RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya
Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman
Budaya Bangsaku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah membaca teks tentang keragaman
budaya, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di
setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.
2.
Setelah membaca teks tentang keragaman
budaya, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap
paragraf dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
3.
Setelah wawancara sederhana, siswa
mampu menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas
sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap.
4.
Setelah diskusi, siswa mampu
mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai
identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis.
5.
Setelah eksplorasi, siswa mampu
menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan
lengkap.
6.
Setelah eksplorasi dan diskusi, siswa
mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari
beragam benda di sekitar dengan sistematis.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Religius ¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”. Nasionalis ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§
Sebelum memulai pembelajaran, guru menempelkan gambar
seorang anak Bali yang memakai baju tradisional. Di belakang anak ada rumah
tradisional Bali. (Mengamati) §
Siswa diajak berdiskusi tentang Keragaman Budaya
Indonesia. Guru mengajukan pertanyaan pembuka, Communication - siapa di antara kalian yang
berasal dari suku Sunda, Suku Jawa, Suku Minang, dan seterusnya. (Menanya) §
Siswa secara berpasangan diminta untuk saling
menginformasikan tentang asal suku mereka kepada teman di sebelahnya. (Mengkomunikasikan) §
Siswa kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok kecil
yang terdiri dari 3-4 siswa dalam setiap kelompok. Siswa bisa diminta untuk
menghitung 1 sampai 4 secara berurutan. Setiap siswa kemudian diminta untuk
membentuk kelompok berdasarkan nomor urut yang sama. (Mengekplorasi) §
Guru menyampaikan kepada siswa bahwa mereka akan
mendapatkan beragam informasi tentang keragaman budaya Indonesia dari teks
bacaan yang akan dipelajari. Siswa kemudian diajak untuk mengamati gambar
keragaman budaya yang ada di buku dan membaca teksnya dalam hati. (Mengamati) §
Siswa dalam kelompok diminta berdiskusi untuk menjawab
pertanyaan tentang isi dari paragraf satu. (Menanya) §
Setelah semua kelompok selesai mengomunikasikan hasil
diskusi, guru memberikan penguatan tentang strategi dalam menemukan isi
cerita yang biasa dinamakan gagasan pokok/gagasan utama/ide utama/ide
pokok/ pokok pikiran, dari suatu paragraf. §
Siswa diminta untuk menemukan gagasan utama dan gagasan
pendukung dari paragraf ketiga, keempat, dan kelima dari teks yang ada
di buku dan menuliskannya pada diagram yang tersedia. §
Siswa mendapatkan penjelasan bagaimana mengisi diagram
dari guru. Mengisi Diagram 1. Pastikan siswa memiliki diagram. 2. Minta siswa menuliskan ‘Gagasan Pokok’ di tengah diagram. 3. Siswa diminta menemukan paling sedikut 5 gagasan
pendukung untuk setiap satu gagasan pokok. 4. Siswa menuliskan setiap
satu gagasan di satu kolom di sekitar gagasan utama. 5. Isi sisi bintang searah
jarum jam. § Guru
memberikan penguatan tentang pentingnya sikap saling menghargai dalam
keragaman budaya, suku,dan agama, serta menjadikan keragaman tersebut sebagai
identitas bangsa Indonesia. Nasionalis § Siswa
menjawab pertanyaan dan mengisi tabel tentang sikap saling menghargai yang
terdapat di buku secara mandiri. Mandiri § Siswa akan
saling berbagi jawaban tentang pengalaman melaksanakan sikap saling
menghargai dan contoh sikap tidak menghargai secara berpasangan bersama teman
di sebelahnya. Gotong Royong §
Siswa dapat mendiskusikan pengalaman yang menurut mereka
menarik. Collaboration §
Guru menampilkan satu alat musik
tradisional dari daerah asal sekolah. §
Guru mengajukan pertanyaan sebagai kegiatan pembuka: - Bagaimana cara memainkan
alat musik ini sehingga dapat menghasilkan bunyi? §
Beberapa siswa diminta membunyikan alat musik tersebut di
depan kelas.Minta satu/beberapa siswa untuk menjelaskan tentang cara alat
musik tersebut dibunyikan. (dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek,
dsb.) Mandiri §
Siswa kemudian akan melakukan kegiatan eksplorasi
menggunakan benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi yang terdapat di kelas
dan sekitarnya. §
Siswa kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat di buku
berdasarkan hasil kerjasama mereka dalam menciptakan ansambel bunyi yang enak
didengar. |
150 menit |
Penutup |
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi. 5.
Salam dan do’a penutup
di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli .... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses
dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian
kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. Diskusi
Saat siswa melakukan diskusi, guru menilai mereka dengan
menggunakan rubrik.
