RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 2 : Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 3 : Energi
Alternatif
Pembelajaran :
6
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati gambar dan
berdiskusi, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang
diperoleh dari teks visual dengan tepat.
2.
Setelah mengamati gambar dan
berdiskusi, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang
diperoleh dari teks visual dengan benar.
3.
Setelah membaca teks, siswa mampu
menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari dengan benar.
4.
Setelah membaca teks dan berdiskusi,
siswa mampu mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan
kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya
diri.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡ Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”. ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
¡ Siswa dipandu
guru untuk melakukan kampanye kepada warga sekolah. Communication ¡ Sebelum
melakukan kampanye, siswa melihat kembali rancangan poster yang telah mereka
buat sebelumnya. Critical Thinking and Problem Solving ¡ Siswa diminta
menyelesaikan poster tersebut sesuai kriteria yang telah ditentukan. Setelah
siswa memastikan bahwa poster yang mereka buat memenuhi kriteria, siswa
mendiskusikan poster tersebut secara berkelompok. Creativity and
Innovation ¡ Siswa berlatih
melakukan kampanye menggunakan poster tersebut dalam kelompok. Gotong Royong ¡ Setelah semua
anggota kelompok siap, siswa menuju ke tempat-tempat yang telah ditentukan
guru untuk melakukan kampanye sesuai pembagian tugas. Integritas ¡ Setelah selesai
melakukan kampanye, siswa membaca teks berikut. Literasi ¡ Siswa menjawab
pertanyaan yang terdapat di buku siswa. Mandiri
|
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. ¡
Melakukan penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. Bahasa Indonesia
Poster dinilai dengan daftar
periksa.
Kriteria |
Ya |
Tidak |
Seluruh gambar sesuai tema. |
|
|
Poster tertata dengan baik
dan serasi. |
|
|
Menggunakan bahasa ajakan. |
|
|
Menggunakan bahasa yang
singkat dan benar. |
|
|
Bahasa mudah dimengerti. |
|
|
Menyeru hemat energi. |
|
|
2. PPKn
Dinilai
dengan catatan anekdot
3. Penilaian sikap (rasa ingin tahu,
kerja sama, tekun, dan teliti)
Penilaian Sikap
Sikap |
Belum Terlihat |
Mulai Terlihat |
Mulai Berkembang |
Membudaya |
Ket. |
Teliti |
|
|
√ |
|
|
Bertanggung Jawab |
|
√ |
|
|
|
Disiplin |
|
|
|
|
|
4. Evaluasi dinilai dengan angka.
Kerjasama dengan Orang Tua :
Siswa dapat bereksplorasi mencari benda-benda magnetis
dan non magnetis di rumah.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6:
https://drive.google.com/file/d/1sVO5wJTlnTgeao7rnCoynqnwvZOwU6v0/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar