RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3 : Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah bermain engklek, siswa mampu
menjelaskan sikap kerja sama antarindividu yang berbeda dalam permainan
engklek.
2.
Setelah bermain engklek, siswa mampu
menceritakan sikap kerja sama antarindividu yang berbeda dalam permainan
engklek.
3.
Dengan mendengarkan teks lisan dengan
judul “Wedang Jahe” yang dibacakan guru, siswa mampu membuat ringkasan yang
berisikan inti dari cerita.
4.
Dengan membaca teks tentang
persahabatan, Udin, Edo, dan Beni, siswa mampu menjelaskan kegiatan yang
mencerminkan sikap kerja sama dalam keberagaman agama.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius ¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”. Integritas ¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§
Guru membacakan cerita yang berjudul
“Wedang Jahe”. Literasi §
Siswa menyimak cerita yang
disampaikan guru secara lisan. § Siswa
diminta membuat catatan tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung dari
cerita tersebut. Communication § Siswa
diminta menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung beserta ringkasan pada
diagram yang terdapat di dalam buku siswa Mandiri § Guru
menyampaikan bahwa Tuhan Yang Maha Esa menganugerahi kita keragaman, mulai
dari keragaman suku, agama, sosial dan budaya, hingga makanan tradisional.
Keragaman tersebut perlu kita hargai dan syukuri. Religius § Selalu
menunjukkan sikap yang santun dan peduli kepada orang yang memiliki latar
belakang yang berbeda dengan kita adalah merupakan hal terpuji. Integritas § Siswa
menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. Mandiri
|
150 menit |
Penutup |
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi) ¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti. ¡ Melakukan
penilaian hasil belajar ¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. Bahasa Indonesia
Membuat
ringkasan berdasarkan teks lisan dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Gagasan Pokok |
Seluruh gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Sebagian besar gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Sebagian kecil gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Seluruh gagasan pokok tidak ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Gagasan Pendukung |
Seluruh gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Sebagian besar gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Sebagian kecil gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Seluruh gagasan pendukung tidak ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Ringkasan |
Seluruh kalimat dalam ringkasan merupakan inti dari cerita. |
Sebagian besar kalimat dalam ringkasan merupakan inti dari cerita. |
Sebagian kecil kalimat dalam ringkasan merupakan inti dari cerita. |
Seluruh kalimat dalam ringkasan tidak mencerminkan inti dari cerita. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada
Pembelajaran 1.
2. PPKn
Cerita tentang pengalaman bekerja sama dengan individu yang
berbedabeda
dinilai dengan penilaian diri dalam bentuk daftar periksa.
No |
Kriteria |
Ya |
tidak |
Contoh Sikap |
1. |
Saya dapat bekerja sama dengan baik dengan teman-teman yang berbeda pada saat permainan engklek. |
|
|
|
2. |
Saya dapat menghargai teman-teman yang berbeda selama bermain dengan mengucapkan kata-kata yang baik. |
|
|
|
3. |
Saya bersikap santun dan peduli kepada teman-teman saat bermain. |
|
|
|
Pengayaan
Siswa bisa berbagi cerita lebih banyak lagi tentang pengalaman
mereka bekerja sama dengan individu yang berbeda di lingkungan rumah dan lingkungan
sekolah.
Remedial
Siswa yang belum mampu meringkas teks lisan dengan baik dapat
diberikan
beberapa bahan bacaan tambahan yang lebih sederhana dan dengan
panduan guru, siswa mengikuti langkah-langkah dalam membuat ringkasan.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6:
https://drive.google.com/file/d/1o7Fv_pDO0MDWenAq0_vXAA9_pXRPfcPs/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar