Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan            :    SD/MI  .....................

Kelas / Semester                :    IV (Empat) / 1

Tema 1                              :    Indahnya Kebersamaan

Sub Tema 1                        :    Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaran                     :    1

Alokasi Waktu                     :    1 Hari

 

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.

2.     Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.

3.     Setelah wawancara sederhana, siswa mampu menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap.

4.     Setelah diskusi, siswa mampu mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis.

5.     Setelah eksplorasi, siswa mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap.

6.     Setelah eksplorasi dan diskusi, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan sistematis.

 

B.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”. Nasionalis

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Sebelum memulai pembelajaran, guru menempelkan gambar seorang anak Bali yang memakai baju tradisional. Di belakang anak ada rumah tradisional Bali. (Mengamati)

§  Siswa diajak berdiskusi tentang Keragaman Budaya Indonesia. Guru mengajukan pertanyaan pembuka, Communication

-    siapa di antara kalian yang berasal dari suku Sunda, Suku Jawa, Suku Minang, dan seterusnya. (Menanya)

§  Siswa secara berpasangan diminta untuk saling menginformasikan tentang asal suku mereka kepada teman di sebelahnya. (Mengkomunikasikan)

§  Siswa kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 siswa dalam setiap kelompok. Siswa bisa diminta untuk menghitung 1 sampai 4 secara berurutan. Setiap siswa kemudian diminta untuk membentuk kelompok berdasarkan nomor urut yang sama. (Mengekplorasi)

§  Guru menyampaikan kepada siswa bahwa mereka akan mendapatkan beragam informasi tentang keragaman budaya Indonesia dari teks bacaan yang akan dipelajari. Siswa kemudian diajak untuk mengamati gambar keragaman budaya yang ada di buku dan membaca teksnya dalam hati. (Mengamati)

§  Siswa dalam kelompok diminta berdiskusi untuk menjawab pertanyaan tentang isi dari paragraf satu. (Menanya)

§  Setelah semua kelompok selesai mengomunikasikan hasil diskusi, guru memberikan penguatan tentang strategi dalam menemukan isi cerita yang biasa dinamakan gagasan pokok/gagasan utama/ide utama/ide pokok/ pokok pikiran, dari suatu paragraf.

§  Siswa diminta untuk menemukan gagasan utama dan gagasan pendukung dari paragraf ketiga, keempat, dan kelima dari teks yang ada di buku dan menuliskannya pada diagram yang tersedia.

§  Siswa mendapatkan penjelasan bagaimana mengisi diagram dari guru.

Mengisi Diagram

1. Pastikan siswa memiliki diagram.

2. Minta siswa menuliskan ‘Gagasan Pokok’ di tengah diagram.

3. Siswa diminta menemukan paling sedikut 5 gagasan pendukung untuk setiap satu gagasan pokok.

4. Siswa menuliskan setiap satu gagasan

    di satu kolom di sekitar gagasan utama.

5. Isi sisi bintang searah jarum jam.

§  Guru memberikan penguatan tentang pentingnya sikap saling menghargai dalam keragaman budaya, suku,dan agama, serta menjadikan keragaman tersebut sebagai identitas bangsa Indonesia. Nasionalis

§  Siswa menjawab pertanyaan dan mengisi tabel tentang sikap saling menghargai yang terdapat di buku secara mandiri. Mandiri

§  Siswa akan saling berbagi jawaban tentang pengalaman melaksanakan sikap saling menghargai dan contoh sikap tidak menghargai secara berpasangan bersama teman di sebelahnya. Gotong Royong

§  Siswa dapat mendiskusikan pengalaman yang menurut mereka menarik. Collaboration

§  Guru menampilkan satu alat musik tradisional dari daerah asal sekolah.

§  Guru mengajukan pertanyaan sebagai kegiatan pembuka:

-    Bagaimana cara memainkan alat musik ini sehingga dapat menghasilkan bunyi?

§  Beberapa siswa diminta membunyikan alat musik tersebut di depan kelas.Minta satu/beberapa siswa untuk menjelaskan tentang cara alat musik tersebut dibunyikan. (dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek, dsb.) Mandiri

§  Siswa kemudian akan melakukan kegiatan eksplorasi menggunakan benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi yang terdapat di kelas dan sekitarnya.

§  Siswa kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat di buku berdasarkan hasil kerjasama mereka dalam menciptakan ansambel bunyi yang enak didengar.

150 menit

Penutup

1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.

4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

 

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. Diskusi

Saat siswa melakukan diskusi, guru menilai mereka dengan

menggunakan rubrik.

Centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

Selalu

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara.

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara.

ü

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara

namun tidak

mengindahkan.

Komunikasi non

verbal (kontak

mata, bahasa

tubuh, postur,

ekspresi wajah,

suara)

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non

verbal dengan

tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

ü

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Membutuhkan

bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Partisipasi

(menyampaikan

ide, perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

teman lainnya

saat diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan

secara

rinci,namun

terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

ü

Penilaian (penskoran) : Total nilai siswa x 10

                                        Total nilai maksimal

 

Contoh : 2+3+16 x 10 = 5

                   12        12

 

2. Bahasa Indonesia

Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap

paragraf dinilai menggunakan rubrik

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Gagasan pokok.

Menemukan

gagasan pokok

pada semua

paragraf dengan

benar.

Menemukan

sebagian besar

gagasan pokok

pada semua

paragraf dengan benar.

ü

Menemukan

sebagian kecil

gagasan pokok

pada semua

paragraf dengan benar.

Belum dapat

menemukan

gagsan pokok.

Gagasan

pendukung.

Menemukan

gagasan

pendukung pada

semua paragraf

dengan benar.

Menemukan

sebagian

besar gagasan

pendukung pada

semua paragraf

dengan benar.

Menemukan

sebagian

kecil gagasan

pendukung pada

semua paragraf

dengan benar.

ü

Belum dapat

menemukan

gagasan

pendukung.

Penyajian

gagasan pokok

dan gagasan

pendukukung

dalam peta

pikiran.

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

teman lainnya saat diskusi.

ü

Menyajikan

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

dalam peta

pikiran dengan

tepat.

Menyajikan

sebagian kecil

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

dalam peta

pikiran dengan tepat.

Belum dapat

menyajikan

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

dalam peta

pikiran.

Sikap: Mandiri

Sebagian

besar tugas

diselesaikan

dengan mandiri.

Tugas

diselesaikan

dengan motivasi

dan bimbingan guru.

Tugas

diselesaikan

dengan motivasi

dan bimbingan guru.

ü

Belum dapat

menyeselesaikan

tugas meski

telah diberikan

motivasi dan

bimbingan.

 

Penilaian (penskoran) : Total nilai siswa x 10

                                        Total nilai maksimal

 

Contoh : 3+2+4+2  = 10  x 10 = 6,9

                     16           16

 

3. IPS

a. Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang

keragaman budaya, serta mengomunikasikannya dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Informasi tentang

keragaman

budaya, etnis,

dan agama.

Menuliskan

informasi tentang

keragaman

budaya, etnis,

dan agama

teman-teman

di kelas

berdasarkan

hasil wawancara

dengan lengkap.

Menuliskan

sebagian besar

informasi tentang

keragaman

budaya, etnis,

dan agama

teman-teman

di kelas

berdasarkan

hasil wawancara

cukup lengkap.

ü

Menuliskan

sebagian kecil

informasi tentang

keragaman

budaya, etnis,

dan agama

teman-teman

di kelas

berdasarkan

hasil wawancara

kurang lengkap.

Belum dapat

menuliskan

informasi tentang

keragaman

budaya, etnis,

dan agama

teman-teman

di kelas

berdasarkan hasil

wawancara.

Komunikasi

lisan tentang

keragaman

budaya, etnis,

dan agama.

Mengomunikasikan

secara lisan

tentang

keragaman

budaya, etnis,

dan agama

teman-teman

berdasarkan

hasil wawancara

dengan

sistematis.

Mengomunikasikan

secara lisan

sebagian besar

keragaman

budaya, etnis,

dan agama

teman-teman

berdasarkan

hasil wawancara

cukup sistematis.

Mengomunikasikan

secara lisan

sebagian kecil

keragaman

budaya, etnis,

dan agama

teman-teman

berdasarkan

hasil wawancara

kurang

sistematis.

ü

Belum dapat

mengomunikasikan

secara lisan

tentang

keragaman

budaya, etnis,

dan agama

teman-teman

berdasarkan hasil

wawancara.

Sikap kerjasama.

Menunjukkan

sikap kerjasama

dengan semua

teman secara

konsisten.

ü

Menunjukkan

sikap kerjasama

dengan semua

teman namun

belum konsisten.

Menunjukkan

sikap kerjasama

hanya dengan

beberapa teman.

Perlu dimotivasi

untuk dapat

bekerjasama.

Santun

dan saling

menghargai.

Menunjukkan

sikap santun

dan saling

menghargai

dengan semua

teman secara

konsisten.

Menunjukkan

sikap santun

dan saling

menghargai

dengan semua

teman namun

belum konsisten.

Menunjukkan

sikap santun

dan saling

menghargai

hanya dengan

beberapa teman.

ü

Perlu dimotivasi

untuk bersikap

santun dan saling

menghargai

dengan semua

teman.

 

 

 

 

4. IPA

a. Tugas siswa menjelaskan dan menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Cara

menghasilkan

bunyi.

Menjelaskan cara

menghasilkan

bunyi dari

semua benda

berdasarkan

hasil eksplorasi

dengan lengkap.

Menjelaskan cara

menghasilkan

bunyi dari

sebagian

besar benda

berdasarkan hasil

eksplorasi cukup

lengkap.

Menjelaskan cara

menghasilkan

bunyi dari

sebagian

kecil benda

berdasarkan hasil

eksplorasi kurang

lengkap.

ü

Belum dapat

menemukan

menjelaskan cara

menghasilkan

bunyi dari benda

berdasarkan hasil

eksplorasi.

Laporan

pengamatan

tentang cara

menghasilkan

bunyi.

Menyajikan

laporan

pengamatan

tentang cara

menghasilkan

bunyi dari

semua benda

berdasarkan

hasil eksplorasi

dengan

sistematis.

Menyajikan

laporan

pengamatan

tentang cara

menghasilkan

bunyi dari

sebagian

besar benda

berdasarkan hasil

eksplorasi cukup

sistematis.

ü

Menyajikan

laporan

pengamatan

tentang cara

menghasilkan

bunyi dari

sebagian

kecil benda

berdasarkan hasil

eksplorasi kurang

sistematis.

Belum dapat

menyajikan

laporan

pengamatan

tentang cara

menghasilkan

bunyi dari benda

berdasarkan hasil

eksplorasi.

Sikap rasa ingin

tahu.

Tampak antusias

dan mengajukan

banyak ide dan

pertanyaan

selama kegiatan.

Tampak cukup

antusias dan

terkadang

mengajukan ide

dan pertanyaan

selama kegiatan.

Tampak kurang

antusias

dan tidak

mengajukan ide

dan pertanyaan

selama kegiatan.

Tidak tampak

antusias

dan perlu

dimotivasi untuk

mengajukan ide

dan pertanyaan.

ü

 

 

Penilaian (penskoran) : total nilai siswa    X 10

                                    total nilai maksimal

 

Contoh: 2+3+16 x 10 = 5

                 12       12

b. Percobaan IPA dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Penerapan

Konsep

Memperlihatkan

pemahaman

konsep dengan

menunjukkan

bukti

pendukung dan

menyampaikan

pemahaman inti

dari konsep yang

sedang dipelajari

dengan benar.

Memperlihatkan

pemahaman

konsep dengan

menunjukkan

bukti pendukung

namun

perlubantuan

saat

menyampaikan

pemahaman inti

dari konsep yang

yang sedang

dipelajari.

Memperlihatkan

pemahaman

konsep dengan

menunjukkan

bukti yang

terbatas dan

penyampaian

pemahaman inti

dari konsep tidak

jelas.

ü

Perlu

bimbingan saat

menyampaikan

bukti dan

pemahaman inti

dari konsep yang

dipelajari.

Komunikasi

Hasil percobaan

disampaikan

dengan jelas,

obyektif dengan

didukung data

penunjang.

Hasil percobaan

disampaikan

dengan jelas

dan didukung

sebagian data

penunjang.

ü

Hasil percobaan

disampaikan

denga njelas

namun hanya

didukung

sebagian kecil

data penunjang.

Hasil percobaan

disampaikan

dengan kurang

jelas dan tanpa

data penunjang.

Prosedur dan

Strategi

Seluruh data

dicatat, langkah

kegiatan

dilakukan secara

sistematis dan

strategi yang

digunakan

membuat

percobaan

berhasil.

Seluruh data

dicatat, langkah

kegiatan

dilakukan secara

sistematis

namun masih

membutuhkan

bimbingan dalam

menemukan

strategi agar

percobaan

berhasil.

Sebagian besar

data dicatat,

langkah kegiatan

dan strategi

dilakukan secara

sistematis

setelah

mendapat

bantuan guru.

Sebagian kecil

data dicatat,

langkah kegiatan

tidak sistematis

dan strategi

yang dipilih tidak

tepat.

ü

Penilaian (penskoran) : total nilai siswa  X 10

                                   total nilai maksimal

Contoh: 2+3+1 =   6  x 10 = 5

                 12        12

 

Pengayaan

• Apabila memiliki waktu, siswa dapat memainkan ansambel bunyi mereka kepada kelas lain.

Remedial

• Siswa yang belum terampil dalam menemukan gagasan utama dan gagasan pokok dapat diberikan contoh-contoh tambahan teks sebagai latihan tambahan. Siswa dapat dibantu oleh siswa lain yang telah sangat terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan utama.

 Download RPP Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1:

https://drive.google.com/file/d/1xH-YEejxm1zMIqkpInD2P4DCE33r2dAO/view?usp=sharing


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...