Centang
(ü) pada
bagian yang memenuhi kriteria.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang
berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu
diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. ü |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. ü |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin teman lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. ü |
Penilaian
(penskoran) : Total nilai siswa x 10
Total nilai maksimal
Contoh : 2+3+1
= 6 x 10 = 5
12 12
2. Bahasa Indonesia
Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari
setiap
paragraf dinilai menggunakan rubrik
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Gagasan
pokok. |
Menemukan gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. |
Menemukan sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. ü |
Menemukan sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. |
Belum dapat menemukan gagsan
pokok. |
Gagasan pendukung. |
Menemukan gagasan pendukung pada semua paragraf dengan
benar. |
Menemukan sebagian besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan
benar. |
Menemukan sebagian kecil gagasan pendukung pada semua paragraf dengan
benar. ü |
Belum dapat menemukan gagasan pendukung. |
Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukukung dalam peta pikiran. |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin teman lainnya saat diskusi. ü |
Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat. |
Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat. |
Belum dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran. |
Sikap:
Mandiri |
Sebagian besar tugas diselesaikan dengan
mandiri. |
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. |
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. ü |
Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
Penilaian
(penskoran) : Total nilai siswa x 10
Total nilai maksimal
Contoh : 3+2+4+2 = 10 x 10 = 6,9
16 16
3. IPS
a. Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang
keragaman budaya, serta mengomunikasikannya dinilai
menggunakan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama. |
Menuliskan informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara dengan lengkap. |
Menuliskan sebagian besar informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara cukup lengkap. ü |
Menuliskan sebagian kecil informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara kurang lengkap. |
Belum dapat menuliskan informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara. |
Komunikasi lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama. |
Mengomunikasikan secara lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara dengan sistematis. |
Mengomunikasikan secara lisan sebagian besar keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara cukup sistematis. |
Mengomunikasikan secara lisan sebagian kecil keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara kurang sistematis. ü |
Belum dapat mengomunikasikan secara lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara. |
Sikap kerjasama. |
Menunjukkan sikap kerjasama dengan semua teman secara konsisten. ü |
Menunjukkan sikap kerjasama dengan semua teman namun belum konsisten. |
Menunjukkan sikap kerjasama hanya dengan beberapa teman. |
Perlu dimotivasi untuk dapat bekerjasama. |
Santun dan saling menghargai. |
Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai dengan semua teman secara konsisten. |
Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai dengan semua teman namun belum konsisten. |
Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai hanya dengan beberapa teman. ü |
Perlu dimotivasi untuk bersikap santun dan saling menghargai dengan semua teman. |
4. IPA
a. Tugas siswa menjelaskan dan menyajikan laporan pengamatan
tentang cara menghasilkan bunyi dinilai menggunakan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Cara menghasilkan bunyi. |
Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari semua benda berdasarkan hasil eksplorasi dengan lengkap. |
Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari sebagian besar benda berdasarkan hasil eksplorasi cukup lengkap. |
Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari sebagian kecil benda berdasarkan hasil eksplorasi kurang lengkap. ü |
Belum dapat menemukan menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari benda berdasarkan hasil eksplorasi. |
Laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi. |
Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari semua benda berdasarkan hasil eksplorasi dengan sistematis. |
Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari sebagian besar benda berdasarkan hasil eksplorasi cukup sistematis. ü |
Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari sebagian kecil benda berdasarkan hasil eksplorasi kurang sistematis. |
Belum dapat menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari benda berdasarkan hasil eksplorasi. |
Sikap rasa ingin tahu. |
Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan. ü |
Penilaian (penskoran) : total nilai siswa X 10
total nilai
maksimal
Contoh: 2+3+1 = 6
x 10 = 5
12 12
b. Percobaan IPA dinilai menggunakan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Penerapan Konsep |
Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung dan menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar. |
Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung namun perlubantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang yang sedang dipelajari. |
Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tidak jelas. ü |
Perlu bimbingan saat menyampaikan bukti dan pemahaman inti dari konsep yang dipelajari. |
Komunikasi |
Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, obyektif dengan didukung data penunjang. |
Hasil percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang. ü |
Hasil percobaan disampaikan denga njelas namun hanya didukung sebagian kecil data penunjang. |
Hasil percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang. |
Prosedur dan Strategi |
Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis dan strategi yang digunakan membuat percobaan berhasil. |
Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis namun masih membutuhkan bimbingan dalam menemukan strategi agar percobaan berhasil. |
Sebagian besar data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara sistematis setelah mendapat bantuan guru. |
Sebagian kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan strategi yang dipilih tidak tepat. ü |
Penilaian (penskoran) : total nilai siswa X 10
total nilai
maksimal
Contoh: 2+3+1 =
6 x 10 = 5
12 12
Pengayaan
• Apabila memiliki waktu, siswa dapat memainkan ansambel bunyi
mereka kepada kelas lain.
Remedial
• Siswa yang belum terampil dalam menemukan gagasan utama dan
gagasan pokok dapat diberikan contoh-contoh tambahan teks sebagai latihan
tambahan. Siswa dapat dibantu oleh siswa lain yang telah sangat terampil dalam
menemukan gagasan pokok dan gagasan utama.
Download RPP Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1:
https://drive.google.com/file/d/1xH-YEejxm1zMIqkpInD2P4DCE33r2dAO/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar