|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEMESTER 1 |
Satuan
Pendidikan : SDN ................
Mata Pelajaran : Matematika
Bab2 : Bentuk-Bentuk Pecahan
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Alokasi Waktu : 6 x 3 Jam (1 Pertemuan 3 JP)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
3.2
Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan
hubungan di antaranya.
4.2
Mengindetifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen)
dan hubungan di antaranya.
PERTEMUAN
1 dan 2
C. INDIKATOR:
3.2.1
Menjelaskan hubungan antara pecahan biasa dan pecahan campuran.
4.2.1
Mengidentifikasi pecahan campuran dalam suatu permasalahan.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan
hubungan antara pecahan biasa dan pecahan campuran.
2. Mengidentifikasi
pecahan campuran dalam suatu permasalahan.
v
Karakter siswa
yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
DeskripsiKegiatan |
AlokasiWaktu |
Pendahuluan |
¡ Guru mengajak peserta didik untuk
berdoa sebelum dan setelah pelajaran.Religius ¡ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
kepada peserta didik tentang Mengubah
Pecahan Biasa ke Pecahan Campuran.Communication ¡ Guru memberi peserta didik contoh
dalam kehidupan yang berkaitan dengan pecahan campuran. ¡ Guru membantu peserta didik dalam
merencanakan dan menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Campuran. ¡ Guru membimbing peserta didik untuk
mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk melakukan Kegiatan 2.1 |
.... menit |
Inti |
Mengamati §
Guru membimbing peserta didik untuk membentuk kelompok yang
terdiri atas 4 orang.Collaboration §
Guru mengarahkan peserta didik agar menyiapakan 5 buah apel
untuk masing-masing kelompok. Jika peserta didik kesulitan memperoleh buah
apel, maka guru dapat memeberikan alternatif lain, seperti semangka, melon,
dan lain sebagainya. Buah yang dijadikan alternatif harus buah yang dapat
dipotong menjadi beberapa bagian sama besar. Hal ini memudahkan peserta didik
dalam belajar mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran.Critical
Thinking and Problem Solving §
Guru mengarahkan peserta didik untuk memotong apel-apel
tersebut menjadi 4 bagian sama besar. Menanya §
Guru menfasilitasi peserta didik untuk mengajukkan
pertanyaan berkaitan dengan cara memotong buah dengan ukuran yang sama besar.Mandiri Mencoba §
Guru mengarahkan peserta didik dalam memotong buah menjadi 4
bagian sama besar. § Guru mendampingi peserta didik dalam
melakukan langkah-langkah pada langkah 4 Kegiatan 2.1 Creativity
and Innovation Menalar § Guru mendampingi peserta didik dalam
menarik kesimpulan tentang hubungan pecahan biasa dengan pecahan campuran.Communication § Guru mengarahkan peserta didik untuk
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada pada langkah 6 Kegiatan 2.1 Mengkomunikasikan §
Guru mengarahkan peserta didik untuk menyampaikan hasil
kerjanya di hadapan guru dan teman-teman.Collaboration |
.... menit |
Penutup |
§
Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan
Campuran. Integritas §
Guru melakukan evaluasi tentang Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Campuran, serta menugaskan
peserta didik untuk mempelajari materi selanjutnya.Mandiri §
Guru menginformasikan materi selanjutnya, yaitu Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Desimal.Communication |
.... menit |
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas IV tahun 2016
¡ Kamus Matematika yang relevan
¡ Ensiklopedia Matematikadan Peradaban Manusia
yang relevan
¡ Kamus Besar Bahasa Indonesia yang relevan.
¡ Benda-benda di lingkungan sekitar
sekolah yang dapat dibagi menjadi beberapa bagian sama besar seperti kertas,
buah apel, semangka, kue, permen, dan sebagainya.
G. MATERI PEMBELAJARAN
§ Mengubah
Pecahan Biasa ke Pecahan Campuran
H. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Penilaian
1) Penilaian
Kegiatan 2.1
Untuk
menilai kompetensi yang dicapai dalam proses pembelajaran tentang Mengubah
Pecahan Biasa ke Pecahan Campuran , guru dapat menilai berdasarkan aspek
sebagai berikut.
Instrumen
Penilaian Kegiatan 2.1
No |
Nama Peserta Didik |
Aspek yang Dinilai |
Keterangan |
|||||
Aspek Sikap Sosial |
Aspek Pengetahuan |
Aspek Keterampilan |
||||||
Disiplin dalam Melakukan Kegiatan |
Ketetapan dalam Membedakan Pecahan Biasa dan Pecahan Campuran |
Keterampilan dalam Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Campuran dan
Sebaliknya |
||||||
Ya |
Tidak |
Tepat |
Tidak Tepat |
Terampil |
Tidak Terampil |
|||
1. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
2. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan
Diisi
dengan tanda cek (ü)
Kategori
penilaian aspek sikap sosial
“Ya”
diberi skor = 1,
“Tidak”
diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek pengetahuan
“Tepat”
diberi skor = 1,
“Tidak
Tepat” diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek keterampilan
“Terampil”
diberi skor = 1,
“Tidak
Terampil” diberi skor = 0.
Skor
maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 3.
Nilai = Total skor x 100
Skor maksimal
PERTEMUAN
3 dan 4
C. INDIKATOR:
3.2.2
Menjelaskan hubungan antara pecahan biasa dan pecahan desimal.
4.2.2
Mengidentifikasi bentuk desimal dalam suatu permasalahan.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menjelaskan hubungan antara pecahan biasa dan pecahan desimal.
2. Siswa
dapat mengidentifikasi bentuk desimal dalam suatu permasalahan.
v
Karakter siswa
yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
DeskripsiKegiatan |
AlokasiWaktu |
Pendahuluan |
¡ Guru memberi salam dan menyapa
peserta didik.Religius ¡ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
kepada peserta didik tentang Mengubah
Pecahan Biasa ke Bentuk Desimal.Communication ¡ Guru membantu peserta didik dalam
merencanakan dan menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Desimal. ¡ Guru membimbing peserta didik untuk
mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk melakukan Kegiatan 2.2 |
....menit |
Inti |
Mengamati §
Guru membimbing peserta didik untuk membentuk kelompok yang
terdiri atas 4 anggota.Collaboration §
Guru mengarahkan peserta didik untuk ke perpustakaan mencari
buku-buku yang memuat materi pacahan biasa dan pecahan yang berbentuk
desimal. Literasi Menanya §
Guru menfasilitasi peserta didik untuk mengajukkan
pertanyaan kepada guru atau petugas perpustakaan mengenai buku-buku yang
memuat meteri pecahan biasa dan pecahan yang berbentuk desimal.Communication Mencoba §
Guru mengarahkan peserta didik untuk saling berbagi tugas
dalam melakukan kegiatan. Dua anak mencar meteri yang berkaitan dengan mengubah
pecahan biasa ke bentuk desimal dan sebaliknya. Sisanya mencari materi yang
berkaitan dengan nilai tempat pecahan berbentuk desimal.Critical
Thinking and Problem Solving Menalar § Guru mengarahkan peserta didik untuk
membaca dan memahami materi yang diperoleh.
Literasi Mengkomunikasikan §
Guru mengarahkan peserta didik untuk mencatat materi
mengenai pecahan biasa dan pecahan desimal pada buku tugas masing-masing
untuk selanjutnya dikumpulkan kepada guru.Mandiri |
....menit |
Penutup |
§
Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Desimal.Integritas §
Guru melakukan evaluasi tentang Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Desimal, serta menugaskan
peserta didik untuk mempelajari materi selanjutnya.Mandiri §
Guru menginformasikan materi selanjutnya, yaitu Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Persen.Communication |
....menit |
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas IV tahun 2016
¡ Kamus Matematika yang relevan
¡ Ensiklopedia Matematikadan Peradaban Manusia
yang relevan
¡ Kamus Besar Bahasa Indonesia yang relevan.
¡ Barang-barang yamg memiliki nilai
pecahan, seperti satu kantong gula pasir yang beratnya kg dapat juga ditulis dalam bentuk desimal
sebagai 0,25 kg.
G. MATERI PEMBELAJARAN
§ Mengubah
Pecahan Biasa ke Bentuk Desimal
H. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Penilaian
1) Penilaian
Kegiatan 2.2
Untuk
menilai kompetensi yang dicapai dalam proses pembelajaran tentang Mengubah
Pecahan Biasa ke Bentuk Desimal, guru dapat menilai berdasarkan aspek sebagai
berikut.
Instrumen
Penilaian Kegiatan 2.2
No |
Nama Peserta Didik |
Aspek yang Dinilai |
Keterangan |
|||||
Aspek Sikap Sosial |
Aspek Pengetahuan |
Aspek Keterampilan |
||||||
Menjawab Salam dari Guru |
Ketetapan dalam Menjelaskan Nilai Tempat Pecahan Berbentuk Desimal |
Keterampilan Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Desimal dan Sebaliknya |
||||||
Ya |
Tidak |
Tepat |
Tidak Tepat |
Terampil |
Tidak Terampil |
|||
1. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
2. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan
Diisi
dengan tanda cek (ü)
Kategori
penilaian aspek sikap sosial
“Ya”
diberi skor = 1,
“Tidak”
diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek pengetahuan
“Tepat”
diberi skor = 1,
“Tidak
Tepat” diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek keterampilan
“Terampil”
diberi skor = 1,
“Tidak
Terampil” diberi skor = 0.
Skor
maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 3.
