RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 3 : Peduli
Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Hewan
dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Pembelajaran :
4
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menjelaskan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang ketika
memanfaatkan tumbuhan dengan terperinci.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
membuat rencana melaksanakan kewajiban terhadap tumbuhan yang dipelihara dengan
terperinci.
3.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
mengidentifikasi ciri-ciri pertanyaan yang baik dengan benar.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
mengelompokkan pertanyaan berdasarkan ciri- ciri pertanyaan yang baik dengan
benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan
salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡
Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli Terhadap
Makhluk Hidup”. ¡
Guru menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit |
Inti |
§
Di awal pembelajaran guru membawa
tanaman ke dalam kelas. (Mengamati)
Guru bertanya kepada siswa. Apakah kamu mempunyai tumbuhan di rumah?
Bagaimana kamu merawatnya? Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pengalamannya. Communication.
Guru bertanya kembali, apa yang terjadi jika tanaman tidak kita rawat? Guru
menulis jawabannya di papan tulis. Jawaban siswa didiskusikan secara
klasikal. Collaboration §
Guru menguatkan manfaat tanaman
dalam kehidupan sehari-hari. Tanaman menghasilkan oksigen. Tanaman juga
membuat lingkungan menjadi teduh. Kita semua wajib menjaga dan memeliharanya.
(Mendiskripsikan) • |
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. ¡
Melakukan penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. PPKn: Jadwal merawat tanaman.
Guru memberikan komentar tentang jadwal yang sudah dan belum
sesuai.
2. Bahasa Indonesia:
Guru memberikan komentar tentang pertanyaan-pertanyaan yang
sudah dan belum sesuai.
3. Diskusi
Diskusi saat mengelompkkan
pertanyaan
Kreiteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara |
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung. |
Catatan: penilaian (penskoran)
dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1
1. Penilaian sikap teliti, kreatif, rasa ingin tahu.
No |
Sikap |
Belum
Terlihat |
Mulai
Terlihat |
Mulai Ber-kembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Teliti |
|
|
P |
|
|
2 |
Bertanggung Jawab |
|
P |
|
|
|
3 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
Pengayaan
Siswa bisa diberikan soal-soal dengan bilangan yang lebih
rumit.
Remedial
Siswa yang belum bisa penaksiran pecahan dan persen dapat
mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan bisa dilakukan seusai jam belajar.
Kegiatan dilakukan sekitar 30 – 60 menit.
Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4:
https://drive.google.com/file/d/18El9tf8KsibSXHTo-YnF736YDC-pq5zD/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar