Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 1                        :    Indahnya Kebersamaan

Sub Tema 3                 :    Bersyukur atas Keberagaman

Pembelajaran               :    6

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah bermain engklek, siswa mampu menjelaskan sikap kerja sama antarindividu yang berbeda dalam permainan engklek.

2.    Setelah bermain engklek, siswa mampu menceritakan sikap kerja sama antarindividu yang berbeda dalam permainan engklek.

3.    Dengan mendengarkan teks lisan dengan judul “Wedang Jahe” yang dibacakan guru, siswa mampu membuat ringkasan yang berisikan inti dari cerita.

4.    Dengan membaca teks tentang persahabatan, Udin, Edo, dan Beni, siswa mampu menjelaskan kegiatan yang mencerminkan sikap kerja sama dalam keberagaman agama.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”. Integritas

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Guru membacakan cerita yang berjudul “Wedang Jahe”. Literasi

§  Siswa menyimak cerita yang disampaikan guru secara lisan.

§  Siswa diminta membuat catatan tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung dari cerita tersebut. Communication

§  Siswa diminta menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung beserta ringkasan pada diagram yang terdapat di dalam buku siswa Mandiri

§  Guru menyampaikan bahwa Tuhan Yang Maha Esa menganugerahi kita keragaman, mulai dari keragaman suku, agama, sosial dan budaya, hingga makanan tradisional. Keragaman tersebut perlu kita hargai dan syukuri. Religius

§  Selalu menunjukkan sikap yang santun dan peduli kepada orang yang memiliki latar belakang yang berbeda dengan kita adalah merupakan hal terpuji. Integritas

§  Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. Mandiri

 

150 menit

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

 

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. Bahasa Indonesia

Membuat ringkasan berdasarkan teks lisan dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Gagasan Pokok

Seluruh gagasan

pokok ditulis

dengan tepat

untuk setiap

paragraf.

Sebagian besar

gagasan pokok

ditulis dengan

tepat untuk

setiap paragraf.

Sebagian kecil

gagasan pokok

ditulis dengan

tepat untuk

setiap paragraf.

Seluruh gagasan

pokok tidak

ditulis dengan

tepat untuk

setiap paragraf.

Gagasan

Pendukung

Seluruh gagasan

pendukung

ditulis dengan

tepat untuk

setiap paragraf.

Sebagian

besar gagasan

pendukung

ditulis dengan

tepat untuk

setiap paragraf.

Sebagian kecil

gagasan pokok

ditulis dengan

tepat untuk

setiap paragraf.

Seluruh gagasan

pendukung tidak

ditulis dengan

tepat untuk

setiap paragraf.

Ringkasan

Seluruh kalimat

dalam ringkasan

merupakan inti

dari cerita.

Sebagian besar

kalimat dalam

ringkasan

merupakan inti

dari cerita.

Sebagian kecil

kalimat dalam

ringkasan

merupakan inti

dari cerita.

Seluruh

kalimat dalam

ringkasan tidak

mencerminkan

inti dari cerita.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1.

 

 

2. PPKn

Cerita tentang pengalaman bekerja sama dengan individu yang berbedabeda

dinilai dengan penilaian diri dalam bentuk daftar periksa.

No

Kriteria

Ya

tidak

Contoh Sikap

1.

Saya dapat bekerja sama dengan baik dengan

teman-teman yang berbeda pada saat

permainan engklek.

 

 

 

2.

Saya dapat menghargai teman-teman

yang berbeda selama bermain dengan

mengucapkan kata-kata yang baik.

 

 

 

3.

Saya bersikap santun dan peduli kepada

teman-teman saat bermain.

 

 

 

 

 

Pengayaan

Siswa bisa berbagi cerita lebih banyak lagi tentang pengalaman mereka bekerja sama dengan individu yang berbeda di lingkungan rumah dan lingkungan sekolah.

 

Remedial

Siswa yang belum mampu meringkas teks lisan dengan baik dapat diberikan

beberapa bahan bacaan tambahan yang lebih sederhana dan dengan panduan guru, siswa mengikuti langkah-langkah dalam membuat ringkasan.

 

 

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6:

https://drive.google.com/file/d/1o7Fv_pDO0MDWenAq0_vXAA9_pXRPfcPs/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...