Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 3                        :    Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Sub Tema 2                 :    Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku

Pembelajaran               :    6

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah membaca, mencermati langkah-langkah dan berlatih, siswa mampu menjelaskan cara menulis laporan hasil wawancara dengan baik.

2.    Setelah membaca, mencermati langkah-langkah dan berlatih, siswa mampu menulis laporan hasil wawancara.

3.    Dengan membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban terhadap pelestarian hewan dengan benar.

4.    Dengan melakukan refleksi, siswa mampu mengomunikasikan hak dan kewajiban dalam pelesatarian hewan dengan penuh percaya diri.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeduli Terhadap Makhluk Hidup”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Siswa membaca informasi tentang wawancara di buku siswa. Literasi

§  Siswa mencermati format menulis laporan hasil wawancara.

§  Siswa diminta mengamati setiap bagian pada format laporan wawancara Collaboration

§  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya dan mendiskusikan dengan guru jika ada hal-hal yang perlu diketahui lebih lanjut. (Menanya)

§  Siswa diingatkan bahwa sebelumnya mereka telah mengetahui tentang hak dan kewajiban terhadap hewan yang ada di sekitar mereka dan setiap orang perlu menjaga keseimbangan dan kelestarian hewan-hewan tersebut untuk kelangsungan kehidupan di muka bumi. Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa diminta menuliskan apa saja yang mereka ketahui terkait dengan hewan langka. Creativity and Innovation

§  Siswa mempresentasikan hasil yang telah mereka tulis dalam kelompok. (Mempresentasikan)

§  Setelah itu, siswa diminta membaca teks tentang lestarikan hewan langka yang terdapat di buku siswa. Mandiri

§  Siswa menuliskan hal yang bisa kita lakukan sebagai warga negara untuk melestarikan hewan langka. (Mengeksplorasi)

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. Bahasa Indonesia

Proses pembelajaran menulis laporan hasil wawancara dinilai dengan

catatan anekdot.

2. PPKn

Diskusi dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

Selalu

mendengarkan

teman yang

sedang

berbicara

Mendengarkan

teman yang

berbicara

namun

sesekali masih

perlu

diingatkan.

Masih perlu

diingatkan

untuk

mendengarkan

teman yang

sedang

berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara

namun tidak

mengindahkan

Komunikasi non

verbal (kontak

mata, bahasa

tubuh, postur,

ekspresi wajah,

suara)

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non

verbal dengan

tepat.

Merespon

dengan tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Sering

merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Membutuhkan

bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Partisipasi

(menyampaikan

ide, perasaan,

pikiran)

Isi

pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon

sesuai dengan

topik.

Berbicara dan

menerangkan

secara

rinci,namun

terkadang

merespon

kurang sesuai

dengan topik.

Jarang

berbicara selama

proses diksusi

berlangsung.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

 

Pengayaan

Siswa bisa berlatih membuat laporan secara mandiri sesuai format.

 

Remedial

Siswa yang belum mampu menulis laporan sesuai panduan yang terdapat di dalam buku siswa dapat berlatih dengan pendampingan guru.

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6:

https://drive.google.com/file/d/1eKkj9VpdPseDrj2cpThD_jZT8Nc4hTUG/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...