RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran
Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 2 : Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 2 : Manfaat
Energi
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati gambar dan membaca
teks petunjuk tertulis, siswa mampu mempraktikkannya untuk membuat produk
(kipas) dengan langkah yang benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu
menyajikan teks petunjuk tertulis tentang cara membuat kipas dengan tepat.
3. Dengan pengamatan, siswa mampu
mengidentifikasi manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari
dengan tepat.
4. Setelah pengamatan, siswa mampu
menyajikan laporan hasil pengamatan tentang berbgai perubahan bentuk energi
dalam kehidupan sehari-hari dengan sistematis.
5. Dengan diskusi dan pemecahan masalah,
siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan tepat.
6. Dengan diskusi dan pemecahan masalah,
siswa mampu menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam
bentuk tulisan dengan sistematis.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius ¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”. ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§ Siswa diingatkan kembali materi
tentang berbagai sumber energi pada pembelajaran sebelumnya. (Mengamati) § Sebagai kegiatan pembuka, siswa
secara berpasangan dapat diminta untuk menceritakan kembali pemahaman mereka
tentang beberapa jenis sumber energi yang telah dipelajari.
(Mengkomunikasikan) § Siswa diminta untuk menuliskan
beragam benda elektronik di rumah yang menggunakan energi listrik dan
seberapa sering menggunakan benda-benda tersebut. (Mengumpulkan data) § Siswa secara berpasangan saling
mendiskusikan jawaban. (Mengkomunikasikan) § Siswa membaca teks singkat yang
berisi himbauan untuk melakukan hemat energi. § Siswa membuat kipas kertas
berdasarkan teks petunjuk tulis dan petunjuk gambar/visual yang tersedia.
(Mengekplorasi) § Siswa saling membandingkan kipas
buatan mereka untuk mengidentifikasi perbedaannya. Critical Thinking and Problem
Solving § Siswa menuliskan cara pembuatan satu
jenis kipas yang berbeda dengan miliknya.(Mengkomunikasikan) § Siswa mengamati gambar beragam
aktifitas, dan mengidentifikasi sumber energi dan perubahan bentuk energi
yang terjadi. (Mengamati) § Siswa menuliskan dalam tabel yang
tersedia. Mandiri § Siswa melakukan percobaan
berdasarkan teks petunjuk yang tersedia. Creativity and Innovation §
Siswa
menganalisis kondisi yang terjadi dan mengidentifikasi penyebabnya.
(Menganalisa) §
Siswa
menuliskan hasil analisis berdasarkan fakta. §
Siswa
menuliskan laporan berdasarkan hasil percobaan. §
Jika percobaan
gagal, siswa mengidentifikasi faktor penyebab dan solusinya, dan menuliskannya. § Siswa membaca senyap teks
tentang beberapa jenis tanaman obat sebagai bagian dari sumber daya alam yang
dimiliki bangsa Indonesia. Literasi § Siswa menemukan informasi
tentang beberapa jenis sumber daya alam, manfaat, dan tempat pemasarannya. Mandiri § Siswa menuliskan informasi
dalam tabel yang tersedia. |
35 Menit
X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi) ¡
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti. ¡
Melakukan
penilaian hasil belajar ¡
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli .... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian
Sikap
No |
Nama |
Perubanan
tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung
Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. Bahasa Indonesia
Tulisan
Laporan siswa dinilai menggunakan rubrik
Beri
tanda centang (ü)
sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
Penilaian (penskoran): Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai
Maksimal
Contoh:
19 x 10 = 7,9
24
1. IPA
Laporan
Hasil Percobaan Perubahan Bentuk Energi siswa diperiksa menggunakan rubrik.
Beri
tanda centang ü)
sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
Penilaian (penskoran):
Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai
Maksimal
Contoh: 12 x 10 = 7,5
16
3.IPS
a.
Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang karakteristik bentang
alam: pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi, dinilai menggunakan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
Penilaian (penskoran):
Total Nilai Siswa x 10
Total
Nilai Maksimal
Contoh: 15 x 10 = 7,5.
20
Pengayaan
Apabila memiliki waktu, siswa dapat
menggunakan beragam benda lainnya saat melakukan percobaan IPA, atau mencoba
jenis percobaan lain untuk membuktikan proses penguapan oleh panas matahari.
Remedial
Bagi siswa yang belum memahami materi
perubahan bentuk energi, akan diberikan pendampingan oleh guru.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1:
https://drive.google.com/file/d/1mkjtFcXtkG1p1rdieMaE78t3ZjLOc0WL/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar