Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan         :    SD/MI  .....................

Kelas / Semester              :     IV (Empat) / 1

Tema 2                              :     Selalu Berhemat Energi

Sub Tema 2                      :     Manfaat Energi

Pembelajaran                    :     1

Alokasi Waktu                   :     1 Hari

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Setelah mengamati gambar dan membaca teks petunjuk tertulis, siswa mampu mempraktikkannya untuk membuat produk (kipas) dengan langkah yang benar.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menyajikan teks petunjuk tertulis tentang cara membuat kipas dengan tepat.

3.     Dengan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

4.     Setelah pengamatan, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang berbgai perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari dengan sistematis.

5.     Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan tepat.

6.     Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan sistematis.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelalu Berhemat Energi”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Siswa diingatkan kembali materi tentang berbagai sumber energi pada pembelajaran sebelumnya. (Mengamati)

§  Sebagai kegiatan pembuka, siswa secara berpasangan dapat diminta untuk menceritakan kembali pemahaman mereka tentang beberapa jenis sumber energi yang telah dipelajari. (Mengkomunikasikan)

§  Siswa diminta untuk menuliskan beragam benda elektronik di rumah yang menggunakan energi listrik dan seberapa sering menggunakan benda-benda tersebut. (Mengumpulkan data)

§  Siswa secara berpasangan saling mendiskusikan jawaban. (Mengkomunikasikan)

§  Siswa membaca teks singkat yang berisi himbauan untuk melakukan hemat energi.

§  Siswa membuat kipas kertas berdasarkan teks petunjuk tulis dan petunjuk gambar/visual yang tersedia. (Mengekplorasi)

§  Siswa saling membandingkan kipas buatan mereka untuk mengidentifikasi perbedaannya. Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa menuliskan cara pembuatan satu jenis kipas yang berbeda dengan miliknya.(Mengkomunikasikan)

§  Siswa mengamati gambar beragam aktifitas, dan mengidentifikasi sumber energi dan perubahan bentuk energi yang terjadi. (Mengamati)

§  Siswa menuliskan dalam tabel yang tersedia. Mandiri

§  Siswa melakukan percobaan berdasarkan teks petunjuk yang tersedia. Creativity and Innovation

§  Siswa menganalisis kondisi yang terjadi dan mengidentifikasi penyebabnya. (Menganalisa)

§  Siswa menuliskan hasil analisis berdasarkan fakta.

§  Siswa menuliskan laporan berdasarkan hasil percobaan.

§  Jika percobaan gagal, siswa mengidentifikasi faktor penyebab dan solusinya, dan menuliskannya.

§  Siswa membaca senyap teks tentang beberapa jenis tanaman obat sebagai bagian dari sumber daya alam yang dimiliki bangsa Indonesia. Literasi

§  Siswa menemukan informasi tentang beberapa jenis sumber daya alam, manfaat, dan tempat pemasarannya. Mandiri

§  Siswa menuliskan informasi dalam tabel yang tersedia.

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1.     Bahasa Indonesia

Tulisan Laporan siswa dinilai menggunakan rubrik

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampingan

(1)

 

Teks petunjuk

tertulis dan visual.

 

Mampu

menerjemahkan

teks petunuk Visual membuat kipas hingga menjadi kipas dengan tepat.

ü

 

Mampu

menerjemahkan

teks petunuk Visual membuat kipas hingga menjadi kipas dengan cukup tepat.

 

Mampu

menerjemahkan

teks petunuk Visual membuat kincir hingga menjadi kipas dengan kurang tepat.

 

Belum mampu

menerjemahkan

teks petunuk Visual membuat kipas hingga menjadi kincir dengan tepat.

 

Penyajian

teks petunjuk

 

Laporan tertulis

sangat sesuai dengan teks.

 

Laporan tertulis

cukup sesuai dengan teks.

ü

 

Laporan tertulis

kurang sesuai dengan teks.

 

Laporan tertulis

belum sesuai dengan teks.

 

tertulis ke dalam bentuk visual dan sebaliknya.

 

Petunjuk visual

membuat kipas.

 

Petunjuk visual

membuat kipas.

ü

 

Petunjuk visual

membuat kipas.

 

Petunjuk visual

membuat kipas.

 

Kosa Kata

Baku

 

Menggunakan

kosa kata baku dalam semua pertanyaan.

ü

 

Menggunakan

kosa kata baku dalam sebagian besar pertanyaan.

 

Menggunakan

kosa kata baku dalam sebagian kecil pertanyaan.

 

Belum mampu

menggunakan kosa kata baku dalam pertanyaan.

 

Kalimat

Efektif

 

Menggunakan

kalimat efektif dalam semua pertanyaan.

 

Menggunakan

kalimat efektif dalam sebagian besar pertanyaan.

 

Menggunakan

kalimat efektif dalam sebagian kecil pertanyaan.

ü

 

Belum mampu

menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan.

 

Sikap: Mandiri

 

Tugas diselesaikan

dengan mandiri.

 

Sebagian besar tugas

diselesaikan dengan mandiri.

ü

 

Tugas diselesaikan

dengan motivasi dan bimbingan guru.

 

Belum dapat menyeselesaikan

tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan.

 

 

Penilaian (penskoran): Total Nilai Siswa     x 10

                                  Total Nilai Maksimal

Contoh: 19   x 10 = 7,9

              24

 

 

1.     IPA

Laporan Hasil Percobaan Perubahan Bentuk Energi siswa diperiksa menggunakan rubrik.

Beri tanda centang ü) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampingan

(1)

 

Perubahan bentuk

energi dan manfaatnya.

 

Menjelaskan perubahan

semua bentuk energi dan manfaatnya dengan tepat.

 

Menjelaskan sebagian besar perubahan semua

bentuk energi dan manfaatnya dengan tepat.

ü

 

Menjelaskan sebagian kecil

perubahan semua bentuk energi dan manfaatnya dengan tepat.

 

Belum mampu menjelaskan

perubahan bentuk energi dan manfaatnya.

 

Laporan hasil pengamatan

 

Mampu

menyajikan laporan hasil.

ü

 

Mampu

menyajikan laporan hasil.

 

Mampu

menyajikan laporan hasil.

 

Belum mampu

menyajikan laporan hasil.

 

Tentang perubahan bentuk energi

 

Pengamatan

tentang perubahan bentuk energi dengan tepat.

 

Pengamatan

tentang perubahan bentuk energi dengan cukup tepat.

ü

 

Pengamatan

tentang perubahan bentuk energi dengan kurang tepat.

 

Pengamatan

tentang perubahan bentuk angin dengan tepat.

 

Sikap Rasa

Ingin Tahu

 

Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.

 

Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

 

Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

ü

 

Tidak tampak

antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan

ide dan pertanyaan.

 

Penilaian (penskoran):   Total Nilai Siswa  x 10

                                    Total Nilai Maksimal

Contoh: 12 x 10 = 7,5

16           

3.IPS

a. Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang karakteristik bentang alam: pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi, dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampingan

(1)

 

Sumber daya

alam dan pemanfaatannya.

 

Menyebutkan

10 sumber daya alam Indonesia di pasar dan pemanfaatannya dengan tepat.

 

Menyebutkan

7-9 sumber daya alam Indonesia di pasar dan pemanfaatannya dengan tepat.

ü

 

Menyebutkan

3-6 sumber daya alam Indonesia di pasar dan pemanfaatannya dengan tepat.

 

Menyebutkan

1-2 sumber daya alam Indonesia di pasar dan pemanfaatannya dengan tepat.

 

Penyajian hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaata nnya dalam.

 

Mampu menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya.

ü

 

Mampu

menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya.

 

Mampu

menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya.

 

Belum mampu menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya.

 

Bentuk

tulisan

 

Ya dalam

bentuk tulisan dengan sistematis.

 

Ya dalam

bentuk tulisan dengan cukup sistematis.

 

Ya dalam

bentuk tulisan dengan kurang

sistematis.

ü

 

Pemanfaatan

nya dalam bentuk tulisan dengan sistematis.

 

Sikap

Peduli

 

Peduli terhadap

keberadaan sumber daya alam Indonesia secara konsisten.

 

Cukup peduli terhadap

keberadaan sumber daya alam Indonesia.

ü

 

Kurang peduli terhadap

keberadaan sumber daya alam Indonesia.

 

Belum menunjukkan

kepedulian terhadap keberadaan sumber daya alam.

 

Sikap

Tanggung

Jawab

 

Bertangung

jawab terhadap tugas-tugas secara konsisten.

 

Cukup ber-

tangung jawab terhadap tugas-tugas secara konsisten.

ü

 

Kurang ber-

tangung jawab terhadap tugas-tugas secara konsisten.

 

Belum

bertangung jawab terhadap tugas-tugas secara konsisten.

 

 

 

Penilaian (penskoran):     Total Nilai Siswa    x 10

                                       Total Nilai Maksimal

Contoh:  15  x 10 = 7,5.

               20

Pengayaan

Apabila memiliki waktu, siswa dapat menggunakan beragam benda lainnya saat melakukan percobaan IPA, atau mencoba jenis percobaan lain untuk membuktikan proses penguapan oleh panas matahari.

 

Remedial

Bagi siswa yang belum memahami materi perubahan bentuk energi, akan diberikan pendampingan oleh guru.

 

 

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1:

https://drive.google.com/file/d/1mkjtFcXtkG1p1rdieMaE78t3ZjLOc0WL/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...