Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 3                        :    Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Sub Tema 1                 :    Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku

Pembelajaran               :    4

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang ketika memanfaatkan tumbuhan dengan terperinci.

2.    Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat rencana melaksanakan kewajiban terhadap tumbuhan yang dipelihara dengan terperinci.

3.    Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri pertanyaan yang baik dengan benar.

4.    Setelah berdiskusi, siswa mampu mengelompokkan pertanyaan berdasarkan ciri- ciri pertanyaan yang baik dengan benar.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeduli Terhadap Makhluk Hidup”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

 

10 menit

Inti

§  Di awal pembelajaran guru membawa tanaman ke dalam kelas.  (Mengamati) Guru bertanya kepada siswa. Apakah kamu mempunyai tumbuhan di rumah? Bagaimana kamu merawatnya? Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pengalamannya. Communication. Guru bertanya kembali, apa yang terjadi jika tanaman tidak kita rawat? Guru menulis jawabannya di papan tulis. Jawaban siswa didiskusikan secara klasikal. Collaboration

§  Guru menguatkan manfaat tanaman dalam kehidupan sehari-hari. Tanaman menghasilkan oksigen. Tanaman juga membuat lingkungan menjadi teduh. Kita semua wajib menjaga dan memeliharanya. (Mendiskripsikan)

         

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

 

15 menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. PPKn: Jadwal merawat tanaman.

Guru memberikan komentar tentang jadwal yang sudah dan belum sesuai.

 

 

2. Bahasa Indonesia:

Guru memberikan komentar tentang pertanyaan-pertanyaan yang sudah dan belum sesuai.

 

3. Diskusi

Diskusi saat mengelompkkan pertanyaan

Kreiteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan (1)

Mendengarkan

Selalu

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara

Mendengarkan

teman yang

berbicara

namun

sesekali masih

perlu

diingatkan.

Masih perlu

diingatkan

untuk

mendengarkan

teman yang

sedang

berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara

namun tidak

mengindahkan

Komunikasi

non

verbal (kontak

mata, bahasa

tubuh, postur,

ekspresi wajah,

suara)

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non

verbal dengan

tepat.

Merespon

dengan tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Sering

merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Membutuhkan

bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Partisipasi

(menyampaikan

ide,

perasaan,

pikiran)

Isi

pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon

sesuai dengan

topik.

Berbicara dan

menerangkan

secara

rinci,namun

terkadang

merespon

kurang sesuai

dengan topik.

Jarang

berbicara selama

proses diskusi

berlangsung.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

 

1.    Penilaian sikap teliti, kreatif, rasa ingin tahu.

No

Sikap

Belum Terlihat

Mulai Terlihat

Mulai Ber-kembang

Membu-daya

Ket.

1

Teliti

 

 

P

 

 

2

Bertanggung Jawab

 

P

 

 

 

3

Disiplin

 

 

 

 

 

 

 

Pengayaan

Siswa bisa diberikan soal-soal dengan bilangan yang lebih rumit.

 

Remedial

Siswa yang belum bisa penaksiran pecahan dan persen dapat mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan bisa dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 – 60 menit.

Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.

 

 


DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4:

https://drive.google.com/file/d/18El9tf8KsibSXHTo-YnF736YDC-pq5zD/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...