Nilai = Total skor x 100
Skor maksimal
PERTEMUAN
5 dan 6
C. INDIKATOR:
3.2.3
Menjelaskan hubungan antara pecahan biasa dan bentuk persen.
4.2.3
Mengidentifikasi bentuk persen dalam permasalahan.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat
menjelaskan hubungan antara pecahan biasa dan bentuk persen.
2. Siswa
dapat mengidentifikasi bentuk persen dalam permasalahan.
v
Karakter siswa
yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
DeskripsiKegiatan |
AlokasiWaktu |
Pendahuluan |
¡ Guru mengajak peserta didik untuk
berdoa sebelum dan setelah pelajaran.Religius ¡ Guru mengabsen kehadiran peserta
didik. ¡ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
kepada peserta didik tentang Mengubah
Pecahan Biasa ke Bentuk Persen.Communication ¡ Guru membantu peserta didik dalam
merencanakan dan menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Persen. ¡ Guru membimbing peserta didik untuk
mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk melakukan Kegiatan 2.3 |
.....menit |
Inti |
Mengamati §
Guru mengarahkan peserta didik untuk ke perpustakaan untuk
mencari buku-buku referensi yang memuat materi pecahan biasa dan persen.Literasi §
Guru mendampingi peserta didik dalam mempelajari cara
mengubah pecahan biasa ke bentuk persen dari buku referensi yang telah
diperolehnya. Critical Thinking and
Problem Solving Menanya §
Guru menfasilitasi peserta didik untuk bertanya mengenai
permasalahan Bu Lili dalam ilustrasi permasalahan pada kegiatan 2.3.Communication Mencoba §
Guru membimbing peserta didik dalam menyelesaikan
permasalahan Bu Lili mengenai diskon.Critical Thinking and
Problem Solving Mengkomunikasikan §
Guru mengarahkan peserta didik untuk menuliskan
perhitungannya di papan tulis agar dapat dikoreksi.Creativity
and Innovation |
.....menit |
Penutup |
§
Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Persen.Integritas §
Guru melakukan evaluasi tentang Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Persen.Mandiri |
.....menit |
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas IV tahun 2016
¡ Ensiklopedia Matematikadan Peradaban Manusia
yang relevan
¡ Kamus Matematika yang relevan
¡ Kamus Besar Bahasa Indonesia yang relevan.
¡ Tempat-tempat perbelanjaan yang
sedang memberikan diskon.
G. MATERI PEMBELAJARAN
§ Mengubah
Pecahan Biasa ke Bentuk Persen
H. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Penilaian
1) Penilaian
Kegiatan 2.3
Untuk
menilai kompetensi yang dicapai dalam proses pembelajaran tentang Mengubah
Pecahan Biasa ke Bentuk Persen, guru dapat menilai berdasarkan aspek sebagai
berikut.
Instrumen
Penilaian Kegiatan 2.3
No |
Nama Peserta Didik |
Aspek Pengetahuan yang Dinilai |
Keterangan |
|||||
Aspek Sikap Sosial |
Aspek Pengetahuan |
Aspek Keterampilan |
||||||
Santun dalam Mengajukan Pertanyaan |
Ketetapan dalam Menentukan Bentuk Persen dari Pecahan Biasa |
Keterampilan Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Persen |
||||||
Ya |
Tidak |
Tepat |
Tidak Tepat |
Terampil |
Tidak Terampil |
|||
1. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
2. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan
Diisi
dengan tanda cek (ü)
Kategori
penilaian aspek sikap sosial
“Ya”
diberi skor = 1,
“Tidak”
diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek pengetahuan
“Tepat”
diberi skor = 1,
“Tidak
Tepat” diberi skor = 0.
Kategori
penilaian aspek keterampilan
“Terampil”
diberi skor = 1,
“Tidak
Terampil” diberi skor = 0.
Skor
maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 3.
Nilai = Total skor x 100
Skor maksimal
2)
Penilaian Tugas Projek
Pada tugas projek mengenai materi
Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Persen, guru dapat menggunakan instrumen
penilaian berikut.
No |
Nama Peserta Didik |
Aspek Keterampilan yang Dinilai |
Keterangan |
|||||
Keterampilan Mencari Barang yang Didiskon |
Keterampilan Menyusun Tabel Tugas Projek Aspek Keterampilan |
|||||||
Trampil |
Kurang Trampil |
Tidak Trampil |
Trampil |
Kurang Trampil |
Tidak Trampil |
|||
1. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
2. |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan
Diisi dengan tanda cek (ü)
Kategori penilaian aspek
keterampilan
“Terampil” diberi skor = 2,
“Kurang Trampil” diberi skor = 1,
“Tidak Trampil” diberi skor = 0.
Skor
maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 4.
Nilai = Total skor x 100
Skor maksimal
Mengetahui Kepala Sekolah ............................................ NIP : |
..........................., … Juli … Guru Kelas IV ............................................ NIP : |
Catatan Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar