RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 3 : Peduli
Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 3 : Ayo
Cintai Lingkungan
Pembelajaran :
3
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Menggunakan daftar pertanyaan, siswa
mampu menggali informasimelalui kegiatan wawancara dengan tepat.
2.
Dengan melakukan wawancara, siswa
mampu menyajikan laporantertulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
dengansistematis.
3.
Dengan observasi dan diskusi, siswa
mampu menjelaskan penting penghijauan sebagai salah satu upaya pelestarian
sumber daya alamdengan lengkap.
4.
Dengan kegiatan menanam tanaman, siswa
mampu melakukan prakteknyata untuk melestarikan sumber daya alam dan lingkungan
mandiri.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan
salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡
Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli Terhadap
Makhluk Hidup”. ¡
Guru menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit |
Inti |
§
Guru mengingatkan siswa untuk
memperhatikan penggunaan kosa kata baku dan kalimat efektif saat menulis
laporan. Communication §
Guru memeriksa rancangan tulisan
laporan hasil wawancara dengan memperhatikan: -
Sistematika/urutan laporan. -
Penggunaan kosa kata baku dan
kalimat efektif. -
Huruf kapital serta tanda baca titik
dan koma. §
Siswa membaca teks singkat di buku,
tentang pemanfaatan lahan kosong. (Mengamati) §
Siswa membaca dengan teliti teks
berisi informasi tentang beberapa jenis tanaman rimpang(kencur, kunyit, dan
jahe) yang dapat dimanfaatkan menjadi obat atau minuman yang menyehatkan
tubuh. Literasi §
Siswa menjawab pertanyaan
berdasarkan teks, Mandiri §
Menuliskan informasi penting yang
terdapat di dalam teks . (Mengkomunikasikan) § Pemanfaatan
lahan kosong dan tanaman yang bermanfaat. Gotong Royong § Sikap
dan nilai-nilai positif yang dapat ditauladani dan dilaksanakan dalam
kehidupan sehari-hari. Nasionalis § Siswa
membaca senyap teks tentang cara memelihara hewan dan tumbuhan.
Literasi § Siswa
berdiskusi dengan teman untuk mencari contoh lain tentang cara-cara merawat
hewan dan tumbuhan. Collaboration § Siswa
menuliskan hasil diskusi dalam peta pikiran yang telah tersedia. |
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. ¡
Melakukan penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1.
Penilaian sikap (percaya diri, rasa ingin tahu, dan kerja
sama).
No |
Sikap |
Belum
Terlihat |
Mulai
Terlihat |
Mulai Ber-kembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Teliti |
|
|
P |
|
|
2 |
Bertanggung Jawab |
|
P |
|
|
|
3 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
Kerja Sama
dengan Orang Tua
Siswa menuliskan cara-cara yang menunjukkan bahwa ia telah
mencintai lingkungan rumah dan sekolah dengan mendiskusikan hal ini dengan
orang tua.
PENGAYAAN
Apabila memiliki waktu, siswa dapat
diminta untuk melakukan kegiatan “study pustaka” , mencari informasi lebih banyak lagi tentang
tanaman obat dan manfaatnya.
REMEDIAL
Siswa yang belum memahami cara merawat
tumbuhan dan hewan, diminta untuk membaca kembali teks dan mendapatkan waktu tambahan.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3:
https://drive.google.com/file/d/1j0YuNOZ-ca2n7nVZ6QqSURpT5x0dTVQv/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar