, tentang pemanfaatan lahan kosong. (Mengamati)

§   Siswa membaca dengan teliti teks berisi informasi tentang beberapa jenis tanaman rimpang(kencur, kunyit, dan jahe) yang dapat dimanfaatkan menjadi obat atau minuman yang menyehatkan tubuh. Literasi

§   Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks, Mandiri

§   Menuliskan informasi penting yang terdapat di dalam teks . (Mengkomunikasikan)

§   Pemanfaatan lahan kosong dan tanaman yang bermanfaat. Gotong Royong

§   Sikap dan nilai-nilai positif yang dapat ditauladani dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Nasionalis

§   Siswa membaca senyap teks tentang cara memelihara hewan dan tumbuhan. Literasi

§   Siswa berdiskusi dengan teman untuk mencari contoh lain tentang cara-cara merawat hewan dan tumbuhan. Collaboration

§   Siswa menuliskan hasil diskusi dalam peta pikiran yang telah tersedia.

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

 

15 menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1.    Penilaian sikap (percaya diri, rasa ingin tahu, dan kerja sama).

 

No

Sikap

Belum Terlihat

Mulai Terlihat

Mulai Ber-kembang

Membu-daya

Ket.

1

Teliti

 

 

P

 

 

2

Bertanggung Jawab

 

P

 

 

 

3

Disiplin

 

 

 

 

 

 

Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa menuliskan cara-cara yang menunjukkan bahwa ia telah mencintai lingkungan rumah dan sekolah dengan mendiskusikan hal ini dengan orang tua.

 

PENGAYAAN

Apabila memiliki waktu, siswa dapat diminta untuk melakukan kegiatan “study pustaka” , mencari informasi lebih banyak lagi tentang tanaman obat dan manfaatnya.

 

REMEDIAL

Siswa yang belum memahami cara merawat tumbuhan dan hewan, diminta untuk membaca kembali teks dan mendapatkan waktu tambahan.

 

 

 

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3:

https://drive.google.com/file/d/1j0YuNOZ-ca2n7nVZ6QqSURpT5x0dTVQv/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...