Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :  IV (Empat) / 1

Tema 2                        :  Selalu Berhemat Energi

Sub Tema 1                 :   Sumber Energi

Pembelajaran               :  5

Alokasi Waktu              :  1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Dengan mengamati contoh yang diberikan guru, siswa mampu memahami tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu Menanam Jagung dengan nada dan tempo yang tepat.

2.    Dengan mengamati contoh yang diberikan guru, siswa mampu menyanyikan lagu Menanam jagung dengan tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu Menanam Jagung dengan nada dan tempo yang tepat.

3.    Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

4.    Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi dengan percaya diri.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelalu Berhemat Energi”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Siswa diinformasikan bahwa mereka akan menyanyikan lagu Menanam Jagung secara berkelompok yang terdiri atas 5 sampai 6 orang. (Mengkomunikasikan)

§  Siswa diminta memperhatikan penjelasan dari guru.

§  Setiap kelompok akan tampil secara bergiliran.

§  Siswa melakukan penampilan secara bergiliran. Collaboration

§  Siswa mengamati gambar yang terdapat dalam buku siswa. (Mengamati)

§  Siswa mendiskusikan tentang sumber energi yang digunakan untuk mengeringkan ikan. (Mengekplorasi)

§  Siswa menulis kesimpulan berdasarkan hasil diskusi. Mandiri

§  Siswa membaca teks yang terdapat dalam buku siswa dalam hati Literasi

§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks. (Menanya)

§  Siswa memperhatikan informasi yang diambil dari bacaan. 

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1.    IPS

Diskusi dan presentasi dinilai dengan rubrik

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampingan

(1)

 

Struktur

Presentasi

 

Presentasi

memuat pembukaan, inti dan penutup serta

dikomunikasikan secara runtut.

 

Presentasi

memuat pembukaan atau penutup dan inti

serta dikomunikasikan secara runtut.

 

Presentasi

hanya memuat inti dan disampaikan dengan runtut.

 

Presentasi hanya memiliki pembuka atau penutup saja.

 

Tema

 

Seluruh gagasan

pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema.

 

Sebagian besar

gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan teman.

 

Sebagian kecil

gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan teman.

 

Gagasan pokok dan gagasan pendukung tidak sesuai tema.

 

Fakta

Pendukung

 

Seluruh fakta

tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing-masing disajikan dengan benar.

 

Sebagian besar

fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing-masing disajikan dengan benar.

 

Sebagian

kecil fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing-masing disajikan dengan benar.

 

Fakta

tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing-masing tidak benar.

 

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

 

 

2.  SBdP

Proses pembelajaran menyanyi dinilai dengan catatan anekdot.

 

 

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5:

https://drive.google.com/file/d/1CffLpPXsYc7fJ6NvJq5d3OpGRjrAvZuF/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...