RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 3 : Peduli
Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 2 : Keberagaman
Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran :
6
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah membaca, mencermati
langkah-langkah dan berlatih, siswa mampu menjelaskan cara menulis laporan
hasil wawancara dengan baik.
2.
Setelah membaca, mencermati
langkah-langkah dan berlatih, siswa mampu menulis laporan hasil wawancara.
3.
Dengan membaca teks dan berdiskusi,
siswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban terhadap pelestarian hewan dengan
benar.
4.
Dengan melakukan refleksi, siswa mampu
mengomunikasikan hak dan kewajiban dalam pelesatarian hewan dengan penuh
percaya diri.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan
salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡
Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli Terhadap
Makhluk Hidup”. ¡
Guru menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§
Siswa membaca informasi tentang
wawancara di buku siswa. Literasi §
Siswa mencermati format menulis
laporan hasil wawancara. §
Siswa diminta mengamati setiap bagian
pada format laporan wawancara Collaboration §
Siswa diberi kesempatan untuk
bertanya dan mendiskusikan dengan guru jika ada hal-hal yang perlu
diketahui lebih lanjut. (Menanya) §
Siswa diingatkan bahwa sebelumnya
mereka telah mengetahui tentang hak dan kewajiban terhadap hewan yang ada di
sekitar mereka dan setiap orang perlu menjaga keseimbangan dan kelestarian
hewan-hewan tersebut untuk kelangsungan kehidupan di muka bumi. Critical Thinking and
Problem Solving §
Siswa diminta menuliskan apa saja
yang mereka ketahui terkait dengan hewan langka. Creativity and
Innovation §
Siswa mempresentasikan hasil yang
telah mereka tulis dalam kelompok. (Mempresentasikan) §
Setelah itu, siswa diminta membaca
teks tentang lestarikan hewan langka yang terdapat di buku siswa. Mandiri § Siswa
menuliskan hal yang bisa kita lakukan sebagai warga negara untuk melestarikan
hewan langka. (Mengeksplorasi) |
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. ¡
Melakukan penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian
sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. Bahasa Indonesia
Proses pembelajaran menulis laporan hasil wawancara dinilai
dengan
catatan anekdot.
2. PPKn
Diskusi dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara |
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada
pembelajaran 1
Pengayaan
Siswa bisa berlatih membuat laporan secara mandiri sesuai
format.
Remedial
Siswa yang belum mampu menulis laporan sesuai panduan
yang terdapat di dalam buku siswa dapat berlatih dengan pendampingan guru.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6:
https://drive.google.com/file/d/1eKkj9VpdPseDrj2cpThD_jZT8Nc4hTUG/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar